ADVERTISEMENT

Mau Tahu 7 Penyebab Belanja Online Jadi Mahal? Ongkos Kirim Salah Satunya!

Posted on 15 Jul 2018 By Fadhil Guntur Ashari

Kemudahan untuk belanja online pasti sering membuat kita terlena sehingga kita tidak tahu Penyebab Belanja Online Jadi Mahal. Hanya dengan beberapa klik saja, Anda bisa memilih barang yang Anda inginkan dan diantarkan sampai di depan pintu. Tanpa perlu berpanas – panas di jalanan dan merasakan pegal di kaki, jempol Anda akan membawa Anda keluar masuk toko berulang kali.

Sayangnya, kemudahan belanja online terkadang bikin kita lupa diri. Tanpa sadar, jumlah belanjaan membengkak dan dompet kita seakan digerogoti. Untuk menghindari tiap lembaran rupiah Anda akan melayang secara cuma – cuma, simak terus artikel ini hingga akhir ya!

 

ADVERTISEMENT

Asal pesan barang tidak memperhitungkan ongkos kirimnya

Inilah salah satu kecerobohan yang biasa dilakukan orang ketika berbelanja secara online. Ongkos kirim merupakan elemen yang tak terpisahkan ketika kita sedang membicarakan toko online. Sayangnya, ketika berbelanja online, kebanyakan orang akan lebih berfokus kepada barangnya dan mengesampingkan ongkos kirimnya. Bahkan ongkos kirim bisa jadi lebih besar daripada jumlah harganya.

Contohnya, ketika Anda membeli barang dengan ukuran besar seperti kursi gaming. Anda bisa dikenakan biaya kirim dengan jumlah 50% atau bahkan lebih dari harga kursi gaming itu sendiri. Untuk mensiasatinya, Anda bisa berbelanja di toko yang sedang memberikan promo gratis ongkos kirim.

 

Membeli furniture atau barang – barang besar yang sudah dirakit

Penyebab Belanja Online Jadi Mahal ini bisa saja terjadi kepada Anda yang suka membeli furnitur secara online. Perlu diketahui bahwa untuk mengirimkan barang – barang besar seperti furniture, ongkos kirimnya akan dihitung berdasarkan volume barang tersebut. Hasilnya, ongkos kirim pun akan ikut membengkak.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mensiasati hal ini. Jika Anda berniat membeli furnitur besar secara online, pilihlah furnitur yang dikirim dalam keadaan belum dirakit. Dengan begitu, Anda bisa lebih menekan ongkos kirim hingga lebih hemat.

 

Berbelanja di saat yang tidak tepat

Momen yang Anda pilih untuk berbelanja juga bisa menentukan harga barang tersebut. Misalnya, Anda berencana membeli smartphone mendekat lebaran atau beberapa hari sesudah lebaran. Di saat – saat seperti itulah harga smartphone maupun gadget lainnya sedang terkatrol naik karena orang sedang berlomba – lomba membelanjakan THR yang didapatkan ke barang – barang seperti smartphone.

Tunggulah beberapa minggu kemudian untuk mendapatkan harga yang lebih murah bahkan 200 – 300 ribu. Jika, Anda tidak masih bisa menunggu lebih lama, tunggulah hingga ada model baru yang keluar. Biasanya harga smartphone akan mengalami penurunan jika ada model smartphone lain yang baru dirilis.

 

Baca juga: Cara Cek Resi dan Tarif Ongkir JNE, J&T Dengan Mudah dan Cepat

 

Terkena pajak impor

Kecerobohan lainnya bisa saja terjadi jika Anda tidak menyadari bahwa barang yang Anda inginkan adalah barang impor dan harus dipesan terjadi dulu. Hal ini biasa terjadi untuk beberapa produk smartphone yang tidak dijual di Indonesia. Barang tersebut biasanya dengan sistem pre order dan harus didatangkan khusus secara impor. Alhasil, Anda pun akan dikenai pajak impor barang yang jumlahnya cukup besar untuk membuat Anda meringis.

 

Tidak tahu adanya promo dan voucher

Untuk meringankan total belanja Anda, manfaatkanlah adanya promo, kupon, dan voucher belanja dengan baik. Anda juga bisa menahan diri dengan berbelanja jika Anda sedang mendapatkan promo tertentu saja. Jika tidak, Anda bisa berselancar di beberapa website yang menyediakan info tentang kode promo maupun kupon belanja di toko online dan marketplace tertentu. Ini juga bisa menjadi solusi Penyebab Belanja Online Jadi Mahal

 

Tidak mencoba mencari barang alternatif lain

Ketika barang yang Anda inginkan ternyata di luar yang Anda tentukan bukan berarti Anda harus tetap membelinya dan merelakan tiap rupiah keluar dari dompet Anda begitu saja. Mulailah mencari barang – barang pengganti atau alternatif yang memberikan fungsi yang sama tetapi bisa ditebus dengan harga yang lebih murah. Contohnya, tempat penyimpanan barang dengan bahan kayu bisa diganti dengan rak gantung dengan bahan plastik.

 

Melewatkan perbandingan dengan toko lain

Ketika Anda sudah menemukan barang yang Anda inginkan, jangan langsung menggerakkan jempol Anda untuk mengklik tombol beli. Teruslah mencari barang yang sama di toko yang berbeda dan mau memberikan harga yang paling masuk akal. Caranya tentu saja sangat mudah. Apalagi market place juga menyediakan fitur untuk mengurutkan barang dari harga termurah hingga yang paling mahal. Nah, dengan begitu anda bisa menerapkan Penyebab Belanja Online Jadi Mahal.

Setelah menyimak artikel ini, tentu sekarang Anda memiliki kiat – kiat tambahan untuk menghindari dompet Anda menipis secara tiba – tiba. Anda bisa berbelanja lebih bijak dan tinggal menunggu barang terkirim hingga sampai ke rumah. Namun, jika ternyata ada masalah dengan pengiriman Anda, jangan dulu mengeluh. Mungkin, sekarang ada perlu membaca Tips Mengatasi Masalah Pengiriman JNE & J&T Express dari kami.

Sudah siap berbelanja? Oh ya, jika kalian punya toko online dengan CMS WordPress, yuk cobain Plugin Ongkos Kirim!

 

ADVERTISEMENT
`
Author
WRITTEN BY

Fadhil Guntur Ashari

Penikmat senja, langit, dan kopi. Moto hidupnya: 'teruslah menulis hal yang bermanfaat untuk orang lain dan buat mereka mengerti tentang WordPress'. Bekerja sebagai WordPress Developer merangkap Content Writer di Tonjoo saat working days, dan sunset hunter saat weekend.
ADVERTISEMENT

Related Post

Daftar Swift Code Bank di Indonesia (BCA, BRI, BNI, Mandiri, dll)

28 Jul 2020 BY Ifan Prasya

Artikel ini kami tulis buat Anda yang sedang mencari swift code bank BCA, BRI, BNI, Mandiri dan seluruh bank di Indonesia. Fungsi kode Swift adalah untuk verifikasi saat kirim dan …

5 Strategi Membuat Email Reminder Pembayaran yang Meyakinkan

12 Apr 2019 BY Nisa Husnainna

Email Reminder Pembayaran – Tidak semua orang yang menambahkan produk ke keranjang belanja mereka menyelesaikan check-out. Ketika seorang pembeli memberikan informasi kontak mereka (email ataupun nomor ponselnya), lalu ia melanjutkan …

Apa Arti Reseller, Dropship, dan Bagaimana Cara Kerjanya?

29 Nov 2019 BY Nisa Husnainna

Arti Reseller, Dropship & Cara Kerjanya – Di zaman now, jenis pekerjaan untuk menghasilkan uang semakin beraneka ragam. Tidak mesti dengan berangkat ke kantor dari pagi sampai sore, namun menghasilkan uang …