Tips Sukses Jualan Online di Tahun 2020

Posted on 3 Dec 2019 By Nisa Husnainna

Tips Sukses Jualan Online di Tahun 2020 – Tahun baru 2020 sudah di depan mata! Sudah membuat Resolusi Tahun 2020? Apakah Jualan Online masuk ke dalam salah satu list resolusi Anda? Kalau jawabannya “ya”, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara berjualan online? Penasaran tentang tips jualan online?

 

Jualan online kini sangat digemari karena mudah, praktis, serta menjanjikan. Peluang untuk berjualan online saat ini terbuka lebar dan luas. Pada halaman ini, kami akan membagikan tips dan trik jualan online untuk memulai berjualan online di tahun 2020.

ADVERTISEMENT

 

Tips dan trik berjualan online sebenarnya cukup penting untuk Anda ketahui. Hal ini sebagai langkah antisipasi kegagalan jualan online yang kerap kali terjadi karena dimulai dengan asal-asalan. Kebanyakan orang menganggap jualan online itu mudah sehingga mereka menggampangkannya. Akibatnya, keuntungan yang diraup pun tidak maksimal.

 

Maka dari itu, simak tips jualan online di tahun 2020 berikut ini:

1. Jualan Online Perlu Persiapan yang Matang

Mempersiapkan perencanaan yang tepat akan berdampak baik pada awal bisnis online Anda. Anda harus memikirkan dengan baik segala aspek mulai dari ide bisnis sampai sejauh mana kemampuan Anda dalam menjalankan bisnis tersebut nantinya.

 

Anda dapat memulai bisnis dengan memanfaatkan keahlian yang Anda miliki, ataupun menjadi reseller apabila tidak memiliki keahlian khusus. Baca lebih lengkap tentang reseller dan dropship: Arti Reseller dan Dropship

 

Jangan remehkan tips jualan online nomor satu ini, ya…

 

2. Menentukan Target Pasar

Tips jualan online kedua yaitu buatlah target pasar se-spesifik mungkin! Target pasar disesuaikan dengan produk yang Anda jual. Misalnya Anda menjual hadiah wisuda, maka target pasar Anda adalah seluruh pelajar dan mahasiswa yang berada di kota tersebut. Penting untuk menentukan target pasar agar jualan Anda tepat sasaran.

 

3. Memetakan Kompetitor

Dalam setiap bisnis pasti ada saingan dan ancaman. Namun berita baiknya setiap bisnis memiliki potensi masing-masing. Maka setiap bisnis pasti mempunyai kekuatan dan kesempatan yang berbeda-beda.

 

Cara jualan online salah satunya yaitu tetap menganalisis saingan dan ancaman, baik yang berasal dari internal maupun eksternal. Bagaimana cara menganalisisnya? Anda dapat melakukan riset dan membuat tabel SWOT. Anda pernah mendengar tabel SWOT?

 

SWOT merupakan kepanjangan dari Strengths (Kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman). Anda dapat mempelajari tentang tabel SWOT secara mandiri di internet.

 

Di bawah ini kami paparkan sebuah contoh tabel SWOT Rujak Cingur Achmad Jais yang mudah dipahami:

tabel analisis swot pluginongkir

 

Produk yang bagus saja tidak cukup untuk meraih pendapatan yang besar. Namun dengan memetakan kelebihan dan kekurangan bisnis Anda seperti tabel di atas, maka akan lebih mudah dalam menjaga keberlangsungan bisnis online Anda.

 

4. Trik Jualan Online Terlaris: Promosi Menarik

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk melakukan promosi jualan online di zaman sekarang. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Mengadakan giveaway
  • Menawarkan cashback
  • Memberikan gratis ongkos kirim
  • Memberikan potongan ongkos kirim
  • Memberikan diskon di hari-hari besar, dan lain sebagainya.

 

5.  Social Media untuk Jualan Online

Tidak dapat dipungkiri peran social media saat ini terasa begitu besar dampaknya bagi pebisnis online. Apabila Anda baru memulai bisnis online dan masih dalam skala kecil, sebaiknya Anda menggunakan social media terlebih dahulu. Setelah bisnis Anda mulai berkembang atau sudah skala besar, baru Anda membuat website sendiri.

Manfaatkan social media secara maksimal untuk menggaet pembeli. Terdapat 3 poin penting yang harus ada di social media bisnis online Anda, yang dapat kita singkat dengan MPT (Manfaat, Perbedaan, Trust).

1. Manfaat

Anda harus dapat mendeskripsikan dengan lugas apa saja manfaat yang akan didapatkan oleh pembeli apabila mereka membeli produk Anda.

 

2. Perbedaan

Anda juga harus mendeskripsikan perbedaan mencolok yang membedakan produk Anda dengan produk sejenis lainnya.

 

3. Trust (Kepercayaan)

Dan yang terakhir yaitu poin ‘trust’ bertujuan untuk mengkomunikasikan bagaimana agar orang-orang percaya akan kelebihan-kelebihan produk Anda. Tampilkan testimoni guna meningkatkan Trust (kepercayaan) konsumen/pembeli.

 

6.  Mengirimkan Email Marketing

Tahukah Anda, promosi melalui email marketing terbukti 40 kali lebih efektif daripada promosi lewat social media Facebook dan Twitter dalam mendapatkan pelanggan baru. Untuk penjelasan dan tips-tips lebih detail tentang email marketing, silakan baca: https://pluginongkoskirim.com/arti-email-marketing-dan-manfaatnya/

 

Itulah 6 tips berjualan online paling ampuh yang dapat kami bagikan. Jangan lupa, agar bisnis dapat selalu sustainable (berkelanjutan), Anda harus terus melakukan inovasi dan improvement. Salam sukses!

`
Author
WRITTEN BY

Nisa Husnainna

Nisa is a technical and marketing Content Writer at Tonjoo. She was previously writing for a multinational IT company and also a Reporter at her campus magazine. Since High School, she has been writing at her blog and discovered her passion in blogging. When she's not working, she enjoys traveling, reading, cooking, and try new things.

Related Post

Istilah Penting dalam Belanja Online: Return dan Refund, Apa Bedanya?

12 Feb 2019 BY Nisa Husnainna

Perbedaan Return dan Refund – Zaman sekarang hampir semua orang di belahan dunia telah mengetahui sistem belanja online, tak terkecuali di Indonesia. Dengan pertumbuhan marketplace dan toko online yang berkembang …

Penting! Inilah Daftar Kantor dan Agen JNE Jakarta Pusat

7 Jul 2019 BY Nisa Husnainna

Daftar Kantor JNE Jakarta Pusat – Bagi Anda warga Ibukota yang ingin melakukan pengiriman barang dari agen JNE di Jakarta Pusat, berikut ini kami kumpulkan puluhan alamat beserta call center …

Bagaimana Cara Mengajukan Klaim Asuransi ke Ekspedisi?

29 Jul 2019 BY Nisa Husnainna

Cara Mengajukan Klaim Asuransi ke Ekspedisi – Pernahkah Anda memiliki pengalaman menerima barang dalam keadaan rusak? Atau mungkin barang pesanan Anda tidak sampai ke alamat tujuan alias hilang? Mungkin hal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *