ADVERTISEMENT

Lengkap! Biaya Admin BCA Untuk Semua Jenis Tabungan Terbaru [2021]

Posted on 2 Jul 2021 By Mufti Syawaludin

Banyak diantara calon hingga nasabahnya sendiri belum tau berapa biaya admin BCA yang sebenarnya. Untuk itu pada artikel ini akan dibahas tuntas dari masing-masing jenis tabungan yang digunakan secara lengkap dan terbaru.

Hal ini sangat penting untuk diketahui khususnya para nasabah BCA supaya nantinya tidak ada lagi yang gagal paham jika adanya pengurangan jumlah tabungan.

Selain itu, bagi para calon nasabah yang hendak membuka rekening di BCA bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan pilihan jenis tabungan apa yang akan dipilih nantinya.

ADVERTISEMENT

Sebelum masuk kepembahasan biaya admin ini, pastikan Anda telah membaca biaya limit transfer BCA yang telah kami rangkum secara komplit.

Jika sudah, tanpa panjang lebar mari kita masuk ke inti pembahasan di bawah ini…

Sekilas Tentang BCA

PT Bank Central Asia (Persero) Tbk atau BCA adalah perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang perbankan terbesar di Indonesia yang berdiri pada tanggal 10 Oktober 1955.

Tentang BCA

Hal ini terbukti per 31 Maret 2021 BCA memiliki aset sebesar 1.o90 triliun rupiah, total kredit 589 triliun rupiah, dan untuk laba bersih 7 triliun rupiah, sungguh itu bukan jumlah yang sedikit.

Dengan data tersebut membuktikan bahwa BCA sangatlah dipercaya di mata para nasabahnya yang terus bertambah. Apalagi dengan diterapkannya teknologi yang canggih seperti penarikan uang tanpa kartu ATM, QR di dompet digital, dan juga mobile banking yang membuat transaksi lebih mudah untuk dilakukan.

ADVERTISEMENT

Menurut data dari situs resmi bca.co.id , saat ini BCA telah memiliki 25 juta nasabah. Nah, untuk meningkatkan pelayanan telah membuka 1. 244 kantor cabang, dan mesin ATM sebanyak 17.634 yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Bukan tidak mungkin, jumlah tersebut akan terus bertambah setiap tahunnya, ya. Apalagi dalam membuka rekening BCA terbilang sangatlah mudah, cukup menggunakan Mobile Banking tanpa harus repot-repot ke kantor cabang terdekat.

Sebelum memutuskan membuat tabungan atau buka rekening sebaiknya ketahui dulu berapa biaya admin BCA dari setiap jenis tabungan yang mereka miliki, supaya Anda bisa menyeseuaikan dengan kebutuhan nantinya.

Baca Juga: Cara Buka Rekening Online di BCA, BRI, BNI, Mandiri dan BTPN Jenius

Biaya Admin BCA Disetiap Jenis Tabungan

Seperti yang telah disebutkan di atas, untuk biaya admin BCA kali ini akan disampaikan berdasarkan jenis tabungan yang ada di bank tersebut.

Tidak hanya biaya administrasi saja namun juga akan disampaikan beberpa info lainnya yang sangat berguna untuk diketahui.

ADVERTISEMENT

Baiklah, langsung saja kita mulai…

Biaya Tahapan BCA

Biaya admin yang pertama untuk jenis tabungan Tahapan BCA yang merupakan rekening yang paling banyak dipilih para nasabah.

Nasabah dengan jenis rekening ini selain buku tabungan juga akan mendapatkan Paspor BCA atau sering disebut juga Automated Teller Machine (ATM) yang digunakan untuk tarik tunai dan debit.

Nah, sedang untuk ATM tahapan BCA ini memiliki tiga jenis dimana memiliki biaya admin yang berbeda-beda seperti berikut ini:

Jenis Paspor Tahapan BCA

Biaya Admin

Silver

Rp15.000/Bulan

Gold

Rp17.000/Bulan

Platinum

Rp20.000/Bulan

Ada tambahan biaya administrasi sebesar Rp5.000 bagi nasabah yang saldo tabungannya di bawah rata-rata minimum yaitu Rp100.000.

Info penting yang harus Anda ketahui jika ingin membuat rekening Tahapan BCA, meliputi:

  • Setoran awal minimal Rp500.00.
  • Setoran selanjutnya minimal Rp50.000.
  • Saldo yang ditahan dalam rekening Rp50.000 (tidak bisa ditarik tunai).
  • Pembuatan atau penggantian kartu (rusak/hilang):
    1. Paspor BCA Silver sebesar Rp10.000.
    2. Paspor BCA Gold sebesar Rp.15.000.
    3. Paspor BCA Platinum sebesar Rp20.000.
  • Biaya penggantian buku rusak atau hilang Rp5.000.
  • Biaya cetak mutasi Rp2.500/lembar.
  • Biaya penutupan rekening Rp50.000.

Biaya Tahapan Xpresi

Jenis tabungan Tahapan Xpresi termasuk paling banyak dipilih para calon nasabah khususnya kalangan anak muda, karena cukup Rp50.000 untuk setoran awal sudah bisa membuat rekening yang satu ini.

ADVERTISEMENT

Untuk usia yang bisa membuka jenis rekening tahapan Xpresi ini mulai dari dibawah umur 12 tahun, 12 sampai dengan 17 tahun, dan di atas 17 tahun.

Tahapan Xpresi sama dengan Tahapan BCA akan mendapatkan tiga jenis kartu yaitu Silver, Gold, dan Platinum. Nah, biaya administrasinya pun berbeda-beda, bisa dilihat pada tabel berikut:

Jenis Paspor Tahapan Xpresi

Biaya Admin

Silver

Rp15.000/Bulan

Gold

Rp17.000/Bulan

Platinum

Rp20.000/Bulan

Selain itu, terdapat ketentuan lainnya yang harus diketahui oleh calon nasabah yang ingin membuka rekening Tahapan Xpresi, apa saja itu?

  • Cukup dengan Rp50.000 untuk setoran awal itupun sudah termasuk biaya pembuatan kartu.
  • Setoran selanjutnya minimum Rp50.000.
  • Saldo yang ditahan dalam rekening dan tidak bisa diambil sebesar Rp10.000.
  • Biaya ganti kartu baru (ATM lama rusak atau hilang) sebesar Rp25.000.
  • Bebas biaya admin untuk setoran langsung ke teller di cabang bank BCA terdekat.
  • Biaya penutupan rekenening sebesar Rp10.000.

Biaya Tahapan Gold

Pada umumnya jenis rekening Tahapan Gold ini paling banyak dipilih oleh para nasabah BCA pelaku bisnis, karena untuk setoran awalnya saja minimal Rp10.000.000.

Namun, banyak sekali keunggulan dari jenis tabungan ini, para nasabah bisa melakukan transaksi tanpa batas waktu alias 24 jam.

Selain itu, nasabah mendapatkan layanan yang bisa mencetak buku tabungannya sendiri melalui mesin SelfService Passbook Printer (SSPP), adanya notifikasi info saldo yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan, apabila buku tabungan hilang tidak perlu ganto nomor rekening, dan masih banyak lagi lainnya.

Rekening tahapan Gold ini memiliki tiga jenis kartu yang dapat dipilih para nasabah, dimana biaya administrasi pun berbeda-beda.

Berikut ini biaya admin Tahapan Gold BCA:

Jenis Paspor Tahapan Gold

Biaya Admin

Silver

Rp15.000/Bulan

Gold

Rp17.000/Bulan

Platinum

Rp20.000/Bulan

Memang sajauh ini biaya admin untuk kartu Silver, Gold, dan Platinum masih sama disetiap jenis tabungan yang ada di BCA.

Untuk membuat rekening Tahapan Gold dari BCA ini terdapat informasi yang harus diperhatikan oleh para calon nasabah, meliputi:

  • Menyiapkan minimum Rp10.000.000 untuk setoran awal.
  • Setoran selanjutnya minimum Rp50.000.
  • Saldo yang ditahan dalam rekening Rp50.000.
  • Biaya ganti kartu:
    1. Paspor BCA Silver sebesar Rp10.000.
    2. Paspor BCA Gold sebesar Rp.15.000.
    3. Paspor BCA Platinum sebesar Rp20.000.
  • Biaya ganti buku tabungan Rp5.000.
  • Biaya penutupan rekening sebesar Rp50.000.

Oh iya, jenis tabung Tahapan Gold rata-rata saldo yang berada di rekening minimum harus Rp10.000.000 per Bulannya, jika tidak maka akan dikenakan biaya administrasi tambahan sebesar Rp25.000.

Baca Juga: Daftar Kode Bank BCA, BRI, BNI, Mandiri, dan 141 Bank Lainnya

Biaya Tapres BCA

Tabungan BCA Tapres memberikan suku bungan yang sangat menarik untuk para nasabahnya, dengan menyiapkan setoran awal minimal Rp5.000.000 untuk membuka rekening yang satu ini.

Perlu diketahui, Tapres BCA tidak memberikan buku tabungan kepada para nasabahnya, dan batas usia yang bisa membuka jenis rekening yang satu ini harus di atas 17 tahun kerana salah satu syaratnya menggunakan kartu identitas.

Untuk biaya administrasi Tapres BCA setiap bulannya sama dengan Paspor Gold yaitu Rp17.000.

Selain itu, biaya lain yang harus disiapkan bagi calon nasabah Tapres BCA, meliputi:

  • Setoran awal minimal Rp5.000.000.
  • Setoran selanjutnya minimal Rp50.000.
  • Biaya ganti kartu Rp15.000
  • Biaya cetak mutasi rekening (koran) Rp2.500 per lebarnya
  • Biaya tutup rekening sebesar Rp50.000.

Terdapat ketentuan lain yang harus dipenuhi oleh nasabah dengan jenis tabungan ini yaitu saldo rekening rata-rata setiap bulannya minimal sebesar Rp5.000.000, jika kurang dari itu maka akan dikenakan biaya administrasi tambahan sebesar Rp10.000.

Biaya Tabungan BCA Dollar

Bagi Anda yang sedang menjalani bisnis atau melakukan transaksi dengan mata uang asing sangat tepat jika menggunakan tabungan BCA Dollar ini.

Fasilitas unggulan pun akan Anda dapatkan, misalnya seperti:

  • Kartu yang bisa digunakan untuk bertransaksi di mesin ATM BCA.
  • Adanya e-Banking untuk memudahkan transaksi.
  • Mendapatkan notifikasi transaksi yang dikirim melalui SMS dan Email.
  • E-Banking bisa dinikmati nasabah di M-Banking BCA, BCA by Phone, dan juga SMS BCA.

Nah untuk biaya administrasi Tabungan BCA Dollar terdiri dari dua yaitu sebesar USD 1 dan SGD 2.

Sedangkan untuk informasi lainnya, terkait Tabungan BCA Dollar ini, meliputi:

  • Setoran awal pembuatan rekening sebesar USD 100.
  • Biaya penutupan rekening sebesar USD 5.

Nah itulah biaya admin dari masing-masing jenis rekening di BCA. Sampai disini Anda tertarik yang mana?

Oh iya, ada juga jenis tabung di BCA ini yang bebas biaya admin loh. Apa saja itu? Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Daftar Swift Code Bank di Indonesia (BCA, BRI, BNI, Mandiri, dll)

Jenis Tabungan BCA Bebas Biaya Admin

Kebanyakan nasabah BCA tidak begitu keberatan dengan adanya biaya admisitrasi, karena selain adanya layanan yang berkualitas seperti kemudahan dalam transaksi dengan menerapkan teknoligi yang canggih juga terdapat suku bunga yang bisa menutupi itu semua.

Namun tidak semua nasabah demikian, ada juga yang keberatan dengan biaya admin BCA terutama bagi orang yang memiliki tabungan yang terbilang kecil/sedikit.

Untuk itu, BCA juga menyediakan jenis tabungan yang bebas biaya admin yang dapat Anda lihat di bawah ini:

Tahapan Berjangka

Tahapan Berjangka merupakan jenis tabungan dari BCA untuk para nasabah yang ingin rutin menabung dengan jumlah tertentu dan tidak ada biaya adminnya.

Waktu menabung pun bisa ditentukan sendiri alias bikin jadwal, jadi nasabah harus menyetorkan uang dalam jumlah yang telah disepakati sebelumnya sesuai denga jadwal atau waktu yang telah ditentukan.

Dengan demikian nasabah bisa rutin menabung dan juga mendapatkan asuransi jiwa seperti berikut:

  • Jika dalam jangka waktu menabung kurang dari 1 tahun nasabah meninggal dunia yang disebabkan kecelakaan maka akan mendapatkan uang asuransi maksimal sebesar Rp750.000.000.
  • Sedangkan menabung telah lebih dari 1 tahun nasabah meninggal akan mendapatkan uang asuransi Rp750.000.000 untuk kasus sakit dan Rp1.500.000.000. untuk korban kecelakaan.

Adapun ketentuan dari Tahapan Berjangka BCA ini adalah jangka waktu menabung minimal harus 12 Bulan dan maksima 24o Bulan lamanya.

Para nasabah tidak diperbolehkan menarik dana sebelum waktu tempo yang telah ditentukan, jika hal ini dilanggar maka akan dikenakan penalty.

Simpanan Pelajar

Simpanan Pelajar atau yang sering dikenal dengan SimPel adalah jenis tabungan yang diperuntukan para pelajar seperti: PAUD, SD, SMP, dan SMA yang umurnya masih dibawah 17 tahun.

Tujuan dari jenis tabungan SimPel ini diataranya mempermudah anak-anak dalam menyimpan uang yang aman dan juga sebagai sarana edukasi mengenal perbankan.

Jenis tabungan ini tidak hanya biaya admin yang gratis namun juga ganti kartu, beberapa informasi terkait SimPel ini bisa Anda baca berikut ini:

  • Setoran awal pada saat membuat rekening minimum Rp5.000.
  • Setoran selanjutnya minimum Rp1.000.
  • Saldo minimal yang harus ada di rekening Rp5.000.
  • Biaya penutupan rekening Rp5.000 atau sebanyak jumlah saldo yang tersisa jika dibawah Rp5.000.

TabunganKu

Tabunganku BCA ini sama dengan Simpan Pelajar yang telah dijelaskan pada paragrap di atas dimana tidak dipungut biaya admin dan ganti kartu jika mengalami kerusakan atau hilang.

Siapa saja bisa membuka TabunganKu mulai dari anak-anak hingga orang dewesa apalagi yang belum memiliki rekening sama sekali.

Adapun informasi lain dari TabunganKu yang harus diketahui terkait biaya pembuatannya, meliputi:

  • Setoran awal pada saat buka rekening minimal Rp20.000.
  • Setoran selanjutnya minimal Rp10.000.
  • Buku dan kartu gratis
  • Biaya penutupan rekening Rp20.000.

Nah itulah tiga jenis tabungan BCA yang tidak dikenakan biaya administrasi bulanan, Anda bisa memilih salah satu sesuai keinginan.

Baca Juga: [Top 10] Bank Terbaik di Indonesia Paling Aman untuk Nabung

Bagaimana? Lumyan lengkap bukan?

BCA sudah tidak diragukan lagi untuk keaman, kemudahan, dan kenyamananya. Terlihat dari banyakanya nasabah saat ini yang dimiliki oleh bank terbesar yang satu ini.

Biaya admin BCA pun terbilang relatif terjangkau dan tidak begitu membebankan para nasabahnya, apalagi biaya tersebut nantinya juga kembali untuk dinikmati oleh nasabah itu sendiri berupa fitur teknologi yang canggih seperti E-Banking.

Bahkan nasabah yang masih belajar nabung seperti para pelajar bisa menggunakan jenis rekening yang bebas biaya adminitrasi. Tentunya hal ini sangatlah membatu anak-anak untuk mulai menabung tanpa resiko.

Baiklah, mungkin sampai disini pembahasan kita pada artikel ini.

Jika ada yang ingin disampaikan atau ditanyakan bisa dituliskan pada kolom komentar yang ada di halaman ini paling bawah.

Sekian, terimakasih banyak atas waktunya yang telah menyempatkan membaca dan semoga memberikan manfaat…

Author
WRITTEN BY

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.

Related Post

Wajib Tau! Biaya Admin BRI Untuk Setiap Jenis Tabungannya [+Lengkap]

15 Jul 2021 BY Mufti Syawaludin

Bagi para nasabah yang bertanya-tanya berapa biaya admin BRI (Bank Rakyat Indonesia) di setiap jenis tabungannya. Silahkan simak informasi selengkapnya pada artikel ini, karena akan dijelaskan beberapa hal meliputi: Sekilas …

Strategi Pemasaran: Cara UMKM Menangkan Hati Pelanggan

1 Jul 2020 BY Ifan Prasya

Kalau Anda sedang bingung untuk menentukan strategi pemasaran, silakan baca artikel ini sampai habis. Karena kami telah merangkum beragam strategi yang telah terbukti berhasil. Ada juga penjelasan tentang bagaimana cara …

Info Lengkap Daftar Alamat Ekspedisi Ninja Express Semarang Terbaru

27 Mei 2021 BY Mufti Syawaludin

Khusus bagi Anda yang sedang mencari alamat Ninja Express Semarang! Baca artikel ini hingga selesai ya, akan disampaikan daftar alamat paling lengkap beserta No Telepon, jam buka, dan beberapa layanannya. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *