Apa Itu Backlink? Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Untuk Website

Posted on 3 Jun 2021 By Aorinka Anendya
ADVERTISEMENT

Mungkin diantara kamu sudah mengerti apa itu baclink tapi bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas? Istilah backlink pastinya sudah tidak asing lagi di telinga para Blogger, Content Writer, maupun pakar SEO.

Backlink ini dipercaya dapat meningkatkan kualitas website kamu di mesin pencari. Tapi tentu untuk mewujudkan hal tersebut kita membutuhkan backlink yang berkualitas.

Nah, di artikel ini kita akan membahasnya bersama dari mulai

  • Apa itu backlink
  • Manfaat backlink untuk website
  • Kekurangan backlink jika terlalu over
  • Backlink seperti apa yang berkualitas untuk website
  • Bagaimana mendapatkan backlink yang berkualitas, dan tentunya masih banyak lagi.

Ikuti terus artikelnya sampai selesai ya, langsung saja kita masuk ke pembahasan. Sebelum tahu cara mendapatkan backlink berkualitas, ada baiknya kamu paham betul pengertian backlink itu sendiri.

Mudahnya, backlink merupakan sebuah link atau tautan yang mengarah ke blog atau website kamu. Lalu dari mana backlink tersebut berasal?

ADVERTISEMENT

Nah, backlink ini berasal dari blog atau website milik orang lain, yang dimana di sana sudah dipasang tautan dan nantinya mengarah ke situs kamu.

Sehingga jika seseorang sedang berkunjung ke website orang lain dan menemukan website kamu. Mereka akan mengklik dan menuju situsmu.

Kegiatan memasang backlink ini biasa disebut dengan link building. Sedangkan untuk pelakunya sendiri pemberi backlink adalah orang yang memberi rujukan link ke website kamu, dan penerima backlink adalah kamu sendiri yaitu yang mendapatkan link rujukan dari web lain.

Bagaimana, sederhana kan? Lalu sebenarnya apa sih, manfaat dari backlink itu sendiri untuk website kamu? Setelah ini kita akan membahasnya.

Baca Juga : Cara Optimasi On Page SEO Agar Muncul Di Google Halaman Pertama

Setelah mengetahui pengertian dan bagaimana sistem kerjanya. Selanjutnya kita akan membahas manfaat dari backlink tersebut, diantaranya berikut ini.

Meningkatkan Posisi Website di Google

ADVERTISEMENT

Website yang mendapatkan backlink berkualitas dari luar, biasanya posisi rank di Google nya akan semakin naik. Mengapa? Tentu karena banyak pengunjung yang datang ke website tersebut.

Karena banyak yang mengunjungi, maka Google pun akan semakin mudah menemukan dan muncul di pencarian.

Mendatangkan Trafik yang Tinggi

Manfaat selanjutnya masih berkaitan dengan yang sebelumnya. Jika website kamu muncul di halaman teratas Google, pasti para pengunjung pun rata – rata akan membuka di halaman teratas terlebih dulu.

Oleh karena itulah, trafik website kamu akan semakin tinggi. Selain dari pencarian, trafik selanjutnya tentu datang dari orang yang mengklik backlink yang sudah ditanam di website orang lain.

Meningkatkan Reputasi Website

Reputasi website di mata Google tentu sangat penting, hal ini guna untuk memberikan hasil pencarian yang diminta oleh pengunjung.

Saat seseorang mencari kata kunci di Google, selanjutnya Google tentu akan memberikan rekomendasi situs yang terbaik.

Nah, salah sa faktor apakah situs tersebut bagus atau tidak salah satunya adalah dari backlink. Semakin banyak backlink yang mengarah ke website kamu, maka reuptasi website kamu juga akan semakin bagus.

Dengan catatan backlink tersebut memang berkualitas.

Meningkatkan Kredibilitas Website

ADVERTISEMENT

Bagaimana sebuah website dapat dikatakan kredibel? Salah satunya yaitu apabila mendapatkan backlink yang relevan. Relevan di sini maksudnya adalah mendapatkan backlink dari website atau blog yang berniche sama dengan website kamu.

Baca Juga : Siapakah Ahli 10 Pakar SEO Indonesia Terbaik di Tahun 2021?

Misalnya sebuah perusahaan kosmetik dapat dikatakan memiliki backlink yang relevan apabila mendapat backlink dari sebuah website yang membahas review kosmetik.

Beda lagi jika sebuah perusahaan kosmetik namun mendapatkan backlink dari blog teknologi. Hal ini tentu akan dipertanyakan oleh Google, apakah website perusahaan tersebut kredibel atau tidak.

Dengan adanya backlink memang memberikan dampak baik untuk performa website kamu. Tetapi terlalu banyak backlink juga dapat mengakibatkan kefatalan.

Berikut ini beberapa dampak yang bisa muncul apabila website kamu terlalu banyak mendapat backlink dari luar.

Jika kamu mendapat banyak backlink dari luar ataupun outbond link. Pastinya lama kelamaan Google akan mendeteksi bahwa di website kamu ada sesuatu yang kurang beres. Yaitu banyaknya referensi link yang masuk.

Dan setelah itu Google akan mengidentifikasi bahwa link tersebut hanyalah manipulasi, bukan benar – benar link yang berkualitas.

Rawan Terkena Penalti

Sama seperti sebelumnya, backlink yang terlalu banyak tentu dapat dikenali oleh Google. Nah kenapa Google bisa tahu? Karena, Google ini ibarat robot yang bekerja sesuai program.

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2 3 4

Author
WRITTEN BY

Aorinka Anendya

Perempuan receh yang gemar menulis dan tertarik akan teknologi. Sedang belajar untuk terus membuat tulisan berkualitas.

Related Post

12+ Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark Kualitas HD

22 Des 2021 BY Ayu Triworo

TikTok tidak memiliki fitur otomatis untuk menyimpan video dari aplikasi. Namun jangan khawatir, cara download video TikTok tanpa watermark sebetulnya cukup mudah.Anda pun tak perlu menggunakan aplikasi atau tools apapun. …

20+ Cara Mendapatkan Uang dari Internet: Cocok untuk Pemula

8 Jul 2021 BY Ifan Prasya

Mungkin Anda sering bertanya, bagaimana cara mendapatkan uang dari internet; sedangkan kita masih pemula? Harus memulai dari mana?Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, scroll laman ini sampai bawah ya. Karena …

Cara Mengajukan Pengembalian Barang Di Shopee Paling Mudah

8 Apr 2021 BY Mufti Syawaludin

Bagaimana sih cara mengajukan pengembalian barang Shopee? Apakah bisa retrun saja bukan refund? Untuk mengetahui jawabannya silahkan simak penjelasannya di bawah ini.Saat belanja di Shopee kadang kala barang yang diterima …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *