ADVERTISEMENT

Apa itu Harbolnas? Kapan dan Dimana Bisa Ikut?

Posted on 3 Nov 2020 By Mufti Syawaludin

Kabar gembira nih telah datang Harbolnas yang merupakan momen tepat bagi kamu yang suka belanja online maupun yang memiliki bisnis jualan online. Jangan sia – siakan kesempatan ini karena akan ada diskon besar – besaran di beberapa e-commerce favorit kamu.

Banyak sekali berbagai macam iklan berseliweran yang kita jumpai di media sosial hingga stasiun TV untuk menunjukan promo maupun diskon yang ditawarkan oleh e-commerce untuk menyambut Harbolnas tersebut.

Macam – macam produk yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari produk elektronik, kebutuhan rumah tangga, kecantikan dan kesehatan, makanan dan masih banyak lagi produk lainnya.

ADVERTISEMENT

Sekilas Tentang Harbolnas

Pengertian Harbolnas

Sebenarnya sudah pada tau belum sih apa itu Harbolnas?

Harbolnas merupakan singkatan dari Hari Belanja Online Nasional, dimana pertama kali diselenggarakan pada 12 Desember 2012 yang dikenal dengan aksi 12 12 12.

Awal mulanya diprakarsai oleh enam e-commerce besar Indonesia yang tergabung di Asosiasi Ecommerce Indonesia (idEA). Ternyata perayaan ini mendapat respon yang sangat baik, sehingga tahun lalu 2019 festival ini telah diikuti lebih dari 250 Platform Belanja Online.

Hari Belanja Online Nasional ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan konsumen dalam belanja online. Karena banyak sekali didapati para pengguna yang kurang percaya dan merasa takut untuk menggunakan layanan belanja online.

Konsep acara tahunan seperti ini juga ada di luar negeri loh, merupakan negara besar seperti Amerika, Jerman, Jepang, Inggris dan Kanada.

Contohnya saja Amerika yang mempunyai acara Black Friday merupakan acara yang memberikan diskon besar besaran yang selalu ramai dengan peminatnya.

Black Friday sendiri dilakukan setelah perayaan budaya Amerika yaitu Thanksgiving yang dilakukan bertepatan hari kamis di akhir bulan November.

Tidak cukup sampai disitu, masih ada acara yang menarik lagi setelah acara Black Friday telah usai yaitu Cyber Monday yang biasanya dilakukan di hari Senin di bulan yang sama.

Jadwal Harbolnas

Harbolnas diselenggarakan setiap akhir tahun di bulan Desember bertepatan pada tanggal 12 yang dikenal 12 12. Bahkan beberapa waktu lalu pada tahun 2020 ini di tanggal dan bulan yang unik seperti 9 September (9 9), 10 Oktober (10 10) dan 11 November (11 11) beberapa website e-commerce menyelenggarakan promo dan diskon besar.

Harbolnas 2020 akan diadakan pada tanggal 12 Desember 2020

Perlu kamu ketahui bahwa acara ini hanya berlangsung 24 jam saja di setia waktu acara itu berlangsung. Jadi pastikan kamu benar – benar mengingatnya agar tidak ketinggalan dan kehabisan barang incaran mu ya!

Keuntungan Ikut Harbolnas

Dari Sisi Penjual

Harbolnas memberikan keuntungan yang cukup besar di kalangan para penjual melalui berbagai macam marketplace yang ikut serta pada acara tahunan ini. Berikut kami rangkum keuntungan yang diperoleh oleh para penjual di momen harbolnas:

  1. Penjual akan tetap untung walaupun memberikan berbagai macam promo dengan catatan harus tetap memiliki strategi agar tidak rugi.
  2. Saat hari spesial ini akan meningkatkan penjualan dikarenakan banyaknya para pembeli yang sedang berburu barang idaman mereka.
  3. Manfaatkan momen ini untuk mempelajari kompetitor kamu yang nantinya bisa digunakan sebagai strategi meningkatkan produksi penjualan,
  4. Kamu akan dapat banyak data pembeli yang nantinya bisa digunakan untuk memberikan penawaran barang jualan kamu kepada mereka.

Dari Sisi Pembeli

Banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapat dengan ikut perayaan harbolnas ini. Bermacam – macam barang menarik dengan harga murah yang bisa kamu dapatkan. Karena pada momen ini berbagai macam e-commerce akan memberikan diskon dan promo besar – besaran, mulai dari harga yang dibawah pasaran, gratis ongkir hingga cashback yang menggiurkan.

Apa aja sih keuntungan kamu belanja di waktu Harbolnas?

Jangan khawatir berikut kami rangkum keuntungan yang akan kamu dapat saat belanja di Harbolnas:

  1. Jika kamu belanja di Harbolnas, keuntungan yang pertama pasti kamu dapatkan adalah kamu akan lebih hemat, itu disebabkan karena harbolnas mampu menurunkan anggaran belanja kamu secara signifikan.
  2. Keuntungan kedua jika kamu ikut belanja di Harbolnas adalah kamu akan mendapatkan banyak barang. Iya dong! karena harga barang yang kamu inginkan di bawah harga pasaran, yang tadinya kalau kamu beli dengan harga normal kamu dapat satu barang di acara ini kamu bisa dapet dua atau bahkan tiga barang sekaligus.
  3. Tidak perlu ngantri. Walaupun harbolnas sangat ramai pesertanya, kamu gak usah repot – repot ikut antrian yang panjang karena dengan menggunakan aplikasi jual beli online kamu dapat berbelanja dari mana saja.
  4. Kemudahan bertransaksi. Banyak metode pembayaran yang bisa kamu gunakan mulai dari Cost Of Delivery (COD) atau dapat menggunakan Kartu kredit, debit dan masih banyak lagi metode pembayaran lainnya.

Dimana Bisa Ikut Harbolnas

Harbolnas Jakmall
©jakmall.com

Kamu bisa ikut Harbolnas di beberapa marketplace atau e-commerce yang ikut dalam acara Harbolnas tersebut. Lebih dari 250 e-commerce yang ikut serta memeriahkan acara tersebut demi untuk meningkatkan minat belanja online khususnya masyarakat Indonesia.

Toko online yang ikut Harbolnas: blibli.com, bukalapak.com, shopee.co.id, lazada.co.id, jakmall.com, Jd.id, tiket.com, zalora.co.id dan masih banyak lagi lainnya.

Dari daftar toko online diatas mana yang menjadi toko favorit kamu?

Pantau terus barang – barang yang kamu idamkan di toko online yang kamu gunakan, agar kamu tidak ketinggalan sehingga kehabisan stok barang incaran kamu.

Tips Berbelanja di Hari Belanja Online Nasional

Tips Belanja di Hari Belanja Online Nasional
©minews.id

Belanja online sangatlah banyak peminatnya apalagi adanya diskon besar yang ditawarkan berbagaimacam marketplace. Apalagi di Harbolnas yang selalu ditunggu – tunggu sepanjang akhir tahun ini.

Agar tidak ketinggalan ikut keseruan di Harbolnas berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan menjelang Harbolnas:

Pastikan Memiliki Akses Internet

Akses internet sangat berperan penting saat kamu akan belanja online. Pastikan kamu memiliki akses internet yang kuat dan akurat ya!

Kamu bisa menghubungkan perangkatmu dengan jaringan Wifi atau dengan jaringan seluler yang memiliki kualitas stabil di daerah kamu berada. Jangan lupa juga untuk cek kuota atau paket datanya ya, diusahakan cukup untuk berburu promo di acara Harbolnas.

Jangan sampai jaringan internet menghambat keseruan kamu saat belanja online dengan promo dan diskon yang sangat menggiurkan ini.

Memiliki Akun di Toko Online

Setelah kamu memiliki akses internet langkah berikutnya pastikan kamu memiliki akun di toko online yang menjadi favoritmu ya dan pastinya toko tersebut harus ikut harbolnas. Supaya kamu tidak ketinggalan untuk seru -seruan di harbolnas.

Siapkan Budget untuk Harbolnas

Tidak kalah penting, untuk menekan pengeluaran kamu haruslah menyiapkan anggaran yang sesuai dengan kebutuhan. Biasanya orang akan terlena dengan adanya diskon dan promo yang menggiurkan sehingga membuat tidak sadar telah berbelanja berlebihan menghabiskan cukup banyak uang.

Penentuan Budget dalam hal ini jadikan upaya kamu untuk berhemat, belilah barang – barang yang memang dibutuhkan sesuai dengan anggaran kamu. Jangan hiraukan brand lain yang bukan menjadi target belanja, walaupun diskonnya menggiurkan.

Lakukan Riset

Agar lebih maksimal tidak ada salahnya kalau kamu melakukan beberapa riset terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian produk yang kamu butuhkan atau inginkan.

Belilah barang yang memang dibutuhkan dan sesuaikan dengan budget yang sudah ditentukan sebelumnya. Kamu bisa melakukan perbandingan harga di beberapa toko online lainnya dengan barang yang sama.

Kalau memang perlu lakukan juga perbandingan dengan toko – toko yang ada disekitarmu kalau ada. Hal ini diperlukan agar kamu dapat belanja kebutuhanmu dengan harga yang benar – benar terbaik.

Buat Wishlist

Setelah menemukan barang yang kamu inginkan dengan harga yang cukup murah dibandingkan dengan harga di toko lainnya sebaiknya yang harus kamu lakukan berikutnya adalah memasukan daftar barang tersebut di Wishlist yang ada di toko online tersebut.

Misalnya di Aplikasi Shopee bisa membuat Wishlist dengan cara menambahkan barang menjadi “Favorit Saya“. seperti gambar berikut:

Wishlist di Shopee

Tujuannya membuat Wishlist adalah agar kamu tidak kehabisan waktu untuk mencari maupun memilih barang lagi di saat harbolnas nantinya. Kamu cukup tinggal lakukan pembayaran dan barang yang kamu inginkan akan diproses untuk menuju ke tempatmu.

Perhatikan Aturan yang Berlaku

Biasanya setiap diskon maupun promo disertai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Misalnya untuk gratis ongkir minimal belanja Rp75.000, itu sudah menjadi aturannya jika kamu menginginkan gratis ongkos kirim maka harus menyesuaikan dengan aturan tersebut.

Jadi perhatikan betul – betul persyaratan yang ada, agar kamu bisa menikmati keseruan belanja online dengan promo yang membuat kamu akan jadi lebih hemat.

Perhatikan Metode Pembayaran

Sebelum melakukan pembayaran sebaiknya kamu cek lagi deh barang yang akan kamu beli, apakah sudah sesuai, apa belum?

Apakah harga yang tercantum sudah termasuk ongkos kirim atau belum? jika belum sebaiknya kamu cek tarif ongkir terlebih dahulu. Supaya dapat menyesuaikan dengan budget belanja kamu yang sudah ditentukan sebelumnya.

Jika semuanya sudah sesuai baru kamu melakukan pembayaran dengan memilih beberapa metode pembayaran yang ada toko online tempat kamu belanja.

Bahkan beberapa layanan pembayaran tertentu memberikan potongan pembayaran seperti beberapa bank ternama. Sehingga kamu akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

Pantau Pengiriman Barang

Setelah pembayaran yang kamu lakukan berhasil maka secara otomatis pesananmu dalam proses, kamu cukup menunggu dan kamu dapat memantau keberadaan barang tersebut.

Gimana sih caranya melacak atau memantau barang yang dikirim melalui kurir?

Tenang saja, caranya cukup mudah kok. Kamu cukup dengan cara cek resi pengiriman barang kamu pesan dan kamu akan mengetahui posisi barang yang kamu nanti – nantikan tersebut.

Kesimpulan

Harbolnas sangat menggiurkan bukan?

Banyak sekali hal – hal yang menggiurkan di Hari Belanja Online Nasional ini. Keuntungan tidak hanya di nikmati oleh para penjual saja namun pembeli juga dapat merasakan manfaat dari Harbolnas yang di selenggarakan setiap tahun tersebut.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat ya! jika ada yang belum jelas silahkan tanyakan di kolom komentar. Terimaksih 😀

 

ADVERTISEMENT
`
Author
WRITTEN BY

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.
ADVERTISEMENT

Related Post

Daftar Lengkap Kantor JNE di Semarang yang Harus Kamu Ketahui

22 Jul 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Setelah kami merilis Daftar Lengkap Kantor JNE di Jogja Mulai Dari Kantor Pusat Hingga Agennya bagi Anda yang berdomisili di Yogyakarta, kini kami akan merilis informasi tentang daftar lengkap kantor …

Syarat dan Cara Daftar Menjadi Agen JNE

23 Nov 2020 BY Mufti Syawaludin

Membuka usaha atau bisnis dengan cara menjadi agen JNE untuk saat ini  sangatlah menggiurkan. Apalagi jika anda telah memiliki aset berupa bangunan yang tidak dipakai akan memperkecil modal membuka cabang …

Strategi Marketing Gojek: Analisis SWOT & Bisnis Model Canvas

3 Jul 2020 BY Ifan Prasya

Sebagai Decacorn Super App pertama di Indonesia, wajar rasanya bila kita harus belajar tentang strategi marketing Gojek, mulai dari analisis SWOT hingga bisnis model canvas. Apalagi, Gojek telah berhasil membantu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *