ADVERTISEMENT

Apa itu Harbolnas? Kapan dan Dimana Bisa Ikut?

Posted on 11 Des 2020 By Mufti Syawaludin
ADVERTISEMENT

Kabar gembira nih telah datang Harbolnas yang merupakan momen tepat bagi kamu yang suka belanja online maupun yang memiliki bisnis jualan online. Jangan sia – siakan kesempatan ini karena akan ada diskon besar – besaran di beberapa e-commerce favorit kamu.

Banyak sekali berbagai macam iklan berseliweran yang kita jumpai di media sosial hingga stasiun TV untuk menunjukan promo maupun diskon yang ditawarkan oleh e-commerce untuk menyambut Harbolnas tersebut.

Macam – macam produk yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari produk elektronik, kebutuhan rumah tangga, kecantikan dan kesehatan, makanan dan masih banyak lagi produk lainnya.

ADVERTISEMENT

Sekilas Tentang Harbolnas

Pengertian Harbolnas

Sebenarnya sudah pada tau belum sih apa itu Harbolnas?

Harbolnas merupakan singkatan dari Hari Belanja Online Nasional, dimana pertama kali diselenggarakan pada 12 Desember 2012 yang dikenal dengan aksi 12 12 12.

Awal mulanya diprakarsai oleh enam e-commerce besar Indonesia yang tergabung di Asosiasi Ecommerce Indonesia (idEA). Ternyata perayaan ini mendapat respon yang sangat baik, sehingga tahun lalu 2019 festival ini telah diikuti lebih dari 250 Platform Belanja Online.

ADVERTISEMENT

Hari Belanja Online Nasional ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan konsumen dalam belanja online. Karena banyak sekali didapati para pengguna yang kurang percaya dan merasa takut untuk menggunakan layanan belanja online.

Konsep acara tahunan seperti ini juga ada di luar negeri loh, merupakan negara besar seperti Amerika, Jerman, Jepang, Inggris dan Kanada.

Contohnya saja Amerika yang mempunyai acara Black Friday merupakan acara yang memberikan diskon besar besaran yang selalu ramai dengan peminatnya.

Black Friday sendiri dilakukan setelah perayaan budaya Amerika yaitu Thanksgiving yang dilakukan bertepatan hari kamis di akhir bulan November.

Tidak cukup sampai disitu, masih ada acara yang menarik lagi setelah acara Black Friday telah usai yaitu Cyber Monday yang biasanya dilakukan di hari Senin di bulan yang sama.

ADVERTISEMENT

Jadwal Harbolnas

Harbolnas diselenggarakan setiap akhir tahun di bulan Desember bertepatan pada tanggal 12 yang dikenal 12 12. Bahkan beberapa waktu lalu pada tahun 2020 ini di tanggal dan bulan yang unik seperti 9 September (9 9), 10 Oktober (10 10) dan 11 November (11 11) beberapa website e-commerce menyelenggarakan promo dan diskon besar.

Harbolnas 2020 akan diadakan pada tanggal 12 Desember 2020

Perlu kamu ketahui bahwa acara ini hanya berlangsung 24 jam saja di setia waktu acara itu berlangsung. Jadi pastikan kamu benar – benar mengingatnya agar tidak ketinggalan dan kehabisan barang incaran mu ya!

Keuntungan Ikut Harbolnas

Dari Sisi Penjual

Harbolnas memberikan keuntungan yang cukup besar di kalangan para penjual melalui berbagai macam marketplace yang ikut serta pada acara tahunan ini. Berikut kami rangkum keuntungan yang diperoleh oleh para penjual di momen harbolnas:

  1. Penjual akan tetap untung walaupun memberikan berbagai macam promo dengan catatan harus tetap memiliki strategi agar tidak rugi.
  2. Saat hari spesial ini akan meningkatkan penjualan dikarenakan banyaknya para pembeli yang sedang berburu barang idaman mereka.
  3. Manfaatkan momen ini untuk mempelajari kompetitor kamu yang nantinya bisa digunakan sebagai strategi meningkatkan produksi penjualan,
  4. Kamu akan dapat banyak data pembeli yang nantinya bisa digunakan untuk memberikan penawaran barang jualan kamu kepada mereka.

Dari Sisi Pembeli

Banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapat dengan ikut perayaan harbolnas ini. Bermacam – macam barang menarik dengan harga murah yang bisa kamu dapatkan. Karena pada momen ini berbagai macam e-commerce akan memberikan diskon dan promo besar – besaran, mulai dari harga yang dibawah pasaran, gratis ongkir hingga cashback yang menggiurkan.

Apa aja sih keuntungan kamu belanja di waktu Harbolnas?

ADVERTISEMENT

Jangan khawatir berikut kami rangkum keuntungan yang akan kamu dapat saat belanja di Harbolnas:

  1. Jika kamu belanja di Harbolnas, keuntungan yang pertama pasti kamu dapatkan adalah kamu akan lebih hemat, itu disebabkan karena harbolnas mampu menurunkan anggaran belanja kamu secara signifikan.
  2. Keuntungan kedua jika kamu ikut belanja di Harbolnas adalah kamu akan mendapatkan banyak barang. Iya dong! karena harga barang yang kamu inginkan di bawah harga pasaran, yang tadinya kalau kamu beli dengan harga normal kamu dapat satu barang di acara ini kamu bisa dapet dua atau bahkan tiga barang sekaligus.
  3. Tidak perlu ngantri. Walaupun harbolnas sangat ramai pesertanya, kamu gak usah repot – repot ikut antrian yang panjang karena dengan menggunakan aplikasi jual beli online kamu dapat berbelanja dari mana saja.
  4. Kemudahan bertransaksi. Banyak metode pembayaran yang bisa kamu gunakan mulai dari Cost Of Delivery (COD) atau dapat menggunakan Kartu kredit, debit dan masih banyak lagi metode pembayaran lainnya.

Dimana Bisa Ikut Harbolnas

Harbolnas Jakmall
©jakmall.com

Kamu bisa ikut Harbolnas di beberapa marketplace atau e-commerce yang ikut dalam acara Harbolnas tersebut. Lebih dari 250 e-commerce yang ikut serta memeriahkan acara tersebut demi untuk meningkatkan minat belanja online khususnya masyarakat Indonesia.

Toko online yang ikut Harbolnas: blibli.com, bukalapak.com, shopee.co.id, lazada.co.id, jakmall.com, Jd.id, tiket.com, zalora.co.id dan masih banyak lagi lainnya.

Dari daftar toko online diatas mana yang menjadi toko favorit kamu?

Pantau terus barang – barang yang kamu idamkan di toko online yang kamu gunakan, agar kamu tidak ketinggalan sehingga kehabisan stok barang incaran kamu.

Tips Berbelanja di Hari Belanja Online Nasional

Tips Belanja di Hari Belanja Online Nasional
©minews.id

Belanja online sangatlah banyak peminatnya apalagi adanya diskon besar yang ditawarkan berbagaimacam marketplace. Apalagi di Harbolnas yang selalu ditunggu – tunggu sepanjang akhir tahun ini.

Agar tidak ketinggalan ikut keseruan di Harbolnas berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan menjelang Harbolnas:

Pastikan Memiliki Akses Internet

Akses internet sangat berperan penting saat kamu akan belanja online. Pastikan kamu memiliki akses internet yang kuat dan akurat ya!

Kamu bisa menghubungkan perangkatmu dengan jaringan Wifi atau dengan jaringan seluler yang memiliki kualitas stabil di daerah kamu berada. Jangan lupa juga untuk cek kuota atau paket datanya ya, diusahakan cukup untuk berburu promo di acara Harbolnas.

Laman: 1 2 3

Author
WRITTEN BY

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.
ADVERTISEMENT

Related Post

Daftar Kantor JNE Pontianak [Alamat, No Telp & Jam Buka]

3 Feb 2022 BY Ayu Triworo

Sedang butuh informasi mengenai layanan JNE Pontianak untuk keperluan kirim/terima paket? Simak daftar di artikel berikut dan temukan lokasi kantor JNE Pontianak terdekat di daerahmu! JNE merupakan salah satu jasa …

Daftar Alamat Kantor Anteraja Batam, Nomor Telepon & Jam Buka

18 Feb 2022 BY Ayu Triworo

Postingan berikut menyajikan daftar alamat kantor Anteraja Batam lengkap dengan nomor telepon, WA CS dan jam buka. Buat kalian yang butuh info untuk pengiriman Anteraja Tokopedia, Shopee, dll di Batam, Bintan …

2 Cara Dapat Gratis Ongkir Tiktok Shop Tanpa Minimal Pembelian

25 Apr 2022 BY Ayu Triworo

Selain diskon dan flash sale, TikTok Shop juga kerap memberikan voucher gratis ongkir melalui pembelian di profil toko maupun live shopping, lho. Buat kalian yang belum tahu cara dapat gratis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *