ADVERTISEMENT

15+ Peluang Usaha Paling Menjanjikan di Tahun 2020, Apa Ya?

Posted on 30 Dec 2019 By Nisa Husnainna
ADVERTISEMENT

Peluang Usaha Tahun 2020 – Tahun 2020 sangat prospektif untuk memulai bisnis. Namun, menjalankan bisnis tentu saja membutuhkan perencanaan yang matang.

 

Sebelum memulai bisnis di tahun 2020, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu terkait usaha apa yang memiliki peluang paling menjanjikan sepanjang tahun 2020.

ADVERTISEMENT

 

Tapi dengan membaca artikel ini, Anda tidak perlu lagi repot-repot melakukan riset. Anda tinggal memilih manakah usaha yang paling sesuai untuk Anda di antara 15 lebih peluang usaha 2020 berikut.

 

Apa saja 15+ peluang usaha 2020 tersebut?

 

1. Jasa Penulis Online

Bagi Anda yang memiliki bakat menulis baik itu cerpen, cerita fiksi, artikel informatif, berita, dan lain sebagainya, Anda dapat memanfaatkan bakat ini untuk menghasilkan banyak uang.

Saat ini telah tersedia banyak sekali platform menulis online yang bersedia membayar penulis dengan harga bersaing. Anda yang ingin terjun ke dunia penulis online tidak membutuhkan modal apapun selain laptop.

Bagi Anda yang sudah bekerja sebagai karyawan full time di sebuah instansi atau perusahaan juga tetap bisa nyambi part time jadi penulis online loh, untuk menambah penghasilan.

Lalu bagaimana caranya untuk menjadi penulis online yang dibayar? Anda bisa langsung menuju ke Kontenesia.com ataupun Sribulancer.

Kalau Anda mahir menulis cerita fiksi, Anda bisa mencoba menulis di Wattpad. Selamat mengubah rangkaian kata-kata menjadi uang!

 

2. Berjualan Pakaian Syar’i

Pakaian syar’i kini tengah menjadi trend di masyarakat Indonesia dan juga negara tetangga, Malaysia. Hal ini merupakan sebuah keuntungan dari sisi demografis bagi pebisnis pakaian syar’i karena pangsa pasarnya bisa meliputi luar negeri juga.

Memasuki tahun 2020, pakaian syar’i masih tetap digandrungi bahkan akan tetap dicari sampai waktu yang akan mendatang.

Tidak harus menjadi desainer dan memproduksi sendiri busana wanita syar’i, Anda bisa memulainya dengan menjadi reseller.

Tunggu apa lagi? Bisnis menjanjikan berjualan pakaian syar’i ini bisa menghasilkan pundi-pundi Rupiah yang tidak sedikit, lho!

 

3. Jasa Make Up Artist (MUA)

Punya keahlian merias wajah? Tidak ada salahnya mencoba membuka jasa MUA. Anda bisa memulainya dari membuat akun Instagram khusus sebagai portofolio Anda.

Makeup Artist kini dibayar dengan tarif yang cukup mahal. Apabila Anda belum terlalu mahir merias wajah, kini telah tersedia banyak tutorial di Youtube yang dapat Anda pelajari secara otodidak.

MUA tidak akan sepi oleh job karena hampir setiap hari ada saja orang yang akan menggunakan jasa ini. Baik untuk acara kondangan, wisuda, lamaran, dan pernikahan.

Bagaimana, sudah siap menjadi MUA hits?

 

4. Laundry

Laundy? Ya, bisnis laundry termasuk dalam list salah satu peluang bisnis yang menjanjikan di tahun ini.

Mengapa bisnis laundry terus berkembang dan bisa tetap bertahan hingga sekarang? Hal ini dikarenakan orang-orang lebih sering mencuci baju daripada membeli baju.

Semua orang pasti butuh mencuci baju setiap hari, tapi tidak setiap hari orang butuh membeli baju. Inilah prinsip yang harus dipegang oleh orang yang ingin terjun ke bisnis laundry.

Sekarang sudah banyak inovasi laundry seperti self-service laundry, coffee shop laundry, dan Anda bisa berinovasi mengembangkan bisnis laundry konvensional agar lain dari yang lain.

Selain sederhana, bisnis laundry juga bisa dilakukan di rumah saja.

 

5. Travel/Tour

Sama halnya seperti usaha jasa penulis online, usaha travel/tour pun juga hanya membutuhkan modal berupa laptop. Dan tentunya keahlian marketing yang Anda miliki.

Bisnis atau usaha travel ini memiliki potensi menjanjikan, loh! Bisnis travel diperkirakan bisa meraup untung hingga Rp4 triliun per tahun. Jumlah yang fantastis, bukan?

Ditambah lagi dengan perkembangan teknologi informasi dan jaringan internet yang sudah hampir tersebar merata. Tentu ini akan menguntungkan pemilik bisnis travel karena jasanya dapat diakses dari mana saja dan oleh siapa saja.

 

6. Sewa Baju Pengantin

Jasa penyewaan baju pengantin seperti tidak ada matinya. Orang yang menikah akan selalu ada. Tentu ini merupakan kesempatan emas yang tidak boleh Anda sia-siakan.

Apabila Anda mempunyai skill menjahit, Anda bisa membuat beberapa kebaya dan dress pernikahan lalu memajangnya di patung manekin. Setelah itu bisa Anda foto dan upload ke Instagram dengan berbagai hashtag.

Atau jika Anda tidak memiliki skill menjahit, Anda bisa membeli beberapa baju pengantin yang sudah jadi. Mungkin ini memang membutuhkan modal yang lumayan besar, tapi income-nya pun juga besar.

 

7. Berjualan Suplemen Kesehatan

Menjamurnya berbagai fast food di zaman ini membuat banyak orang sadar akan pentingnya untuk tetap mengkonsumsi suplemen kesehatan yang menunjang keseimbangan zat dalam tubuh.

Banyak kisah pebisnis suplemen kesehatan yang telah mendulang sukses, contohnya selebgram terkenal Rachel Vennya.

Sebelum terkenal seperti sekarang, Rachel Vennya awalnya menjual suplemen diet di mana ia sendiri juga mengkonsumsi suplemen tersebut dan terbukti berhasil menurunkan berat badannya.

Berbagai suplemen kesehatan kini hadir dan telah mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Contoh lainnya adalah pil spirulina yang bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Selain itu juga menjamur suplemen kesehatan Oriflakes yang berkhasiat untuk meredakan asam lambung dan maag dalam bentuk sereal lezat.

 

8. Bisnis Cuci Sepatu

Bisnis cuci sepatu merupakan bisnis yang banyak dilakoni oleh anak muda generasi milenial. Dengan memanfaatkan modal seadanya, bisnis ini dapat didirikan baik secara perorangan maupun bersama teman-teman.

Bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. Metode iklannya cukup dari media sosial dan dari mulut ke mulut.

Rata-rata pelaku bisnis cuci sepatu memulai usahanya hanya dengan bermodalkan Rp100.000 saja. Namun omzet yang diraup per bulannya bisa mencapai 200 sampai 500 juta rupiah.

Bagi Anda yang masih duduk di bangku kuliah, jenis usaha ini sangat cocok untuk Anda. Karena Anda dapat melakukannya di sela-sela waktu kuliah atau dari sore sampai malam.

 

9. Sewa Perlengkapan Bayi

Mungkin bisnis sewa perlengkapan bayi ini masih tergolong baru, dan belum ada di zaman dahulu. Tapi ide ini boleh Anda coba.

Kebanyakan orang tua zaman sekarang mulai berpikir untuk menyewa perlengkapan bayi saja daripada membelinya. Hal ini dikarenakan masa pakai perlengkapan bayi tergolong singkat sebab bayi berkembang dengan cepat.

Anda memang membutuhkan modal yang cukup besar untuk memulai bisnis ini, namun bisnis ini juga menguntungkan di kemudian hari.

Belilah perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan oleh semua bayi misalnya seperti stroller. Anda dapat melakukan bisnis ini dari rumah saja, tidak perlu menyewa ruko atau toko.

 

10. Rental Mobil

Bagi Anda yang memiliki mobil, tak ada salahnya menjadikan mobil Anda sebagai sumber pendapatan tambahan dari menyewakannya.

Anda mungkin bisa menyewakannya saat weekend saja, atau saat peak season dan musim liburan. Rental mobil masih akan terus dibutuhkan, terutama jika Anda tinggal di kota besar.

Jika mau, Anda juga bisa sekaligus menjadi supir loh. Lumayan, kan?

 

11. Jasa Pembuatan Website

Anda seorang web developer? Mengapa Anda tidak menjadi penyedia jasa pembuatan website dari rumah?

Saat ini, semua orang berlomba-lomba untuk membuat website. Jika Anda memiliki skill membuat website maka Anda sangat beruntung.

Jasa pembuatan website banyak dicari saat ini. Anda dapat mematok harga yang bersaing untuk pembuatan website tergantung dari tingkat kesulitannya.

 

12. Jasa Wedding Organizer (WO)

Jasa Wedding Organizer saat ini sedang menjamur. Pasangan pengantin yang sibuk bekerja dan tidak memiliki banyak waktu biasanya lebih memilih untuk menyerahkan segala persiapan pernikahannya kepada WO.

Modal untuk memulai bisnis WO tidak besar, namun omzet yang diraih terbilang fantastis. Inilah yang menjadi daya tarik banyak orang untuk berkecimpung di dunia WO.

Untuk membangun jasa WO, biasanya Anda akan membutuhkan tim. Anda dapat membentuk tim tersebut dari teman-teman terdekat Anda.

Tertarik untuk menjadi WO handal?

 

13. Jasa Pembuatan Mahar Nikah Unik

Pasangan yang akan menikah biasanya membutuhkan mahar dan seserahan yang dihias dalam tray. Anda yang memiliki skill atau kemampuan merangkai benda-benda (kerajinan tangan) dapat menjajal bisnis ini.

Modal yang dibutuhkan tidak besar namun keuntungan yang diraup sungguh akan membuat Anda bahagia. Pasalnya, jasa pembuatan mahar ini dapat dipatok dengan harga yang cukup mahal.

 

14. Jasa Penerjemah

Anda jago berbahasa Inggris? Bahasa Korea? Bahasa Arab? Bahasa Jepang? Bahasa Mandarin? Bahasa Jerman? Bahasa Prancis? Jangan sia-siakan skill berbahasa asing Anda ini.

Menjadi penerjemah merupakan pekerjaan yang cukup menjanjikan di zaman ini. Mau bekerja full-time ataupun part-time, Anda tetap akan meraup keuntungan dari jasa menerjemahkan.

 

15. Bisnis Makanan ‘Kekinian’

Di zaman digital sekarang ini, makanan sangat mudah menjadi tren.

Ingat tren minuman Es Kepal Milo yang sempat booming tahun lalu?

Hal ini dikarenakan makanan dapat terlihat sangat menarik dan menggiurkan meski hanya dari foto.

Bagi Anda yang ingin mencoba bisnis makanan kekinian, berikut ini kami sediakan daftar 8 makanan kekinian yang sangat digemari:

-Salad buah

-Lasagna

-Kebab

-Mac and cheese

-Roti bakar

-Kue balok

-Kue cubit

-Brownies

Anda tidak bisa membuatnya? Tenang, resep dan cara membuatnya sudah tersebar banyak di internet. Anda dapat memodifikasinya agar memiliki nilai lebih dibandingkan kompetitor yang menjual makanan serupa.

 

16. Jualan Kopi Ala Millenial

Di sepanjang tahun 2019 lalu, dapat kita lihat bisnis coffee shop menjamur di kalangan milenial. Bahkan kebanyakan pemilik (owner) nya pun adalah anak muda.

Kopi sangat digemari oleh mayoritas/kebanyakan kawula muda karena kopi dapat dijadikan teman mengerjakan tugas kuliah, teman bergadang mengerjakan skripsi, atau sekedar berbincang ringan bersama teman.

 

Akhir Kata

Itulah informasi singkat mengenai 15 lebih peluang usaha paling menjanjikan di tahun 2020. Anda dapat menjadikannya sebagai referensi untuk berbisnis.

Semua ide bisnis yang kami sajikan di atas dapat Anda beri dukungan berupa sentuhan teknologi informasi seperti pembuatan website dan media sosial untuk bisnis Anda.

Zaman sekarang, usahakan untuk mendigitalisasikan semua bisnis Anda. Jadilah pengusaha yang go-online karena bisnis akan lebih berkembang pesat apabila pemiliknya mengikuti perkembangan zaman.

Semoga bermanfaat. Salam sukses! 🙂

Ingin mencoba berjualan di Instagram? Baca: https://pluginongkoskirim.com/tips-jualan-di-instagram-untuk-pemula/

 

ADVERTISEMENT
`
Author
WRITTEN BY

Nisa Husnainna

Nisa is a technical and marketing Content Writer at Tonjoo. She was previously writing for a multinational IT company and also a Reporter at her campus magazine. Since High School, she has been writing at her blog and discovered her passion in blogging. When she's not working, she enjoys traveling, reading, cooking, and try new things.
ADVERTISEMENT

Related Post

3 Jasa Ekspedisi yang Paling Murah untuk Penggemar Belanja Online

10 Jul 2019 BY Nisa Husnainna

3 Jasa Ekspedisi Paling Murah – Apakah Anda termasuk kategori penggemar belanja online namun masih sering galau memilih ekspedisi pengiriman? Terkadang memang masih ada saja kami jumpai pembeli yang bingung …

Info Lengkap Proses Pengiriman Paket Wahana

18 Feb 2020 BY Nisa Husnainna

Info Lengkap Proses Pengiriman Paket Wahana – Bagi pembaca setia Blog Pluginongkoskirim yang masih kebingungan dengan proses pengiriman paket Wahana, silakan simak prosesnya berikut ini: 1. Paket Diterima di Agen …

8 Plugin LiveChat WordPress Gratis Terbaik

4 Mar 2020 BY Nisa Husnainna

8 Plugin LiveChat WordPress Gratis Terbaik – Ada yang masih belum tahu apa itu livechat dan kegunaannya untuk toko online Anda? Livechat yaitu merupakan fitur untuk melakukan chat langsung dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *