Istilah Dalam Online Shop: 22 Istilah Bisnis Online

Mufti 01 Dec 2020 5 Menit 0

Semenjak maraknya jual beli secara online menimbulkan munculnya istilah dalam online shop yang terkadang sebagian orang awam belum mengetahui arti dan maksud dari istilah tersebut.

Maka dari itu kami akan mencoba memberikan sebuah artikel yang merangkum istilah-istilah yang sering muncul di berbagai bisnis online salah satunya online shop.

Untuk lebih memudahkan pencarian Anda terkait dengan istilah bisnis online bisa langsung pilih di daftar isi dibawah ini ya!

Mari kita mulai!!!

Daftar Istilah dalam Online Shop Beserta Artinya

Daftar istilah dalam online shop beserta artinya

â© google image

Banyak istilah yang ada dalam dunia online shop yang harus Anda ketahui apalagi jika Anda ingin tahu cara memulai bisnis online. Jangan sampai terlewatkan, simak secara mendetail ya!!!

Buyer

Istilah buyer kerap sekali digunakan dalam bisnis online yang artinya adalah pembeli, dimana buyer membeli barang atau jasa dengan sejumlah uang atau berupa alat tukar lainnya.

Seller

Kalau bayer adalah pembeli maka seller ini ialah penjualnya, Si penjual yang ada di toko online bisa dikatakan pemilik toko yang disebut dengan istilah seller yang menjual produk atau jasa secara online.

Nah selain Seller ada juga istilah Reseller yang artinya juga sama yaitu penjual namun Reseller ini merupakan penjual yang menjual barang milik orang lain dengan kata lain Reseller tidak memiliki stok barang jualan.

Supplier

Dalam istilah jualan online, Supplier diartikan sebagai pihak yang menyediakan stok barang untuk dijual oleh penjual.

Biasanya berupa pabrik atau perusahaan yang memiliki banyak stok barang dan memberi kesempatan kepada pelaku bisnis online seperti Dropshipper maupun seller untuk kerjasama dengan ikut menjualkan barang mereka.

Dropship

Penjualan yang dilakukan dengan melibatkan tiga pihak, bisa dikatakan sebagai perantara antara Supplier dan Buyer atau Konsumen.

Sistem kerjanya, jika ada pemesanan barang maka penjual akan menghubungi pihak Supplier untuk mengirimkan barang ke pembeli. Peran ini biasa disebut dengan istilah Dropshipper yaitu yang menjualkan barang Supplier.

Trusted Seller

Istilah ini diperuntukan untuk toko atau penjual yang artinya penjual terpercaya. Hal ini merupakan pengakuan berupa kepercayaan dari banyak orang terhadap penjual.

WS (Wholesale)

Istilah WS sering digunakan oleh penjual yang menunjukan bahwa toko sipenjual merupakan Distributor yang siap melayani penjual ke Reseller.

Biasanya pembelian produk secara besar-besaran dengan harga yang jauh lebih murah sehingga Reseller akan mendapatkan keuntungan lumayan besar.

COD (Cash on Delivery)

Istilah COD sering disebut juga dengan bayar ditempat yang artinya proses jual beli dengan sistem pembayaran dilakukan pada saat barang yang dibeli sudah sampai tujuan.

Untuk lebih detailnya silahkan baca artikel arti COD dalam jual beli online.

Jadi pembeli bisa ngecek langsung barang yang dibeli pada saat barang sampai lalu melakukan pembayaran.

TRF/TF/XFR

Kata-kata TRF/TF/XFR merupakan singkatan dari Transfer yang artinya dalam jual beli online adalah transfer pembayaran.

Hal ini berkaitan dengan metode pembayaran, dimana pembeli bisa mentransfer sejumlah uang ke rekening penjual.

DP (Down Payment)

DP yang artinya uang muka atau bisa disebut dengan uang jaminan. Hal ini sering kita jumpai di istilah bisnis online.

Dimana pembeli harus melakukan pembayaran sebagai bentuk tanda jadi terhadap barang yang dipesan. Pembayarannya pun sesuai dengan ketentuan dari si penjual bisa setengah atau seperempat dari harga barang yang di pesan.

Nah biasanya sistem DP yang berada di jualan online berupa barang Pre Order.

FP (Full Payment)

FP ini kebalikan dari DP dimana pembeli harus melakukan pembayaran sesuai dengan harga barang yang dibeli secara penuh (full)

Misalnya Anda membeli barang seharga Rp150.000 maka Anda harus membayarnya langsung sesuai dengan harga tersebut yaitu Rp150.000.

Ada juga istilah Return dan Refund dalam Belanja Online bisa Anda lihat arti dan perbedaannya di sini

Halaman Selanjutnya
Restock...

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Mufti
Ditulis oleh

Mufti

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *