9 Ide Bisnis Peralatan Dapur Rumahan – Restoran, Omset Jutaan

Nasikhun A. 07 Jun 2022 11 Menit 0

Seiring meningkatnya jumlah penduduk, kebutuhan akan peralatan rumah tangga pun juga ikut meningkat. Tak ayal, ide bisnis peralatan dapur semakin banyak peminatnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), di provinsi Jawa Timur saja, jumlah rumah makan/ restoran dari tahun 2014 hingga 2018 mengalami peningkatan 144%.

Restoran atau rumah makan yang awalnya hanya berjumlah 1.706 di tahun 2014, meningkat menjadi 4.169 di tahun 2018, yang berarti kenaikannya 28% per tahun.

Sementara Databoks menyampaikan, di tahun 2019, jumlah restoran paling banyak ada di provinsi Jawa Barat, yakni mencapai 13.000 lebih restoran. Belum lagi wilayah lainnya.

Anda tertarik untuk mulai berbisnis atau berwirausaha dengan berjualan peralatan dapur seperti alat masak, alat makan minum hingga alat cuci piring? Ini dia ide-ide jualan yang bisa Anda coba!

9 Ide Bisnis Peralatan Dapur untuk Rumahan sampai Restoran

Berikut adalah ide jualan peralatan dapur yang dapat Anda gunakan untuk memulai bisnis online maupun offline. Baca selengkapnya.

1. Aksesoris dapur

Ide bisnis peralatan dapur

Sumber: unsplash

Rekomendasi ide pertama untuk peralatan dapur adalah aksesoris dapur. Aksesoris dapur memiliki beragam jenis. Berikut adalah diantara contohnya.

  • Alat pemotong serbaguna

Alat pemotong serbaguna ini juga populer dengan sebutan pengiris perajang. Macamnya ada banyak, tergantung dengan tujuan penggunaannya.

Ada yang dapat Anda gunakan untuk memotong daging secara tipis. Ada yang dapat digunakan untuk mengiris telur.

Ada pemotong serbaguna yang bisa untuk memotong sayur-sayur tertentu, seperti kentang, wortel, bawang merah dan bawang putih.

Alat pemotong serbaguna ini biasanya dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp.20.000 untuk alat seperti pemotong kentang, hingga yang Rp. 3.6 Juta, untuk potong tulang.

  • Capit makanan

Capit makanan bisa juga Anda masukkan dalam list barang yang akan Anda jual untuk peralatan dapur.

Biasanya capit makanan banyak diburu tidak hanya oleh ibu-ibu rumah tangga, namun juga oleh pelaku bisnis UMKM, seperti penjual odading hingga gorengan.

Untuk harga barangnya sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 40.000 per item. Cukup terjangkau bukan?

  • Chopper

Chopper adalah alat yang digunakan untuk menggiling makanan. Jadi fungsinya dan cara kerjanya hampir mirip dengan blender.

Namun yang membedakannya adalah, copper berfungsi untuk memotong, menggiling serta mengolah bahan makanan menjadi satu.

Alat ini memiliki mata pisau di dalamnya, yang berfungsi untuk memotong sayuran seperti bawang merah dan bawang putih.

Jenis chopper pun ada dua macam, yang manual dan yang memakai listrik untuk dapat dioperasikan.

Sementara itu, untuk harga chopper berkisar antara Rp. 20.000 hingga Rp. 600.000. Tergantung dari apakah chopper tersebut manual atau menggunakan listrik.

  • Grinder

Grinder dapat menjadi salah satu ide untuk berjualan alat dapur terkini. Grinder merupakan alat untuk memecahkan bahan padat menjadi potongan kecil dengan cara menggilingnya.

Alat ini biasanya digunakan untuk menghaluskan biji kopi yang masih utuh namun sudah siap untuk dikonsumsi.

Grinder biasanya banyak digunakan dalam pembuatan kopi di cafe ataupun restoran. Dengan menjamurnya cafe di kota, grinder semakin banyak dibutuhkan.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8

Bagikan ke:
Nasikhun A.
Ditulis oleh

Nasikhun A.

Moch. Nasikhun Amin is a late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *