Cara Belanja Di Alibaba Dengan Mudah Cocok Bagi Pemula [+Lengkap]

Mufti Syawaludin 26 Apr 2021 5 Menit 0

Walau sudah menjadi markteplace yang terkenal ternyata masih banyak yang belum tau cara belanja di Alibaba. Untuk itu pada artikel ini Anda akan dipandu dengan mudah dan lengkap supaya bisa melakukan transaksi sepeti belanja online pada umumnya.

Untuk itu silahkan simak artikel ini hingga selesai ya. Selain menunjukan cara belanja di Alibaba, Anda juga akan diberikan informasi menarik lainnya.

Langsung saja kita mulai pembahasannya…

Muri Kita mulai dengan pengertian dari Alibaba.

Alibaba adalah sebuah layanan e-commerce yang berpusat di negara China dengan customer yang berasal dari sekitar 200an negara di seluruh dunia.

Alibaba memang menjadi pilihan banyak orang di luar negri dalam membeli barang keinginan mereka karena produk atau barang yang dijual disana sangat murah-murah.

Alibaba menawarkan berbagai varian produk yang siap dibeli baik itu dengan menggunakan kartu kredit, maupun dengan menggunakan mata uang negara masing-masing, seperti rupiah.

Baca Juga: Cara Belanja di Shopee Bagi Pemula + Tips Lainnya

Apa Bedanya Alibaba dan Ali Express ?

Sebagian orang yang pernah mendengar kedua nama ini sering kali melontarkan pertanyaan apa sih perbedaan Alibaba dengan AliExpress.

Sebetulnya kedua marketplace ini sangat terkenal di Dunia khususnya China. Dimana Alibaba dan AliExpress sama-sama dibawah naungan Alibaba Group.

Berikut beberapa perbedaan antara Alibaba dan AliExpress yang perlu diketahui:

  1. Alibaba melayani grosir dimana mayoritas penjualnya adalah supplier besar atau pabrikan, Business to Business (B2B). Sedangkan AliExpress melayani eceran atau retail, Business to Consumer (B2C).
  2. Transaksi di situs alibaba.com mengharuskan antara penjual dan pembeli saling berkomunikasi untuk menentukan kesepakatan bersama dan juga bisa melakukan transaksi diluar sistem Alibaba. Sedangkan di situs AliExpress pembelian dan pembayaran bisa langsung dilakukan melalui web aliexpress.com itu sendiri.
  3. Pembelian di Alibaba ada Minimum Order Quantity (MOQ) biasanya cenderung besar (grosiran) sedangkan di AliExpress tidak ada MOQ.
  4. Pembayaran di Alibaba bisa menggunakan berbagai cara seperti transfer antar bank (telegraphic transfer / TT), Paypal, Down Payment (uang muka), Documentary Collection, atau dengan Letter of Credit (LC) karena transaksi bisa dilakukan diluar sistem alibaba, Sedangkan pembayaran di aliexpress.com harus menggunakan metode yang telah disediakan dalam sistem web nya, seperti alipay, doku, dll.
  5. AliExpress memiliki program affiliate marketing dimana bagi siapa saja yang mempromosikan produk secara online di media sosial maka akan mendapatkan komisi yang menarik setiap transaksi melalui link promosi yang dibagikan tersebut, sedangkan Alibaba tidak demikian.

Baca Juga: Mau Tahu 7 Penyebab Belanja Online Jadi Mahal? Ongkos Kirim Salah Satunya!

Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Belanja

Seperti yang telah disebutkan di atas, berikut ini beberapa hal yang harus benar-benar dipahami sebelum belanja di Alibaba:

  • Mayoritas penjual di Alibaba adalah penjual-penjual besar yang kebanyakan berasal dari China. Rata-rata mereka hanya menjual produk dalam kuantitas besar dan tidak melayani satuan. Jika Anda ingin membeli satuan, maka bisa beralih ke Aliexpress yang merupakan anak perusahaan dari Alibaba.
  • Berbeda dari website e-commerce lainnya, Alibaba tidak menyediakan order melalui website secara langsung. Dalam artian, jika ingin melakukan transaksi Anda harus terlebih dulu menghubungi penjual melalui fitur chatting, telepon, dan lain sebagainya. Untuk pemesanan dilakukan di luar sistem Alibaba.
  • Tersedia berbagai macam metode pembayaran seperti kartu kredit, transfer bank internasional, PayPal, dan Western Union.

Cara Belanja Di Alibaba

Buat Akun Alibaba

Untuk melakukan belanja harus memiliki akun Alibaba. Selain memudahkan dalam melakukan transaksi, Anda juga bisa lebih leluasa dalam melakukan eksplore produk maupun supplier.

Berikut ini cara membuat akun Alibaba:

  1. Pertama silahkan kunjungi halaman Alibaba.com
  2. Setelah itu pilih menu Join Free yang ada di bagian atas halaman utama.
    Pilih menu join free di halaman alibaba
  3. Akan muncul halaman pengisian informasi data diri, silahkan dilengkapi jika sudah tekan tombol “Agree and Register”.
    Isi data diri di halaman alibaba
  4. Selanjutnya akan diminta untuk memasukkan Kode Verifikasi di kolom yang disediakan, jika sudah tekan tombol “Submit”.
    Masukkan kode verifikasi yang dikirim email
  5. Selesai. Akun Alibaba Anda sudah siap untuk digunakan, berikut ini tampilannya:
    Tampilan halaman selesai mendaftar akun alibaba

Pilih Barang Yang Diinginkan

Untuk mencari barang yang ingin dibeli dari Alibaba bisa dengan bebearapa cara. Berikut ini akan disampaikan satu persatu hingga selesai:

Malalui Menu Kategori

Jika Anda mengetahi jenis kategori dari barang yang ingin dibeli bisa menggunakannya dalam melakukan pencarian.

Cari produk via kategori di alibaba

Terdapat banyak sekali kategori produk yang ada di Alibaba ini, cukup dengan memilih menu Categories kemudian pilih lagi yang sesuai dengan jenis barang yang Anda inginkan.

Melalui Menu MY MARKETS

Selain menu kategori seperti gambar di atas, Anda bisa juga mencari barang belanjaan di halaman MY MARKETS yang ada pada halaman depan Alibaba seperti gambar di bawah ini:

Pilih my markets di alibaba untuk memilih produk

Secara garis besar pada menu ini sama dengan yang ada pada halaman kategori produk.

Halaman Selanjutnya
Melalui Search Box...

Pages: 1 2 3

Bagikan ke:
Mufti Syawaludin
Ditulis oleh

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.