Bagaimana Cara Mengatasi Resi Palsu dari Marketplace?

Posted on 5 Jan 2019 By Fadhil Guntur Ashari

Cara Mengatasi Resi Palsu – Berbelanja secara online tidak selamanya mengasyikkan. Ada saja pihak – pihak nakal yang berusaha menguntungkan diri sendiri dan melakukan penipuan online. Modus operandinya pun kian marak. Salah satunya adalah dengan berpura – pura menjadi penjual terpercaya dan memberikan resi palsu untuk Anda.

Apa sih resi palsu itu sebenarnya? Resi palsu adalah kombinasi angka yang dibuat secara acak oleh penjual nakal tersebut untuk memberi kesan seolah – olah barang yang Anda pesan sudah dikirimkan padahal tidak ada barang yang dikirimkan sama sekali. Jika Anda saat ini sedang mengalami hal yang sama, buang jauh – jauh dulu kepanikan Anda. Kami punya beberapa cara untuk mengatasi resi palsu dari marketplace yang Anda dapatkan.

 

ADVERTISEMENT
  • Melakukan pengecekan ulang

Sebelum berprasangka buruk bahwa Anda telah menjadi korban penipuan online, ada baiknya Anda melakukan pengecekan ulang terlebih dahulu dengan mengakses website jasa ekspedisi terkait. Rasa – rasanya semua website jasa ekspedisi sudah memiliki fitur untuk melacak keabsahan resi sebagai standar layanan mereka. Jika Anda menggunakan jasa JNE dan J&T, Cara Cek Resi dan Tarif Ongkir JNE, J&T dengan Mudah dan Cepat bisa Anda temukan di sini.

Anda sudah mengecek ulang nomor resi tapi nomor resi Anda masih belum bisa ditemukan? Tenang dulu. Belum tentu Anda menjadi korban penipuan. Kurir pilihan Anda pun membutuhkan waktu untuk mendata setiap barang yang masuk ke gudang beserta nomor resinya, baru memasukkan data tersebut ke website mereka. Jika Anda baru saja melakukan pembelian dan mendapatkan nomor resi lantas langsung melakukan pengecekan resi ke website jasa ekspedisi terkait, wajar saja jika nomor resi Anda tidak ditemukan. Karena itu, berikanlah mereka waktu 1×24 jam untuk menyelesaikan tugas ini. Jika lebih dari 24 jam status resi masih saja belum valid, tunggulah beberapa hari. Di beberapa kasus langka, barang kiriman tetap sampai tujuan dengan selamat meskipun resi tidak bisa terlacak. Bukannya hal ini yang lebih penting?

 

  • Menghubungi penjual

Penjual juga manusia yang terkadang melakukan kesalahan. Apalagi sebuah toko online yang sudah berkembang biasanya melayani ratusan pesanan setiap harinya. Bukan tidak mungkin jika satu kesalahan akan terjadi dan kebetulan hal itu menimpa Anda. Anda bisa menghubungi kembali penjual jika dua hal ini terjadi. Pertama, jika setelah lewat dari 1×24 jam resi yang Anda miliki masih belum terlacak. Hal ini bisa terjadi jika Anda memilih untuk membeli barang di toko dropship, bukan di toko online langsung. Sebuah toko dengan sistem dropship hanya menjual barang tersebut, sedangkan pengemasan dan pengiriman barang dilakukan oleh toko online lain yang lebih besar. Nah, toko dropship biasanya akan memberikan nomor resi ‘palsu’ terlebih dahulu agar pembelian tidak dianggap gagal meski barang sudah dikirimkan oleh toko online yang lebih besar. Selanjutnya, toko online yang lebih besar ini akan memberikan nomor resi yang benar kepada toko dropship dan toko dropship baru akan mengganti nomor resi Anda tersebut.

Kedua, Anda bisa menghubungi penjual jika setelah melakukan pengecekan resi terdapat kesalahan pengiriman. Misalkan resi tersebut harusnya untuk pengiriman atas nama Nana di Medan, tapi ketika melakukan pengecekan resi yang muncul justru nama Andi di Bengkulu. Untuk kasus ini, kesalahan bisa saja terjadi karena kelalaian penjual dalam memberikan data pembelian. Hubungi penjual segera agar bisa segera ditangani dengan tepat.

 

  • Melaporkan penjual kepada marketplace terkait

Sudah melakukan hal di atas namun barang pesanan Anda tidak juga datang dan keluhan terhadap toko online tidak ditanggapi sama sekali? Mungkin kali ini Anda benar – benar menjadi korban penipuan online. Langkah yang bisa Anda tempuh sekarang adalah dengan membuka layanan pengaduan ke marketplace terkait di mana Anda melakukan pembelian barang tersebut. Beberapa marketplace biasanya tidak langsung merilis dana dari pembeli ke penjual begitu saja. Jika Anda segera melaporkan kejadian ini, tentu Anda bisa mencegah si penjahat mendapatkan apa yang dia mau.

Itu dia cara mengatasi resi palsu dari marketplace versi kami. Tidak semuanya kesalahan yang terjadi adalah penipuan. Kesalahan yang terjadi di lapangan bisa terjadi kapan saja. Sebagai pembeli kita pun tentu harus menjadi pembeli yang cerdas dalam menentukan pilihan. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 5 Kasus Nomor Resi Tidak Terlacak di Web, Nomor 3 Paling Sering!

 

Recommended! Dapatkan Spesial Bundle Paket Plugin E-Commerce terbaik untuk toko online WordPress WooCommerce Anda di: https://tonjoostudio.com/product/paket-plugin-ecommerce/

Gambar: situspenipuanonline.blogspot.com

`
Author
WRITTEN BY

Fadhil Guntur Ashari

Penikmat senja, langit, dan kopi. Moto hidupnya: 'teruslah menulis hal yang bermanfaat untuk orang lain dan buat mereka mengerti tentang WordPress'. Bekerja sebagai WordPress Developer merangkap Content Writer di Tonjoo saat working days, dan sunset hunter saat weekend.

Related Post

Inilah Pentingnya Nomor Resi Bagi Pelanggan Toko Online Anda

17 May 2019 BY Nisa Husnainna

Pentingnya nomor resi bagi pelanggan – Nomor resi saat ini menjadi hal yang seringkali ditanyakan oleh pembeli ketika mereka berbelanja di toko online. Dengan perkembangan dunia teknologi dan internet, pembeli …

Apa Saja Keunggulan Plugin Reminder Pembayaran untuk Toko Online Anda?

25 Mar 2019 BY Nisa Husnainna

Keunggulan Plugin Reminder Pembayaran untuk Toko Online – Apakah Anda pernah bertanya-tanya : a. Mengapa pembeli meninggalkan keranjang belanjaan dan tidak melanjutkan proses pembelian? b. Apa yang bisa saya lakukan …

Info Lengkap Proses Pengiriman Paket TIKI

13 Feb 2019 BY Fadhil Guntur Ashari

Pernahkah Anda menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirim barang? Jika pernah, Anda pasti sudah tak asing dengan nama TIKI, bahkan pernah menggunakan TIKI untuk mengantarkan paket Anda. Di Indonesia, TIKI adalah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *