Serba Serbi Affiliate Marketing Indonesia, Pemula Wajib Tahu!

Ayu Triworo 14 Jun 2022 4 Menit 0

Affiliate marketing menjadi metode pemasaran yang populer belakangan. Karena dinilai sangat menguntungkan, banyak yang mulai melirik bisnis ini, mulai dari para perusahaan sampai masyarakat luas.

Ada banyak contoh bisnis afiliasi, mulai dari platform marketplace besar seperti Shopee Affiliate dan TikTok Affiliate Program. Hingga jasa endorsement yang banyak dilakukan oleh influencer, artis dan para selebgram.

Apakah kamu tertarik juga? Sebelum terjun lebih jauh, yuk kenalan dulu dengan Affiliate Marketing di artikel berikut.

Apa Itu Affiliate Marketing?

Affiliate adalah metode pemasaran relatif masih baru. Cara ini baru mulai populer setelah maraknya transaksi online di ecommerce.

Meskipun demikian, metode affiliate hadir dalam bentuk yang bervariasi. Dan hampir semua pebisnis online menggunakan cara ini untuk memasarkan produk mereka.

Lantas, affiliate marketing itu apa sih? Bagaimana sistemnya dan apakah cukup menjanjikan? Yuk, jawab satu per satu.

Pengertian

Affiliate marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan jasa orang lain untuk menawarkan / mempromosikan barang.

Promosi atau penawaran produk tersebut biasanya dilakukan oleh jasa afiliasi profesional atau biasa disebut afiliator. Afiliator bisa berupa perorangan, kelompok, instansi atau perusahaan.

Nantinya afiliator memperoleh komisi tertentu setelah melakukan promosi barang. Besaran komisi berbeda-beda tergantung kesepakatan antara merchant (pemilik produk) dengan pihak afiliator.

Siapa saja yang terlibat dalam afiliasi? Ada 3 aktor utama, yakni:

  1. Merchant / pedagang / creator / brand adalah pihak yang memiliki produk dan berkuasa penuh atas brand tersebut.
  2. Affiliate / Affiliator / Publisheradalah pihak yang mempromosikan produk & memiliki power untuk mempengaruhi orang untuk membeli sebuah barang.
  3. Pembeli / pelanggan merupakan pihak atau target yang menjadi sasaran pasar merchant dan affiliate yang akan membeli sebuah produk.

Jenis-Jenis

Ada banyak cara dalam melakukan metode afiliasi. Berikut beberapa jenis affiliate yang sering ditemukan dalam bisnis online.

1. Blog

Jenis afiliasi yang pertama adalah melalui blog yang biasa dilakukan oleh para blogger.

Metode afiliasi yang satu ini dinilai paling eksklusif karena biasanya pihak afiliator merupakan pengetahuan mendalam mengenai produk yang dipromosikan.

Selain dianggap lebih profesional, afiliasi lewat blogger cenderung lebih unggul dalam meningkatkan kepercayaan user. Sehingga mampu menambah konversi penjualan secara siginifikan.

2. Influencer / Selebgram

Berbeda dengan blogger, influencer atau selebgram banyak dipakai sebagai afiliator karena dinilai memiliki skill dalam mempengaruhi orang lain.

Selain itu, para selebgram biasanya memiliki banyak follower loyal. Mereka pun bisa mempengaruhi para followernya untuk membeli produk dengan mudah.

Beberapa pihak yang termasuk ke dalam kategori ini yaitu seleb, pakar suatu bidang, pengguna sosial media yang memiliki jumlah pengikut yang banyak.

3. Media Massa

Selain kedua jenis di atas, media masaa seperti TV, radio, koran dan majalah juga termasuk jenis afiliasi. Melalui media massa produk akan mendapat perhatian dari masyarakat secara luas.

Hanya saja, metode ini membutuhkan biaya yang cukup besar sehingga tidak semua pebisnis menggunakannya.

Selain ketiga jenis di atas, ada banyak contoh bisnis afiliasi yang sangat mudah ditemukan di pasaran. Apa saja contoh affiliate marketing?

Beberapa dapat kamu temukan di platform ecommerce di Indonesia, seperti Shopee , Tokopedia, dan TikTok. Selain itu, ada pula program affiliate global seperti Commission Junction, Ebay dan Amazon Associates.

Tugas – Tugas

Apa saja tugas affiliate marketing? Sederhananya affiliator bertugas untuk mempromosikan dan menawarkan sebuah produk ke masyarakat.

Sehingga affiliator harus menguasai atau memahami tentang produk yang ingin ditawarkan. Seorang affiliator juga harus bisa mempengaruhi orang lain untuk membeli produk atau menggunakan brand tertentu dengan cara apapun.

Mereka bisa menggunakan foto, video, serta testimoni untuk mengajak orang lain agar tertarik terhadap produk yang ditawarkan.

Bagaimana Cara Kerja Affiliate Marketing?

Cara kerja afiliasi sebetulnya cukup sederhana. Hampir semua orang, baik yang pro maupun newbie bisa melakukannya.

Halaman Selanjutnya
Kunci utama bisnis ini adalah...

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Ayu Triworo
Ditulis oleh

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Leave a Reply

Your email address will not be published.