ADVERTISEMENT

Berapa Hari Pengiriman Barang dari China ke Indonesia?

Posted on 24 Sep 2020 By Ifan Prasya
ADVERTISEMENT

Jawaban dari pertanyaan “Berapa hari pengiriman barang dari China ke Indonesia?” bisa cukup beragam. Ada yang cepat dalam hitungan 1-2 minggu, ada pula yang butuh waktu hingga 1 bulan.

Selain menjelaskan estimasi waktu sampainya, dalam konten ini akan Anda temukan beberapa topik mengenai:

  • Proses pengiriman paket dari luar negeri (khususnya China)
  • Bagaimana cara melacak pesanan sudah sampai mana
  • Perbandingan estimasi waktu untuk toko online lokal
  • Solusi untuk masalah barang belum juga sampai rumah

Supaya tidak ada satupun informasi yang terlewat, baca dari awal sampai akhir ya. Mari kita mulai.

ADVERTISEMENT

Proses Pengiriman Barang dari China

Sebelum menyimpulkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membeli barang dari China hingga tiba di rumah, Anda sebaiknya mengerti bagaimana prosesnya.

Kami bisa bilang bahwa proses yang dibutuhkan sangatlah panjang. Ada prosedur khusus yang harus dilalui. Jadi, tidak sesimpel ketika kita membeli barang dari dalam negeri.

Alur pembelian dan pengiriman barang dari China menuju rumah kita adalah sebagai berikut:

  1. Anda membeli barang melalui toko online (marketplace) yang menyediakan opsi pengiriman dari luar negeri / China. Beberapa contohnya antara lain:
    – Shopee
    – JD.ID
    – Lazada
    – AliExpress
  2. Anda melakukan pembayaran melalui transfer bank lokal sesuai dengan harga dan ongkos kirim.
  3. Penjual dari luar negeri akan mengemas barang pesanan Anda.
  4. Penjual akan mengirim barang menggunakan ekspedisi “Free Shipping“. Ada beberapa toko online yang mengirim menggunakan opsi lain (berbayar), namun tidak banyak (sejauh ini baru AliExpress).
  5. Kurir akan mengantar barang pesanan Anda dari China melalui jalur darat maupun udara menuju Indonesia.
  6. Setelah sampai di Indonesia, barang akan ditahan dan diperiksa terlebih dahulu oleh pihak Ditjen Bea Cukai. Proses pemeriksaan ini meliputi:
    – Cek kelengkapan data dan dokumen
    – Cek barang melalui x-ray
    – Penetapan SPPBMCP
    – Pembayaran bea cukai & pajak impor (jika nilai barang > US $75)
  7. Setelah pemeriksaan selesai dan barang sudah keluar gudang, maka akan dilanjutkan oleh kurir lokal. Pemilihan kurir lokal ini bergantung pada marketplace yang digunakan.
  8. Barang yang dikirim dari Jakarta menuju ke alamat penerima membutuhkan waktu sekitar 2-7 hari kerja. Sesuai dengan ekspedisi dan jarak tempuh.
  9. Barang sampai ke tangan penerima dengan selamat.

Bagaimana, cukup panjang, ya?

ADVERTISEMENT

Dengan mengetahui proses ini, kita diharapkan dapat memaklumi kalau barang yang dikirim sering terlambat. Karena memang prosesnya cukup rumit dan membutuhkan waktu.

Apalagi, harga ongkos kirim yang dikenakan juga tergolong murah. Bahkan untuk beberapa toko online menawarkan gratis ongkos kirim. Hal ini juga turut berpengaruh pada berapa lama pengiriman barang dari China.

Baik, setelah tau prosesnya, kita langsung menuju ke bagaimana cara melacak pesanan dengan mudah dan praktis. Scroll terus yaa~

Cara Lacak Kiriman Barang dari China

Catatan: Untuk mendapatkan nomor resi, Anda membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari setelah barang dikirim dari China. Ditambah lagi, pengecekan baru bisa dilakukan setelah barang sampai di Indonesia (Bea Cukai).

Ada 2 cara yang bisa Anda pakai untuk melacak kiriman, yakni:

  1. Melalui web bea cukai.
  2. Melalui web cekresi.com.

Keduanya sama saja. Web cekresi.com juga mengambil data yang sama dari web bea cukai. Jadi terserah mau pakai cara yang mana. Untuk langkah-langkahnya, simak petunjuk di bawah ya.

ADVERTISEMENT

Lewat Web Bea Cukai

  1. Masuk ke laman berikut → http://www.beacukai.go.id/barangkiriman.html
  2. Pada kolom resi, isikan nomor resi yang Anda dapatkan dari dashboard pesanan toko online.
  3. Pada kolom keycode, tulis kode verifikasi sesuai dengan gambar di sampingnya.
  4. Jika sudah komplit, klik tombol Submit.
  5. Selesai.

Lewat Web Cek Resi

  1. Masuk ke laman berikut → https://cekresi.com/cek-resi-standard-express-lwe.php
  2. Pada kolom resi, masukkan nomor resi dari Standard Express atau LWE Express yang didapat dari dashboard pesanan toko online. Setelah itu klik tombol Cek Resi.
  3. Pada layar akan muncul pop up kode verifikasi. Silakan tulis kode verifikasi sesuai dengan gambar di sampingnya. Setelah itu klik tombol Verifikasi.
  4. Selesai.

Berapa Lama Pengiriman dari China?

Estimasi waktu pengiriman barang dari China hingga sampai di alamat penerima berbeda-beda. Tergantung pada toko online yang digunakan, ekspedisi jasa kirim, serta proses bea cukai.

Untuk memberi gambaran, kami sudah merangkum ulasan dari berbagai sumber tentang lama waktu yang dibutuhkan saat kita membeli barang di toko online berikut:

  • Shopee
  • JD.ID
  • Lazada
  • AliExpress

Shopee

Saat membeli barang di Shopee, jasa ekspedisi yang digunakan adalah Standard Express. Sejauh ini, pengiriman yang dilakukan cukup cepat.

Estimasi waktu sampai → 8-20 hari

JD.ID

Barang yang dibeli dari JD.ID sudah termasuk pengiriman dari jasa ekspedisi yang mereka punya. Barang yang telah selesai diperiksa oleh Bea Cukai akan langsung dialihkan ke gudang pusat DC Marunda.

ADVERTISEMENT

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang DC Marunda, silakan kunjungi laman berikut: Arti DC Marunda

Estimasi waktu sampai → 14-20 hari

Lazada

Lazada juga memiliki ekspedisi yang cukup cepat dalam pengiriman barang dari luar negeri. Sebab mereka juga telah memiliki banyak gudang yang tersebar di beberapa negara.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang ekspedisi Lazada (LEX), kunjungi laman berikut: Cek Pengiriman LED ID

Estimasi waktu sampai → 8-18 hari (standar); 7-16 hari (express)

AliExpress

Meski tergolong baru di Indonesia, namun sudah banyak konsumen yang mempercayakan pembelian barang di toko online China satu ini. Pengiriman menggunakan AliExpress Standard Shipping tergolong cukup baik.

Oiya, untuk AliExpress masih bayar pajak lagi ya. Penjelasan mengenai tarif bea cukai dan pajak impor bisa Anda lihat pada laman berikut:

Estimasi waktu sampai → 12-20 hari

Catatan: Beberapa data di atas sangat mungkin berbeda dengan pengiriman untuk barang yang Anda pesan. Faktor lokasi, jenis barang, nominal harga; turut mempengaruhi proses pengiriman.

Solusi Barang Belum Sampai Rumah

Setelah mengetahui estimasi waktu pengiriman, bagaimana jika ternyata barang belum juga sampai rumah? Padahal sudah melebihi estimasi waktu yang diberikan?

Sejauh ini, kami masih belum menemukan jawaban pasti. Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi. Namun setidaknya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.
ADVERTISEMENT

Related Post

Daftar Lengkap Kantor SiCepat di Palembang Hingga Jam Buka

13 Agu 2020 BY Ifan Prasya

Kalau Anda sedang mencari alamat kantor SiCepat di Palembang (pusat dan agen), Sumatera Selatan; scroll laman ini sampai bawah ya. Karena akan ada tambahan informasi jam buka, area, layanan (pick …

Strategi Pemasaran: Cara UMKM Menangkan Hati Pelanggan

1 Jul 2020 BY Ifan Prasya

Kalau Anda sedang bingung untuk menentukan strategi pemasaran, silakan baca artikel ini sampai habis. Karena kami telah merangkum beragam strategi yang telah terbukti berhasil. Ada juga penjelasan tentang bagaimana cara …

8 Plugin LiveChat WordPress Gratis Terbaik

4 Mar 2020 BY Nisa Husnainna

8 Plugin LiveChat WordPress Gratis Terbaik – Ada yang masih belum tahu apa itu livechat dan kegunaannya untuk toko online Anda? Livechat yaitu merupakan fitur untuk melakukan chat langsung dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *