Cek Resi Standard Express Shopee dari China

Ayu Triworo 05 Oct 2021 5 Menit 0

Kalau kamu sedang bingung saat cek resi Standard Express Shopee dari China (atau bahkan tidak mengerti bagaimana caranya), scroll laman ini sampai bawah ya.

Karena akan ada banyak informasi penting buatmu, meliputi:

  • Kapan kamu bisa melacak pesanan Shopee dari China
  • Bagaimana langkah untuk cek resi Standard Express
  • Berapa lama kira-kira barang sampai ke rumah
  • Kendala saat pengiriman maupun cek resi kiriman

Supaya tidak ada satupun informasi yang terlewat, sebaiknya kamu baca dari awal sampai akhir ya. Tenang, kami sudah mengemasnya jadi informasi yang ringan dan tidak membosankan untuk dibaca. Kalau begitu, mari kita mulai~

Baca Juga: Cara Cek Resi Standard Express Shopee dari Korea + [Kode & Istilah].

Kapan Bisa Cek Pesanan Shopee dari China?

Berbeda dengan pengecekan resi ekspedisi dalam negeri, untuk pengecekan resi ekspedisi dari luar negeri membutuhkan jeda waktu lebih lama, yaitu 2 – 3 hari setelah barang dikirim dari China.

Mengapa harus menunggu 2 – 3 hari dulu untuk cek resi Standard Express? Hal ini dikarenakan nomor resi Standard Express hanya bisa terlacak apabila barangmu sudah sampai di Indonesia.

Jadi misalnya kamu membeli barang dari China di Shopee, setelah penjual menerima pesananmu maka penjual akan mengemas barang pesananmu dan memberikan nomor resinya pada kamu.

Nomor resi tersebut adalah nomor resi dari Standard Express. Namun sayangnya kamu tidak bisa langsung melakukan pengecekan. Kamu tetap harus menunggu 2 – 3 hari untuk dapat mengeceknya.

Baca Juga: Berapa Hari Pengiriman Barang dari China ke Indonesia?

Cara Praktis Cek Resi Standard Express Shopee

Kalau sedang berbelanja online, pasti ingin cepat-cepat barangnya sampai, kan? Tapi kalau belanjanya dari China, kamu memang dituntut untuk lebih bersabar.

Karena, pelacakan barang baru bisa dilakukan setelah kita mendapat nomor resi. Seperti yang sudah disampaikan tadi, resi ini baru bisa dicek 2-3 hari setelah barang dikirim dari China.

Belum lagi, untuk melacak barang tersebut, sistem baru akan memunculkan informasi jika barang yang dimaksud sudah sampai di Indonesia.

Jadi kalau direkap, untuk mengecek resi Standard Express Shopee dibutuhkan 2 syarat:

  • Resi sudah muncul di dashboard Shopee (2-3 hari setelah barang dikirim)
  • Barang sudah sampai di Indonesia (saat diperiksa oleh Ditjen Bea Cukai)

Proses yang cukup panjang, ya? Hehehe. Ya begitulah, kita tetap harus taat pada prosedur pengiriman.

Nah, kalau syarat-syarat tadi sudah terpenuhi, kita bisa langsung cek barang yang dibeli dari China dengan cara: (1) cek resi melalui web Bea Cukai; (2) cek resi melalui web cekresi.com.

Berikut penjelasannya.

Melalui Web Bea Cukai

  1. Buka laman website resmi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai di alamat: beacukai.go.id/barangkiriman.html
  2. Kamu akan mendapati tampilan website seperti di bawah ini. Isikan nomor resi barangmu pada kolom yang ditunjuk tanda panah merah tersebut.
  3. Setelah memasukkan nomor resi Standard Express pada kolom tersebut, isikan juga kolom keycode lalu klik Submit untuk mengetahui keberadaan barangmu.
    Tracking bea cukai keycode
  4. Selesai~ Kamu akan menemukan informasi detail paketmu seperti jasa layanan logistik yang mengurusi barangmu lebih lanjut di Indonesia, Nama Penerima, serta Nama Pengirim. Pastikan semua data tersebut sudah benar, ya.
    Hasil pencarian barang bea cukai

Baca Juga: Baru! Cara Memilih Jasa Pengiriman Di Shopee Untuk Pembeli.

Melalui Web Cek Resi

  1. Buka laman cek resi Standard Express Shopee di alamat: cekresi.com/cek-resi-standard-express-lwe.php
  2. Pada kolom tracking, masukkan nomor resi yang Anda dapat dari dashboard pesanan Shopee. Jika sudah, klik tombol Cek Resi.
    Cek resi standard shopee
  3. Setelah itu akan muncul kolom verifikasi kode, Anda tinggal menulis ulang kode seperti yang tertera pada gambar. Lalu klik tombol Verifikasi.
    Kode verifikasi cek resi
  4. Selesai~ Dalam laman hasil cek pesanan, akan ada informasi mengenai pihak jasa kirim, nama penerima, nama pengirim, serta history pengiriman.
    Hasil cekresicom

Sampai di sini, ada yang belum jelas? Jika kamu mengalami kendala saat cek resi, simak alasan mengapa resi pengiriman gagal dilacak beserta solusinya. Apabila muncul masalah alamat tidak didukung Shopee, kamu bisa bisa cek penjelasannya di artikel berikut.

Langkah berikutnya, barang dari luar negeri yang telah sampai di Bea Cukai akan didistribusikan oleh ekspedisi lokal seperti J&T, JNE, SiCepat, dan TIKI.

Cek kembali aplikasi Shopee guna mengetahui ekspedisi lokal apa yang akan meneruskan pengiriman barangmu sampai ke alamat tujuan di Indonesia.

Pada dashboard Shopee, nanti juga akan diberikan nomor resi baru untuk melacak barang setelah sampai di Indonesia. Selanjutnya kamu bisa menggunakan nomor resi baru tersebut.

Untuk mengecek barang menggunakan nomor resi baru dengan ekspedisi lokal seperti JNE, J&T, SiCepat, TIKI, Pos Indonesia, dll, caranya cukup mudah:

  1. Masuk ke laman berikut → Cek Resi
  2. Pada kolom ekspedisi, pilih Ekspedisi JNE / J&T / SiCepat / TIKI / Pos Indonesia (sesuaikan dengan ekspedisi yang ada pada pesanan Shopee).
  3. Pada kolom resi, masukkan nomor resi yang kamu dapatkan dari dashboard pesanan Shopee. Jika sudah, klik tombol Lacak.
  4. Selesai~ Kini kamu sudah bisa mengetahui pesanan sudah sampai mana. Selanjutnya tinggal menunggu paket diantar sampai rumah.

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Ayu Triworo
Ditulis oleh

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Leave a Reply

Your email address will not be published.