ADVERTISEMENT

Cek Resi Standard Express Shopee dari China

Posted on 4 Feb 2020 By Nisa Husnainna
ADVERTISEMENT

Cek Resi Standard Express Shopee Dari China – Kamu pernah beli barang dari Negeri China di marketplace Shopee?

Pengiriman barang dari luar negeri seperti China memang banyak menggunakan ekspedisi Standard Express. Selain itu, ada juga ekspedisi bernama LWE Express yang cukup sering digunakan.

Ketika kamu berbelanja dari luar negeri menggunakan jasa pengiriman Standard Express maupun LWE Express, tentunya kamu ingin tetap bisa melacak posisi/keberadaan paketmu, kan?

ADVERTISEMENT

Nah, kamu berada di artikel yang tepat. Kami akan memberitahumu cara cek resi Standard Express Shopee dari China dengan mudah dan cepat.

Namun sebelum itu, perlu diingat bahwa apabila nantinya saat pengecekan ternyata nomor resimu belum dapat dilacak, kamu jangan langsung panik.

Begitu pula jika barangmu sangat lama tidak kunjung sampai-sampai juga, kamu tidak perlu khawatir karena pengiriman barangmu bukan dari dalam negeri, melainkan luar negeri. Sehingga akan memakan waktu lebih lama bahkan bisa sampai satu bulan baru sampai.

Tapi jika kamu memang tidak dapat membendung rasa kekhawatiranmu lagi, kamu bisa langsung menghubungi kontak Customer Service toko online tempat kamu membeli barang tersebut.

 

Kapan Saya Bisa Melakukan Cek Resi Standard Express?

Berbeda dengan pengecekan resi ekspedisi dalam negeri, untuk pengecekan resi ekspedisi dari luar negeri membutuhkan jeda waktu lebih lama, yaitu 2 – 3 hari setelah barang dikirim dari China.

Mengapa harus menunggu 2 – 3 hari dulu untuk cek resi Standard Express? Hal ini dikarenakan nomor resi Standard Express hanya bisa terlacak apabila barangmu sudah sampai di Indonesia.

Jadi misalnya kamu membeli barang dari China di Shopee, setelah penjual menerima pesananmu maka penjual akan mengemas barang pesananmu dan memberikan nomor resinya pada kamu.

Nomor resi tersebut adalah nomor resi dari Standard Express. Namun sayangnya kamu tetap harus menunggu 2 – 3 hari untuk dapat mengeceknya.

 

Bagaimana Cara Cek Resi Standard Express?

Kalau sedang berbelanja online, pasti ingin cepat-cepat barangnya sampai, kan? Tapi kalau belanjanya dari China, kamu memang dituntut untuk lebih bersabar.

Apalagi, nomor resi Standard Express hanya dapat dicek melalui situs resmi Bea Cukai. Tidak ada situs lain yang bisa digunakan untuk melacak resi Standard Express kecuali situs Bea Cukai Indonesia.

Satu-satunya cara untuk mengetahui posisi barang kamu adalah dengan cek resi melalui situs resmi Bea Cukai dengan catatan, barang tersebut harus sudah sampai dulu di Indonesia.

Estimasi barang sampai di Indonesia sejak mulai dikirimkan dari China adalah 2 – 3 hari.

Jika barang sudah tiba di Indonesia, kamu bisa melacak barangmu menggunakan nomor resi dengan cara berikut:

1. Buka laman website resmi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai di alamat: http://www.beacukai.go.id/barangkiriman.html.

2. Kamu akan mendapati tampilan website seperti di bawah ini. Isikan nomor resi barangmu pada kolom yang ditunjuk tanda panah merah tersebut.

3. Setelah memasukkan nomor resi Standard Express pada kolom tersebut, isikan juga kolom keycode lalu klik Submit untuk mengetahui keberadaan barangmu.

4. Kamu akan menemukan informasi detail paketmu seperti jasa layanan logistik yang mengurusi barangmu lebih lanjut di Indonesia, Nama Penerima, serta Nama Pengirim. Pastikan semua data tersebut sudah benar.

5. Selanjutnya, barang dari luar negeri yang telah sampai di Bea Cukai akan didistribusikan oleh ekspedisi lokal seperti J&T, JNE, SiCepat, dan TIKI.

6. Cek kembali website Shopee guna mengetahui ekspedisi lokal apa yang akan meneruskan pengiriman barangmu sampai ke alamat tujuan di Indonesia.

Pada website Shopee nanti juga akan diberikan nomor resi baru untuk melacak barang setelah sampai di Indonesia. Selanjutnya kamu bisa menggunakan nomor resi baru tersebut.

 

Informasi Tambahan

Pengiriman barang dari luar negeri berbeda dengan pengiriman dalam negeri, ya! Hal ini karena setiap barang yang dikirim dari luar negeri harus melalui pemeriksaan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dulu.

Barang-barang yang datang dari luar negeri dan masuk ke Bea Cukai akan diperiksa kelengkapan dokumen pengirimannya, legal atau tidaknya barang tersebut, dan nilai atau harga dari barang tersebut.

Barang yang dibeli tidak boleh lebih dari 100 USD sehingga otomatis akan lolos di pemeriksaan pabean. Prosesnya pun tergolong cepat, yaitu hanya sekitar 2 hari kerja.

Akan tetapi jika harga atau nilai barang lebih dari 100 USD, akan memakan waktu lebih lama di pemeriksaan Bea Cukai.

Itulah cara cek resi Standard Express Shopee dari China yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat bagi yang membaca atau membutuhkannya, ya!

Ada yang tahu kalau pluginongkoskirim.com sudah memiliki fitur cek resi? Ya, kalian sekarang bisa melacak kode resi pengiriman barang dari JNE, J&T, POS, Wahana, & SiCepat serta kurir ekspedisi lainnya. Yuk, kunjungi linknya disini ==> https://pluginongkoskirim.com/cek-resi/

ADVERTISEMENT
`
Author
WRITTEN BY

Nisa Husnainna

Nisa is a technical and marketing Content Writer at Tonjoo. She was previously writing for a multinational IT company and also a Reporter at her campus magazine. Since High School, she has been writing at her blog and discovered her passion in blogging. When she's not working, she enjoys traveling, reading, cooking, and try new things.
ADVERTISEMENT

Related Post

Cara Jitu Membuat dan Menambah Lokasi Baru di Google Maps

25 Feb 2020 BY Nisa Husnainna

Cara Jitu Membuat dan Menambah Lokasi Baru di Google Maps – Zaman sekarang, ketika ingin menuju ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi, orang-orang cenderung akan langsung membuka Google Maps. …

Daftar Lengkap Kantor J&T di Malang Hingga Jam Buka

5 Feb 2020 BY Nisa Husnainna

Kantor J&T Malang – Seperti yang telah kami bahas pada beberapa artikel sebelumnya, J&T memang merupakan ekspedisi yang masih terbilang baru. Perusahaan ekspedisi J&T baru didirikan pada tahun 2015 namun …

6 Rahasia Mendapatkan Gratis Ongkir Ketika Berbelanja Online, yang Terakhir Mudah Tapi Sering Dilupakan

19 Feb 2019 BY Fadhil Guntur Ashari

Dengan semakin banyaknya usaha yang terjun ke dalam bisnis online, penjual pun harus kembali memeras otak untuk memenangkan hati pelanggan. Salah satu trik untuk menggaet konsumen adalah dengan memakai promo …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *