ADVERTISEMENT

Info Batas FUP Indihome 2021 Dan Cara Cek FUP Terbaru [+Lengkap]

Posted on 29 Jun 2021 By Mufti Syawaludin

Dengan adanya berbagai masalah seperti koneksi internet tidak stabil sering dikeluhkan oleh para pelanggan perusahan Telkom untuk itu diterapkannya FUP IndiHome yang tujuannya supaya semua pengguna bisa mengakses internet dengan lancar.

Pada zaman yang serba online ini penggunaan internet sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari, terlebih lagi bagi orang yang ingin mendapatkan uang dari internet pasti sangat membutuhkan koneksi yang bagus.

Namun, hampir semua provider termasuk IndiHome menerapkan batas ketentuan pemakaian wajar kuota internet  atau disubut dengan FUP.

ADVERTISEMENT

Bagi Anda yang belum tau apa itu FUP IndiHome silahkan baca artikel ini hingga selesai, selain itu akan disampaikan juga batas pemakaian wajar dan cara cek kuota internetnya.

Baikah, tanpa berlama-lama langsung saja mari kita mulai…

Apa Itu FUP?

FUP merupakan singkatan dari Fair Usage Policy adalah kebijkan dari provider pembatasan kecepatan internet setelah melebihi batas wajar pemakaian.

Artinya kecepatan akses internet akan diturunkan jika melebihi batas pemakaian. Kebijakan ini berlaku untuk para pengguna baik yang berlangganan unlimited sekalipun.

Hal ini mulai diterapkan pada tahun 2016 dengan tujuan supaya setiap pengguna dapat menikmati internet dengan stabil.

ADVERTISEMENT
Baca Juga: Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Lewat Youtube Secara Gratis

Karena banyaknya pengguna yang menyebarkan koneksi ke berbagai tempat di sebuah area tertentu misalnya seperti perkampungan yang membuat akses terbagi menjadi banyak.

Misalnya, Anda menggunakan paket IndiHome dengan kecepatan 20 Mbps yang dibagi menjadi lima rumah maka masing-masing akan mendapatkan akses 4 Mbps.

Perlu diketahui juga walaupun kuota unlimited jika digunakan untuk download film/video maka tidak unlimited lagi. Untuk itu pastikan Anda memperhatikan hal ini supaya dalam pemakaiannya bisa terus stabil.

Oh iya, batas ketentuan pemakaian wajar IndiHome ini untuk setiap paketnya berbeda, jelas karena harganya pun berbeda-beda.

Berapa sih batas FUP Indohome? Langsung simak penjelasannya yang akan disampaikan di bawah ini.

Batas FUP IndiHome

Seperti yang telah sedikit diulas diatas bahwa penggunaan internet berbagai provider termasuk IndiHome menerapkan batas ketentuan pemakaian wajar untuk menstabilkan jaringan keseluruh penggunanya.

ADVERTISEMENT

IndiHome sendiri menerapkan FUP ini berdasarkan kecepatan akses internet yang dipakai oleh penggunanya.

Berikut ini daftar FUP IndiHome:

FUP IndiHome 100 Mbps

Paket IndiHome 100 Mbps

Batas FUP

Pemakaian Kuota (GB)Kecepatan Akses (Mbps)

Penurunan Kecepan (%)

FUP 1> 2.00050

50

Dari tebel batas FUP IndiHome dengan paket 100 Mbps di atas menyebutkan bahwa pengguna akan terkena penurunan kecepatan internet hingga menjadi 50 Mbps atau 50% dari kecepatan awal jika penggunaan data lebih dari 2.000 GB.

Nah, paket IndiHome 100 Mbps keatas ini biasanya digunkan bagi perusahan industri yang sangat membutuhkan jaringan internet dalam kapasitas besar seperti kantor dinas dan perguruan tinggi (kampus).

Dengan demikian untuk menghabiskan lebih dari 2.000 GB sangat mungkin terjadi, karena pemakaiannya yang begitu tinggi. Jadi jika Anda sedang menggunakan jaringan internet kampus dan dirasa sangat lambat ada dua kemungkinan bisa dikarenakan gangguan atau telah melebihi batas penggunaannya.

FUP IndiHome 50 Mbps

Paket IndiHome 50 Mbps

Batas FUP

Pemakaian Kuota (GB)Kecepatan Akses (Mbps)

Penurunan Kecepan (%)

FUP 1

> 1.20037.575
FUP 2> 2.00020

40

Nah untuk paket IndiHome 50 Mbps penurunan kecepata pertama (FUP 1) akan diberlakukan pada saat pemakaian telah mencapai 1.200 GB dimana kecepatan internet menjadi 37.5 Mbps atau 75% dari kecepatan awal.

Tidak sampai situ, pengguna akan mendapatkan akses internet yang lebih lambat lagi jika telah melebihi batas yang kedua (FUP 2) yaitu 2.000 GB dimana sebelumnya kecepatan masih bisa 75% lalu menjadi 40% saja atau 20 Mbps.

ADVERTISEMENT

FUP IndiHome 40 Mbps

Paket IndiHome 40 Mbps

Batas FUP

Pemakaian Kuota (GB)Kecepatan Akses (Mbps)

Penurunan Kecepan (%)

FUP 1

> 90030

75

FUP 2

> 1.60016

40

Batas pemakaian wajar untuk paket IndiHome 40 Mbps berada pada 900 GB dengan penurunan kecepatan menjadi 30 Mbps dari yang semula 40 Mbps.

Kemudian batas pemakaian yang kedua (FUP 2) berada pada penggunaan data 1.600 GB dengan penurunan kecepatan menjadi 16 Mbps.

Oh iya, walaupun sudah berada pada batas pemakaian, pelanggan tetap bisa menggunakan internet hanya saja kecepatannya yang akan dikurangi.

Baca Juga: Cara Membuat Akun PayPal Dengan dan Tanpa Kartu Kredit [+Terlengkap]

FUP IndiHome 30 Mbps

Paket IndiHome 30 Mbps

Batas FUP

Pemakaian Kuota (GB)Kecepatan Akses (Mbps)

Penurunan Kecepan (%)

FUP 1

> 70022.575
FUP 2> 1.20012

40

Jika Anda memiliki usaha seperti jualan online bisa menggunakan paket IndiHome yang satu ini, untuk batas pemakain pertama (FUP 1) jika sudah melebihi 700 GB sedangkan (FUP 2) lebih dari 1.200 GB.

Jika sudah berada pada FUP 2, jangan khawatir karena masih sangat memungkinkan untuk melayani pelanggan yang sedang belanja di toko online yang Anda kelola.

Dengan kecepatan internet 22.5 Mbps atau 12 Mbps sekalipun masih sangat lancar untuk berkomunikasi dengan pelanggan hingga transaksi selesai.

Pastinya para penjual tidak mau kehilangan para pelanggannya yang disebabkan oleh akses internet yang buruk bukan, untuk itu paket ini sangat direkomendasikan.

FUP IndiHome 20 Mbps

Paket IndiHome 20 Mbps

Batas FUP

Pemakaian Kuota (GB)Kecepatan Akses (Mbps)

Penurunan Kecepan (%)

FUP 1

> 5001575
FUP 2> 8008

40

Nah, bagi yang memiliki kerja sampingan seperti influenser atau blogger, pastinya sangat tergantung dengan akses internet, bukan?

Paket IndiHome yang satu ini yaitu 20 Mbps masih sangat cocok untuk dipilih sebagai penunjang pekerjaan Anda. Terlebih lagi dengan batas FUP 1 jika sudah menghabiskan kuota lebih dari 500 GB kemudian untuk FUP 2 diatas 800 GB.

Dengan kecepatan akses 15 Mbps hingga terendah 8 Mbps pun pekerjaan Anda tidak akan terkendala terkeculi jika memang ada gangguan, ya.

FUP IndiHome 10 Mbps

Paket IndiHome 10 Mbps

Batas FUP

Pemakaian Kuota (GB)Kecepatan Akses (Mbps)

Penurunan Kecepan (%)

FUP 1

> 3007.575
FUP 2> 4004

40

Batas FUP yang terakhir adalah untuk pekat IndiHome 10 Mbps, jika Anda seorang mahasiswa atau pelajar hanya untuk browsing mencari materi pelajaran atau sekedar bermain media sosial paket yang satu ini sangat cocok untuk dipilih.

Selain harganya yang terjangkau, paket dengan kecepatan 10 Mbps memiliki batas FUP pertama di 300 GB ke atas sampai dengan FUP kedua lebih dari 400 GB kuota yang dihabiskan.

Jika hanya sekedar melakukan pencarian di mesin pencari Google dengan kecepatan paling terendah yaitu 4 Mbps sekali pun masih terbilang lancar-lancar saja tanpa terkedala.

Itulah beberapa batas FUP IndiHome. Sampai disini sudah cukup dipahami, ya.

Baca Juga: Tips Pintar Jualan Online Dengan Singkat Cocok Bagi Pemula

Oh iya, Anda bisa kok mengetahui jumlah kuota yang telah dipakai. Caranya akan disampaikan pada pembahasan berikutnya. Silahkan disimak…

Cara Cek FUP IndiHome Terbaru

Untuk melakukan pengecekan FUP IndiHome Anda cukup mengetahui jumlah kuota yang terpakai, setelah membaca batas pemakain di atas tinggal menyeseuikan saja dengan jumlah terpakai dengan batas FUP.

Berikut ini ada tiga cara untuk cek pemakaian kuota IndiHome:

Melalui Aplikasi MyIndiHome

  1. Silahkan unduh aplikasi MyIndiHome di Play Store pada Smartphone Anda.

    Logi di Aplikasi IndiHome
    ©YouTube D-Sis channel
  2. Lakukan Login, bisa menggunakan nomor telepon atau email yang terdaftar di IndiHome.

    Masukan Nomor Telepon yang terdaftar di Indihome untuk Login
    ©YouTube D-Sis channel
  3. Selanjutnya, masukan Kode Verifikasi yang dikirim melalui SMS jika Login menggunakan nomor telepon.

    Masukkan kode OTP Untuk Verifikasi Masuk MyIndiHome
    ©YouTube D-Sis channel
  4. Jika sudah maka akan masuk kehalaman utama aplikasi MyIndiHome, selanjutnya klik Titik Tiga yang ada di kolom Internet.

    Pilih titik Tiga di kolom Internet MyIndiHome
    ©YouTube D-Sis channel
  5. Selanjutnya pilih Lihat Penggunaan.

    Pilih Lihat Penggunaan di Aplikasi MyIndiHome
    ©YouTube D-Sis channel
  6. Selesai. Penggunaan Internet Anda akan ditampilkan.

    Penggunaan Internet IndiHome di Aplikasi MyIndiHome
    ©YouTube D-Sis channel

Bagaimana? Cukup mudah bukan. Untuk cara yang kedua yaitu menggunakan Browser. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online dari Rumah [Tanpa Banyak Modal]

Melalui Situs IndiHome

  1. Silahkan buka halaman indihome.co.id.
  2. Dihalaman utama silahkan pilih Garis Tiga di pojok kiri atas.

    Pilih Garis Tiga Di Pojok Kiri Atas Pada Halaman Utama IndiHome
    ©YouTube D-Sis channel
  3. Selanjutnya pilih Masuk, silahkan lakukan login sama seperti langkah di aplikasi MyIndiHome yang telah dijelaskan di atas.

    Silahkan Masuk Akun di Situs IndiHome
    ©YouTube D-Sis channel
  4. Jika sudah, di halaman utama silahkan pilih Lihat rincian di kolom Internet.

    Pilih Lihat rincian di kolom Internet pada halaman Utama IndiHome
    ©YouTube D-Sis channel
  5. Selesai. Penggunaan Internet IndiHome Anda akan muncul.

    Hasil Penggunaan Internet IndiHome
    ©YouTube D-Sis channel

Bagaimana? Menurut Anda dari kedua cara di atas mana yang lebih mudah untuk digunakan untuk ngecek penggunaan internet IndiHome?.

Selain kedua cara tersebut ada juga cara yang paling mudah dan praktis yaitu dengan menggunakan nomor IndiHome Anda. Silahkan simak panduannya pada pembahasan selanjutnya di bawah ini.

Baca Juga: Biaya Admin Tokopedia Untuk Penjual Dilengkapi Ilustrasi Perhitungannya

Melalui Nomor Internet IndiHome

Setiap pengguna yang telah berlangganan internet pasti memiliki No internet IndiHome. Nah, nomor tersbut bisa digunakan untuk mengecek penggunaan kuota yang telah dipakai.

Berikut ini langkah-langkah cek jumlah kuota IndiHome yang telah dipakai:

  1. Silahkan buka halaman subsystem.indihome.co.id
  2. Jika sudah, silahkan masukkan No Internet IndiHome Anda di kolom yang tersedia > Lalu tekan tombol Submit.
    Masukan Nomor Internet IndiHome Anda Kemudian Tekan Tombol Submit
  3. Selesai. Berikut ini contah gambar hasil cek pemakaian kuota IndiHome dengan no internet:
    Hasil Cek Pemakaian Kuota Internet IndiHome

Nah, Anda bisa memilih cara yang terakhir jika malas untuk melakukan login ke akun IndiHome. Namun, harus tau no internetnya terlebih dahulu.

Baca Juga: Baru! Biaya Admin Shopee Terlengkap Disertai Ilustrasi Perhitungannya

Sampai disini bisa disimpulkan bahwa masing-masing paket internet yang ditawarkan IndiHome memiliki batas FUP yang berbeda-beda.

Semakin tinggi kecepatan internet yang dimiliki maka batas FUP IndiHome pun akan semakin besar. Hal ini sangatlah wajar, kerana dari harganya sendiri sudah pasti berbeda.

Saran kami, sebaiknya gunakan paket IndiHome sesuai dengan kebuhan saja, jika 10 Mbps dirasa tidak cukup bisa dinaikkan menjadi 20 Mbps, apabila masih kurang upgrade ke 30 Mbps, 40 Mbps, 50 Mbps hingga 100 Mbps.

Untuk terhindar dari batas penggunaan wajar, Anda bisa melakukan pengecekan kuota yang terpakai secara rutin, apalagi jika akses internet dirasa sudah lambat. Jangan terburu-buru melakukan komplain ke pihak IndiHome dulu, sebaiknya pastikan dengan cek penggunaan internet.

Mungkin cukup di sini pembahasan kita kali ini, jika ada yang ingin ditanyakan bisa di sampaikan ke kolom komentar yang ada di halaman ini paling bawah.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terimikasih telah menyempatkan untuk membaca…

Author
WRITTEN BY

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.
ADVERTISEMENT

Related Post

Inilah 30+ Istilah Pengiriman Barang JNE yang Wajib Kamu Ketahui

20 Feb 2021 BY Fadhil Guntur Ashari

Fitur untuk melacak status paket Anda dengan cek nomor resi di website sudah menjadi layanan standar bagi jasa ekspedisi manapun termasuk JNE. Namun sayangnya, ketika Anda melakukan pelacakan nomor resi, …

Cara Mengirim Barang Lewat Kantor Pos

17 Jan 2020 BY Nisa Husnainna

Mengirim Barang Lewat Kantor Pos – Mengirim barang melalui jasa pengiriman atau ekspedisi di zaman sekarang memang bukan merupakan hal yang sulit. Namun begitu, tidak ada salahnya kami membagikan sedikit …

Arti Kode & Istilah Proses Pengiriman Barang Lion Parcel

31 Aug 2020 BY Ifan Prasya

Buat Anda yang kirim barang pakai Lion Parcel, penting untuk tau arti kode / istilah proses pengiriman yang muncul saat cek resi. Biar tau kondisi terakhir barang kita ada di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *