11 Tips Belanja Online Agar Aman dan Terhindar Penipuan

Posted on 11 Des 2020 By Mufti Syawaludin
ADVERTISEMENT

Beberapa tips belanja online aman yang dapat Anda gunakan saat belanja online, karena kasus penipuan online shop masih marak terjadi hingga saat ini.

Kemudahan belanja online membuat peluang bisnis online semangkin meningkat. Namun kesempatan ini juga banyak disalah gunakan oleh beberapa orang yang tidak bertanggung jawab dengan cara melakukan penipuan.

Agar proses belanja online Anda lancar dan aman simak artikel ini hingga selesai ya.

Tidak hanya tips belanja online aman tapi juga cara mengatasi kasus penipuan yang akan di bahas di bawah ini.

Berikut Tips Belanja Online Aman Terhidar dari Penipuan

Agar terhidar dari hal-hal yang tidak diinginkan saat belanja online, simak cara-cara di bawah ini ya:

Pastikan Keamanan Perangkat

Sebelum melakukan belanja online, Anda harus memastikan keamanan dari perangkat yang digunakan untuk belanja online tersebut. Beberapa hal yang harus diperhatikan seperti:

ADVERTISEMENT
  • Jaringan Internet
    Usahakan jangan menggunakan jaringan internet umum seperti jaringan wifi publik yang ada ditempat nongkrong atau tempat kerja. Karena dengan menggunakan jaringan umum bisa memungkinkan semua informasi dalam perangkat Anda akan mudah di bobol orang.
  • Perangkat yang digunakan untuk belanja online
    Gunakan perangkat milik pribadi seperti gadget atau laptop milik Anda sendiri. Hindari menggunakan perangkat untuk belanja online di warnet atau meminjam teman.
  • Pasang Anti virus
    Untuk lebih mengoptimalkan keamanan silahkan instal anti virus di perangkat Anda. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya cyber crime saat bertransaksi secara online.

Pilih Situs Toko Online Terpercaya

Anda bisa menggunakan Marketplace, Ecommerce dan Online Shop terpercaya dan terbesar khususnya di Indonesia seperti beberapa situs dibawah ini:

  • Lazada
  • Tokopedia
  • Shopee
  • Bukalapak
  • Blibli
  • Jd.id.

Toko online tersebut telah memiliki kebijakan jual-beli online yang cukup baik, sehingga akan lebih terjamin keamanannya. Terbukti banyaknya pelanggan setia yang menggunakan situs tersebut.

Baca kebijakan situs terkait penggunanaan data pribadi pelanggan, kebijakan pengembalian barang dan kebijakan lainnya.

Lindungi Informasi Pribadi

ADVERTISEMENT

Jangan pernah bagikan kode rahasia apapun jenisnya kepada siapapun terutama pada penjual.

Masalnya saja dalam melakukan transaiksi online kerap sekali Anda menggunakan kartu kredit maupun debit, simpanlah rapat-rapat informasi kartu pembayaran tersebut.

Ada juga pengiriman kode ferivikasi malalui pesan singkat atau SMS yang sifatnya rahasia. Jika penjual meminta kode tersebut jangan pernah Anda kasih ya, karena akan berdampak terhadap keamanan akun Anda.

Pilihlah Penjual yang Memiliki Reputasi Bagus

Setiap melakukan belanja online terutama di marketplace yang harus Anda perhatikan reputasi toko penjual. Pilihlah toko penjual yang memiliki status:

  • Star Seller
  • Top Seller
  • Virified Seller

Toko yang memiliki status seperti di atas merupakan toko yang telah mendapat kepercayaan yang tinnggi dari marketplace.

Silahkan lihat gambar seller berikut:

Seller Terbaik

ADVERTISEMENT

Selain memperhatikan poin-poin di atas, Anda juga bisa memilih toko yang memiliki rating yang bagus minimal bintang 4.5.

Pastikan juga Anda mengetahui identitas penjual seperti Nama Perusahaan, Alamat, Kontak yang bisa dihubungi (Nomor telepon dan Email). Ini penting untuk Anda ketahui jika nantinya ada sesuatu yang tidak diinginkan.

Baca Deskripsi Produk

Baca Deskripsi Produk

Untuk membeli setiap produk di online shop pastikan Anda membaca deskripsi produk dengan teliti. Jangan sekedar melihat gambar dan harganya saja ya.

Karena belanja online tidak bisa melihat barangnya secara langsung maka untuk mengetahui bahan, warna, ukuran, kualitas dan kuantitas produk, Anda dituntut untuk membaca deskripsi.

Hal ini dapat meminimalisir kesalahan dalam membeli produk yang tidak sesuai.

Pilih Harga yang Sesuai

Jangan tergiur dengan harga barang yang murah, sebaiknya bandingkan terlebih dahulu harga-harga dari toko online yang lain.

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.

Related Post

Cara Cek Resi Gosend untuk Lacak Pesanan Ecommerce

30 Nov 2021 BY Ayu Triworo

Meskipun lama pengiriman kurang dari 24 jam, tapi kamu pasti ingin melacak pesanan saat kirim barang pakai Go-Send. Cara cek resi Gosend sangat mudah dan bisa dilakukan secara real time …

Cara Cek Rekening Koran BRI Dengan Mudah

19 Agu 2020 BY Fadhil Guntur Ashari

Cara Cek rekening koran bri – Salah satu masalah nasabah bank yang sering terjaid ialah tidak pahaman masalah rekening koran atau mutasi bri. Banyak sekali ibu – ibu atau bahkan …

3 Cara Membatalkan Shopee Pinjam Via Call Center, Mudah & Gratis!

9 Mei 2022 BY Ayu Triworo

Bisa nggak sih membatalkan Shopee Pinjam yang sudah diajukan? Meski tidak ada fitur otomatis di aplikasi, cara membatalkan Shopee Pinjam bisa dilakukan dan mudah. Penasaran gimana caranya? Di artikel sebelumnya, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *