ADVERTISEMENT

Cara Mengirim Paket ke Luar Negeri

Posted on 19 Nov 2020 By Mufti Syawaludin

Cara mengirim paket ke luar negeri pada zaman yang serba modern ini sangat lah mudah dan cepat. Bahkan beberapa ekspedisi menyediakan pelayanan secara online dan menjemput paket ke rumah. Anda tidak perlu repot – repot mengantar paket ke kantor ekspedisi.

Lalu ekspedisi apa aja sih yang menyediakan pengiriman paket ke luar negeri? terus bagaimana cara mengirim paket ke luar negeri?

Tenang, semua akan kita bahas pada artikel ini. Simak secara lengkap dan jangan sampai ada yang terlewatkan mulai dari cara mengirim paket, jalur pengiriman paket, tarif ongkir dan pajak. Semua itu berkaitan dengan pengiriman paket ke luar negeri yang harus kamu tahu.

ADVERTISEMENT

Mari kita mulai membahasnya, silahkan lanjut membaca di bawah ini ya!

Expedisi yang Melayani Pengiriman Paket ke Luar Negeri

Expedisi yang Melayani Pengiriman Paket ke Luar Negeri
© Google Image

Beberapa ekspedisi yang ada di Indonesia melayani pengiriman paket ke luar negeri. Anda bisa memilih ekspedisi yang ada di sekitar tempat tinggal anda. Pilihlah ekspedisi yang terpercaya dan memiliki reputasi yang tinggi. Berikut daftar ekspedisi yang melayani pengiriman paket ke luar negeri:

Daftar Ekspedisi

  • TNT Express
  • Pos Indonesia
  • DHL Express
  • EMS Pos Indonesia
  • FedEx
  • United Parcel Service (UPS)
  • JNE International
  • Titipan Kilat (TIKI)
  • DLL

Tips Memilih Ekspedisi yang Tepat

Dalam memilih ekspedisi sebaiknya jangan sembarangan ya! sebaiknya perlu diperhatikan beberapa hal berikut dalam memilih ekspedisi yang bagus untuk pengiriman paket anda:

  • Pilihlah ekspedisi yang mengutamakan pelayanan dan kepuasan pelanggan
  • Memiliki sistem pengiriman yang cepat dan aman
  • Ekspedisi yang menyediakan sistem tracking paket
  • Ekspedisi yang profesional

Cara Mengirim Paket ke Luar Negeri dengan Mudah

Banyak sekali pertanyaan mengenai bagaimana sih caranya mengirim barang ke luar negeri?

Sebenarnya pengiriman barang atau paket ke luar negeri itu tidak jauh beda dengan pengiriman paket dalam negeri (lokal). Hanya saja ada beberapa tambahan syarat dan ketentuan tertentu yang harus dipenehi.

Masing – masing ekspedisi memiliki peraturan yang berbeda – beda mengenai pengiriman paket ke luar negeri ini. Anda bisa menanyakan langsung ke pihak ekspedisi mengenai hal ini.

Adapun langkah – langkah yang harus anda lakukan untuk mengirim paket ke luar negeri sebagai berikut:

  1. Persiapkan barang yang akan anda kirim dengan baik dan benar
  2. Pilih ekspedisi yang melayani pengiriman paket ke luar negeri
  3. Serahkan paket kepada ekspedisi
  4. Lengkapi formulir untuk pengiriman paket
  5. Lakukan pembayaran tarif ongkos kirim yang telah ditentukan ekspedisi
  6. Cek status pengiriman paket
  7. Minta no resi untuk monitoring paket yang sedang dikirim
  8. Pantau paket secara berkala hingga sampai tujuan

Jenis Jalur Pengiriman Paket ke Luar Negeri

Jalur Pengiriman Paket ke Luar Negeri
© Google Image

Oh ternyata ada jenis jalur yang dapat dipilih pada saat pengiriman paket ke luar negeri ya!

Sebenarnya cuman ada dua jalur pengiriman peket ke luar negeri yaitu jalur via udara dan jalur via laut. Diman masing – masing jalur tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Simak informasi selengkapnya:

Pengiriman Paket Via Udara

Nah pengiriman paket via udara ini maksudnya menggunakan pesawat untuk sampai ke luar negeri.

Metode jalur udara ini sangat cocok jika anda akan mengirimkan barang yang diperlukan sangat mendesak. Karena dengan jalur pengiriman paket via udara terbilang sangat cepat namun tarif pengirimannya pun lumayan mahal loh.

Yah hal itu tidak jadi masalah tentunya jika memang barang yang akan dikirim benar – benar sangat dibutuhkan secepat mungkin.

Kok bisa cepat? ya karena pengiriman dengan menggunakan pesawat selalu ada setiap harinya tidak harus menunggu beberapa minggu ataupun bulan.

Oh iya! Perlu anda ketahui ya barang yang dapat dikirim melalui jalur udara ini memiliki kapasitas dan berat yang tidak terlalu besar ya. Misalnya seperti dokumen atau surat – surat penting dan atau barang yang mudah rusak jika kelamaan.

Pengiriman Paket Via Laut

Pengiriman paket via laut ini maksudnya dengan menggunakan kapal besar pengangkut barang (Kapal Kargo), yang biasanya terdapat tumpukan Kontainer di atas kapal tersebut.

Nah, kontainer tersebut berisi barang – barang yang akan dikirim ke luar negeri dimana tarif ongkirnya akan lebih murah dibandingkan dengan jalur udara atau pesawat.

Kenapa ya pengiriman via laut lebih murah dibandingkan via udara?

Ya karena kapal kargo akan berangkat untuk mengantarkan barang – barang tersebut dengan jumlah yang banyak. Sehingga diperlukan waktu untuk mengumpulkan barang kiriman menjadi banyak dahulu lalu bisa diangkut dan diantarkan sesuai dengan negara tujuan masing – masing.

Nah jika anda ingin mengirimkan paket ke luar negeri dengan jumlah barang yang banyak atau besar bisa menggunakan jalur laut atau kapal kargo ini.

Biaya Kirim Paket ke Luar Negeri

Timbul pertanyaan mengenai biaya pengiriman paket ke luar negeri “mahal nggak sih kirim paket ke luar negeri?”.

Meliputi apa saja yang harus dibayar?

Nah jawabannya adalah mahal tidaknya tarif ongkir itu semua tergantung dengan kebijakan dan layanan ekspedisi.

Biasanya beberapa ekspedisi memiliki pilihan metode layanan pengiriman paket ke luar negeri yang menarik. Misalnya potongan harga ongkir bagi pengguna layanan online dengan metode pembayaran transfer dengan bank tertentu.

Tidak hanya itu, ternyata tarif ongkir pengiriman paket dengan tujuan ke luar negeri ini berbeda – beda disetiap negara tujuannya. Misalnya saja akan jauh lebih murah jika kamu hanya mengirim paket ke negara – negara tetangga seperti Thailand, Singapore atau Malaysia dibandingkan Amerika, Korea, dll.

Pajak Kirim Paket ke Luar Negeri

Banyak yang khawatir mengenai pajak pengiriman paket ke luar negeri ini, sebelum mengirimkan paket sebaiknya anda cari tahu dulu mengenai ketentuan dari negara tujuan paket anda. Karena masing – masing negara memiliki aturan batas maksimum dikenakan pajak bea cukai terhadap barang yang masuk di negara mereka.

Bukan tidak mungkin kalau paket anda tidak terkena pajak sama sekali hanya cukup membayar ongkir saja.

Oh iya! kalau pun dikenakan pajak atas paket yang anda kirim maka yang harus membayar pajak tersebut adalah si penerima paket loh.

Pajak dibayar ketika paket telah diterima oleh si penerima paket jadi bukan si pengirim yang harus membayar pajak tersebut.

Tips Mengirim Paket ke Luar Negeri

Tips Mengirim Paket ke Luar Negeri
© Google Image

Berikut beberapa tips yang dapat anda gunakan sebelum mengirim peket ke luar negeri:

Packing Barang dengan Aman

Persiapkan barang yang akan dipaketkan seaman mungkin ya, agar tidak rusak dalam perjalanan hingga sampai tujuan.

Gunakan selotip atau lapisi dengan bungkus berbahan plastik jika barang berupa dokumen penting, jika barang mudah rusak karena benturan sebaiknya dibungkus dengan bubble wrap atau packing dengan kardus dan atau kayu agar lebih tahan akan goncangan atau benturan.

Jangan lupa untuk menyiapkan alamat tujuan paket. Anda bisa baca panduan lengkap  cara menulis alamat paket dengan benar.

Gunakan Ekspedisi yang Tepat

Pilihlah ekspedisi yang menyediakan pengiriman paket ke luar negeri yang terpercaya dan memiliki sistem tracking paket sehingga akan memudahkan anda untuk memonitoring paket anda hingga sampai tujuan.

Tentukan Estimasi Biaya Pengiriman

Sebelum memilih ekspedisi, ada baiknya anda membandingkan tarif ongkir beberapa ekspedisa yang terpercaya dan pr0fesional. Pilihlah yang lebih murah, hal ini bisa menekan pengeluaran anda.

Gunakan Asuransi

Jika paket anda berupa barang – barang yang sangat penting sebaiknya menggunakan asuransi pengiriman paket yang tersedia pada ekspedisi.

Apabila terjadi sesuatu dengan paket anda yang dikirim ekspedisi tersebut maka perusahaan ekspedisi akan mengganti rugi dengan estimasi nilai barang yang ada dalam paket tersebut.


Nah mungkin itu dia yang bisa kita bahas mengenai cara mengirim paket ke luar negeri. Anda bisa mencobanya step-by-step jika ingin mengirim paket ke luar negeri baik itu untuk keperluan bisnis anda maupun untuk mengirim kepada saudara atau teman baik anda yang ada di luar negeri sana.

Jangan lupa untuk selalu mencari tahu tentang peraturan yang berlaku terkait biaya pajak terhadap barang masuk yang berlaku di setiap negara.

Gunakanlah beberapa tips di atas sebelum mengirim paket ke luar negeri dan mudah – mudahan proses pengiriman paket anda berjalan dengan lancar hingga sampai tujuan dengan aman.

Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung. Semoga kita semua selalu dikaruniai kesehatan dan kelancaran rezeki. amin

Salam Sukses!!!

ADVERTISEMENT
`
Author
WRITTEN BY

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.
ADVERTISEMENT

Related Post

Cara Transfer Uang Lewat Alfamart & Indomaret Tanpa Rekening

10 Jun 2020 BY Ifan Prasya

Transfer uang lewat Alfamart dan Indomaret bisa menjadi solusi Anda untuk mengirim uang tanpa rekening. Prosesnya mudah dan praktis kok. Cocok buat yang tidak mau ribet atau berlama-lama antre di …

Daftar Lengkap Kantor SiCepat di Batam Hingga Jam Buka

20 Jul 2020 BY Ifan Prasya

Buat Anda yang sedang mencari alamat kantor pusat dan agen SiCepat Ekspres di Batam Kepulauan Riau (termasuk Tanjung Pinang dan Karimun), scroll sampai bawah ya. Karena selain alamat, akan ada …

Istilah Pengiriman Barang J&T Express yang Wajib Diketahui

3 Jan 2020 BY Nisa Husnainna

Istilah Pengiriman Barang J&T Express – Kamu pernah belanja online pakai jasa pengiriman J&T Express? Lalu apakah kamu melacak posisi paketmu menggunakan nomor resi? Jika jawabannya “ya”, pastinya kamu akan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *