ADVERTISEMENT

Berapa Lama Pengiriman Barang dari China ke Indonesia dengan Berbagai Cara

Posted on 30 Mei 2022 By Mufid Hanif
ADVERTISEMENT

Ketika membeli sesuatu dari luar negeri, seperti dari China, kita sering bertanya-tanya, berapa lama pengiriman barang dari China ke Indonesia.

Sekarang, pembelian dari luar negeri semakin dimudahkan seiring dengan ramainya berbagai platform jual beli Online, seperti Shopee, Lazada, JD ID, dan lain-lain. Tidak hanya platform jual beli lokal, platform jual beli dari China seperti AliExpress, Taobao, dan Alibaba juga bisa diakses oleh pembeli. Berbagai platform ini memungkinkan pengguna untuk membeli barang dari China ke Indonesia.

Sayangnya, waktu pengiriman dari China ke Indonesia cukup beragam, mulai dari 1 minggu hingga 1 bulan atau bahkan lebih lama.

ADVERTISEMENT

Simak terus artikel ini untuk mengetahui estimasi waktu pengiriman barang dari China ke Indonesia.

Berapa Lama Pengiriman dari China ke Indonesia

lama pengiriman paket dari luar negeri ke Indonesia bisa beragam. Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi lama waktu pengiriman. Beberapa di antaranya pemilihan kurir, tipe layanan, moda pengiriman yang digunakan, lama transit di Gudang, dan situasi atau keadaan.

Ketika membeli barang dari China dalam jumlah yang cukup banyak, biasanya orang menggunakan jasa forwarder. Lama pengiriman dengan menggunakan forwarder ini juga bisa bermacam-macam, tergantung jenis layanan dan moda yang dipilih.

Lama Pengiriman Menggunkaan Jalur Laut

Untuk pengiriman barang dalam jumlah yang besar, menggunakan jalur laut adalah pilihan yang tepat. Dengan menggunakan jalur laut, biaya pengiriman jadi lebih murah. Salah satu penyebabnya adalah, biaya yang dikenakan adalah per kubik meter, atau per satu CBM.

ADVERTISEMENT

Untuk waktu pengiriman menggunakan jalur laut sendiri juga bervariasi. Pengiriman menggunakan jalur laut bisa dibagi menjadi direct dan transit. Untuk pengiriman direct atau langsung umumnya memakan waktu selama 3-4 minggu. Sementara untuk pengiriman transit membutuhkan waktu 5-7 minggu.

Lama Pengiriman LCL dan FCL

Lebih lanjut lagi, tipe pengiriman juga dibagi menjadi FCL dan LCL. FCL atau Full Container Load artinya kamu memiliki satu kontainer khusus untuk barangmu saja. Ini tentunya membuat pengiriman bisa lebih cepat, karena proses bongkar muat tidak perlu mengurusi barang dari orang lain.

Namun, jika barang kiriman tidak memenuhi satu kontainer, maka pengiriman yang digunakan adalah LCL, atau Less Than Container Load. dengan membagi satu container dengan pengiriman barang lain, biaya pengiriman bisa ditanggung Bersama pengirim lain. Ini tentunya membuat biaya pengiriman lebih terjangkau.

Namun, karena harus berbagi dengan pengiriman barang lain, waktu pengirimanya menjadi lebih lama. Ini karena proses bongkar muat harus memperhatikan banyak barang dengan tujuan akhir yang berbeda. Selain itu, untuk pengiriman LCL juga kerap menunggu hingga kuota pengiriman terpenuhi. Ini menyebabkan pengiriman LCL biasanya lebih lama dari pada pengiriman FCL.

Jadi, jika kamu memesan barang dari China menggunakan aplikasi seperti Shopee, Lazada, ataupun JD ID, kemungkinan besar akan melalui proses bongkar muat kapal terlebih dahulu. Baru kemudian setelah pemeriksaan, dikirim ke Gudang Shopee. Setelah itu barulah paket dikirimkan ke depan rumah kamu.

ADVERTISEMENT

Tabel Lama Pengiriman Menggunakan kapal

Salah satu agen pengiriman Shipafreight memuat beberapa skema pengiriman dari China ke Indonesia dengan menggunakan kapal baik menggunakan pengiriman FCL maupun LCL. Dari tabel tersebut dapat disimpulkan, lama pengiriman dari China Ke Indonesia berkisar antara 9 hingga 31 hari.

Perlu diperhatikan, ini adalah lama pengiriman dari Pelabuhan ke Pelabuhan, jadi belum termasuk dengan pengiriman dari Pelabuhan ke pintu rumah tujuan.

Asal – TujuanFCLLCL
Shanghai – Jakarta17 hari13 hari
Qingdao – Jakarta19 hari17 hari
Ningbo – Jakarta20 hari14 hari
Huangpu – Jakarta13 hari19 hari
Tianjin – Jakarta19 hari18 hari
Shanghai – Belawan27 hari19 hari
Shanghai – Surabaya14 hari18 hari
Xiamen – Jakarta15 hari20 hari
Shenzhen – Jakarta31 hari15 hari
Nansha – Jakarta17 hari
Shanghai – Semarang25 hari
Qingdao – Belawan25 hari14 hari
Tianjin – Surabaya16 hari
Dalian – Jakarta16 hari
Lianyungang – Belawan, Surabaya, atau Jakarta31 hari
Ningbo – Belawan22 hari
Ningbo – Surabaya21 hari
Ningnbo – Semarang12 hari
Qingdao – Surabaya31 hari
Shanghai – Semarang14 hari
Shekou – Belawan9 hari
Shekou – Jakarta, Surabaya12 hari
Tianjin – Semarang20 hari
Xiamen – Surabaya10 hari
Zhongshan – Belawan13 hari
Zhongshan – Jakarta18 hari
Zhuhai – Surabaya13 hari

 

Lama pengiriman menggunakan jalur udara

China juga memiliki banyak bandara yang bisa melayani pengiriman melalui udara. Beberapa bandaranya tersebar di kota Beijing, Qingdao, Shenzhen, Guangzhou, Chengdu, dan Shanghai.

Jika membutuhkan pengiriman yang lebih cepat, maka pengiriman jalur udara adalah solusinya. Namun, biaya yang diperlukan juga lebih. Pengiriman jalur udara ini cocok digunakan untuk pengiriman barang yang bersifat urgent atau mendesak.

ADVERTISEMENT

Untuk jalur udara, pengirimannya juga dibagi menjadi dua, udara ekspres dan udara reguler. Jalur udara ekspres bisa memakan waktu sekitar 5-8 hari, sementara untuk jalur udara standar sekitar 14-20 hari.

Berapa Lama Pengiriman Standard Express

Layanan pengiriman adalah salah satu hal yang memberikan pengaruh di lama waktu pengiriman. Di antara banyak jenis layanan pengiriman yang digunakan, Standar Express adalah salah satu yang popular digunakan.

Dengan pengalaman sebagai perusahaan logistik selama 30 tahun, Standard Express menjadi pilihan banyak penyedia jasa pengiriman barang. Track record pengiriman barang juga baik, ini membuat penyedia jasa titip percaya dan mendapat rasa aman.

Beberapa perusahaan jasa titip tersebut di antaranya adalah PT Sinergi Karya Kharisma, PT Prima Global Trans, PT Express Parcel Indonesia, PT Tunas Express Indoneisa.

Waktu pengiriman paket barang Shopee dari china dengan menggunakan Standard Express bisa sangat bervariasi. Rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah 14-20 hari. Namun, beberapa pengiriman juga membutuhkan waktu hingga satu bulan lebih.

Yiwu China ke Indonesia Berapa Hari

Yiwu adalah salah satu wilayah di Provinsi Zhejiang. Kota ini memiliki banyak pergudangan dan menjadi terminal atau penghubung kereta kontainer. Bahkan, jalur keretanya menjangkau  Kazakhstan, Russia, Belarus, Polandia, Jerman, Perancis, dan Spanyol.

Terletak di bagian utara China, kota ini menjadi tempat transit dari berbagai barang hasil industri di sisi tengah dan utara China. Tidak heran, Yiwu menjadi salah satu kota yang menjadi pusat perdagangan yang ramai.

Terletak di dekat Shanghai, pengiriman dari Yiwu ke Indonesia juga memakan waktu yang kurang lebih sama, antara dua minggu hingga satu bulan.

Shenzhen China ke Indonesia Berapa Hari

Shenzhen adalah salah satu kota pelabuhan di China yang berbatasan dengan Hong Kong. Kota yang menjadi zona ekonomi khusus China ini terletak di Estuari sungai Mutiara di provinsi Guangdong. Pelabuhan di Shenzhen adalah Pelabuhan Kontainer teramai keempat sedunia.

Pantas saja, jika Shenzen menjadi salah satu kota asal atau transit pengiriman paket barang kamu. Lama pengirman dari Shenzen China ke Indonesia umumnya memakan waktu antara dua minggu hingga satu bulan.

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Mufid Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more
ADVERTISEMENT

Related Post

Apa Itu Email Marketing? – Arti dan Manfaatnya

4 Des 2019 BY Nisa Husnainna

Arti dan Manfaat Email Marketing – Email marketing sekarang banyak digunakan sebagai salah satu metode pemasaran yang praktis dan hemat biaya. Faktanya, email marketing terbukti 40 kali lebih efektif dari …

Contoh Slip Gaji Karyawan dalam Format Word, Excel, dan PDF Gak Pake Ribet

20 Mei 2022 BY Mufid Hanif

Setiap karyawan pasti menunggu momen gajian, akhirnya jerih payah kerja bisa terbayarkan. Jika Anda butuh Contoh Slip Gaji Karyawan untuk suatu urusan, seperti mengurus surat keterangan penghasilan, pengajuan kredit, atau …

Contoh Label Makanan yang Unik & Menarik 2022 [+Tipsnya Lengkap]

10 Mei 2022 BY Ayu Triworo

Selain sebagai identitas, label atau kemasan menjadi salah satu faktor penunjang kualitas sebuah produk makanan. Label makanan unik dapat memikat calon konsumen agar tertarik membeli produk kita. Lantas, seperti apa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *