Gunakan TheLorry untuk Kirim Paket dari Indonesia ke Malaysia dengan Ongkir Terjangkau

Anisa 09 Jan 2024 4 Menit 0

Anda ingin kirim barang dari Indonesia ke Malaysia dan bingung memilih jasa pengiriman yang tepat? Coba gunakan TheLorry. Selain karena prosesnya mudah, ongkos kirimnya juga terjangkau.

Dengan menggunakan jasa pengiriman barang ke luar negeri seperti TheLorry, paket Anda dijamin aman, pengemasan menggunakan standar Internasional, barang sampai tepat waktu, dan mudah untuk dilacak kapan pun.

Seperti yang Anda ketahui, pengiriman barang atau paket yang melintasi batas negara memerlukan perlakuan khusus karena berkaitan dengan regulasi cross border, termasuk pihak bea cukai.

Lantas bagaimana prosedur kirim paket lewat TheLorry Indonesia? Silakan baca penjelasannya di bawah ini!

ADVERTISEMENT

1. Apa itu TheLorry?

Apa itu thelorry

TheLorry adalah perusahaan pengiriman barang-barang berat, besar, dan banyak (3B) yang berdiri sejak 2014 dengan layanan distribusi dalam negeri, dari Indonesia ke Malaysia, serta negara lain.

Sebagai jasa kirim barang yang terpercaya, TheLorry tidak hanya melayani pengiriman paket untuk individu saja, tetapi juga UMKM, perusahaan besar seperti korporasi bahkan multinasional sekali pun.

Jadi, bagi Anda yang menjalankan bisnis onlinedan memiliki customer dari Malaysia, coba gunakan layanan Beyond by TheLorry atau TheLorry Indonesia untuk mengirim barang-barang pesanan mereka.

Kirim paket ke Malaysia lewat TheLorry Indonesia juga tidak mahal, karena Anda hanya perlu membayar ongkir mulai dari Rp40.000 per kilogramnya. Sangat terjangkau seperti pengiriman barang antar provinsi di Indonesia kan?

2. Biaya Pengiriman Paket dari Jakarta ke Malaysia

Setiap paket yang hendak dikirim dari Indonesia ke Malaysia akan diberangkatkan dari Jakarta. Oleh karena itu, Anda perlu mengantar/mengirim/drop paket tersebut ke Jakarta terlebih dahulu.

Contoh:Anda bertempat tinggal di Bandung, Bogor, Banten, Surabaya, Yogyakarta, dan kota-kota lain selain Jakarta, tetapi ingin kirim paket ke Malaysia, maka paket tersebut harus Anda kirim terlebih dahulu ke gudang TheLorry Indonesia yang berada di Jakarta.

Hal ini dikarenakan gudang TheLorry Indonesia berpusat di Jakarta dan belum memiliki cabang atau pun agen di luar ibu kota.

Namun jika Anda belum bisa mengirimkannya secara langsung ke gudang TheLorry Indonesia yang ada di Jakarta, maka Anda bisa menghubungi mitra TheLorry agar pihak ekspedisi yang menjemput ke lokasi (door to door atau door to port). Ya mirip seperti sistem pick up barang.

Sekarang, mari catat tarif ongkir pengiriman barang dari Jakarta ke Malaysia seperti berikut:

2.1. Ongkir dari Jakarta ke Semenanjung Malaysia (Peninsular)

Berat (Kg) Biaya Pengiriman 4-7 hari (Rp)
170.000
2120.000
3150.000
4200.000
5250.000
6300.000
7330.000
8360.000
9410.000
10450.000
11-3042.000/kg 

ADVERTISEMENT

2.2. Ongkir dari Jakarta ke Malaysia Timur

Berat (Kg) Biaya Pengiriman 7-11 hari (Rp)
1    110.000
2    215.000
3    320.000
4    400.000
5    500.000
6    550.000
7    600.000
8    700.000
9    800.000
10    850.000
11-3085.000/kg

ADVERTISEMENT

2.3. Perhitungan Pengiriman Barang dari Jakarta ke Malaysia

Tidak berbeda jauh dari pengiriman barang besar di Indonesia, tarif ongkir dari Jakarta ke Malaysia ditentukan melalui perhitungan dua cara, yakni:

  • Berdasarkan berat barang (Pakai timbangan dengan satuan kilogram)
  • Berdasarkan volume barang

Pengukuran berdasarkan berat barang akan dihitung menggunakan timbangan, jadi paket akan ditimbang terlebih dahulu sebelum dikirim.

Sementara perhitungan tarif ongkir berdasarkan vokume barang yaitu mengukur panjang x lebar x tinggi : 5000. Ini berlaku untuk barang-barang besar, tetapi bobotnya ringan. Nah, menurut aturan dari TheLorry, ukuran maksimal panjang/lebar/tinggi barang yang akan dikirim adalah 150 cm.

Misalnya:Setelah ditimbang, barang Anda punya berat 5 kg, tetapi volumenya 150 cm x 30 x 40 cm berarti volumetriknya 36. Dari perhitungan ini, maka tarif ongkir akan ditentukan oleh 36 tersebut karena angka tertinggi akan menjadi acuan nilai ongkir oleh pihak ekspedisi.

ADVERTISEMENT

3. Panduan Lengkap Cara Kirim Paket dari Jakarta ke Malaysia

Tata cara pengiriman paket dari Jakarta ke Malaysia tidak berbeda jauh seperti mengirim barang pada umumnya.

Anda tidak diperkenankan mengirim barang-barang terlarang seperti senjata tajam, alkohol, peralatan medis, satwa liar, dan sebagainya.

Barang yang dilarang kirim dari indonesia ke malaysia
Sumber foto oleh thelorry. Com

Berikut tata cara mengirim paket dari Jakarta ke Malaysia:

  1. Menyiapkan Paket dan Mengemasnya: Langkah pertama adalah menyiapkan barang dan mengemasnya dengan rapi, aman, dan benar-benar sesuai standar pengiriman. Jika pengemasan paket dirasa kurang baik, pihak TheLorry dan mitra tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan maupun tidak berlakunya asuransi karena hal tersebut.
  2. Mengukur Berat Barang dan Dimensi: Setelah paket dikemas dengan baik dan aman, langkah selanjutnya adalah mengukur dimensi dan berat paket. Tahap pengukuran ini sangat penting karena akan menjadi penentu biaya pengiriman. Jadi, pastikan pengukuran dilakukan dengan akurat yakni menimbangnya di timbangan (kilogram pembulatan ke atas) atau pun dengan mengukur volumetrik (ukur panjang x lebar x tinggi). Ingat, nilai tertinggi dari kedua pengukuran akan menjadi acuan biaya pengiriman paket.
  3. Mengisi Formulir: Setelah pengemasan dan pengukuran selesai, tahap selanjutnya bagi Anda adalah mengisi formulir disini dengan informasi yang diperlukan seperti nama pengirim (sender), alamat lengkap, nomor telepon/HP pengirim, nama penerima, alamat penerima, nomor telepon penerima (dan nomor telepon alternatif), catatan tambahan apabila diperlukan dan deskripsi barang dengan lengkap.
  4. Menunggu Konfirmasi: Setelah formulir diisi, tunggu pihak TheLorry menghubungi kamu untuk konfirmasi. Kami akan memeriksa detail yang diberikan dan memastikan bahwa semua informasi benar sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya.
  5. Melakukan Pembayaran: Setelah paket Anda dikonfirmasi, langkah selanjutnya adalah pihak ekspedisi akan memberikan informasi mengenai total atau jumlah biaya yang harus Anda bayar dan cara pembayarannya. Pastikan Anda mengikuti instruksi pembayaran dengan hati-hati untuk menghindari masalah nantinya.
  6. Pemberian Label: Usai proses pembayaran selesai, TheLorry Indonesia akan mengirimkan sebuah label yang harud ditempelkan pada paket kemudian akan melapisinya dengan lapisan plastik seperti lakban/selotip atau sejenisnya. Pencetakan label bisa menggunakan print thermal/print kertas/print kabel.
  7. Mengantar Paket ke Gudang TheLorry/Paket dijemput : Jika Anda berada di luar Jakarta, maka Anda perlu mengirim terlebih dahulu paket ke gudang TheLorry atau bila memungkikan, paket akan dijemput oleh mitra TheLorry.
  8. Paket Dikirim: Setelah seluruh tahap-tahap di atas selesai, paket Anda kemudian akan dikirim ke Malaysia sesuai tujuan dan Anda bisa melacak status pengiriman melalui link berupa nomor resi yang nanti akan diinformasikan oleh TheLorry.

4. Regulasi Pengiriman Barang dari Jakarta ke Malaysia

Untuk regulasi atau aturan pengiriman barang dari Jakarta ke Malaysia, TheLorry memberikan transparansi yang memudahkan bagi para pelanggan.

Mulai dari seluruh layanan sudah termasuk pengurusan dokumen impor & ekspor B2C, biaya tambahan bahan bakar, dan biaya-biaya lain terkait operasional.

Jadi Anda tidak akan dikagetkan dengan biaya tambahan lain yang muncul saat proses pengiriman seperti yang terjadi pada ekspedisi lain.

Apa saja regulasi pengiriman barang yang disediakan oleh TheLorry?

  1. Asuransi dengan tanggungan 200 ringgit atau sekitar Rp750.000 dan pelanggan juga bisa menambah biaya asuransi dengan biaya 2,5% dari harga barang
  2. Service Level Agreement atau pengiriman paket membutuhkan waktu 4-7 hari (Jakarta ke Semenanjung Malaysia) dan 7-11 hari (Jakarta ke Malaysia Timur)
  3. Pengurusan Perizinan Pabean atau Custom Clearance secara detail dan transparan
  4. Biaya penyimpanan apabila paket ditahan
  5. Tanggung jawab secara konsisten oleh TheLorry dan partner yang bekerja sama

Aturan kebijakan pengiriman tersebut bisa Anda baca secara detail di halaman resmi thelorry.com.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin mengirim barang dari Jakarta ke Malaysia, karena TheLorry siap memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *