ADVERTISEMENT

Cara Menambahkan Plugin Ongkos Kirim di WordPress

Posted on 6 Sep 2018 By Fadhil Guntur Ashari

Cara Menambahkan Plugin Ongkos Kirim di WordPress – Jika Anda memiliki toko online, maka salah satu fitur terpenting yang harus website Anda miliki adalah fitur penghitungan ongkos kirim. Jika Anda menggunakan plugin WooCommerce sebagai platform toko online Anda, maka banyak plugin penghitungan ongkos kirim yang tersedia. Baca: Plugin Ongkos Kirim Rilis Versi 3.0.3, Kepoin Fitur Barunya yuk!

Pada postingan kali ini saya akan mencoba menambahkan plugin ongkos kirim versi 3.0.3 dari Tonjoo studio. Plugin Ongkos Kirim adalah plugin ekstensi WooCommerce yang akan menambahkan fitur penghitungan ongkos kirim di website toko online Anda. Plugin Ongkos Kirim ini sangat bagus karena cepat dan memiliki koding yang bagus.

Plugin ini adalah plugin premium alias berbayar, namun Anda masih bisa mendapatkannya secara gratis karena mereka menyediakan free trial selama 14 hari.

ADVERTISEMENT

Berikut langkah-langkah menggunakan Plugin Ongkos Kirim:

  1. Download dari halaman manage plugin dan dapatkan lisensi.
  2. Upload dan aktifkan.
  3. Masukkan lisensi yang telah didapat dari halaman manage plugin.
  4. Lakukan pengaturan. Ada banyak pengaturan yang harus Anda setting namun sebenarnya Anda hanya cukup mengatur 3 settingan utama ini, sementara yang lainnya bisa Anda abaikan (settingan default).
  5. Pastikan enabled.
  6. Pilih base API.
  7. Set lokasi toko.
  8. Metode Pembayaran.

WooCommerce–>Settings–>Checkout lalu menuju section payment gateway, klik BACS dan isi detail dengan nomor rekening dan nama Anda.

 

Halaman Checkout

Pada halaman checkout akan tersedia form alamat pengriman yaitu terdiri dari provinsi, kabupaten, dan kecamatan.

Setelah user memilih kecamatan, kolom sebelah kanan akan menampilkan harga produk plus ongkos kirim dari setiap kurir yang tersedia untuk tujuan alamat tersebut.

 

Manajemen Order Plugin Ongkos Kirim

Setelah pelanggan melakukan order maka akan muncul dalam WooCommerce–>Orders lalu pilih salah satu order.

Plugin ongkos kirim akan mencatat kurir mana yang dipilih oleh pembeli beserta total harga (harga produk + ongkos kirim).

ADVERTISEMENT

 

Selesai, itulah cara menambahkan fitur ongkos kirim ke dalam website toko online Anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa like and share, ya!

Kami sangat merekomendasikan kepada pemilik toko online untuk menginstal Spesial Bundle Paket Plugin E-Commerce terbaik untuk toko online WordPress WooCommerce Anda di: https://tonjoostudio.com/product/paket-plugin-ecommerce/ yang berisikan kumpulan plugin penunjang performa dan penjualan toko online Anda.

Author
WRITTEN BY

Fadhil Guntur Ashari

Penikmat senja, langit, dan kopi. Moto hidupnya: 'teruslah menulis hal yang bermanfaat untuk orang lain dan buat mereka mengerti tentang WordPress'. Bekerja sebagai WordPress Developer merangkap Content Writer di Tonjoo saat working days, dan sunset hunter saat weekend.
ADVERTISEMENT

Related Post

Arti Istilah DP (Down Payment) dalam Jual Beli Online

7 Sep 2020 BY Ifan Prasya

Apakah Anda sering melihat atau mendengar istilah bayar di muka? Jika iya, scroll sampai bawah ya. Karena konten ini akan mengulas beberapa hal tentang apa itu arti DP / Down …

Cara Mengirim Paket Lewat SiCepat Ekspres (Mudah & Komplit)

10 Sep 2020 BY Ifan Prasya

Mengirim paket barang menggunakan SiCepat Ekspres kini sudah menjadi pilihan banyak kostumer. Baik mereka yang punya toko online dalam negeri, kirim jumlah besar, atau bahkan ekspor ke luar negeri. Sejauh …

Daftar Kode Bank BCA, BRI, BNI, Mandiri, dan 141 Bank Lainnya

10 Aug 2020 BY Fadhil Guntur Ashari

Banyak kemudahan yang kita peroleh, terutama saat bertransaksi lewat e-banking; meskipun beda bank. Untuk melakukan transfer uang ke rekening bank lain lewat mesin ATM, kita butuh kode bank untuk verifikasi. …