ADVERTISEMENT

6 Plugin Multibahasa Terbaik Untuk WordPress 2021 dan Cara Instalnya!

Posted on 23 Jun 2021 By Aorinka Anendya

Apakah kamu sedang mencari plugin multibahasa terbaik untuk WordPress 2021? Dan sedang bingung bagaimana cara menambahkan bahasa lain di website. Jika iya, rekomendasi plugin di bawah ini bisa menjadi pilihan kamu beserta cara instalasinya.

Kamu juga perlu tahu mengapa harus menggunakan plugin tambahan. Karena memang WordPress sendiri hanya bisa digunakan dengan satu bahasa saja. Sehingga kamu perlu plugin terjemahan untuk mengartikan ke bahasa lain.

Jangan kemana – mana ya, karena di artikel ini kita akan membahas banyak seputar.

  • Mengapa harus menggunakan plugin multibahasa atau plugin translate.
  • Daftar plugin multibahasa terbaik untuk WordPress dan cara menambah bahasa di WP.
  • Cara install plugin WordPress.

Kamu juga bisa membaca rekomendasi plugin WordPress lain seperti plugin SEO terbaik dan plugin keamanan WordPress.

ADVERTISEMENT

Pentingnya Menggunakan Plugin Multibahasa Untuk Website

Jika kamu memiliki web toko online yang sudah berskala besar bahkan sampai menembus pasar internasional. Maka WordPress multibahasa sangat dibutuhkan.

Karena pasti pembeli kamu juga tidak hanya berasal dari lokal atau Indonesia saja. Tapi dari berbagai negara lain kan?

Lalu apa saja pilihan bahasanya? Penting untuk diingat, kamu tidak perlu terlalu banyak menambahkan banyak bahasa ke website. Bahasa Inggris saja sebenarnya sudah cukup karena itu sudah merupakan bahasa Internasional.

Terlalu banyak bahasa juga kurang efektif nantinya. Selain itu apabila website kamu memiliki lebih dari satu bahasa. Maka Google pun akan mengindeksnya secara terpisah atau berbeda.

ADVERTISEMENT

Oleh karena itu, kontenmu akan lebih berpeluang besar untuk muncul di banyak pencarian atau bahkan di halaman pertama Google.

Baca Juga : 7 Plugin WordPress Terbaik Wajib Install Di Tahun 2021 [+Terlengkap]

Sampai sini sudah paham kan mengapa website perlu multibahasa?

Daftar Plugin Multibahasa Terbaik Untuk WordPress 2021

Bagaimana, setelah mengetahui pentingnya menggunakan multibahasa apakah sudah semakin yakin untuk memasangnya? Jika iya berikut ini daftar plugin multibahasa terbaik.

Loco Translate

Plugin Multibahasa Terbaik Untuk WordPress, Logo Loco Translate
@Plugin Loco Translate
  • Pengguna : sekitar 1.000.000 orang.
  • Rating : bintang 5

Solusi plugin pertama yang bisa kamu pasang adalah Loco Translate. Seperti yang kamu lihat di atas, berdasarkan jumlah penggunanya Loco Translate dapat dikatakan sebagai plugin multibahasa terbaik.

Selain itu rating yang diberikan pengguna juga sudah mencapai bintang 5, itu artinya fitur yang ditawarkan plugin tersebut memang memuaskan.

Fitur Loco Translate yang bisa membantu website kamu diantaranya seperti berikut.

Baca Juga : 8 Plugin Galeri Foto / Katalog Foto WordPress 2021 [+Instalasi Lengkap]
Plugin Multibahasa Terbaik Untuk WordPress, Fitur Terjemahan Plugin Loco Translate
@Fitur Terjemahan Plugin Loco Translate

Gambar di atas merupakan bagian fitur penerjemahan. Jadi nanti sistemnya kamu bisa memilih sendiri tema mana yang ingin di translate. Setelah itu akan muncul semua kalimat yang terdapat di tema tersebut.

ADVERTISEMENT

Contohnya seperti di atas terdapat tema twenty, nanti semua kalimat yang terdapat di dalam tema twenty akan tampil. Dan bagian berwarna biru di atas merupakan kalimat yang dipilih untuk diterjemahkan.

Selanjutnya plugin Loco Translate juga dapat menampilkan progress dari masing – masing bahasa yang sedang kamu terjemahkan seperti di bawah ini.

Plugin Multibahasa terbaik untuk WordPress, fitur progress terjemahan Plugin Loco Translate
@Fitur Progress Terjemahan Plugin Loco Translate

Dan masih banyak fitur lain yang dapat membantu kamu, maka dari itu bisa langsung kamu coba saja. Jangan khawatir juga karena plugin ini 100% free.

Polylang

Plugin Multibahasa Terbaik Untuk WordPress, Logo Plugin Polylang
@Plugin Polylang
  • Pengguna : sekitar 600.000 orang.
  • Rating : bintang 4.5
Baca Juga : 5 Plugin Sitemap Terbaik 2021 Lengkap Dengan Instalasi!

Plugin multibahasa terbaik untuk WordPress 2021 selanjutnya adalah Polylang. Apabila dilihat dari jumlah penggunanya plugin ini memang cukup populer. Berbagai elemen yang terdapat di website seperti kategori, widget, post dan masih banyak lagi bisa diterjemahkan menggunakan plugin ini.

Plugin ini bisa kamu dapatkan secara gratis, tetapi kamu harus menerjemahkan semuanya secara manual.

Jadi apabila halaman website kamu ingin di translate otomatis kamu perlu menambahkan add ons tambahan yaitu Lingotek Translation.

ADVERTISEMENT

Nah, sebelum kamu memasang Polylang ada baiknya kamu mengenal lebih dulu gambaran fitur yang akan kamu dapatkan nanti diantaranya seperti berikut.

Plugin Multibahasa Terbaik Untuk WordPress, Fitur tambah bahasa Plugin Polylang
@Fitur Tambah Bahasa Plugin Polylang

Tampilan di atas merupakan fitur tambahan bahasa pada Polylang. Kamu bisa menambahkan beberapa bahasa ke website asalkan jangan terlalu banyak.

Untuk menambahkan bahasa kamu hanya tinggal memilih di kolom Choose a Language, setelah itu kamu juga bisa memberikan nama dan kode pada bahasa tersebut.

Di sebelah kanan juga terdapat tabel yang berisikan semua bahasa yang kamu gunakan. Fitur selanjutnya adalah menerjemahkan konten ke bahasa lain.

Apabila kamu memiliki konten yang berbahasa Indonesia, kamu bisa langsung menerjemahkannya ke bahasa lain. Caranya, kamu hanya tinggal mengetuk icon plus di sebelah gambar bendera. Lalu tuliskan terjemahan dari isi konten tersebut.

Plugin Multibahasa Terbaik Untuk WordPress, Setting Terjemahan Plugin Polylang
@Fitur Terjemahan Plugin Polylang

Gimana? Mudah sekali kan cara menerjemahkannya.

Translate Multilingual Sites – TranslatePress

Plugin Multibahasa Terbaik Untuk WordPress, Logo Plugin TranslatePress
@Plugin TranslatePress
Baca Juga : 7 Plugin Iklan WordPress Terbaik Untuk Website [+Instalasi Lengkap]
  • Pengguna : sekitar 100.000 orang.
  • Rating : bintang 4.5

Plugin terjemahan WordPress berikutnya yaitu TranslatePress. Pengguna plugin ini sudah cukup banyak, selain itu TranslatePress juga terus memperbarui fitur – fitur yang mereka miliki. Terbukti seperti gambar di atas update terakhir pada satu minggu yang lalu.

Apabila kamu tertarik menggunakan plugin ini, kamu perlu tahu dulu fitur – fitur yang ada. Salah satu yang membedakan plugin ini dengan yang lain adalah kamu bisa menerjemahkan kontennya secara langsung sembari melihat previewnya.

Contohnya seperti gambar di bawah.

Plugin Multibahasa Terbaik Untuk WordPress, Fitur Terjemahan Plugin TranslatePress
@Fitur Terjemahan Plugin TranslatePress

Di bagian kiri kamu bisa memilih bahasa dan teks yang ingin diterjemahkan. Sedangkan di bagian kanan terdapat preview halamannya.

Dengan adanya preview tersebut tentu semakin memudahkan kamu untuk melakukan translate. Terlebih jika kamu masih pemula dalam menggunakan plugin ini.

Lalu bagaimana untuk fitur translate otomatis? Kamu bisa mendapatkan fitur tersebut apabila sudah mendapatkan Google Translate API key seperti gambar di bawah.

Plugin Multibahasa Terbaik Untuk WordPress, Settings Fitur Translate Otomatis Plugin TranslatePress
@Settings Fitur Translate Otomatis Plugin TranslatePress

Untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan API key, kamu bisa langsung mengunjungi link berikut dan mengikuti langkah – langkahnya https://cloud.google.com/docs/authentication/api-keys

WPML – WooCommerce

Plugin Multibahasa Terbaik Untuk WordPress, Logo Plugin WPML
@Plugin WPML WooCommerce
  • Pengguna : sekitar 100.000 orang.
  • Rating : bintang 4

Untuk kamu para pemilik web toko online WooCommerce yang sedang mencari plugin multibahasa terbaik untuk WordPress 2021, WPML dapat menjadi solusinya.

Plugin ini memang sudah banyak digunakan oleh para penjual online. Karena memang fiturnya yang lengkap seperti dapat menerjemahkan semua produk WooCommerce  dan kompatibel dengan berbagai ekstensi WooCommerce.

Baca Artikel Serupa : 

Fitur – fitur yang terdapat di WPML sangat mendukung WooCommerce, berikut gambaran fiturnya.

Plugin Multibahasa Terbaik Untuk WordPress, Fitur Terjemahan Plugin WPML WooCommerce
@Fitur Terjemahan Plugin WPML WooCommerce

Merupakan tampilan apabila kamu sedang menerjemahkan produk. Seperti gambar di atas, terdapat 2 bahasa dengan 2 kolom yang berbeda. Sehingga akan memudahkan kamu pada saat menerjemah.

Plugin Multibahasa Terbaik Untuk WordPress, Fitur Multicurrency Plugin WPML WooCommerce
@Fitur Multicurrency Plugin WPML WooCommerce

Selanjutnya terdapat fitur multi currency , fitur ini sangat bermanfaat apabila toko kamu sudah berskala internasional. Untuk contoh di atas terdapat 2 mata uang asing yang digunakan yaitu Dollar dan Euro.

Yang mana nantinya masing – masing mata uang tersebut digunakan di negara yang berbeda. Jadi tidak hanya plugin e-Commerce saja yang harus dipasang tetapi plugin multibahasa juga perlu.

Weglot

Plugin Multibahasa Terbaik Untuk WordPress, Logo Plugin Weglot
@Plugin Weglot
  • Pengguna : sekitar 40.000 orang.
  • Rating : bintang 5

Plugin multibahasa WordPress yang terakhir adalah Weglot. Bila dibandingkan dengan plugin sebelumnya. Tampilan plugin ini terlihat lebih trendy dan kekinian.  Dengan Weglot kamu bisa menambahkan hampir 110 macam bahasa.

Selain itu keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari plugin ini adalah sangat SEO friendly. Plugin ini diklaim dapat mengindeks semua halaman yang telah di translate.

Baca Juga : Daftar Lengkap Plugin SEO Terbaik 2021 [+Cara Instal]

Untuk melihat gambaran fiturnya, bisa lihat di bawah ini.

Plugin Multibahasa Terbaik Untuk WordPress, Fitur Terjemahan Plugin Weglot
@Fitur Terjemahan Plugin Weglot

Gambar di atas merupakan tampilan saat kamu menerjemahkan kalimat. Jadi di sebelah kanan digunakan untuk mengedit terjemahannya. Dari gambar di atas sudah kelihatan kan bagaimana menariknya tampilan Weglot.

Plugin Multibahasa Terbaik Untuk WordPress, Fitur tambah bahasa Plugin Weglot
@Fitur Tambah Bahasa Plugin Weglot

Untuk fitur selanjutnya adalah kumpulan bahasa yang kamu tambahkan pada website. Seperti gambar di atas tadi terdapat bahasa Inggris yang sedang di translate ke bahasa Perancis.

Cara Instalasi Plugin Multibahasa di WordPress

Setelah membahas mengenai plugin multibahasa terbaik untuk WordPress, selanjutnya adalah bagaimana cara install plugin di WordPress.

Pada contoh kali ini, kita akan menggunakan plugin Loco Translate. Langsung saja kita mulai.

  • Masuk ke dashboard utama WordPress. Lalu pada navigasi kiri terdapat berbagai menu dan pilih Plugins > Add New.

Plugin Multibahasa Terbaik Untuk Langkah 1 Instalasi Plugin Loco Translate

    @Langkah 1 Instalasi Plugin Loco Translate
  • Selanjutnya nanti akan muncul halaman seperti di bawah. Di sini kamu bisa menuliskan plugin apa yang akan diinstall. Misalnya plugin loco translate. Jika sudah muncul klik Install Now.
Plugin Multibahasa Terbaik Untuk WordPress, Langkah 2 instalasi Plugin Loco Translate
@Langkah 2 Instalasi Plugin Loco Translate
  • Apabila sudah diinstall, pilih Activate untuk mengaktifkan plugin.
Plugin Multibahasa Terbaik Untuk WordPress, Langkah Aktivasi Plugin Loco Translate,
@Langkah Aktivasi Plugin Loco Translate,
Baca Juga : 7 Plugin Keamanan WordPress Terbaik 2021 [+Cara Instalasi]
  • Plugin sudah berhasil diaktifkan, untuk mengaturnya kamu bisa membuka di Plugins > Installed Plugins. Jika ingin menghapusnya pilih Deactivate lalu Delete.
Plugin Multibahasa Terbaik Untuk WordPress, Langlah menonaktifkan plugin Loco Translate
@Langkah Menonaktifkan Plugin Loco Translate

Bagaimana, mudah sekali kan cara pasang plugin di WordPress gratis.

Itu dia beberapa informasi terkait plugin multibahasa terbaik untuk WordPress 2021. Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan website atau keinginan.

Apabila kamu membutuhkan plugin lainnya seperti plugin ongkos kirim, plugin kirim resi dan yang lain langsung kunjungi situs tonjoostudio.com untuk mendapatkannya.

Selamat mencoba ya semoga bermanfaat.

Author
WRITTEN BY

Aorinka Anendya

Perempuan receh yang gemar menulis dan tertarik akan teknologi. Sedang belajar untuk terus membuat tulisan berkualitas.

Related Post

16 Situs Web Untuk Cek Plagiarisme Gratis Online [Mudah & Akurat]

1 Okt 2021 BY Ayu Triworo

Kamu penulis artikel atau mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir? Rekomendasi daftar situs web untuk cek plagiarisme gratis berikut sangat bagus lho buat referensi.  Melalui artikel ini kami sajikan referensi …

Daftar Kantor dan Agen JNE Balikpapan Lengkap

18 Mar 2020 BY Nisa Husnainna

Daftar Kantor dan Agen JNE Balikpapan Lengkap – Perusahaan ekspedisi terkemuka di Indonesia, JNE, terus melebarkan sayapnya hingga ke semua pulau di Indonesia, termasuk Pulau Kalimantan. Salah satu kota besar …

Cara Mengukur Lingkar Dada Saat Belanja Online Paling Mudah & Benar

16 Jun 2021 BY Mufti Syawaludin

Masih banyak orang ketika belanja pakaian khususnya baju secara online ketika sampai di rumah kemudian dicoba ternyata kesempitan atau bahkan terlalu longgar. Untuk itu, Anda harus tau cara mengukur lingkar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *