ADVERTISEMENT

Cara Cek IMEI iPhone Beserta Kegunaannya

Posted on 27 Apr 2020 By Nisa Husnainna
ADVERTISEMENT

Cara Cek IMEI iPhone Beserta Kegunaannya – iPhone memang merupakan gawai idola banyak orang karena bentuknya yang terkesan elegan, menawan, serta mewah.

Banyak orang yang ingin memiliki iPhone namun biasanya terkendala harganya yang tergolong mahal. Maka dari itu, tak sedikit orang yang tertipu membeli iPhone dengan harga miring, padahal belum jelas keasliannya.

Banyaknya iPhone palsu yang beredar di pasaran (biasanya disebut dengan iPhone replika atau rekondisi) membuat kita menjadi was-was apakah iPhone yang kita miliki adalah iPhone asli atau tidak.

ADVERTISEMENT

Guna mengetahui iPhone-mu asli atau tidak, kamu bisa mengeceknya dengan menggunakan IMEI. IMEI atau International Mobile Equipment Identity terdiri dari 15 digit angka.

Kamu dapat melakukan pengecekan keaslian menggunakan IMEI di berbagai seri iPhone baik di iPhone 4, iPhone 5, iPhone 6, dan seri iPhone lainnya.

Tidak hanya untuk mengetahui keaslian iPhone, IMEI juga dapat digunakan untuk mengetahui sistem operasi, pembuat, model, hardware, serta informasi lainnya termasuk juga garansi iPhone.

Meski pengguna iPhone kini cukup banyak, tapi sayangnya masih sedikit yang mengetahui tentang cara mengecek nomor IMEI.

Bagi kamu yang ingin mengecek keaslian iPhone melalui IMEI, berikut caranya yang paling mudah dan cepat:

 

Cek IMEI di Belakang Ponsel

Cara cek IMEI iPhone Istimewa

Cara paling mudah yang dapat kamu lakukan untuk mengecek IMEI adalah dengan melihat ke bagian belakang iPhone.

Pada bagian belakang iPhone yang asli, kamu akan menemukan IMEI yang tertera pada iPhone tipe 5/5c/5s/6/6+ dan seterusnya. IMEI terukir jelas di belakang iPhone.

Cara ini akan memudahkan kamu sehingga tidak perlu membuka pengaturan di iPhone-mu.

 

Cek IMEI di Dusbook

Cara cek IMEI iPhone Istimewa

Kamu dapat mengecek IMEI pada dusbook iPhone-mu. Caranya adalah dengan melihat di belakang dusbook tersebut. Di sana ada beberapa macam nomor, antara lain nomor SN, SKU, dan IMEI.

Setelah ketemu, coba samakan dengan yang ada di perangkat iPhone, apakah IMEI yang tertera di dusbook sama dengan yang ada di ponselmu.

 

Cek IMEI di Sistem Pengaturan

Cara cek IMEI iPhone Istimewa

Setelah mengecek di dusbook iPhone, selanjutnya kamu bisa mencocokkannya dengan yang ada di ponselmu. Caranya, masuk ke Settings > General > About.

Di sana kamu akan menemukan spesifikasi handphone secara lengkap, termasuk nomor IMEI-nya.

 

Cek IMEI di Slot SIM Card

Cara cek IMEI iPhone Istimewa

Cara selanjutnya yang dapat kamu coba untuk mengecek IMEI adalah dengan melihat ke bagian dalam slot untuk SIM Card.

Pertama-tama, kamu harus mengeluarkan SIM Card-nya terlebih dahulu. Pada bagian atas, kamu akan melihat nomor IMEI/MEID. Akan tetapi cara ini hanya berlaku di beberapa model iPhone tertentu saja.

 

Cek IMEI Menggunakan Kode Dial

Cara cek IMEI iPhone Istimewa

Sebenarnya cara ini banyak digunakan di handphone tipe non-iPhone, yaitu dengan menggunakan kode dial.

Caranya yaitu cukup masuk ke menu telepon, ketik kode *#06#. Secara otomatis, perangkat akan menampilkan nomor IMEI-mu. Gampang banget, kan?

 

Untuk membeli iPhone di zaman ini memang sangat dibutuhkan pengetahuan, ketelitian, dan kehati-hatian karena banyaknya produk iPhone illegal dengan harga murah yang beredar di pasaran.

Sekarang kamu telah mengetahui kegunaan IMEI untuk mengecek iPhone palsu atau asli.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai cara cek IMEI di iPhone. Apabila artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk share dan bagikan ke teman-temanmu…

 

Baca juga: Tutorial Cara Cek IMEI di Semua Merek HP & Solusinya

ADVERTISEMENT
`
Author
WRITTEN BY

Nisa Husnainna

Nisa is a technical and marketing Content Writer at Tonjoo. She was previously writing for a multinational IT company and also a Reporter at her campus magazine. Since High School, she has been writing at her blog and discovered her passion in blogging. When she's not working, she enjoys traveling, reading, cooking, and try new things.
ADVERTISEMENT

Related Post

5 Tips Menghemat Biaya Ongkos Kirim, Nomor 5 Seller Wajib Baca!

13 Jan 2019 BY Fadhil Guntur Ashari

Tips Menghemat Biaya Ongkos Kirim Barang – Siapa yang tidak suka melakukan penghematan? Karena alasan penghematan inilah kegiatan belanja online menjadi digemari. Hemat waktu? Jelas. Hemat tenaga? Pasti. Hemat biaya? …

Apa Saja Keunggulan Plugin Reminder Pembayaran untuk Toko Online Anda?

25 Mar 2019 BY Nisa Husnainna

Keunggulan Plugin Reminder Pembayaran untuk Toko Online – Apakah Anda pernah bertanya-tanya : a. Mengapa pembeli meninggalkan keranjang belanjaan dan tidak melanjutkan proses pembelian? b. Apa yang bisa saya lakukan …

Daftar Lengkap Kantor SiCepat di Surabaya

11 Apr 2020 BY Nisa Husnainna

Daftar Lengkap Kantor SiCepat di Surabaya – Kami kembali menghadirkan daftar Kantor dan Agen SiCepat di Kota Surabaya untuk Anda yang membutuhkan jasa cargo, delivery service, logistics, dan ekspedisi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *