ADVERTISEMENT

Cara Belanja Di Alibaba Dengan Mudah Cocok Bagi Pemula [+Lengkap]

Posted on 26 Apr 2021 By Mufti Syawaludin

Walau sudah menjadi markteplace yang terkenal ternyata masih banyak yang belum tau cara belanja di Alibaba. Untuk itu pada artikel ini Anda akan dipandu dengan mudah dan lengkap supaya bisa melakukan transaksi sepeti belanja online pada umumnya.

Untuk itu silahkan simak artikel ini hingga selesai ya. Selain menunjukan cara belanja di Alibaba, Anda juga akan diberikan informasi menarik lainnya.

Langsung saja kita mulai pembahasannya…

Muri Kita mulai dengan pengertian dari Alibaba.

Alibaba adalah sebuah layanan e-commerce yang berpusat di negara China dengan customer yang berasal dari sekitar 200an negara di seluruh dunia.

ADVERTISEMENT

Alibaba memang menjadi pilihan banyak orang di luar negri dalam membeli barang keinginan mereka karena produk atau barang yang dijual disana sangat murah-murah.

Alibaba menawarkan berbagai varian produk yang siap dibeli baik itu dengan menggunakan kartu kredit, maupun dengan menggunakan mata uang negara masing-masing, seperti rupiah.

Baca Juga: Cara Belanja di Shopee Bagi Pemula + Tips Lainnya

Apa Bedanya Alibaba dan Ali Express ?

Sebagian orang yang pernah mendengar kedua nama ini sering kali melontarkan pertanyaan apa sih perbedaan Alibaba dengan AliExpress.

Sebetulnya kedua marketplace ini sangat terkenal di Dunia khususnya China. Dimana Alibaba dan AliExpress sama-sama dibawah naungan Alibaba Group.

ADVERTISEMENT

Berikut beberapa perbedaan antara Alibaba dan AliExpress yang perlu diketahui:

  1. Alibaba melayani grosir dimana mayoritas penjualnya adalah supplier besar atau pabrikan, Business to Business (B2B). Sedangkan AliExpress melayani eceran atau retail, Business to Consumer (B2C).
  2. Transaksi di situs alibaba.com mengharuskan antara penjual dan pembeli saling berkomunikasi untuk menentukan kesepakatan bersama dan juga bisa melakukan transaksi diluar sistem Alibaba. Sedangkan di situs AliExpress pembelian dan pembayaran bisa langsung dilakukan melalui web aliexpress.com itu sendiri.
  3. Pembelian di Alibaba ada Minimum Order Quantity (MOQ) biasanya cenderung besar (grosiran) sedangkan di AliExpress tidak ada MOQ.
  4. Pembayaran di Alibaba bisa menggunakan berbagai cara seperti transfer antar bank (telegraphic transfer / TT), Paypal, Down Payment (uang muka), Documentary Collection, atau dengan Letter of Credit (LC) karena transaksi bisa dilakukan diluar sistem alibaba, Sedangkan pembayaran di aliexpress.com harus menggunakan metode yang telah disediakan dalam sistem web nya, seperti alipay, doku, dll.
  5. AliExpress memiliki program affiliate marketing dimana bagi siapa saja yang mempromosikan produk secara online di media sosial maka akan mendapatkan komisi yang menarik setiap transaksi melalui link promosi yang dibagikan tersebut, sedangkan Alibaba tidak demikian.
Baca Juga: Mau Tahu 7 Penyebab Belanja Online Jadi Mahal? Ongkos Kirim Salah Satunya!

Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Belanja

Seperti yang telah disebutkan di atas, berikut ini beberapa hal yang harus benar-benar dipahami sebelum belanja di Alibaba:

  • Mayoritas penjual di Alibaba adalah penjual-penjual besar yang kebanyakan berasal dari China. Rata-rata mereka hanya menjual produk dalam kuantitas besar dan tidak melayani satuan. Jika Anda ingin membeli satuan, maka bisa beralih ke Aliexpress yang merupakan anak perusahaan dari Alibaba.
  • Berbeda dari website e-commerce lainnya, Alibaba tidak menyediakan order melalui website secara langsung. Dalam artian, jika ingin melakukan transaksi Anda harus terlebih dulu menghubungi penjual melalui fitur chatting, telepon, dan lain sebagainya. Untuk pemesanan dilakukan di luar sistem Alibaba.
  • Tersedia berbagai macam metode pembayaran seperti kartu kredit, transfer bank internasional, PayPal, dan Western Union.

Cara Belanja Di Alibaba

Buat Akun Alibaba

Untuk melakukan belanja harus memiliki akun Alibaba. Selain memudahkan dalam melakukan transaksi, Anda juga bisa lebih leluasa dalam melakukan eksplore produk maupun supplier.

Berikut ini cara membuat akun Alibaba:

  1. Pertama silahkan kunjungi halaman Alibaba.com 
  2. Setelah itu pilih menu Join Free yang ada di bagian  atas halaman utama.
    Pilih Menu Join Free Di Halaman Alibaba
  3. Akan muncul halaman pengisian informasi data diri, silahkan dilengkapi jika sudah tekan tombol “Agree and Register”.
    Isi Data Diri Di Halaman Alibaba
  4. Selanjutnya akan diminta untuk memasukkan Kode Verifikasi di kolom yang disediakan, jika sudah tekan tombol “Submit”.
    Masukkan Kode Verifikasi Yang Dikirim Email
  5. Selesai. Akun Alibaba Anda sudah siap untuk digunakan, berikut ini tampilannya:
    Tampilan Halaman Selesai Mendaftar Akun Alibaba

Pilih Barang Yang Diinginkan

Untuk mencari barang yang ingin dibeli  dari Alibaba bisa dengan bebearapa cara. Berikut ini akan disampaikan satu persatu hingga selesai:

Malalui Menu Kategori

Jika Anda mengetahi jenis kategori dari barang yang ingin dibeli bisa menggunakannya dalam melakukan pencarian.

Cari Produk Via Kategori Di Alibaba

Terdapat banyak sekali kategori produk yang ada di Alibaba ini, cukup dengan memilih menu Categories kemudian pilih lagi yang sesuai dengan jenis barang yang Anda inginkan.

Melalui Menu MY MARKETS

Selain menu kategori seperti gambar di atas, Anda bisa juga mencari barang belanjaan di halaman MY MARKETS yang ada pada halaman depan Alibaba seperti gambar di bawah ini:

ADVERTISEMENT

Pilih My Markets Di Alibaba Untuk Memilih Produk

Secara garis besar pada menu ini sama dengan yang ada pada halaman kategori produk.

Baca Juga: Arti Shopee Haul Day Dan Manfaat Yang Didapatkan + Jenis Produknya

Melalui Search Box

Cara ini paling sering digunakan oleh kebanyakan orang pada saat mencari barang yang akan dibeli di berbagai marketplace kepercayaan mereka.

Cukup dengan mengetikkan nama dari barang yang ingin dicari di kolom search box. Maka semua barang yang sesuai atau berkaitan dengan keyword yang digunakan akan muncul di halaman pencarian Alibaba.

Cari Produk Via Kolom Search Box Di Alibaba

Sebelum memasukan keyword sebaiknya pastikan dulu memilih Products, jika sudah silahkan ketikkan nama produk kemudian tekan “Search” untuk memulai pencarian.

Selain dengan mengetikkan nama barang, untuk melakukan pencarian bisa juga melalui Gambar. Caranya cukup mudah kok.

Pada kolom Seartch box ada icon Kamera, silahkan dipilih kemudian Upload atau unggah gambar barang yang sedang dicari.

ADVERTISEMENT

Jika sudah, maka barang yang serupa dengan gambar yang diunggah tersebut akan dimunculkan. Anda tinggal memilih produk yang benar-benar sesuai.

Sebagai contoh misalnya akan belanja barang Case Iphone 11, semua akan ditampilkan di halaman pencarian Alibba.

Detail Produk Di Alibaba

Nah, bagian produk ini berisi berbagai macam informasi baik itu produk maupun juga seller (penjual).

Supaya belanja online Anda aman pilihlah Seller dengan status Trade Assurance dan atau Verified Supplier.

Ambil Kesepakatan Dengan Supplier

Setelah menentukan dan mendapatkan barang yang diinginkan selanjutnya silahkan hubungi supplier dengan mengirim pesan melalui kolom yang telah disediakan di bagian bawah produk.

Kirim Pesan Ke Supplier Di Alibaba

Tanyakan semua kepada supplier terkait dengan transaksi yang akan digunakan, mulai dari harga hingga jasa pengiriman barang yang nantinya akan di gunakan.

Perlu diingat, pesan harus menggunakan bahasa inggris atau mandarin ya.

Seperti halnya halnya harga yang tercantum di Alibaba biasanya ha, anya perkiraan, untuk itu pastikan dengan supplier terkait harga yang sebenarnya.

Pengiriman pesan ini merupakan sebuah sarana untuk pembeli dan penjual melakukan komunikasi dan menetapkan kesepakatan bersama sehingga nantinya terjadi transaksi terhadap keduanya.

Oh iya, Anda juga bisa mencantumkan Nomor WhatsApp atau contak lainnya dengan tujuan supaya supplier bisa secara langsung menghubungi dan bisa melakukan transaksi diluar Alibaba.

Disini sebagai pembeli bisa melakukan negosiasi terhadap hal-hal yang kiranya tidak cocok seperti jumlah barang, harga, varian, jasa pengiriman dan lain sebagainya.

Baca Juga: Shopee Affiliate Program 2021: Pengertian Dan Cara Daftar

Pilih Metode Pengiriman Barang

Seperti yang telah disebutkan pada paragraf sebelumnya, silahkan kirimkan barang sesuai dengan jasa pengiriman yang akan digunkana.

Itulah kenapa pentingnya dalam melakukan negosiasi sebelumnya harus memperbincangkan terkait pengiriman barang tersebut.

Jasa pengiriman barang yang disediakan Alibaba ada beberapa macam, diantaranya Express Mail Service (EMS), DHL dan juga Fedex. Berbeda dengan Akulaku.

Dimana untuk pengiriman barang dari China menggukan jasa pengiriman Sen Hong.

Nah, sebagai saran gunkanlah jasa pengiriman DHL atau EMS jika belanja di Alibaba kerena ekspedisi terebut selain sudah masuk ke Indonesia juga cukup terkenal di tanah air dan banyak digunakan.

Lakukan Pembayaran

Nah, setelah mendapatkan kesepakatan dengan penjual langkah selanjutnya melakukan pembayaran. Dimana untuk metodenya tercantum pada detail produknya.

Metode Pembayaran Di Alibaba

Terdapat banyak metode pembayaran yang disediakan oleh penjual di Alibaba, seperti gambar di atas.

Sedikit tips, jika Anda ingin membayarnya dengan rupiah bisa menggunkan WesternUnion yang bisa dilakukan dengan bantuan kantor POS Indonesia, Indomaret, Alfamart, dan pegadaian.

Tunggu Pesanan Sampai Tujuan

Jika barang pesanan masuk ke proses pengiriman oleh kurir dengan kurang lebih selama dua minggu barang tersebut akan sampai tujuan.

Biasanya untuk pengiriman barang dengan tarif yang relatif lebih murah bisa melalui laut yaitu dikirimkan oleh kapal barang (kargo).

Untuk pengiriman barang dari luar negeri masuk ke Indonesia harus melalui proses pemerikasaan yang dilakukan oleh pihak Bea Cukai.

Terkait apakah barang pesanan Anda dikenakan pajak atau tidaknya nantinya. Jika semua sudah dilalui maka barang tersebut akan segera dikirimkan ke alamat tujuan.

Proses pengiriman ini cukup memakan waktu yang lama sehingga para pembeli diharapkan bisa lebih bersabar dalam menantikan kedatangan barang pesanannya tersebut.

Sebutlnya cara belanja di Alibaba ini cukuplah mudah bukan.

Hanya saja karena Alibaba paling banyak transaksi dilakukan oleh pelaku industri yang jumlahnya cukup besar.

Hal ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan supplier dengan harga dan kualitas barang terbaik.

Mungkin cukup sekian pembahasan mengenai cara belanja di Alibaba ini, jika ada yang ingin ditanyakan bisa melelui kolom komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba…

Author
WRITTEN BY

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.
ADVERTISEMENT

Related Post

Daftar Lengkap Kantor SiCepat di Makassar Hingga Jam Buka

14 Aug 2020 BY Ifan Prasya

Konten ini kami buat untuk Anda yang sedang mencari alamat kantor pusat dan agen SiCepat Ekspres di Makassar, Sulawesi Selatan. Baik itu mau cek tarif, cek resi, atau kirim barang. …

Cara Mencari Kantor J&T Terdekat dari Rumah Anda

10 Sep 2020 BY Ifan Prasya

Bingung saat mencari kantor J&T terdekat seringkali dialami oleh mereka yang baru pertama kali menggunakan layanan ini. Dan mungkin orang tersebut adalah diri Anda? Tenang saja. Kami akan berikan penjelasan …

8 Tema WordPress Terbaik Dan Gratis Untuk Berita [+Cara Instalnya]

1 Jul 2021 BY Aorinka Anendya

Bagi kamu yang akan membuat website portal berita. Baca daftar tema WordPress terbaik dan gratis untuk berita. Yang bisa kamu dapatkan secara mudah dan bagaimana cara instalasinya. Perlu kamu ingat, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *