Bagaimana Cara Mengatasi Resi Palsu dari Marketplace?

Tim Tonjoo Media 13 Sep 2023 3 Menit 0

Bagaimana cara mengatasi resi palsu? Pertanyaan ini kerap menghampiri ketika sudah cek resi namun data pengiriman barang tidak muncul.

Berbelanja secara online tidak selamanya mengasyikkan. Ada saja pihak-pihak nakal yang berusaha menguntungkan diri sendiri dan melakukan penipuan online. Modus operandinya pun kian marak. Salah satunya adalah dengan berpura-pura menjadi penjual terpercaya dan memberikan resi palsu untuk Anda.

Apa sih resi palsu itu sebenarnya? Resi palsu adalah kombinasi angka yang dibuat secara acak oleh penjual nakal tersebut untuk memberi kesan seolah-olah barang yang Anda pesan sudah dikirimkan padahal tidak ada barang yang dikirimkan sama sekali.

Jika Anda saat ini sedang mengalami hal yang sama, buang dulu jauh-jauh kepanikan Anda. Kami punya beberapa cara untuk mengatasi resi palsu dari marketplace yang Anda dapatkan.

 

1. Melakukan Pengecekan Ulang

Sebelum berprasangka buruk bahwa Anda telah menjadi korban penipuan online, ada baiknya Anda melakukan pengecekan ulang terlebih dahulu dengan mengakses website jasa ekspedisi terkait.

Rasa-rasanya semua website jasa ekspedisi sudah memiliki fitur untuk melacak keabsahan resi sebagai standar layanan mereka. Periksa kembali angka dan huruf yang diketikkan di dalam kotak cek resi yang tersedia.

Anda sudah mengecek ulang nomor resi tapi nomor resi Anda masih belum bisa ditemukan? Tenang dulu. Belum tentu Anda menjadi korban penipuan.

Kurir pilihan Anda pun membutuhkan waktu untuk mendata setiap barang yang masuk ke gudang beserta nomor resinya, baru memasukkan data tersebut ke website mereka. Jika Anda baru saja melakukan pembelian dan mendapatkan nomor resi lantas langsung melakukan pengecekan resi ke website jasa ekspedisi terkait, wajar saja jika nomor resi Anda tidak ditemukan.

Karena itu, berikanlah mereka waktu 1×24 jam untuk menyelesaikan tugas ini. Jika lebih dari 24 jam status resi masih saja belum valid, tunggulah beberapa hari. Di beberapa kasus langka, barang kiriman tetap sampai tujuan dengan selamat meskipun resi tidak bisa terlacak. Bukannya hal ini yang lebih penting?

Cara mengatasi resi palsu - tokopedia

Penyebab resi tidak muncul – sumber: tokopedia

 

2. Menghubungi Penjual

Penjual juga manusia yang terkadang melakukan kesalahan. Apalagi sebuah toko online yang sudah berkembang biasanya melayani ratusan pesanan setiap harinya. Bukan tidak mungkin jika satu kesalahan akan terjadi dan kebetulan hal itu menimpa Anda. Anda bisa menghubungi kembali penjual jika dua hal ini terjadi.

  1. Jika setelah lewat dari 1×24 jam resi yang Anda miliki masih belum terlacak. Hal ini bisa terjadi jika Anda memilih untuk membeli barang di toko dropship, bukan di toko online langsung. Sebuah toko dengan sistem dropship hanya menjual barang tersebut, sedangkan pengemasan dan pengiriman barang dilakukan oleh toko online lain yang lebih besar.

    Nah, toko reseller dropship biasanya akan memberikan nomor resi ‘palsu’ terlebih dahulu agar pembelian tidak dianggap gagal meski barang sudah dikirimkan oleh toko online yang lebih besar. Selanjutnya, toko online yang lebih besar ini akan memberikan nomor resi yang benar kepada toko dropship dan toko dropship baru akan mengganti nomor resi Anda tersebut.

  2. Anda bisa menghubungi penjual jika setelah melakukan pengecekan resi terdapat kesalahan pengiriman. Misalkan resi tersebut harusnya untuk pengiriman atas nama Nana di Medan, tapi ketika melakukan pengecekan resi yang muncul justru nama Andi di Bengkulu. Untuk kasus ini, kesalahan bisa saja terjadi karena kelalaian penjual dalam memberikan data pembelian. Hubungi penjual segera agar bisa segera ditangani dengan tepat.

 

3. Melaporkan Penjual Kepada Marketplace Terkait

Sudah melakukan hal di atas namun barang pesanan Anda tidak juga datang dan keluhan terhadap toko online tidak ditanggapi sama sekali? Mungkin kali ini Anda benar-benar menjadi korban penipuan online. Langkah yang bisa Anda tempuh sekarang adalah dengan membuka layanan pengaduan ke marketplace terkait di mana Anda melakukan pembelian barang tersebut.

Beberapa marketplace biasanya tidak langsung merilis dana dari pembeli ke penjual begitu saja. Jika Anda segera melaporkan kejadian ini, tentu Anda bisa mencegah si penjahat mendapatkan apa yang dia mau.

Salah satunya adalah Tokopedia. Jika resi yang Anda miliki tidak dapat dilacak di situs web kurir, tetapi status transaksi menunjukkan bahwa barang sedang dalam proses pengiriman di platform Tokopedia, dalam hal ini Tim Tokopedia Care akan meminta bukti fisik resi pengiriman dari penjual dalam waktu 24 jam.

Jika penjual tidak memberikan tanggapan dalam batas waktu tersebut, transaksi akan dibatalkan.

FAQ

Apakah ada resi palsu?

Ya, ada penjual nakal yang memberikan resi palsu untuk mengelabuhi pembeli bahwa seolah-olah penjual sudah mengirimkan barang.

Apakah resi itu penting?

Nomor resi penting sebagai tanda bukti bahwa pengirim sudah melakukan pengiriman barang sekaligus sebagai kode pelacakan paket.

Kenapa nomor resi tidak bisa dilacak?

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan nomor resi tidak bisa dilacak. Misalnya, seller menggunakan resi corporate partner sehingga proses untuk mendapatkan update membutuhkan beberapa waktu.

Akhir Kata

Itu dia cara mengatasi resi palsu dari marketplace versi kami. Tidak semuanya kesalahan yang terjadi adalah penipuan. Kesalahan yang terjadi di lapangan bisa terjadi kapan saja. Sebagai pembeli kita pun tentu harus menjadi pembeli yang cerdas dalam menentukan pilihan. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 5 Kasus Nomor Resi Tidak Terlacak di Web, Nomor 3 Paling Sering!

Recommended! Dapatkan Spesial Bundle Paket Plugin E-Commerce terbaik untuk toko online WordPress WooCommerce Anda di: https://tonjoostudio.com/product/paket-plugin-ecommerce/

 


Baca juga artikel menarik seputar Ekspedisi & Logistik di pluginongkoskirim.com yang terkait dengan Logistikatau artikel lainnya dari Team Tonjoo Media. Untuk informasi lebih lanjut atau kebutuhan lainnya, Anda bisa menghubungi kami melalui support@tonjoo.com


sumber:

  • Tidak Dapat Melacak Resi Pengiriman di Tokopedia – https://www.tokopedia.com/help/article/resi-pengiriman-saya-tidak-dapat-dilacak
  • [Pengiriman] Solusi Ketika AWB Tidak Terlacak atau Tidak Valid – https://seller.tokopedia.com/edu/awb-tidak-valid/

 

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Tim Tonjoo Media
Ditulis oleh

Tim Tonjoo Media

Penikmat senja, langit, dan kopi. Moto hidupnya: 'teruslah menulis hal yang bermanfaat untuk orang lain dan buat mereka mengerti tentang WordPress'. Bekerja sebagai WordPress Developer merangkap Content Writer di Tonjoo saat working days, dan sunset hunter saat weekend.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *