8 Tips Aman Menerima Paket Saat Pandemi Virus Corona

Mufti Syawaludin 15 Dec 2020 4 Menit 0

Tips Menerima Paket Saat Pandemi. Sejak wabah virus melanda dan adanya aturan dari pemerintah social distancing yang membatasi kegiatan di luar rumah.

Sehingga kebanyakan orang melakukan belanja online selama pandemi corona untuk memenuhi kebutuhan mereka seperti membeli makanan dan minuman hingga membeli perlengkapan rumah tangga.

Dimana pengirimannya pun menggunakan jasa pengiriman seperti ojek online maupun ekspedisi.

Baca Juga: Cara Mengirim Paket ke Luar Negeri

Sedangkan menurut penelitian yang diterbitkan melalui New England Journal of Medicine(NEJM) menyebutkan bahwa virus corona mampu bertahan pada bahan plastik dan stainless selama dua hingga tiga hari serta 24 jam bertahan pada kertas atau kardus.

Nah, banyak yang khawatir terhadap kurir maupun paket yang dikirimkan tersebut membawa virus corona.

Namun anda jangan khawatir, karena kali ini kami akan memberikan beberapa tips penting yang dapat Anda gunakan untuk menerima paket saat pandemi.

Langsung saja, Scroll kebawah ya!!!

Tips Menerima Paket Saat Pandemi

Tips menerima paket saat pandemi virus corona

Meningkatnya belanja online saat pandemi membuat orang jadi sering menerima paket yang di antar kurir, dan kita tidak bisa memastikan kurir tersebut membawa virus atau tidak.

Nah, untuk menjaga-jaga supaya terhnidar dari virus yang kemungkinan menempel di paket. Lakukan beberapa tips di bawah Ini:

Hindari Interaksi Langsung dengan Kurir

Nah langkah pertama yang harus Anda lakukan saat menerima paket selama pandemi virus corona adalah menjaga jarak dengan orang lain.

Artinya sebisa mungkin jangan berinteraksi dengan kurir secara langsung ya (kontak fisik). Ini merupakan salah satu cara pencegahan penyebaran virus terutama covid-19.

Jika pun Anda harus berinteraksi langsung dengan kurir yang mengantar paket, sebaiknya jangan lupa untuk memakai masker, menggunakan sarung tangan dan jaga jarak beberapa meter dari kurir yang mengantar paket.

Hal ini sangat perlu Anda perhatikan karena salah satu faktor penularan terbesar itu disebabkan antar manusia.

Kurangi Penggunaan Uang Tunai

Saat pandemi wabah virus corona melanda, kita diminta untuk mengurangi penggunaan uang tunai. Karena penularan virus bisa terjadi melalui uang tunai yang kita dapat dari orang yang telah terjangkit virus tersebut.

Nah, dengan belanja online bisa menjadi alternatif untuk semua orang tidak pergi kemana-mana dan juga menggunakan uang digital sebagai metode pembayarannya.

Termasuk dalam mengirim atau bahkan menerima paket sebaiknya jangan menggunakan uang tunai untuk membayarnya.

Saat ini telah banyak aplikasi yang menyediakan media pembayaran secara digital, gunakan aplikasi tersebut seperti OVO, GoPay, Dana, Sakuku dan masih banyak lagi lainnya.

Sediakan Tempat Khusus Paket

Alangkah baiknya jika Anda menyediakan tempat khusus untuk kurir meletakkan paket, misalnya di depan rumah atau berdekatan dengan pagar rumah dengan tulisan “Tempat Paket”, “Toroh Paket di Sini”.

Dengan cara itu kurir akan tahu dan dapat meletakkan paket pada tempat yang Anda sediakan.

Sediakan juga tempat cuci tangan beserta sabun di depan rumah Anda selama masa pandemi ya. Tujuannya agar selalu menjaga kebersihan tangan setiap kali setelah beraktivitas.

Semprot Paket dengan Disinfektan

Sebelum memegang dan membuka paket, sebaiknya bersihkan paket dari virus dan kotoran lain dengan cara semprot dengan cairan pembasmi kuman atau virus yaitu desinfektan dan sejenisnya.

Anda juga bisa menggunakan sanitizer yang memiliki beberapa bahan aktif didalamnya seperti alkohol dan benzalkonium chloride.

Nah, setelah beberapa menit paket disemprot baru Anda bisa membukanya.

Membuka Paket di Luar Rumah

Lakukan penyemprotan dan membuka paket di luar rumah ya, misalnya di halaman rumah yang tidak untuk bermain anak-anak atau tempat yang sering digunakan sebagai tempat aktivitas umum.

Usahakan sebisa mungkin sebelum memasuki rumah baik diri Anda maupun barang bawaan dalam keadaan bersih. Sehingga rumah Anda akan aman dan terhindar dari wabah virus corona.

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Mufti Syawaludin
Ditulis oleh

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.