ADVERTISEMENT

Info Batas FUP Indihome 2022 Dan Cara Cek FUP Terbaru [+Lengkap]

Posted on 26 Mei 2022 By Mufti Syawaludin
ADVERTISEMENT

FUP Indihome merupakan solusi untuk mengatasi masalah koneksi internet tidak stabil yang kerap muncul. Tujuannya adalah agar seluruh pengguna Indihome dapat mengakses internet dengan lancar tanpa kendala.

Sayangnya, banyak pengguna belum memahami bagaimana sistem tersebut. Sehingga mereka justru bingung dan tidak sedikit yang mengeluh karena koneksi dinilai kurang sesuai dengan ekspektasi. Terutama bagi mereka yang  mendapatkan uang dari internet yang membutuhkan koneksi bagus dan cepat.

Padahal hampir provider termasuk IndiHome menerapkan batas ketentuan pemakaian wajar kuota internet atau disebut dengan FUP.

ADVERTISEMENT

Nah, kalau belum tahu apa itu FUP IndiHome, silahkan baca artikel ini hingga selesai, selain itu akan disampaikan juga batas pemakaian wajar dan cara cek kuota internetnya. Yuk, langsung saja.

Apa Itu FUP?

FUP merupakan singkatan dari Fair Usage Policy adalah kebijkan dari provider pembatasan kecepatan internet setelah melebihi batas wajar pemakaian.

Artinya kecepatan akses internet akan diturunkan jika melebihi batas pemakaian. Kebijakan ini berlaku untuk para pengguna baik yang berlangganan unlimited sekalipun.

Hal ini mulai diterapkan pada tahun 2016 dengan tujuan supaya setiap pengguna dapat menikmati internet dengan stabil.

ADVERTISEMENT

Karena banyaknya pengguna yang menyebarkan koneksi ke berbagai tempat di sebuah area tertentu. Misalnya seperti perkampungan yang membuat akses terbagi menjadi banyak.

Sebagai contoh, Anda menggunakan paket IndiHome dengan kecepatan 20 Mbps yang dibagi menjadi lima rumah maka masing-masing akan mendapatkan akses 4 Mbps.

Perlu diketahui juga walaupun kuota unlimited jika digunakan untuk download film/video maka tidak unlimited lagi. Untuk itu pastikan Anda memperhatikan hal ini supaya dalam pemakaiannya bisa terus stabil.

Oh iya, batas ketentuan pemakaian wajar IndiHome ini untuk setiap paketnya berbeda, jelas karena harganya pun berbeda-beda.

Sebelum cek tagihan Indihome, yuk ketahui berapa saja sih batas FUP Indohome? Langsung simak penjelasannya yang akan disampaikan di bawah ini.

ADVERTISEMENT

Batas FUP IndiHome

Seperti yang telah sedikit diulas diatas bahwa penggunaan internet berbagai provider termasuk IndiHome menerapkan batas ketentuan pemakaian wajar untuk menstabilkan jaringan keseluruh penggunanya.

IndiHome sendiri menerapkan FUP ini berdasarkan kecepatan akses internet yang dipakai oleh penggunanya.

Berikut ini daftar FUP IndiHome:

FUP IndiHome 100 Mbps

Paket IndiHome 100 Mbps

Batas FUP

ADVERTISEMENT
Pemakaian Kuota (GB)Kecepatan Akses (Mbps)

Penurunan Kecepan (%)

FUP 1> 2.00050

50

Dari tabel batas FUP IndiHome dengan paket 100 Mbps di atas menyebutkan bahwa pengguna akan terkena penurunan kecepatan internet hingga menjadi 50 Mbps atau 50% dari kecepatan awal jika penggunaan data lebih dari 2.000 GB.

Nah, paket IndiHome 100 Mbps keatas ini biasanya digunkan bagi perusahan industri yang sangat membutuhkan jaringan internet dalam kapasitas besar seperti kantor dinas dan perguruan tinggi (kampus).

Dengan demikian untuk menghabiskan lebih dari 2.000 GB sangat mungkin terjadi, karena pemakaiannya yang begitu tinggi. Jadi jika Anda sedang menggunakan jaringan internet kampus dan dirasa sangat lambat ada dua kemungkinan bisa dikarenakan gangguan atau telah melebihi batas penggunaannya.

FUP IndiHome 50 Mbps

Paket IndiHome 50 Mbps

Batas FUP

Pemakaian Kuota (GB)Kecepatan Akses (Mbps)

Penurunan Kecepan (%)

FUP 1

> 1.20037.575
FUP 2> 2.00020

40

Nah untuk paket IndiHome 50 Mbps penurunan kecepata pertama (FUP 1) akan diberlakukan pada saat pemakaian telah mencapai 1.200 GB dimana kecepatan internet menjadi 37.5 Mbps atau 75% dari kecepatan awal.

Tidak sampai situ, pengguna akan mendapatkan akses internet yang lebih lambat lagi jika telah melebihi batas yang kedua (FUP 2) yaitu 2.000 GB dimana sebelumnya kecepatan masih bisa 75% lalu menjadi 40% saja atau 20 Mbps.

FUP IndiHome 40 Mbps

Paket IndiHome 40 Mbps

Batas FUP

Pemakaian Kuota (GB)Kecepatan Akses (Mbps)

Penurunan Kecepan (%)

FUP 1

> 90030

75

FUP 2

> 1.60016

40

Batas pemakaian wajar untuk paket IndiHome 40 Mbps berada pada 900 GB dengan penurunan kecepatan menjadi 30 Mbps dari yang semula 40 Mbps.

Kemudian batas pemakaian yang kedua (FUP 2) berada pada penggunaan data 1.600 GB dengan penurunan kecepatan menjadi 16 Mbps.

Oh iya, walaupun sudah berada pada batas pemakaian, pelanggan tetap bisa menggunakan internet hanya saja kecepatannya yang akan dikurangi.

FUP IndiHome 30 Mbps

Paket IndiHome 30 Mbps

Batas FUP

Pemakaian Kuota (GB)Kecepatan Akses (Mbps)

Penurunan Kecepan (%)

FUP 1

> 70022.575
FUP 2> 1.20012

40

Jika Anda memiliki usaha seperti jualan online bisa menggunakan paket IndiHome yang satu ini, untuk batas pemakain pertama (FUP 1) jika sudah melebihi 700 GB sedangkan (FUP 2) lebih dari 1.200 GB.

Jika sudah berada pada FUP 2, jangan khawatir karena masih sangat memungkinkan untuk melayani pelanggan yang sedang belanja di toko online yang Anda kelola.

Dengan kecepatan internet 22.5 Mbps atau 12 Mbps sekalipun masih sangat lancar untuk berkomunikasi dengan pelanggan hingga transaksi selesai.

Pastinya para penjual tidak mau kehilangan para pelanggannya yang disebabkan oleh akses internet yang buruk bukan, untuk itu paket ini sangat direkomendasikan.

FUP IndiHome 20 Mbps

Paket IndiHome 20 Mbps

Batas FUP

Pemakaian Kuota (GB)Kecepatan Akses (Mbps)

Penurunan Kecepan (%)

FUP 1

> 5001575
FUP 2> 8008

40

Nah, bagi yang memiliki kerja sampingan seperti influencer atau blogger, pastinya sangat tergantung dengan akses internet, bukan?

Paket IndiHome yang satu ini yaitu 20 Mbps masih sangat cocok untuk dipilih sebagai penunjang pekerjaan Anda. Terlebih lagi dengan batas FUP 1 jika sudah menghabiskan kuota lebih dari 500 GB kemudian untuk FUP 2 diatas 800 GB.

Dengan kecepatan akses 15 Mbps hingga terendah 8 Mbps pun pekerjaan Anda tidak akan terkendala terkecuali jika memang ada gangguan, ya.

FUP IndiHome 10 Mbps

Paket IndiHome 10 Mbps

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.
ADVERTISEMENT

Related Post

Cara & Tips Panduan Jualan Online Sukses dan Makin Laris [Lengkap]

24 Mei 2022 BY Mufti Syawaludin

Jualan online menjadi salah satu solusi menambah uang di era milenial sekarang ini. Tidak hanya lewat online shop, jualan online bisa dilakukan di platform marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dll. …

Inilah Pentingnya Nomor Resi Bagi Pelanggan Toko Online Anda

17 Mei 2019 BY Nisa Husnainna

Pentingnya nomor resi bagi pelanggan – Nomor resi saat ini menjadi hal yang seringkali ditanyakan oleh pembeli ketika mereka berbelanja di toko online. Dengan perkembangan dunia teknologi dan internet, pembeli …

Daftar Alamat Kantor SiCepat Tasikmalaya & Nomor Telepon Terlengkap

10 Feb 2022 BY Ayu Triworo

Buat customer SiCepat di tidak perlu bingung lagi mencari alamat SiCepat Tasikmalaya pusat. Di artikel berikut kami akan sajikan daftar lengkap kantor SiCepat pusat dan cabang yang ada di Tasik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *