10 Manfaat Kardus Bekas dalam Kehidupan Sehari-hari, Kreatif dan Berguna!

Hanif 11 Aug 2023 3 Menit 0

Mungkin tidak sedikit yang ingin tahu manfaat kardus bekas dalam kehidupan sehari-hari. Meningat setelah pembelian online, kardus kerap menjadi limbah dalam pengiriman barang. Tentunya tidak ada yang mengingkan jika akhirnya packing adalah pencemar lingkungan, kan?

Apalagi setelah event sale di eCommerce, setelah memborong banyak belanjaan, kardus packing kerap menumpuk. Lalu bagaimana memanfaatkannya?

Berikut beberapa manfaat kardus bekas yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Packing untuk Mengirim Barang

Ya, untuk kirim barang lagi! Kardus bekas masih bisa digunakan lagi untuk mengemas barang yang akan dikirim. Dengan ketahanan yang cukup dan fleksibilitas dalam bentuk, kardus bekas bisa menjadi solusi hemat biaya untuk pengemasan barang.

Manfaat kardus bekas

Bahkan, kamu bisa memotong atau menggunakan pita perekat untuk menyambung kardus agar ukurannya sesuai dengan barang yang akan dikirimkan. Kirim paket dengan kardus atau membungkus paket memakai kardus bekas juga mnejadi pilihan banyak penjual online.

Jadi, berikan saja atau jual kardus bekasmu ke pengepul agar bisa digunakan kembali sebagai pembungkus.

2. Mengemas Barang untuk Disimpan

Untuk menyimpan barang-barang musiman atau yang jarang digunakan, kardus bekas bisa menjadi tempat penyimpanan yang praktis dan ekonomis. Cara membuat kemasan dari kardus bekas juga mudah.

Cara membuat parcel lebaran

Tidak hanya untuk menyimpan, kardus juga bisa menjadi wadah ketika membawa barang tersebut. Misalnya kamu mengumpulkan barang tidak terpakai untuk disimpan di loteng atau gudang. Namun perlu diingat, kardus bisa saja dimakan rayap atau lapuk karena lembap.

3. Alas Lantai

Saat mengecat atau melakukan pekerjaan lain yang berpotensi mengotori lantai, kardus bekas bisa dijadikan alas untuk melindungi permukaan. Selain itu, kardus juga kerap menjadi alas lantai atau ganjal kaki meja yang tidak seimbang.

Manfaat kardus bekas - alas cat 2

Sumber gambar: dreamstime. Com & fotor. Com

4. Karya Seni, Model Miniatur

Bagi para seniman atau hobiis, kardus bekas bisa menjadi media yang menarik untuk berkreasi, mulai dari karya seni abstrak hingga model miniatur bangunan atau kendaraan. Misalnya membuat frame untuk lampu tidur, maket bangungan, atau kebuthan lainnya.

Manfaat kardus bekas - maket rumah by ruangilmu github

Maket rumah by ruangilmu di github

Tidak hanya itu, kardus juga bisa menjadi material prakarya yang baik karena mduah dibentuk dan banyak tersedia. Agar lebih awet, lapisi kardus dengan resin!

5. Insulasi Panas

Kardus memiliki sifat isolasi yang baik, sehingga dapat digunakan sebagai insulasi panas sementara di jendela atau pintu.

Di beberapa negar 4 musim, seperti Jepang dan Amerika, bahan kardus kerap diolah untuk dijadikan pembatas atau separator tembok yang mampu menahan panas. Sehingga di musim dingin, udara di dalam kamar tetap hangat.

6. Lapisan Mengurangi Gema atau Pantulan Suara

Anak Band dan konten kreator pasti sangat menyadari pentingnya ruangan yang ideal untuk pengambilan suara. Dengan sedikit kreativitas, kardus bekas bisa dijadikan lapisan untuk mengurangi gema dalam ruangan, seperti studio musik di rumah.

Ini karena permukaan kardus yang berlapis dan bergelomgbang mampu menyerap suara, alih-alih memantulkannya.

Manfaat kardus bekas - untuk mini studio foto

Sumber: halosis. Asia

Selain studio audio, bisa juga untuk mini studio fotografis untuk mengambil foto produk. Fungsi kardus menjadi rangka agar kertas putih bisa menempel, sehingga foto tampil profesional.

7. Menempelkan Baut Ketika Membongkar Kendaraan

Ini adalah lifehack bagi para montir kendaraan!

Manfaat kardus bekas - menempelkan baut ketika membongkar kendaraan

Sumber: autoweek. Com

Saat membongkar kendaraan, kardus bekas bisa dijadikan tempat menempelkan baut agar tidak hilang dan tetap teratur.

8. Plot untuk Memotong Material

Bagi tukang, tidak jarang perlu memotong keramik dengan profil khusus. Fungsi kardus ini juga berlaku bagi builder atau manufaktur asesoris otomotif.

Sebagai alas pemotongan yang murah dan mudah diganti, kardus bekas bisa membantu melindungi permukaan meja atau lantai saat memotong material lain.

Manfaat kardus bekas - cardboard aided design

Sumber: hagerty

Ada istilah lucunya berupa Cardboard Aided Design (CAD) yang merupakan plesetan dari Computer Aided Design.

9. Tempat Bertelur Lalat BSF (Black Soldier Fly)

Bagi pengolah limbah organik, atau bagi peternak ayam dan ikan yang ingin memberikan alternatif pakan lalat BSF (Black Soldier Fly), kardus bisa menjadi solusi agar daur lalat BSF bisa berputar.

Manfaat kardus bekas - telur magot bsf di kardus

Sumber: maggotbsfcilacap. Blogspot. Com

lekukan di dalam kardus ini bermanfaat karena disenangi oleh lalat BSF sebagai tempat bertelur. Jadi, tidak perlu bergantung pada penjual telur lalat BSF lagi.

10. Kompos

Kardus yang tidak dicap dengan tinta berbahaya bisa dihancurkan dan ditambahkan ke kompos, membantu dalam proses pembusukan dan penambahan struktur pada tanah.

Mengingat kardus memiliki bahan dari pulp kayu, tentunya berbagai organisme seperti cacing dan bakteri baik siap mengolah kardus menjadi kompos yang menggemburkan tanah. Sehingga, tanaman bisa tumbuh lebih optimal.

Kesimpulan

Kardus bekas bukan hanya sampah yang harus segera dibuang. Dengan sedikit kreativitas dan inisiatif, kardus bekas bisa diubah menjadi sumberdaya yang berharga dalam berbagai aspek kehidupan kita.

Dari pengemasan hingga seni, insulasi hingga inovasi pertanian, potensi manfaat kardus bekas adalah bukti bahwa inovasi sering kali bermula dari hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita. Mari kita mulai menghargai dan memanfaatkan kembali sumber daya yang ada, dan dengan demikian, berkontribusi pada dunia yang lebih berkelanjutan dan inovatif.

 


Baca juga artikel menarik seputar Ekspedisi & Logistik di pluginongkoskirim.com yang terkait dengan logistikatau artikel lainnya dari Mufid Hanif. Untuk informasi lebih lanjut atau kebutuhan lainnya, Anda bisa menghubungi kami melalui support@tonjoo.com


 

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *