Cara Cek Resi Standard Express Shopee dari Korea + [Kode & Istilah]

Posted on 5 Okt 2021 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Di artikel sebelumnya kita sudah bahas cek resi standard express China. Lalu, gimana sih cara cek resi standard express Shopee dari Korea? Apakah butuh prosedur serta cara khusus? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak artikel berikut sampai selesai.

Standard Express adalah layanan jasa ekspedisi yang digunakan Shopee untuk pengiriman barang dari luar negeri seperti Cina dan Korea. Karena dari luar negeri, kamu harus bersabar karena proses pengiriman cukup lama.

Tapi tidak perlu khawatir, Standard Express adalah jasa ekspedisi terpercaya dan tersedia banyak pilihan fitur tracking untuk melacak posisi pesanan. Seperti apa dan bagaimana caranya? Yuk langsung saja ke poin-poin bahasan berikut ini.

Artikel Terkait:

Berapa Lama Pengiriman Standard Express dari Korea?

Jawabannya bervariasi, mulai dari 7 sampai 30 hari. Lebih lama dari pengiriman barang dari Cina. Selain karena lokasi yang jauh, pengiriman dari Korea juga membutuhkan prosedur yang panjang.

Berikut alur serta prosedur pengiriman barang dari Korea menggunakan Standard Express:

ADVERTISEMENT
  1. Barang yang kamu pesan akan segera diproses segera setelah melakukan CHECKOUT danmelengkapi proses pembayaran Shopee.
  2. Setelah itu, akan ada konfirmasi bahwa barang sedang diproses dan dikemas oleh seller dari Korea.
  3. Jika sudah beres, seller akan mengirimkan paket menggunakan Standar Express melalui sejumlah jalur: darat/laut atau udara.
  4. Seller akan mengirimkan info jasa ekspedisi + nomor resi yang digunakan untuk tracking, tapi sayangnya pelacakan tidak bisa langsung dilakukan.
  5. Kamu harus menunggu paket sampai di Indonesia. Lama pengiriman dari Korea ke Indonesia berkisar dari 7 sampai 30 hari, tergantung jalur yang dipilih.
  6. Setelah paket sampai di Indonesia, paket akan diperiksa oleh Ditjen Bea Cukai. Proses pemeriksaan ini meliputi cek dokumen dan data, validasi sistem, pengecekan melalui X-ray dan penetapan SPPBMCP.
  7. Proses pemeriksaan di Bea Cukai biasanya membutuhkan waktu 1-2 hari. Nah pada proses ini biasanya kamu baru bisa melacak barang menggunakan nomor resi.
  8. Setelah proses pemeriksaan selesai, status paket menjadi keluar dari gudang dan kemudian diserahkan ke jasa ekspedisi lokal yang akan mengantar barang ke tujuan.
  9. Setelah proses pemeriksaan selesai, paket akan dikeluarkan dari gudang dan diserahkan ke jasa ekspedisi lokal (JNE, J&T, POS, dll).
  10. Paket dikirim dengan estimasi waktu tertentu hingga sampai ke alamat tujuan.

Gimana? Ternyata prosesnya cukup panjang ya. Wajar saja kalau pengiriman dari Korea membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya. So, jangan negative thinking dulu kalau paketmu belum kunjung sampai.

Baca Juga: Berapa Hari Pengiriman Barang dari China ke Indonesia?

KapanCek Resi Standard Express dari Korea?

Cek resi Standard Express Shopee dari Korea hanya bisa dilakukan setelah 3-4 hari (atau bisa lebih) pasca pengiriman barang. Yang pasti, kamu harus menunggu hingga paket sampai di Indonesia.

Meskipun kamu sudah memperoleh nomor resi di hari yang sama saat barang dikirim, resi tersebut tidak bisa langsung dilacak. Dan biasanya akan muncul notifikasi Data Tidak Ditemukan saat dilacak. Ini artinya paket belum sampai ke Indonesia dan belum mengalami proses pemeriksaan.

Jadi, untuk melakukan cek resi sebaiknya dilakukan 3-4 hari setelah kamu menerima nomor resi. Untuk nomor standard express cek resi bisa kamu dapatkan melalui informasi yang diberikan seller di dashboard pesanan akun Shopee.

ADVERTISEMENT

Baca Juga: Baru! Cara Memilih Jasa Pengiriman Di Shopee Untuk Pembeli.

Cara Cek Resi Standard Express Shopee dari Korea

Ada 4 cara yang bisa kamu terapkan untuk cek resi Standard Express Shopee dari Korea. Melalui (1) situs Bea Cukai, (2) situs pihak ketiga (Cek Resi), (3) situs resmi JNE dan (4) Cek Resi di Plugin Ongkos Kirim.

Tapi sebelum melakukan cek resi luar negeri di Standard Express, kamu harus memenuhi 2 syarat berikut ini:

  • Memiliki airwaybill/nomor resi (diambil dari dashboard pesanan akun Shopee).
  • Barang sudah sampai di Indonesia (biasanya 3-4 hari setelah pengiriman).

Sudah lengkap persyaratannya? Yuk langsung ke tutorialnya.

1. Cek Resi di Situs Resmi Bea Cukai

Cara cek resi bea cukai cukup mudah dan bisa dilakukan menggunakan perangkat apa saja. Langkah nya sebagai berikut.

  • Buka aplikasi Shopee, lalu salin nomor resi yang tertera pada pesanan.
  • Kunjungi situs Bea Cukai di laman berikut: http://www.beacukai.go.id/barangkiriman.html.
  • Tempel nomor resi yang sudah kamu copy tadi pada kolom “Isikan AWB/Resi/Barang“, lalu masukkan keycode.
  • Periksa kembali nomor resi dan keycode, pilih Submit.

cek resi standard express dari korea

ADVERTISEMENT
  • Website akan menampilkan status pengiriman, klik See Detail lalu scroll le bawahuntuk mengetahui detail informasi.
  • Selesai. Kamu bisa lihat detail nama pengirim, nama penerima, history pengiriman, jasa kirim serta berbagai info penting lainnya.

Catatan: Detail status pengiriman akan disampaikan menggunakan kode dan istilah tertentu. Pelajari istilah selengkapnya di poin selanjutnya pada artikel ini.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Alamat Tidak Didukung di Shopee [+Faktor Penyebabnya]

2. Cek Resi di Situs Pihak Ketiga: Cek Resi

Selain melalui situs resmi, kamu juga bisa gunakan situs pihak ketiga seperti Cek Resi. Informasi yang kamu peroleh kurang lebih sama ketika mengakses web Bea Cukai.

Hanya saja, website ini bisa menjadi alternatif ketika website resmi mengalami masalah. Langkah-langkah mengakses situs Cek Resi adalah sebagai berikut:

  • Masukkan kode captcha di kolom yang tersediauntuk melakukan verifikasi, Klik Verifikasi.
  • Selesai. Situs akan menampilkan info detail nama pengirim, nama penerima, history pengiriman, jasa kirim serta berbagai info penting lainnya.

Baca Juga: Cara Belanja di Shopee Bagi Pemula + Tips Lainnya.

3. Cek Resi di Situs Resmi JNE

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, Standard Express tidak langsung mengirim barang ke alamat penerima melainkan hanya sampai gudang di Indonesia. Setelah paket sampai di Indonesia, paket tersebut akan diserahkan pada jasa ekspedisi lokal, biasanya JNE.

Paket dengan status Barang Keluar Gudang akan diteruskan oleh JNE untuk menyelesaikan pengiriman sampai alamat tujuan.

Nah, untuk melakukan pelacakan barang yang sudah sampai di Indonesia bisa melalui situs resmi JNE dengan langkah sebagai berikut.

ADVERTISEMENT
Halaman Selanjutnya
...

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Related Post

Daftar Kantor Anteraja Karawang Terlengkap (Alamat, Kontak & Jam Buka)

24 Feb 2022 BY Ayu Triworo

Lagi bingung mencari alamat kantor Anteraja Karawang terdekat di daerahmu? Jangan kemana-mana, mending simak artikel berikut deh. Melalui postingan ini kami akan bagikan daftar alamat terlengkap kantor HUB, gudang, tempat …

Shopee Ada di Berapa Negara? Ini Profil Perusahaannya

4 Sep 2022 BY Moch. Nasikhun Amin

Sejak berdiri di tahun 2015 hingga saat ini, pendiri Shopee, Forrest Li, telah berhasil melebarkan sayap-sayap kebhinekaan Shopee ke berbagai negara. Menjadi salah satu marketplace favorit warga +62, Shopee memiliki …

Drop Point Shopee Express: Arti, Keuntungan & Cara Lacaknya

17 Des 2021 BY Ayu Triworo

Anda tentu sering melihat istilah drop point Shopee Express saat membuka status pengiriman barang di ecommerce ini. Tapi, tahukah Anda apa arti istilah tersebut?Buat kalian yang penasaran, yuk simak info …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *