Cara Menambahkan Plugin Ongkos Kirim di WordPress

Tim Tonjoo Media 06 Sep 2018 2 Menit 0

Cara Menambahkan Plugin Ongkos Kirim di WordPress – Jika Anda memiliki toko online, maka salah satu fitur terpenting yang harus website Anda miliki adalah fitur penghitungan ongkos kirim. Jika Anda menggunakan plugin WooCommerce sebagai platform toko online Anda, maka banyak plugin penghitungan ongkos kirim yang tersedia. Baca: Plugin Ongkos Kirim Rilis Versi 3.0.3, Kepoin Fitur Barunya yuk!

Pada postingan kali ini saya akan mencoba menambahkan plugin ongkos kirim versi 3.0.3 dari Tonjoo studio. Plugin Ongkos Kirim adalah plugin ekstensi WooCommerce yang akan menambahkan fitur penghitungan ongkos kirim di website toko online Anda. Plugin Ongkos Kirim ini sangat bagus karena cepat dan memiliki koding yang bagus.

Plugin ini adalah plugin premium alias berbayar, namun Anda masih bisa mendapatkannya secara gratis karena mereka menyediakan free trial selama 14 hari.

Berikut langkah-langkah menggunakan Plugin Ongkos Kirim:

  1. Download dari halaman manage plugin dan dapatkan lisensi.
  2. Upload dan aktifkan.
  3. Masukkan lisensi yang telah didapat dari halaman manage plugin.
  4. Lakukan pengaturan. Ada banyak pengaturan yang harus Anda setting namun sebenarnya Anda hanya cukup mengatur 3 settingan utama ini, sementara yang lainnya bisa Anda abaikan (settingan default).
  5. Pastikan enabled.
  6. Pilih base API.
  7. Set lokasi toko.
  8. Metode Pembayaran.

WooCommerce–>Settings–>Checkout lalu menuju section payment gateway, klik BACS dan isi detail dengan nomor rekening dan nama Anda.

 

Halaman Checkout

Pada halaman checkout akan tersedia form alamat pengriman yaitu terdiri dari provinsi, kabupaten, dan kecamatan.

Setelah user memilih kecamatan, kolom sebelah kanan akan menampilkan harga produk plus ongkos kirim dari setiap kurir yang tersedia untuk tujuan alamat tersebut.

 

Manajemen Order Plugin Ongkos Kirim

Setelah pelanggan melakukan order maka akan muncul dalam WooCommerce–>Orders lalu pilih salah satu order.

Plugin ongkos kirim akan mencatat kurir mana yang dipilih oleh pembeli beserta total harga (harga produk + ongkos kirim).

 

Selesai, itulah cara menambahkan fitur ongkos kirim ke dalam website toko online Anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa like and share, ya!

Kami sangat merekomendasikan kepada pemilik toko online untuk menginstal Spesial Bundle Paket Plugin E-Commerce terbaik untuk toko online WordPress WooCommerce Anda di: https://tonjoostudio.com/product/paket-plugin-ecommerce/ yang berisikan kumpulan plugin penunjang performa dan penjualan toko online Anda.

‘)}

Bagikan ke:
Tim Tonjoo Media
Ditulis oleh

Tim Tonjoo Media

Penikmat senja, langit, dan kopi. Moto hidupnya: 'teruslah menulis hal yang bermanfaat untuk orang lain dan buat mereka mengerti tentang WordPress'. Bekerja sebagai WordPress Developer merangkap Content Writer di Tonjoo saat working days, dan sunset hunter saat weekend.