ADVERTISEMENT

11 Tema WordPress Gratis Dan Terbaik Untuk Toko Online [+Instalasi]

Posted on 6 Jul 2021 By Aorinka Anendya

Apakah kamu mau jualan online dan sedang mencari rekomendasi tema WordPress gratis dan terbaik untuk toko online? Pas sekali. Kamu berada di artikel yang tepat. Di sini, kita akan mengulas referensi sekaligus bagaimana cara install tema WordPress.

Pemilihan tema merupakan hal yang penting untuk diperhatikan loh. Karena dari tema tersebut dapat membuat toko kamu lebih menarik ataupun memberikan kenyamanan tersendiri pada pembeli.

Oleh karena itulah di artikel kali ini kita akan membahas bersama mengenai tema WordPress gratis barangkali kamu tidak memiliki budget lebih untuk membeli yang premium. Diantaranya.

ADVERTISEMENT
  • Template web toko online gratis.
  • Cara install tema di WordPress.

Tidak hanya toko online saja, sebelumnya sudah pernah dibahas juga rekomendasi tema WordPress terbaik dan gratis untuk berita dan tema WordPress terbaik gratis untuk sekolah yang bisa langsung kamu baca.

Yuk, langsung mulai saja pembahasannya.

11 Tema WordPress Gratis Dan Terbaik Untuk Toko Online

Beberapa rekomendasi tema berikut sudah dirangkum berdasarkan rating pengguna, untuk download template website toko online gratis bisa kamu dapatkan pada direktori WordPress nya langsung ya.

Tidak perlu lama – lama, mari kita mulai.

1. Astra

Tema WordPress gratis dan terbaik untuk toko online pertama adalah Astra. Sampai saat ini sudah lebih dari 4000 pengguna yang memberikan rating bintang 5 pada tema tersebut.

Tema WordPress Gratis Dan Terbaik Untuk Toko Online, Tampilan Tema WordPress Astra
@Tampilan Tema WordPress Astra

Lalu apakah fitur yang diberikan oleh Astra sebanding? Tentu jawabannya iya. Jika dilihat dari tampilan tema nya saja sudah kelihatan bahwa tema ini memang sangat modern dan dapat disesuaikan sendiri sesuai kebutuhan.

ADVERTISEMENT

Bahkan masih relevan apabila digunakan untuk blog pribadi, portofolio maupun web bisnis.

Mereka menawarkan kecepatan loading website yang tidak tertandingi karena ukuran temanya sangat ringan, hanya 50KB saja.

Selain itu, SEO juga sangat dipertimbangkan di sini agar toko online nya tetap teroptimasi. Di samping itu kompatibel dengan page builder seperti elementor, Beaver Builder dan yang lain.

Baca Juga : 10 Tema WordPress Terbaik Dan SEO Friendly [Gratis & Premium!]

Fitur lain diantaranya seperti dukungan terhadap WooCommerce dan translate bahasa. Apabila kamu ingin mendapatkan fitur lebih, kamu juga bisa loh mengupgrade nya ke yang premium.

Rating : 5

Versi : 3.6.2

2. Qi Theme

Blossoms - Qi Themes
@Tampilan Tema Qi Themes Clothing Store

Ingin punya toko online seperti gambar di atas? Kamu bisa dapatkan Clothing Store elegan dan kaya fitur di Qi Theme.

ADVERTISEMENT

Tema toko online besutan Qi Theme persembahan Qode Interactive, sebuah tim dengan 130++ developer dan desainer terbaik pemenang penghargaan dunia. Clothing Store dari Qi Theme adalah tema user friendly yang sangat halus serta kaya akan fitur praktis.

Tema ini mengintegrasikan 100 opsi demo dengan tampilan super menawan yang cocok untuk berbagai niche toko online. Mau jualan produk fashion? Makanan / minuman? Atau produk elektronik? Tema ini cocok untuk semuanya.

Qi Theme juga kompatibel dengan plugin WooCommerce serta menyediakan pilihan template lengkap untuk berbagai jenis toko online yang berbeda. Fiturnya kaya dan juga sangat beragam. Mulai dari katalog produk, testimoni, artikel, fitur pengiriman, sampai pembayaran.

Di sini, semua kebutuhan bagi toko online tersedia dan bisa didapatkan dengan biaya nol rupiah. Qi Theme adalah jawaban terbaik untuk membangun calon website ecommerce yang sukses.

Lengkapi seluruh kebutuhan tokomu dan raih kesuksesan bisnis online dengan tema website menakjubkan. Lihat tampilan demo website Clothing Store dan buat toko online versi terbaik untuk bisnis di Qi Theme.

ADVERTISEMENT

Pengguna: +500K

3. Leto

Tema ini merupakan salah satu yang terbaik pada kategori eCommerce dan ratingnya pun sudah mencapai bintang 5.

Tema WordPress Gratis Dan Terbaik Untuk Toko Online, Tampilan Tema WordPress Leto
@Tampilan Tema WordPress Leto

Saat pertama kali kamu membuka tema tersebut, maka yang pertama kali mencuri perhatian adalah header image yang besar. Kamu bisa memanfaatkannya untuk memasukan gambar atau video singkat mengenai produk yang sedang kamu jual.

Apabila kamu pengguna plugin toko online terbaik WooCommerce, tenang saja karena Leto sudah kompatibel dengan plugin tersebut.

Selain itu, yang pasti kustomisasinya juga sangat mudah. Kamu bisa mengganti warna, font, pilihan tema blog dan masih banyak lainnya. Atau bisa juga plugin page builder agar semakin mudah kustomnya.

Rating : 5

Versi : 1.0.14

4. Zigcy Lite

Zigcy Lite merupakan salah satu template WordPress gratis toko online yang sangat memaksimalkan fleksibilitas. Artinya, kamu bisa mengkustomisasi halaman dengan maksimal sesuai yang kamu inginkan.

Tema WordPress Gratis Dan Terbaik Untuk Toko Online, Tampilan Tema WordPress Zigcy Lite
@Tampilan Tema WordPress Zigcy Lite

Tema ini dapat digunakan pada semua jenis toko online, dan terintegrasi penuh dengan WooCommerce.

Pada Zigcy Lite, kurang lebih kamu akan mendapatkan fitur menarik seperti impor demo hanya dengan satu kali klik, loading yang super cepat, CTA menuju produk lain dan masih banyak yang lain.

Rating : 5

Versi : 2.0.8

Baca Juga : 7 Tema WordPress Premium Terbaik Untuk Sekolah, Lengkap!

5. ShoppingCart

Tema WordPress toko online terbaik selanjutnya adalah ShoppingCart. Seperti namanya, tentu tema ini difokuskan untuk eCommerce meskipun masih relevan digunakan untuk blog ataupun portofolio.

Komponen ShoppingCart telah dirancang dengan baik sehingga memiliki fitur – fitur yang kamu butuhkan untuk membuat toko online yang menarik.

Tema WordPress Gratis Dan Terbaik Untuk Toko Online, Tampilan Tema WordPress ShoppingCart
@Tampilan Tema WordPress ShoppingCart

Karena difokuskan untuk toko online, maka ShoppingCart menampilkan halaman depan berupa widget image besar, yang bisa kamu gunakan untuk meletakkan foto produk. Lalu pada bagian samping terdapat beberapa navigasi menu, logo dan lainnya.

Yang tidak kalah menarik adalah tema ini mendukung plugin WordPress terbaik seperti WooCommerce, Jetpack dan masih banyak lagi. Selain itu terdapat fitur terjemahan otomatis sehingga kamu tidak memerlukan plugin multibahasa terbaik.

Rating : 5

Versi : 1.1.5

6. ShopStore

ShopStore merupakan tema WordPress WooCommerce yang sepenuhnya responsif dan dapat membuat toko online kamu terlihat lebih bagus dan fit terhadap layar perangkat apapun.

Tema WordPress Gratis Dan Terbaik Untuk Toko Online, Tampilan Tema WordPress ShopStore
@Tampilan Tema WordPress ShopStore

Tema ini menyediakan banyak tampilan halaman produk sehingga cocok digunakan pada jenis toko online apapun seperti fashion, olahraga, teknologi, furnitur dan yang lain.

Bagi kamu yang menggunakan Gutenberg tidak perlu khawatir, karena ShopStore dapat bekerja dengan editor tersebut dan page builder populer seperti SiteOrigin, Visual Composer dan WPBakery.

Karena plugin WooCommerce saja sudah sangat lengkap fiturnya, apalagi jika ditambah dengan tema ShopStore. Pasti akan menghasilkan toko online WordPress yang sempurna.

Rating : 5

Versi : 4.2.6

Baca Juga : 10 Tema WordPress Premium Terbaik Untuk Berita [+Ulasan Lengkap]

7. Shops

Tema WordPress gratis dan terbaik untuk toko online berikutnya adalah Shops, yang merupakan tema serbaguna dan dibangun dari HTML5.  Tema ini sepenuhnya responsif sehingga dapat dikustomisasi langsung dari dashboard WordPress kamu.

Tema WordPress Gratis Dan Terbaik Untuk Toko Online, Tampilan Tema WordPress Shops
@Tampilan Tema WordPress Shops

Shops ini jika dilihat dari tampilan temanya, memiliki desain yang minimalis dengan warna yang dominan putih. Hal ini cocok digunakan untuk kamu yang tidak mau desain toko online yang ramai.

Opsi kustomisasi yang ditawarkan oleh Shops bisa kamu manfaatkan dengan baik untuk mendapatkan desain yang maksimal. Seperti logo pada header yang bisa diganti dan terdapat tombol untuk kembali ke halaman atas.

Tidak hanya dapat dapat digunakan untuk eCommerce saja, lebih dari itu bisa juga digunakan pada blog, majalah, portofolio dan masih banyak yang lain.

Rating : 5

Versi : 1.1.7

8. eStore

Apabila kamu ingin memiliki toko online yang terdapat plugin wishlist. Maka solusinya bisa menggunakan tema eStore ini. Sehingga konsumen dapat menyimpan dulu produk favoritnya agar di kemudian hari tidak lupa jika akan membeli.

Tema WordPress Gratis Dan Terbaik Untuk Toko Online, Tampilan Tema WordPress eStore
@Tampilan Tema WordPress eStore

Selain terdapat plugin wishlist, tema ini tentu kompatibel juga dengan WooCommerce. Dengan plugin tersebut kamu dapat membuat toko online yang lebih menarik pelanggan.

Di samping itu juga eStore menyediakan fitur dan widget khusus yang bisa dikustomisasi dengan mudah. Sehingga dapat menghasilkan toko online yang lebih profesional dan terorganisir komponen – komponennya.

Rating : 5

Versi : 1.5.9

Baca Juga : 8 Tema WordPress Terbaik Gratis Untuk Perusahaan [+Beserta Instalasi]

9. StoreShip

StoreShip merupakan template toko online responsive gratis dan serbaguna yang dapat digunakan pada jenis toko apapun. Diantaranya seperti toko digital, pakaian, furniture dan yang lainnya.

Tema WordPress Gratis Dan Terbaik Untuk Toko Online, Tampilan Tema WordPress StoreShip
@Tampilan Tema WordPress StoreShip

Selain itu, StoreShip kompatibel dengan editor Gutenberg sehingga kamu bisa mengatur tampilannya dengan mudah. Dan tema tersebut juga telah dirancang agar teroptimasi dan muncul pada halaman pertama Google atau istilahnya SEO friendly.

Keunggulan pada tema ini yaitu terdapat banner untuk memasang iklan di bagian header. Jadi kamu tidak perlu memasang plugin iklan lagi pada WordPress.

Rating : 4

Versi : 2.0.1

Baca Juga : 12 Tema WordPress Premium Terbaik Untuk Toko Online [Terlengkap!]

10. eCommerce Gem

eCommerce Gem merupakan tema yang cocok digunakan pada semua jenis toko online dan terintegrasi penuh dengan WooCommerce. Fitur unggulan pada eCommerce Gem adalah pencarian produk dengan pemilihan kategori.

Tema WordPress Gratis Dan Terbaik Untuk Toko Online, Tampilan Tema WordPress eCommerce gem
@Tampilan Tema WordPress eCommerce Gem

Pada halaman depan terdapat slider image yang besar, pada widget tersebut bisa kamu gunakan untuk meletakkan foto produk.

Selain itu karena memiliki tata letak yang multiguna sehingga tema ini tidak hanya cocok untuk toko online saja melainkan seperti blog pribadi, web perusahaan atau lainnya.

Rating : 4

Versi : 2.1.6

11. Envo eCommerce

Rekomendasi template WordPress toko online terakhir yaitu Envo eCommerce. Apabila dilihat dari tampilan temanya, Envo eCommerce merupakan tema WordPress yang clean, modern dan tentunya responsif.

Tema WordPress Gratis Dan Terbaik Untuk Toko Online, Tampilan Tema WordPress Envo eCommerce
@Tampilan Tema WordPress Envo eCommerce

Selain itu didukung penuh oleh plugin WooCommerce sehingga fitur – fitur pada plugin tersebut dapat digunakan pada tema ini.

Di samping itu, Envo eCommerce juga mendukung beberapa page builder populer seperti Beaver Builder, Elementor dan KingComposer. Fitur lain yang pasti kamu dapatkan seperti SEO Friendly, dukungan translate dengan WPML dan RTL.

Rating : 3.5

Versi : 1.1.0

Cara Install Tema WordPress Untuk Toko Online

Setelah kamu mengetahui pilhan temanya, selanjutnya tinggal memasang di WordPress. Nah, berikut ini cara install tema di WordPress dengan mudah.

  • Masuk ke menu dashboard pilih Appereance lalu Themes.
Tema WordPress Gratis Dan Terbaik Untuk Toko Online, Langkah 1 Instalasi Tema WordPress Astra
@Langkah 1 Instalasi Tema WordPress Astra
  • Jika sudah nanti muncul halaman seperti berikut, di sana kamu bisa menuliskan tema yang akan di pasang. Dan pilih Install atau Preview untuk melihat demo temanya.
Tema WordPress Gratis Dan Terbaik Untuk Toko Online, Langkah 2 Instalasi Tema WordPress Astra
Tema WordPress @Langkah 2 Instalasi Tema WordPress Astra
Baca Juga : 5 Plugin Sitemap Terbaik 2021 Lengkap Dengan Instalasi!
  • Apabila sudah berhasil terinstall, pilih Activate untuk mengaktifkan temanya.
Tema WordPress Gratis Dan Terbaik Untuk Toko Online, Langkah Aktivasi Tema WordPress Astra
@Langkah Aktivasi Tema WordPress Astra

Nah, itu dia beberapa rekomendasi terkait tema WordPress gratis dan terbaik untuk toko online. Kamu bisa langsung download template website toko online gratis tersebut pada direktori WordPress langsung.

Atau bisa juga kunjungi situs tonjoostudio.com untuk beli tema WordPress. Di sana terdapat berbagai tema WordPress dan plugin lengkap untuk toko online.

Apabila kamu tidak bisa melakukan kustom tema sendiri, bisa coba hubungi tonjoo.com mereka biasa melayani jasa custom tema WordPress sampai dengan pembuatan website WordPress.

Kalau masih ada yang belum paham terkait penjelasannya langsung tuliskan di kolom komentar saja ya.

Author
WRITTEN BY

Aorinka Anendya

Perempuan receh yang gemar menulis dan tertarik akan teknologi. Sedang belajar untuk terus membuat tulisan berkualitas.
ADVERTISEMENT

Related Post

Cara Mengetahui Bank Beserta Cabangnya dari Nomor Rekening

18 Jun 2020 BY Ifan Prasya

Bagaimana kiat mengetahui bank yang dipakai orang lain cukup dari nomor rekening-nya? Lalu bank tersebut ada di cabang mana? Lebih penting lagi, bagaimana cara memastikan nomor rekening tersebut aman dari …

Begini Cara Cek Nomor dan Pulsa Telkomsel Mudah dan Komplit

30 Jan 2021 BY Mufti Syawaludin

Tidak jarang orang akan lupa dengan nomor ponselnya sendiri termasuk tidak tahu cara cek pulsa, terutama yang paling sering merupakan pengguna baru. Jika diantara kalian termasuk diantaranya, silahkan baca cek …

Biaya & Limit Transfer BCA via ATM, Teller, e-Banking [Lengkap]

2 Jul 2020 BY Ifan Prasya

Buat Anda pengguna bank BCA, pasti pernah mengalami rasa bingung soal biaya transaksi dan limit harian saat mau melakukan transfer BCA. Tapi tenang, kami telah berhasil merangkum informasi tersebut. Baik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *