ADVERTISEMENT

6 Alasan Mengapa Cek Resi Pengiriman Gagal Dilacak + Solusi Mengatasinya

Posted on 29 Sep 2021 By Ayu Triworo

Mau cek resi JNE, Pos, Wahana, J&T, dll tapi mengalami eror? Atau mendapatkan notifikasi nomor resi tidak valid? Jangan buru-buru menghubungi call center, simak beberapa alasan mengapa cek resi pengiriman gagal dilacak berikut solusinya di sini. 

***

Mudahnya belanja online yaitu kamu bisa beli apa saja secara praktis tanpa keluar rumah. Tinggal akses marketplace atau ecommerce, pilih barang, proses transaksi, dan selesai.  Pesanan akan sampai ke alamat tujuan tanpa harus repot kesana kemari. 

Tapi, terkadang ada juga masalah muncul, salah satunya terkait pengiriman barang. Ntah barang yang datang terlambat atau status pengiriman tidak bisa dilacak. Nah, jika kamu sedang mengalami kesulitan saat melacak barang, artikel berikut bisa jadi referensi.  

ADVERTISEMENT
Baca Juga: Inilah Pentingnya Nomor Resi Bagi Pelanggan Toko Online Anda.

Alasan Mengapa Cek Resi Pengiriman Gagal Dilacak & Solusinya

mengapa cek resi pengiriman gagal dilacak

Pernah atau sedang mengalami masalah seperti gambar di atas? Jangan panik dulu ya. Yuk pelajari sebabnya berikut ini.

Sebetulnya ada banyak kemungkinan mengapa cek resi pengiriman gagal dilacak hp atau perangkat lainnya. Secara umum, sumber penyebabnya ada 4, yaitu:

  • kesalahan dari pihak jasa kirim/ekspedisi, 
  • tools (aplikasi atau website) sedang mengalaimi trouble,
  • human eror atau kesalahan dari kamu sendiri, dan
  • kesalahan dari pihak pengirim barang (seller atau orang lain). 

Namun dalam praktiknya ada beberapa sebab faktor yang membuat kamu gagal melakukan cek resi. Apa saja? Berikut 6 alasan mengapa cek resi pengiriman gagal dilacak nomor yang paling sering terjadi berikut solusi cara mengatasinya. 

 

1. Gangguan di Server Jasa Kirim/Ekspedisi

 

Alasan gagal tracking nomor resi yang cukup sering terjadi adalah karena sistem sedang down atau mengalami gangguan. Penyebabnya beragam, bisa jadi karena server yang sedang undermaintenance, traffic (penggunaan) yang overload atau berbagai masalah teknis lainnya. 

ADVERTISEMENT

Pada jasa kirim populer seperti JNE dan J&T misalnya. Semakin banyak pengguna mengakses situs pada waktu bersamaan akan membuat server melambat bahkan down. Kalau sudah begitu, pihak ekspedisi akan melakukan perbaikan server yang membutuhkan waktu berjam-jam hingga seharian.

Jika alasan gagal tracking karena gangguan server, biasanya pihak jasa ekspedisi menginfokan di situs mereka masing-masing. 

Bagaimana solusinya? Coba tunggu dalam kurun waktu 1×24 jam dan lakukan pengecekan ulang. Apabila masih eror, coba cek lagi mungkin saja ada alasan lain mengapa resi tidak bisa dilacak. 

 

2. Sistem Pencatatan Resi Masih Manual

 

Penyebab seperti ini kerap terjadi khususnya untuk pengiriman ke daerah yang minim jaringan internet. Untuk wilayah dengan jaringan internet terbatas, pembuatan nomor resi biasanya masih dilakukan secara manual, buka real time. Sehingga membutuhkan waktu agak lebih lama

Apabila kamu memperoleh bukti pengiriman yang masih ditulis tangan, jalan keluar terbaik adalah dengan melakukan pengecekan setelah 1 – 2 hari pasca pengiriman.

ADVERTISEMENT

Kenapa tidak bisa langsung? Kamu harus menunggu no resi diinput ke database online pada sistem jasa ekspedisi. Proses ini butuh waktu sedikitnya 1 hari sebelum resi pengiriman bisa dilacak. Jadi, mohon bersabar yaa. 

Baca Juga: 5 Kasus Nomor Resi Tidak Terlacak di Web, Nomor 3 Paling Sering!

 

3. Nomor Resi yang Diinput Kurang Lengkap atau Salah

 

Pernah mengalami no resi tidak valid di Akulaku, JNE, SiCepat, Pos, atau IDExpress? Coba cek kembali detail nomor yang kamu masukkan, siapa tahu ada digit yang kurang atau salah. Kesalahan dalam memasukkan no resi biasanya ditandai keterangan nomor invalid pada sistem tracking. 

Walaupun sepele, kurang atau salah satu digit saja nomor resi yang diinput maka sistem tracking otomatis gagal. Nomor resi pengiriman memang dibuat seunik mungkin dengan menggabungkan angka dan huruf kecil maupun kapital. 

Cara mengatasi no resi tidak valid yaitu dengan lebih teliti ketika memasukkan setiap kodenya. Alangkah baiknya untuk meng-copy paste nomor resi supaya tidak salah input. 

Apabila kamu memperoleh bukti pengiriman dalam format gambar, harus super teliti dan hati-hati supaya tidak salah ketik. Solusi terbaiknya dengan mencatat terlebih dahulu nomor resi di ponsel atau kertas, baru diketikkan di aplikasi atau situs tracking.

ADVERTISEMENT

 

4. Kesalahan dari Pihak Lain (Pengirim Barang)

 

Kasus eror semacam ini biasanya terjadi apabila kamu belanja di dropshipper atau mendapat kiriman dari orang lain. Pada umumnya, para dropshipper atau pengirim barang memperoleh no resi secara tertulis bukan otomatis. Bukti tersebut juga akan diketik ulang di SMS atau Whatsapp saat hendak dikirimkan ke kamu. 

Pada situasi tersebut sangat rentan terjadi kekeliruan ketika input bukti pengiriman. Kalau pengirim tidak teliti dan nomor resi salah, jelas kamu bisa gagal untuk melakukan cek resi. 

Apabila kamu mengalami gagal cek resi dan berada di situasi seperti di atas, coba pastikan pada pengirim barang apakah nomor resi sudah benar. Jika tidak memiliki akses langsung ke pengirim barang, kamu bisa menghubungi pihak seller terlebih dahulu dan meminta konfirmasi nomor resi.

Baca Juga: Cara Cek Tarif Ongkir dan Resi (Lacak Kiriman) Dakota Cargo.

 

5. Nomor Resi Pengiriman Palsu 

 

Resi j&t Shopee tidak bisa dilacak baik di situs tracking resmi maupun tools pihak ketiga? Waspada penipuan! 

Jika kamu gagal cek nomor resi selama berhari-hari sampai 1 bulan di tools manapun, bisa dipastikan nomor resi yang kamu masukkan adalah palsu. 

Hal ini bisa saja terjadi jika kamu sembarangan beli barang di marketplace, online shop atau ecommerce. Ada saja pedagang nakal berkeliaran di sekitar kita. Untuk itu, sangat wajib untuk teliti dan berhati-hati.  

Saat kamu belanja di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, atau bahkan Lazada, pastikan toko tempat kamu transaksi itu trusted. Selain itu, gunakan jasa ekspedisi terpercaya dan jangan tergiur dengan biaya pengiriman yang murah saja. 

Cara lain untuk terhindar dari resi palsu adalah dengan meminta bukti foto resi untuk disertakan pada struk pengiriman. Yuk baca selengkapnya cara mengatasi resi palsu di marketplace. Agar tidak tertipu, kenali ciri-ciri no resi palsu seperti berikut ini:

  • Jumlah karakter berbeda dengan nomor resi asli. 
  • Selalu gagal ketika dicek di sistem pelacakan manapun, baik sistem resmi maupun pihak ketiga.
  • Tidak ada informasi apapun mengenai status pengiriman barang dari online shop.
  • Saat melakukan tracking di web maupun aplikasi akan muncul keterangan Not Found (JNE) dan No Result Found for 8888 (J&T).

Jika menemukan salah satu dari ciri di atas, sebaiknya segera konfirmasi pihak online shop atau penanggung jawab tempat kamu beli barang. Baca juga ulasan lebih lengkap mengenai contoh nomor resi di beberapa jasa kirim biar tidak tertipu.

 

6. Tools Pihak Ketiga Sedang Eror

 

Alasan lain mengapa cek resi pengiriman gagal dilacak adalah karena terdapat eror pada tools pihak ketiga yang sedang kamu gunakan. Eror bisa berupa koneksi yang terputus, respon lambat, hasil tracking tidak muncul, dan masih banyak lagi. 

Penyebab eror juga sangat bervariasi. Bisa jadi ada  gangguan dari perangkat atau koneksi kamu atau memang terjadi masalah pada server. Kamu bisa mengetahui sebabnya setelah mencoba beberapa tools lain atau melakukan cek dari situs resmi. 

Jika masalah tetap saja muncul kemungkinan ada masalah pada koneksi perangkat. Cara mengatasinya dengan menunggu beberapa saat atau menggunakan koneksi yang lebih baik. 

Baca Juga: Cara Lacak Kiriman (Cek Resi) Indah Cargo Logistik.

Link Cek Resi Jasa Ekspedisi Populer

Ada banyak sekali tools yang menyediakan layanan cek resi baik berupa situs maupun aplikasi. Biasanya tools tersebut menyediakan layanan cek resi untuk beberapa atau semua jasa ekspedisi sekaligus. 

Namun, untuk menghindari masalah saat melakukan pelacakan sebaiknya gunakan situs yang terpercaya. Ada baiknya untuk melakukan pelacakan menggunakan situs resmi ekspedisi yang bersangkutan.

Berikut kami sajikan link resmi pelacakan resi di berbagai jasa ekspedisi populer di Indonesia. 

 

 

Link yang tersedia di atas adalah fitur cek resi yang ditampilkan di masing-masing halaman resmi perusahaan jasa ekspedisi. Silahkan masukkan nomor resi yang benar, input kode captcha untuk melacak paket dan mengetahui status pengiriman. 

Untuk cek resi di berbagai jasa ekspedisi populer sekaligus bisa kamu lakukan secara lebih praktis dan langsung dari fitur Cek Resi pada situs kami berikut. 

Baca Juga: Situs Cek Resi Semua Ekspedisi Lengkap dan Valid.

FAQ

  • Kenapa no resi tidak valid?

Penyebab paling sering adalah kode kurang lengkap atau ada salah satu karakter/nomor yang salah. Periksa kembali kebenaran kode resi sebelum melakukan pelacakan.

  • Kenapa pesanan Shopee tidak bisa dilacak?

Sebaiknya beri jeda waktu 1-2 hari untuk melakukan cek resi dan lakukan pengecekan dengan koneksi aman di situs resmi jasa ekspedisi. Jika masih belum bisa dilacak, coba hubungi pihak seller dan meminta mengecek kebenaran nomor resi. 

  • Bagaimana jika No Resi tidak ditemukan?

Jika no resi tidak ditemukan atau hilang, silahkan lacak menggunakan nama penerima barang di situs resmi pengirim barang. Dengan menggunakan nama penerima barang akan muncul pula nomor resinya. Khusus JNE, kamu bisa ikuti tutorial cara lacak kiriman tanpa resi

  • Kenapa nomor resi JNE tidak bisa dicek? 

Penyebabnya banyak. Salah satunya bisa jadi karena situs sedang down atau mengalami overload. Solusinya adalah menunggu hingga kondisi normal kembali. 

  • Berapa lama no resi JNE keluar?

Untuk paket reguler biasanya 1 hari setelah barang dikirim. 

  • Mengapa nomor resi pengiriman di Shopee tidak bisa dilacak?

Faktor penyebabnya beragam. Mungkin karena nomor resi salah, no resi belum diperbarui oleh pihak ekspedisi, mengalami eror atau gangguan server, atau seller mengirimkan no resi yang berbeda dari sistem Shopee. 

***

Penutup

Nah, di atas sudah kami jabarkan 6 alasan paling umum mengapa cek resi pengiriman gagal dilacak berikut sejumlah solusinya. Jika kamu mengalami masalah saat cek resi jangan bingung lagi ya. Silahkan periksa apa penyebabnya dan lakukan solusi cara untuk mengatasinya seperti di atas. 

Sekian dulu penjelasan kami. Semoga dapat membantu, terima kasih. 

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Related Post

Ini Dia Perbedaan White Hat SEO dan Black Hat SEO, Pilih Yang Mana?

1 Mar 2021 BY Mufti Syawaludin

Masih banyak orang yang belum tau perbedaan white hat SEO dan black hat SEO, dimana mengetahuinya adalah sangat penting untuk keberhasilan bisnis online Anda kedepannya. Makanya, jangan sampai salah dalam …

Daftar Kantor JNE Surabaya Terbaru & Terlengkap [Pusat, Cabang, Agen]

8 Jul 2021 BY Nisa Husnainna

Kantor JNE Surabaya – Selama ini banyak orang yang kesulitan untuk menemukan kantor JNE di Surabaya. Di sini kami akan menginformasikan secara lengkap kantor JNE di Surabaya agar banyak orang yang …

Cara Menulis Artikel SEO Friendly Agar Tampil Di Halaman Satu Google

5 Mar 2021 BY Mufti Syawaludin

Dengan mengetahui cara menulis artikel SEO friendly kemudian diterapkan pada konten Anda akan membuat konten blog/website Anda dapat mudah masuk ke mesin pencarian Google halaman pertama. Sebenarnya apa sih itu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *