5 Kasus Nomor Resi Tidak Terlacak di Web, Nomor 3 Paling Sering!

Posted on 26 Feb 2019 By Nisa Husnainna

Nomor resi tidak terlacak – Dalam dunia bisnis online, bukan hanya sekali-dua kali saja terjadi kasus nomor resi yang tidak bisa dilacak. Customer atau penerima barang tentunya merasa kecewa dengan jasa ekspedisi yang telah mereka pilih. Di antara beberapa customer yang kecewa tersebut bahkan ada yang menumpahkan kekecewaannya di dunia maya. Berikut ini kami rangkum 5 kasus nomor resi yang tidak terlacak dengan harapan agar dapat menjadi pembelajaran dan informasi bagi para pembaca.

Baca juga: Inilah Pentingnya Nomor Resi Bagi Pelanggan

1. Status tracking nomor resi tidak update

Seorang pengguna jasa belanja online di sebuah marketplace mengeluhkan tentang paketnya yang sudah 5 hari tidak ada kabar kejelasan di mana lokasinya. Menurut wanita bernama Endah ini, paketnya telah dikirim sejak tanggal 15 Juli 2018 menggunakan jasa ekspedisi J&T. Namun hingga tanggal 20 Juli 2018 status paketnya tidak kunjung terlacak.

ADVERTISEMENT

Selama 5 hari, status lokasi paketnya masih berada di Kantor J&T Jakarta dan belum didistribusikan ke alamatnya. Wah, kalau menurutmu ini kesalahan dari marketplace-nya atau jasa ekspedisinya nih, guys?

 

2. Nomor resi pengiriman tidak bisa dicek

Sebuah akun dengan nama ‘dpurwa’ melaporkan bahwa ia telah mendapat nomor resi dari hasil transaksinya di sebuah marketplace, namun nomor resi tersebut tidak dapat dilacak. Sayangnya ia tidak menyebutkan jasa ekspedisi apa yang digunakan. Dpurwa memperkirakan hal ini terjadi karena adanya masalah dengan sistem tracking ekspedisi tersebut.

Apabila Anda menghadapi kasus serupa, solusi yang dapat Anda lakukan adalah:

  1. Menghubungi penjual untuk menanyakan apakah nomor resinya sudah benar.
  2. Jika penjual mengatakan bahwa nomor resinya sudah benar, Anda harus memberikan jeda dan cek lagi keesokan harinya karena terkadang update resi membutuhkan waktu yang agak lama.
  3. Apabila sudah lebih dari 2 minggu nomor resi masih tidak bisa dilacak dan barang belum sampai, hubungi Customer Support (CS) marketplace tempat Anda berbelanja untuk meminta keterangan lebih lanjut.

 

3. Resi dicek invalid

Kasus nomor resi yang invalid ketika dicek adalah hal yang paling lumrah terjadi. Kasus ini bahkan tak jarang berbuntut pada komentar negatif customer seperti: “Kok resinya dicek invalid? Penipu, ya?” Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia marketplace atau toko online pasti pernah mengalami hal pahit seperti ini. Di bawah ini adalah contoh-contoh kasus yang dialami oleh customer yang nomor resinya invalid atau tidak terlacak di website ekspedisi.

Apa yang dapat Anda lakukan jika mengalami hal serupa seperti customer-customer di atas?

  1. Khusus bagi pengguna Ekspedisi JNE, seharusnya nomor resi bisa langsung dilacak. Kecuali jika masih menggunakan resi manual apalagi pick up, maka Anda harus menunggu 1 x 24 jam agar dapat terlacak saat barang sudah manifested.
  2. Mintalah foto resi Anda kepada penjual atau pemberi resi. Anda memiliki hak untuk meminta difotokan nomor resi, data informasi pengirim dan penerima. Meminta resi untuk difotokan akan menghindari kesalahan seperti penjual yang salah saat meng-input nomor.

 

4. Nomor resi tidak terdaftar

Anda pernah mendapatkan hasil: “NOMOR RESI TIDAK TERDAFTAR” saat melacak resi di website ekspedisi? Tenang, apabila Anda merasa nomor resi Anda bermasalah, Anda memiliki hak untuk mengajukan komplain ke marketplace ataupun toko online di mana Anda berbelanja.

Kasus serupa yang sering terjadi adalah: customer langsung melakukan pengecekan resi di website ekspedisi setelah mendapat nomor resi dari penjual. Otomatis resi tidak ditemukan atau bisa dikatakan resi tidak terdaftar. Hal ini terjadi karena memang resi belum masuk ke data pusat masing – masing kota atau dengan kata lain, resi baru dicatat di agen dan belum ada validasi resi oleh ekspedisi pusat. Maka dari itu berikan jeda beberapa jam untuk menunggu nomor resi Anda di-input ke website.

Penyebab lain adalah adanya masalah dengan website ekspedisinya ataupun kendala pengiriman.

Menurut flipersshop.com yang telah menghimpun pengalaman-pengalaman customer-nya selama berjualan online, berikut ini beberapa penyebab resi tidak terdeteksi atau tidak ditemukan :

  • Paket belum diangkut ke kantor pusat (masih di agen) sehingga belum tervalidasi oleh kantor pusat.
  • Pada saat memasukkan resi di kolom pengecekan resi terdapat spasi. Resi tidak menggunakan spasi, sehingga masukkanlah nomor resi tersebut tanpa spasi. Perhatikan juga apakah ada spasi di depan resi. Misal nomor resi adalah TGRF890567, maka jangan ditulis TGRF 890567. Atau perhatikan juga di depan nomor resi jangan ada spasi juga.
  • Salah memasukkan nomor resi. Perhatikan betul apakah nomor resi yang dimasukkan sudah benar – benar sesuai. Kadang kurang 1 angka atau salah atau kelebihan angka.
  • Server down. Karena banyak yang melakukan akses, maka bisa jadi server down. Oleh karena itu apabila terjadi masalah resi tidak ditemukan, maka ulangilah pengecekan sebanyak 4 kali.
  • Bila ke-empat alasan di atas sudah terpenuhi tetapi resi masih belum ditemukan, maka hubungilah Customer Support (CS) ekspedisi via telepon.

Sebenarnya caranya sedikit berbeda pada setiap website. Untuk panduan lengkapnya baca: Situs Cek Resi Semua Ekspedisi Lengkap dan Valid

 

5. Kode resi tidak ditemukan

Tidak sedikit customer yang mengalami kendala ini langsung berpikiran buruk terhadap toko online yang memberinya nomor resi. Ada yang langsung beranggapan bahwa penjualnya penipu dan ada pula yang menuduh bahwa penjual tersebut telah memberikan nomor resi palsu. Duh, duh, daripada berpikiran yang tidak-tidak, mending kita bersikap teliti dulu, yuk!

Apabila Anda pernah mengalami hal tidak menyenangkan seperti pada gambar di atas, ada baiknya bila Anda berusaha mencaritahu sendiri dulu penyebab kegagalannya agar tidak langsung menyimpulkan bahwa Anda telah ditipu ataupun diberi resi palsu. Cara mengecek keaslian nomor resi cukup mudah, secara umum yaitu sebagai berikut:

  1. Masuk ke website jasa logistik / ekspedisi yang kita pilih
  2. Cari kolom untuk cek atau lacak (tracking) paket
  3. Masukkan nomor resi Anda
  4. Klik OK/YES/Enter

 

Bagi pemilik toko online e-commerce, download Plugin Kirim Resi untuk mempermudah pengiriman nomor resi kepada customer di: https://tonjoostudio.com/product/plugin-kirim-resi/

 

Referensi: komunitas.bukalapak.com ; kaskus.co.id ; flipersshop.com ; kucingkardus.com

`
Author
WRITTEN BY

Nisa Husnainna

Nisa is a technical and marketing Content Writer at Tonjoo. She was previously writing for a multinational IT company and also a Reporter at her campus magazine. Since High School, she has been writing at her blog and discovered her passion in blogging. When she's not working, she enjoys traveling, reading, cooking, and try new things.

Related Post

Bagaimana Proses Refund di Toko Online? Simak di Sini!

25 Apr 2019 BY Nisa Husnainna

Proses Refund di Toko Online – Apakah Anda pernah berbelanja di toko online namun barang yang datang tidak sesuai dengan pesanan Anda? Misalnya tidak sesuai ukuran, beda warna, atau bahkan …

7 Tema WordPress WooCommerce Gratis Terbaik untuk Toko Online

26 Jan 2019 BY Fadhil Guntur Ashari

Toko online sedang booming akhir-akhir ini. Akibatnya permintaan akan pembuatan website toko online pun meningkat. Umumnya mereka mencari solusi pembuatan website yang murah bahkan gratis. Solusi dari pembuatan website gratis …

Inilah 30+ Istilah Pengiriman Barang JNE yang Wajib Kamu Ketahui

20 Jul 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Fitur untuk melacak status paket Anda dengan cek nomor resi di website sudah menjadi layanan standar bagi jasa ekspedisi manapun termasuk JNE. Namun sayangnya, ketika Anda melakukan pelacakan nomor resi, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *