ADVERTISEMENT

Apa itu SEO? – Pengertian dan Manfaat SEO

Posted on 7 Jan 2020 By Nisa Husnainna
ADVERTISEMENT

Pengertian dan Manfaat SEO – Istilah SEO tentunya sudah tidak asing lagi ya bagi sebagian orang yang sering berselancar di dunia internet. Tapi sebenarnya manfaat SEO itu apa, sih?

 

SEO adalah singkatan dari ‘Search Engine Optimization‘ atau ‘Optimasi Mesin Pencari’. Mau tau apa itu SEO dan apa saja manfaat SEO? Kami telah membuat panduan SEO simple untukmu.

ADVERTISEMENT

 

SEO merupakan praktik mengoptimalkan halaman web kamu untuk membuatnya mencapai posisi tinggi dalam hasil pencarian Google atau mesin pencari lainnya.

 

SEO berfokus pada peningkatan peringkat dalam hasil pencarian organik – alias gratis. Apabila kamu memiliki website dan kamu ingin meningkatkan traffic, SEO harus menjadi bagian dari upaya pemasaran.

 

Pengertian SEO

SEO adalah proses mengoptimalkan website untuk mendapatkan lalu lintas organik (tidak berbayar) dari halaman hasil mesin pencari.

Dengan kata lain, SEO akan membuat perubahan tertentu pada desain websitemu dan konten yang membuat websitemu lebih menarik bagi mesin pencari.

Tujuan dari pengaplikasian teknik SEO ini yaitu agar mesin pencari menampilkan websitemu sebagai hasil teratas pada halaman hasil mesin pencari.

SEO adalah proses yang dilalui suatu organisasi untuk membantu memastikan bahwa peringkat website mereka tinggi di mesin pencari untuk kata kunci dan frasa yang relevan.

Misalnya, katakanlah kamu memiliki artikel tentang cara membuat lubang biopori untuk mengantisipasi banjir.

Untuk menjadikan konten kamu muncul di hadapan orang yang tepat, kamu ingin mencoba mengoptimalkan posting blog kamu ini sehingga nantinya akan muncul sebagai hasil teratas bagi siapa saja yang mencari frasa “membuat lubang biopori“.

 

Apa Manfaat SEO?

Seperti yang telah disinggung pada bagian awal, SEO bertujuan untuk menjadikan website kamu berada di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari.

Ada banyak manfaat SEO untuk bisnismu. Dengan meningkatkan SEO, kamu bisa memperluas visibilitas websitemu di mesin pencari.

Hal ini membantumu menjangkau dan melibatkan lebih banyak pelanggan yang potensial.

Dengan membuat konten yang berfokus pada SEO yang lebih menarik dan efektif, kamu bisa meningkatkan peluang untuk mendatangkan lebih banyak lalu lintas organik yang ditargetkan.

 

Faktor yang Mempengaruhi SEO

Sekarang setelah kamu tahu apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya, mari kita lihat beberapa faktor yang dapat memengaruhi peringkat SEO.

Mesin pencari raksasa Google tidak akan pernah memberitahu secara persis algoritma yang mereka gunakan untuk menentukan peringkat website.

Namun, kami memiliki pemahaman yang cukup baik tentang beberapa faktor yang memengaruhi hasil peringkat halaman mesin pencari.

Faktor-faktor ini termasuk faktor-faktor dalam halaman (on-page) dan luar halaman (off-page), yang akan kita bahas di bawah ini.

Content Marketing

Sebelum kita membahas beberapa faktor SEO on dan off-page, mari kita bicara tentang konten.

Konten website sangat efektif dalam menarik mesin pencari dan membantu websitemu terhubung dengan pengunjung.

Semakin relevan dan berkualitas artikel pada websitemu, semakin besar kemungkinan mesin pencari akan memberi peringkat websitemu lebih tinggi pada halaman hasil mesin pencari.

Demikian pula, semakin menarik dan efektif konten yang kamu miliki pada websitemu, semakin besar kemungkinan pengunjung akan menghabiskan waktu berkualitas di websitemu dan bahkan melakukan pembelian.

Rahasia untuk membuat konten yang optimal untuk mesin pencari maupun pengunjung web adalah: membuat berbagai jenis konten yang ditulis dengan baik dan topiknya paling relevan bagi audiens kamu.

Berikut adalah beberapa jenis konten yang dapat kamu fokuskan untuk membantu meningkatkan penawaran kontenmu dan dapat berefek pada peringkat websitemu:

  • Artikel dan postingan blog
  • Konten sosial media
  • E-book
  • Panduan Cara dan Tutorial
  • Rekaman video dan audio
  • Infografis atau konten visual lainnya

Hal penting lain yang perlu dipertimbangkan ketika membuat konten untuk websitemu adalah kata kunci dan frasa SEO.

Kata kunci dan frasa yang relevan yang mungkin diketikkan oleh pengguna mesin pencari ketika mencari jawaban atas pertanyaan mereka atau produk dan layanan yang relevan.

Saat kamu membuat konten di sekitar kata kunci dan frasa ini, kamu meningkatkan peluang peringkat lebih tinggi untuk kata kunci ini di halaman hasil mesin pencari.

On-Page SEO

Faktor on-page SEO adalah elemen-elemen yang terjadi pada website kamu.

Faktor on-page SEO adalah hal-hal yang kamu kendalikan sepenuhnya, artinya kamu bisa berupaya meningkatkan faktor-faktor ini seiring waktu dengan mengikuti praktik terbaik untuk SEO.

Berikut adalah beberapa faktor on-page SEO yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan peringkat websitemu:

  • Title tag
  • Meta description
  • Sub-headings
  • Internal links
  • Image name dan ALT tags

Off-Page SEO

Selain elemen on-page SEO yang dikendalikan oleh kamu sendiri, ada juga faktor off-page SEO yang dapat memengaruhi peringkat websitemu.

Meskipun kamu tidak memiliki kendali langsung atas faktor-faktor off-page ini, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan peluang faktor-faktor ini sesuai keinginan kamu.

Berikut adalah beberapa faktor off-page SEO yang dapat memengaruhi peringkat mesin pencari Anda:

  • Kepercayaan
  • Links
  • Sosial

Meskipun kamu tidak memiliki kendali langsung atas apa yang terjadi di luar websitemu, kamu bisa meningkatkan peluang untuk meningkatkan off-page SEO hanya dengan membuat konten berkualitas yang menurut orang lain akan bermanfaat.

Semakin relevan dan menarik konten kamu, semakin besar kemungkinan orang lain akan menautkan ke kontenmu dan membagikannya di media sosial.

Semakin banyak orang mempercayai konten kamu, semakin tinggi pula rangking websitemu di mesin pencari.

Itulah pengertian singkat tentang SEO dan sekarang kamu sudah tahu kan, apa saja manfaat SEO?

 

 

 

Referensi:

lyfemarketing.com

ADVERTISEMENT
`
Author
WRITTEN BY

Nisa Husnainna

Nisa is a technical and marketing Content Writer at Tonjoo. She was previously writing for a multinational IT company and also a Reporter at her campus magazine. Since High School, she has been writing at her blog and discovered her passion in blogging. When she's not working, she enjoys traveling, reading, cooking, and try new things.
ADVERTISEMENT

Related Post

Cara Membuat Akun Paypal untuk Beli Plugin Ongkir

7 Sep 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Buat Akun Paypal – Jika Anda hendak membeli plugin ongkos kirim, Anda pasti menemukan pilihan pembayaran dengan menggunakan PayPal yang terdapat di pilihan paling atas. Tentu saja PayPal mendapatkan tempat …

Cara Mengajukan Refund di Toko Online

7 Mar 2019 BY Nisa Husnainna

Cara Mengajukan Refund – Beberapa customer terkadang menginginkan adanya refund apabila barang yang mereka terima tidak sesuai. Refund yang diberikan dapat berupa barang, uang, ataupun hal lainnya. Bahkan Anda juga …

Daftar Tarif Ongkir Barang dari Jakarta ke Surabaya 2020 (All Kurir)

8 Mar 2020 BY Nisa Husnainna

Daftar Tarif Ongkir Jakarta – Surabaya 2019 (All Kurir) – Anda sedang mencari tarif ongkir JNE dari Jakarta ke Surabaya? Kalau begitu halaman ini sangat cocok untuk Anda. Karena di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *