ADVERTISEMENT

Apa Itu Backlink? Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Untuk Website

Posted on 3 Jun 2021 By Aorinka Anendya

Mungkin diantara kamu sudah mengerti apa itu baclink tapi bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas? Istilah backlink pastinya sudah tidak asing lagi di telinga para Blogger, Content Writer, maupun pakar SEO.

Backlink ini dipercaya dapat meningkatkan kualitas website kamu di mesin pencari. Tapi tentu untuk mewujudkan hal tersebut kita membutuhkan backlink yang berkualitas.

Nah, di artikel ini kita akan membahasnya bersama dari mulai

  • Apa itu backlink
  • Manfaat backlink untuk website
  • Kekurangan backlink jika terlalu over
  • Backlink seperti apa yang berkualitas untuk website
  • Bagaimana mendapatkan backlink yang berkualitas, dan tentunya masih banyak lagi.

Ikuti terus artikelnya sampai selesai ya, langsung saja kita masuk ke pembahasan. Sebelum tahu cara mendapatkan backlink berkualitas, ada baiknya kamu paham betul pengertian backlink itu sendiri.

ADVERTISEMENT

Apa Itu Backlink?

Mudahnya, backlink merupakan sebuah link atau tautan yang mengarah ke blog atau website kamu. Lalu dari mana backlink tersebut berasal?

Nah, backlink ini berasal dari blog atau website milik orang lain, yang dimana di sana sudah dipasang tautan dan nantinya mengarah ke situs kamu.

Sehingga jika seseorang sedang berkunjung ke website orang lain dan menemukan website kamu. Mereka akan mengklik dan menuju situsmu.

Kegiatan memasang backlink ini biasa disebut dengan link building. Sedangkan untuk pelakunya sendiri pemberi backlink adalah orang yang memberi rujukan link ke website kamu, dan penerima backlink adalah kamu sendiri yaitu yang mendapatkan link rujukan dari web lain.

ADVERTISEMENT

Bagaimana, sederhana kan? Lalu sebenarnya apa sih, manfaat dari backlink itu sendiri untuk website kamu? Setelah ini kita akan membahasnya.

Baca Juga : Cara Optimasi On Page SEO Agar Muncul Di Google Halaman Pertama

Manfaat Backlink Untuk Website

Setelah mengetahui pengertian dan bagaimana sistem kerjanya. Selanjutnya kita akan membahas manfaat dari backlink tersebut, diantaranya berikut ini.

Meningkatkan Posisi Website di Google

Website yang mendapatkan backlink berkualitas dari luar, biasanya posisi rank di Google nya akan semakin naik. Mengapa? Tentu karena banyak pengunjung yang datang ke website tersebut.

Karena banyak yang mengunjungi, maka Google pun akan semakin mudah menemukan dan muncul di pencarian.

Mendatangkan Trafik yang Tinggi

Manfaat selanjutnya masih berkaitan dengan yang sebelumnya. Jika website kamu muncul di halaman teratas Google, pasti para pengunjung pun rata – rata akan membuka di halaman teratas terlebih dulu.

Oleh karena itulah, trafik website kamu akan semakin tinggi. Selain dari pencarian,  trafik selanjutnya tentu datang dari orang yang mengklik backlink yang sudah ditanam di website orang lain.

ADVERTISEMENT

Meningkatkan Reputasi Website

Reputasi website di mata Google tentu sangat penting, hal ini guna untuk memberikan hasil pencarian yang diminta oleh pengunjung.

Saat seseorang mencari kata kunci di Google, selanjutnya Google tentu akan memberikan rekomendasi situs yang terbaik.

Nah, salah sa faktor apakah situs tersebut bagus atau tidak salah satunya adalah dari backlink. Semakin banyak backlink yang mengarah ke website kamu, maka reuptasi website kamu juga akan semakin bagus.

Dengan catatan backlink tersebut memang berkualitas.

Meningkatkan Kredibilitas Website

Bagaimana sebuah website dapat dikatakan kredibel? Salah satunya yaitu apabila mendapatkan backlink yang relevan. Relevan di sini maksudnya adalah mendapatkan backlink dari website atau blog yang berniche sama dengan website kamu.

Baca Juga : Siapakah Ahli 10 Pakar SEO Indonesia Terbaik di Tahun 2021?

Misalnya sebuah perusahaan kosmetik dapat dikatakan memiliki backlink yang relevan apabila mendapat backlink dari sebuah website yang membahas review kosmetik.

ADVERTISEMENT

Beda lagi jika sebuah perusahaan kosmetik namun mendapatkan backlink dari blog teknologi. Hal ini tentu akan dipertanyakan oleh Google, apakah website perusahaan tersebut kredibel atau tidak.

Kekurangan Backlink Jika Terlalu Over atau Kebanyakan Outbond Link?

Dengan adanya backlink memang memberikan dampak baik untuk performa website kamu. Tetapi terlalu banyak backlink juga dapat mengakibatkan kefatalan.

Berikut ini beberapa dampak yang bisa muncul apabila website kamu terlalu banyak mendapat backlink dari luar.

Dapat Teridentifikasi Manipulasi Link

Jika kamu mendapat banyak backlink dari luar ataupun outbond link. Pastinya lama kelamaan Google akan mendeteksi  bahwa di website kamu ada sesuatu yang kurang beres. Yaitu banyaknya referensi link yang masuk.

Dan setelah itu Google akan mengidentifikasi bahwa link tersebut hanyalah manipulasi, bukan benar – benar link yang berkualitas.

Rawan Terkena Penalti

Sama seperti sebelumnya, backlink yang terlalu banyak tentu dapat dikenali oleh Google. Nah kenapa Google bisa tahu? Karena, Google ini ibarat robot yang bekerja sesuai program.

Jika terdapat suatu hal yang mencurigakan tentu Google bisa mendapatinya. Dan website bisa terkena penalti otomatis.

Untuk penalti otomatis biasanya hanya rangking website yang turun dari sebelumnya dan masih ada peluang untuk meningkat lagi.

Website Bisa Hilang dari Search Engine

Pinalti itu dibagi menjadi dua, yang pertama adalah otomatis dari Google sedangkan yang kedua pinalti manual atau oleh karyawan Google itu sendiri.

Karena Google tidak hanya terdiri dari Robot melainkan manusia juga. Berbeda dengan yang otomatis, pinalti manual bisa lebih kejam karena benar – benar dapat menghilangkan website atau domain tersebut dari search engine.

Apalagi jika backlink yang didapatkan tidak berkualitas. Tentu akan semakin menjadi kefatalannya.

Backlink Seperti Apa Yang Berkualitas Untuk Website?

Infografis - Kriteria Backlink Berkualitas
@Kriteria Backlink Berkualitas

Dalam cara mendapatkan backlink  berkualitas, kamu tidak bisa asal  dalam mencarinya. Google tidak hanya melihat dari banyak atau tidaknya backlink terhadap website kamu.

Tetapi juga kualitas dari backlink itu sendiri. Oleh karena itu saat mencarinya harus benar – benar teliti agar mendapatkan backlink yang berkualitas.

Di bawah ini juga sudah terdapat poin – poin mengenai ciri dari backlink yang berkualitas, nah apa saja itu simak di bawah ini.

Memberikan Dofollow Link

Backlink itu dibagi menjadi 2 jenis, yaitu dofollow dan nofollow. Nah, backlink yang berkualitas merupakan berasal dari website yang memberikan dofollow link atau link aktif, sehingga bisa dicrawl Google.

Oleh karena itu, link tersebut menjadi salah satu faktor yang perlu diindeks oleh Google. Selain itu juga bisa dilirik oleh user.

Cara membuat backlink dofollow sendiri sangatlah mudah. Kamu hanya tinggal memasukan link yang dituju tanpa merubah apapun baik ke dalam sebuah kalimat maupun tidak. Setelah itu otomatis akan terbuat link dofollow.

Kualitas Konten Bagus Dan Seniche

Seperti yang sudah kita singgung di atas sebelumnya, dengan backlink kredibilitas website kamu akan meningkat. Sedangkan kredibilitas itu sendiri bisa kamu dapatkan dari backlink yang relevan dengan niche website kamu.

Tapi bukan hanya relevan, akan sangat percuma jika sudah mendapatkan backlink yang bagus namun konten pemberi backlink tersebut kurang berkualitas.

Hal itu sama saja bohong, jika kontennya kurang berkualitas dan tidak menarik tentu pengunjungnya juga sedikit. Nah, jika pengunjungnya sedikit maka backlink yang menuju website kamu juga akan sia – sia.

Selain konten, yang harus diperhatikan juga yaitu tanggung jawab penulis. Maksudnya di sini adalah penulis tersebut harus bertanggungjawab atas kredibilitas yang ia miliki dan konten yang sudah ia tulis.

Baca Juga :

Website Target Memiliki Pengunjung Organik Dari Google

Tidak hanya memperhatikan kualitas konten atau niche nya saja. Pageview dari website pemberi backlink juga harus diperhatikan.

Salah satu backlink yang berkualitas yaitu berasal dari website yang mana setidaknya website tersebut memiliki pageview 1000/hari organik dari Google.

Bukan berasal dari blogwalking, sosial media ataupun yang lain.

Nah, mengapa hal ini menjadi penting? Kamu harus ingat, jika situs kamu ingin mendapatkan visitor yang berasal dari backlink tersebut. Tentu situs pemberi backlink juga harus memiliki visitor yang tinggi juga.

Akan sangat percuma jika kamu mendapat backlink tapi dari situs yang visitornya sendiri pun masih sedikit. Jika orang yang berkunjung ke situs tersebut sedikit, maka yang mengunjungi backlink kamu pun akan sedikit juga.

Memiliki Metrik Domain Berkualitas Tinggi

Saat berbicara mengenai kualitas website, pasti diantara kamu sudah familiar dengan istilah DA dan PA. Padahal ada metric domain lain yang bisa menjadi acuan apakah website tersebut berkualitas atau tidak. Dari mulai metric Ahrefs, Majesctic dan Moz.

Sebelum lanjut, kita akan membahas pengertiannya masing – masing.

Moz :

  • DA (Domain Authority) : untuk istilah ini pasti kamu sudah sering dengar kan? DA atau Domain Authority merupakan skor yang dikeluarkan oleh Moz untuk melihat ranking website kamu di mesin pencari. Semakin tinggi nilai DA maka semakin bagus.
  • PA (Page Authority): sedangkan untuk PA merupakan skor untuk melihat peluang halaman website di mesin pencari.

Ahrefs :

  • UR (URL Rank) : merupakan skala yang menunjukkan seberapa kuat link balik yang berasal dari backlink yang kamu tanam.
  • DR (Domain Rank): jika UR membandingkan dengan antara halaman dengan halaman. Maka berbeda jika DR, ia menggunakan domain untuk membandingkannya.

Jadi setiap halaman atau domain memberikan peringkatnya secara merata ke halaman atau domain yang ditautkannya.

Majestic :

  • TF (Trust Flow): skor yang menunjukkan kualitas dari website yang kamu jadikan untuk menanam backlink. Semakin berkualitas web nya, maka semakin bagus skornya.
  • CF (Citation Flow): biasa disebut link juice. Merupakan gambaran seberapa besar volume tautan sebuah website.

Alexa Rank: merupakan peringkat yang dimiliki oleh sebuah website. Peringkat ini biasanya dilihat berdasarkan trafik yang dimiliki situs tersebut.

Dengan angka 1 sebagai nilai tertinggi atau paling bagus. Semakin kecil angkanya berarti semakin tinggi ranking website nya.

Nah, setelah mengetahui pengertian dari masing – masing metric domain yang dikeluarkan oleh beberapa tools di atas. Dari sini kamu bisa melihat apakah kamu mendapatkan backlink yang berkualitas, dengan cara melihat skor metric domain yang mereka miliki.

Jika skornya bagus maka backlink tersebut dapat dipastikan berkualitas.

Bagaimana Mencari dan Mendapatkan Backlink yang Berkualitas atau Model White Hat

Setelah mengetahui apa kriteria backlink yang berkualitas, selanjutnya bagaimana cara mendapatkan atau mencari backlink yang berkualitas, yang otomatis atau Model White Hat.

Model White Hat sendiri merupakan langkah optimasi yang mengikuti persyaratan dari mesin pencari. Untuk lebih lengkapnya bisa baca artikel perbedaan White Hat dan Black Hat

Langsung saja bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas?

 Poin Mendapatkan Backlink Yang Berkualitas

@Poin Mendapatkan Backlink Yang Berkualitas

Mengontak Pemilik Website

Saat kamu menemukan situs yang sekiranya bagus untuk ditanami backlink, bisa langsung kamu kontak saja pemilik situs tersebut.

Untuk menghubunginya, biasanya mereka mencantumakan informasi kontak di halaman website mereka, misalkan lewat email.

Kamu bisa bicarakan saja dengan pemilik tersebut, perihal promosi konten website kamu. Bukan hanya sekadar menanam link aktif saja tetapi juga sedikit diberi promosi situs kamu.

Sehingga situs kamu akan ikut mendapatkan trafik dari website tersebut.

Melalui Platform Jasa atau Situs Kumpulan Blogger atau Influencer

Selain mengontak pemilik website, cara mendapatkan backlink berkualitas selanjutnya yang bisa kamu gunakan yaitu dengan menanam backlink di platform yang menyediakan jasa penulisan, jasa content placement, dll.

Platform yang dimaksud yaitu seperti Sosiago, Vira.id, Rajabacklink, Projects.co.id dan masih banyak lagi. Sebenarnya di sana kita akan menawarkan jasa ke klien bisa berupa jasa penulisan, jasa content placement seperti yang sudah disinggung di atas dan masih banyak lagi.

Baca Juga : 20+ Daftar Ide Peluang Usaha Bisnis Online Menjanjikan 2021

Tapi, saat menawarkan jasa itulah biasanya link website juga akan dilampirkan. Nah, link itulah yang nantinya bisa menjadi backlink untuk website.

Dari link itu, maka klien pun akan melihat dan mengunjungi website kamu.

Membuat Konten Berkualitas

Cara yang sangat bisa kamu lakukan yaitu dengan membuat konten yang berkualitas. Jika kamu memiliki konten yang berkualitas, maka akan banyak orang yang tertarik dengan tulisanmu.

Hal itu akan memicu para blogger ataupun para media nasional yang melihat konten tersebut, ingin menjadikan referensi.

Dari situlah link website kamu akan ditanam dalam konten mereka. Oleh karena itu, buatlah konten yang berbeda dengan kompetitor, carilah ide yang cemerlang dan jadilah pembeda.

Karena siapa tahu konten yang kamu buat berhasil menarik perhatian mereka dan berujung memberi backlink secara gratis ke website kamu.

Membuat Infografis yang Menarik

Saat membuat suatu konten, tentu kamu tidak hanya full menulis saja kan? Pasti akan ada gambar yang mendukung isi konten tersebut.

Begitupula dengan infografis, mungkin diantara kamu masih jarang yang membuat infografis untuk tambahan gambar pendukung di sebuah konten.

Padahal jika infografis tersebut menarik, pengunjung yang sedang membaca konten kamu pasti akan tergerak untuk membagikannya ke media online ataupun media sosial. Dengan tetap mencantumkan link website kamu tentunya.

Dari situlah otomatis akan terbuat backlink sendiri. Nah, dengan dibagikannya infografis tersebut pasti akan lebih banyak orang yang mengunjungi website kamu.

Baca Artikel Serupa :

Cara Menggunakan Canva: Tutorial Mudah Desain Feed Sosmed

Membuat Catatan di akhir Konten

Cara mendapatkan backlink berkualitas selanjutnya adalah dengan membuat catatan di akhir konten. Apa yang dimaksud dengan catatan di akhir konten?

Saat membuat sebuah konten, tentu kita membutuhkan penutup kan? Di penutup tersebut biasanya terdapat kesimpulan dari isi konten sebelumnya. Selain itu kamu juga bisa menambahkan kalimat yang berisikan ajakan untuk membagikan konten tersebut. Misalnya.

apabila konten ini dirasa bermanfaat dan patut dijadikan referensi, silakan cantumkan link aktif nya di website Anda

Jika konten kamu memang bermanfaat dan ada pengunjung yang ingin menjadikan referensi. Pasti mereka juga akan dengan senang hati mencantumkan link konten tersebut di website mereka.

Sampai sini kamu sudah mendapatkan backlink secara murni kan?

Mencari Broken Link di Media Online

Cara yang terakhir mungkin akan membutuhkan effort yang lebih besar. Yaitu kamu bisa mencari broken link atau link rusak yang terdapat di media online.

Setelah itu kamu bisa mengontak mereka melalui email dan menyampaikan bahwa kamu menemukan link konten yang rusak di website mereka dan ingin menggantikannya dengan link website atau konten milik kamu.

Jika pihak sana setuju, selanjutnya kamu bisa langsung mengirimkannya. Namun, dengan syarat media online dan konten tersebut masih relevan dengan topik website kamu.

Bagaimana, cukup mudah kan. Dari sini sudah bisa mendapatkan backlink free yang berkualitas dari web media online.

Bagaimana Jika Model White Hat Terlalu Susah dan Mahal?

Jika mendapatkan backlink otomatis dengan Model White Hat cukup susah dan mahal. Bagaimana solusi untuk mengatasinya? Nah di penjelasan selanjutnya kita akan membahas solusi yang bisa kamu gunakan selain Model White Hat seperti di atas.

Solusi ini akan mengarah ke manipulasi link, sehingga risiko untuk menggunakan teknik di bawah ini ditanggung oleh masing – masing.

PBN Link Konstektual

Bagi kamu yang belum paham apa itu backlink PBN? PBN atau Private Blog Network merupakan sebuah jaringan blog yang sengaja dibangun untuk mendorong backlink ke situs utama.

Opsi ini menjadi salah satu manipulasi link yang paling populer di forum SEO. Namun, kontroversinya juga tiada henti sehingga masih tergolong abu – abu atau ‘Grey Hat’ dan masih belum jelas.

Link ini biasanya diletakkan di dalam konten dengan kata kunci yang sudah tertarget dengan variasi keyword yang sudah dioptimasi. Untuk sekali buat tidak cukup memelihara sedikit PBN saja. Setidaknya harus memiliki jumlah domain lebih dari 10 PBN agar manfaatnya terasa.

Baca Juga : 10 Plugin SEO WordPress Terbaik untuk Toko Online

Untuk memelihara PBN website ini terbilang harus hati-hati jadi sudah menjadi barang pasti jika link PBN dirasa mahal dan menghabiskan banyak waktu. Dan juga tidak disarankan untuk pemula.

Jika cara sebelumnya terasa mahal, ada versi murahnya yaitu menggunakan jasa PBN. Tetapi harus hati – hati, dan jangan terlalu over. Karena bagaimanapun Google dapat mendeteksi manipulasi link seperti itu.

Berikut ini penyedia jasa PBN yang bisa kamu gunakan yang paling rekomended.

  • Vatih
  • Zulfirmahn
  • Kevintaw

Website Berdomain Pemerintahan dan Pendidikan

Sudah bukan hal asing lagi, jika mendapatkan backlink dari website yang berdomain pemerintah atau pendidikan ini dapat menghasilkan kualitas yang bagus. Mengapa? Karena Google sudah memandang website tersebut memiliki status yang tinggi. Karena milik instansi resmi.

Namun, untuk mendapatkan backlink dari website yang authority nya tinggi seperti ini memang cukup sulit. Itulah mengapa saat ini banyak jasa backlink yang menawarkan  link dari website berdomain pemerintah seperti go.id.

Atau pendidikan ac.id dan sch.id.

Ohiya, bagi kamu yang belum memiliki website, bisa cek artikel cara memilih jasa website agar tidak salah pilih jasanya.

Backlink Profile

Jika ingin memainkan cara masif, orang – orang biasanya menggunakan robots untuk memasukkan link ke backlink profile seperti forum, web maupun social networking.

Risiko untuk melakukan teknik ini memang cukup besar. Namun, menurut kisah para blogger yang menerapkan teknik ini, manfaatnya masih terasa.

Penyedia backlink profile paling populer bisa kamu dapatkan di Omnirank.id yaitu SEO Galaxy dan SEO Hero.

Baca Artikel Serupa :

Apa itu Marketplace, e-Commerce, Online Shop? (Beda + Contoh)

Apa Saja yang Perlu Disiapkan Saat Mencari Backlink?

  • Siapkan kata kunci minimal variasi 3 kata untuk dijadikan anchor text.
  • Siapkan 1 URL target yang akan dioptimasi backlink, dan jangan pernah ubah URL tersebut bagaimanapun keadaannya. Karena kamu tidak bisa mengubah sendiri backlink nya.
  • Pastikan terdapat laporan dari web backlink, untuk dimonitor indeks, anchor text dan keberadaannya.
  • Lakukan disavow backlink yang broken, atau webnya hilang dengan cara scrapp backlink kamu di Ahrefs.

Pilihan Peringkat Backlink Berkualitas

Terakhir, kita akan rangkum beberapa pilihan backlink berkualitas yang bisa kamu jadikan acuan.

  • Backlink media nasional
  • Blog dengan niche spesifik, visitor di atas 50 ribu/hari
  • Blogger kecil dengan trafik 5 – 25 ribu
  • Backlink dari situs pemerintah dan pendidikan
  • Backlink PBN
  • Backlink forum, comment, web 2.0, dll.

Rangkuman

  • Backlink merupakan sebuah link atau tautan yang mengarah ke suatu blog atau website.
  • Manfaat backlink untuk website yaitu meningkatkan posisi website di google, mendatangkan trafik yang tinggi, meningkatkan reputasi, meningkatkan kredibilitas,
  • Kriteria backlink yang berkualitas yaitu memberikan dofollow link, kualitas konten bagus dan seniche, website target memiliki pengunjung organik dari google, memiliki metrik domain berkualitas tinggi
  • Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas dapat dilakukan dengan mengontak pemilik website, melalui platform situs kumpulan blogger atau influencer, membuat konten berkualitas, membuat infografis yang menarik, membuat catatan di akhir konten, mencari broken link di media online.
  • Berikut pilihan backlink berkualitas yang bisa kamu coba diantaranya backlink media nasional, blog dengan niche spesifik visitor di atas 50 ribu/hari, blogger kecil dengan trafik 5 – 25 ribu, backlink dari situs pemerintah dan pendidikan, backlink pbn, backlink forum, comment, web 2.0, dll.

Itu dia penjelasan mengenai pengertian backlink dan bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas untuk website.

Apabila terdapat penjelasan yang masih belum jelas, bisa kamu langsung tuliskan di kolom komentar saja ya.

Author
WRITTEN BY

Aorinka Anendya

Perempuan receh yang gemar menulis dan tertarik akan teknologi. Sedang belajar untuk terus membuat tulisan berkualitas.
ADVERTISEMENT

Related Post

Begini Cara Cek Nomor dan Pulsa Telkomsel Mudah dan Komplit

30 Jan 2021 BY Mufti Syawaludin

Tidak jarang orang akan lupa dengan nomor ponselnya sendiri termasuk tidak tahu cara cek pulsa, terutama yang paling sering merupakan pengguna baru. Jika diantara kalian termasuk diantaranya, silahkan baca cek …

3 Tips Memaksimalkan Penggunaan Plugin Refund WooCommerce

2 Mei 2019 BY Nisa Husnainna

Refund merupakan suatu hal yang tidak terhindarkan dalam bisnis online. Penyebab seorang pelanggan mengajukan refund bermacam-macam mulai dari ketidakpuasan terhadap barang yang ia terima, salah ukuran, salah warna, produk yang …

Cara Jualan di Facebook untuk Pemula agar Cepat Laku

26 Jun 2020 BY Ifan Prasya

Kalau Anda baru mulai usaha, punya produk, dan ingin segera mendapatkan pembeli; maka panduan cara jualan di Facebook ini cocok untuk Anda baca sampai akhir. Kami telah merangkum penjelasan yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *