Apa Itu Email Marketing? – Arti dan Manfaatnya

Posted on 4 Dec 2019 By Nisa Husnainna
ADVERTISEMENT

Arti dan Manfaat Email Marketing – Email marketing sekarang banyak digunakan sebagai salah satu metode pemasaran yang praktis dan hemat biaya.

Faktanya, email marketing terbukti 40 kali lebih efektif dari Facebook dan Twitter untuk mendapatkan pelanggan baru menurut McKinsey & Company, sebuah perusahaan konsultan manajemen di Amerika.

 

ADVERTISEMENT

Yuk, kita simak dulu apa itu arti email marketing dan apa saja manfaatnya?

 

Pengertian Email Marketing

Email marketing merupakan suatu metode atau cara untuk memasarkan produk kepada pembeli melalui surat elektronik (email).

Email marketing dikirimkan baik kepada pembeli yang sudah pernah membeli produk kita maupun yang belum pernah membeli produk kita.

Artinya, setiap email yang dikirimkan kepada konsumen potensial dapat disebut sebagai email marketing.

Email marketing biasanya berisi iklan, proposal bisnis, dan hal-hal berhubungan yang dimaksudkan untuk membangun loyalitas, kepercayaan, dan pengenalan produk.

 

Manfaat Email Marketing

Berikut Kami rangkum beberapa manfaat dari email marketing untuk bisnis online:

Low Cost

Email marketing tidak membutuhkan modal besar, sehingga bisnis baru juga dapat menerapkannya.

Dengan membuat email marketing, cost (biaya) yang dikeluarkan dapat ditekan bahkan bisa zero cost atau tidak ada biaya sama sekali.

Daripada mengeluarkan biaya besar untuk promosi produk/jasa berbentuk fisik seperti banner, flyer, brosur, iklan di koran atau majalah, dan lain sebagainya, lebih baik Anda menggunakan email marketing saja.

Tingkat respon dari pelanggan ataupun calon pelanggan juga cukup baik sehingga hal ini efektif untuk menarik pelanggan.

 

Lebih Terkesan Personal

Dalam menawarkan produk/jasa melalui email marketing, perusahaan biasanya menggunakan nama si penerima email dalam kalimat sapaan/pembuka.

Hal ini menimbulkan kesan ramah dan perhatian sehingga si penerima email akan tertarik untuk membaca email tersebut lebih lanjut.

Promosi pun dapat berjalan dengan smooth dan mudah untuk menawarkan produk/jasa Anda.

 

Informasi yang Ringkas dan Praktis

Dengan email marketing, informasi yang Anda berikan bisa dibuat lebih ringkas dan langsung to the point walaupun tidak menutup kemungkinan Anda juga bisa membuatnya secara panjang lebar.

Lalu kenapa email marketing disebut praktis? Karena email marketing adalah metode yang sangat memudahkan.

Pesan Anda dapat tersampaikan dengan cepat lewat jaringan internet yang bisa menjangkau berbagai wilayah dalam satu waktu.

 

Dapat Di-custom dan Mudah Dibagikan

Tidak kalah dengan bentuk promosi fisik lainnya, promosi menggunakan email marketing juga dapat kita custom seperti menambahkan gambar, jenis tulisan, dan lainnya.

Jadi tidak mesti promosi dengan banner, flyer, dan brosur, kan?

Keuntungan lainnya dari email marketing yaitu orang lain juga dapat turut membagikannya.

Misalnya Anda mengirimkan email marketing kepada seorang calon pembeli produk/jasa Anda, lalu ia tertarik dan secara sukarela ia membagikannya (meng-share) email Anda ke beberapa teman-temannya.

Hal ini secara tidak langsung membantu promosi produk/jasa Anda.

 

Kerjasama dengan Pelanggan

Email marketing menjadikan Anda (sebagai pemilik usaha) dapat berinteraksi lebih jauh dengan pelanggan Anda.

Anda bisa menjalin hubungan lebih lanjut dan saling memberikan saran untuk perkembangan bisnis online Anda.

Email marketing yang Anda kirimkan tidak melulu harus dalam bentuk penawaran atau promosi saja, tapi Anda juga dapat memberikan beberapa informasi atau tips bisnis kepada pelanggan Anda.

 

 

Tips Email Marketing yang Meyakinkan

Mungkin Anda masih bertanya-tanya, sebenarnya email marketing itu ampuh gak, sih?

Kalau Anda berhasil menggunakan tips-tips email marketing dengan tepat, maka jawabannya adalah: ya, email marketing sangat ampuh.

Mari kita lihat 10 tips email marketing praktis dan efektif yang dapat Anda terapkan sekarang juga untuk meningkatkan angka penjualan Anda.

Tips 1: Ketahui dan Pahami Target Audiens Anda

Tips 2: Kirim Email Biasa dan Konsisten

Tips 3: Biarkan Email Anda Singkat

Tips 4: Personalisasi Setiap Email

Tips 5: Uji Email Anda dengan Beberapa Metode Berbeda

Tips 6: Miliki Landing Page Khusus untuk Marketing

Tips 7: Gunakan Banyak Ruang Putih

Tips 8: Buat Email Anda Bernilai

Tips 9: Ulangi Email Anda yang Sukses

 

Tips email marketing yang kami bahas di atas mungkin tampak sederhana pada awalnya, tetapi setelah diterapkan, Anda akan melihat hasil yang positif.

Cobalah mengambil pendekatan langkah demi langkah untuk meningkatkan email marketing Anda. Hasilnya tidak akan terlihat dalam semalam, tetapi ini lebih baik daripada tidak memulai sama sekali.

Ingat, email marketing Anda akan berubah jadi menguntungkan jika Anda mengurus hal-hal detail, yang merupakan gambaran besar dari bisnis Anda.

Setelah Anda mengetahui apa arti email marketing, apa manfaat email marketing, dan tips-tips membuat email marketing, sekarang tinggal melihat hasilnya pada penjualan Anda. Semoga bermanfaat 🙂

 

 

Baca juga tentang “Leads” dalam sektor bisnis online: https://pluginongkoskirim.com/apa-arti-leads-prospek/

 

Referensi:

– sirclo.com

– lyfemarketing.com

ADVERTISEMENT
`
Author
WRITTEN BY

Nisa Husnainna

Nisa is a technical and marketing Content Writer at Tonjoo. She was previously writing for a multinational IT company and also a Reporter at her campus magazine. Since High School, she has been writing at her blog and discovered her passion in blogging. When she's not working, she enjoys traveling, reading, cooking, and try new things.
ADVERTISEMENT

Related Post

7 Plugin WordPress Terbaik untuk Toko Online Anda, Salah Satunya Ongkos Kirim

20 Jul 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Plugin WordPress Terbaik untuk Toko Online – Anda mungkin salah satu dari sekian banyak pebisnis online yang memutuskan untuk memiliki toko online berbasis WordPress sendiri daripada melanjutkan berjualan di marketplace. …

Cara Mengubah Status Konfirmasi Pembayaran dengan Plugin Konfirmasi

21 Feb 2019 BY Nisa Husnainna

Cara Mengubah Status Konfirmasi Pembayaran – Konfirmasi pembayaran secara sistem (melalui Plugin Konfirmasi Pembayaran) akan mengurangi kerja Admin atau Customer Service (CS) toko online Anda. Tanpa konfirmasi pembayaran otomatis, CS …

Kode Bank BCA, BRI, BNI, Mandiri, dan 141 Bank Lainnya

11 May 2020 BY Fadhil Guntur Ashari

Dengan tumbuhnya transaksi perbankan di Indonesia khususnya transfer antar bank, banyak orang yang butuh kode bank untuk bisa transfer antar bank lain seperti kode Bank BCA, kode Bank BRI, kode …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *