ADVERTISEMENT

Apa Arti Cashback Buat Yang Suka Belanja Online? Simak dulu!

Posted on 11 Des 2020 By Mufti Syawaludin

Sebenarnya sudah pada tau belum sih, apa arti cashback yang sesungguhnya? Bagi kamu yang sering belanja online pasti sering banget berjumpa dengan istilah cashback.

Bahkan para konsumen belanja online sering sekali mengincar barang – barang yang ada promo cashback di setiap Marketplace, e-Commerce, Online Shop favorit mereka.

Ternyata tidak hanya belanja online saja dapat menggunakan cashback tapi beberapa toko seperti yang ada di Mall misalnya, sering kita jumpai poster yang bertuliskan cashback 25% sampai 75% di beberapa produk tertentu.

ADVERTISEMENT

Tidak tepat rasanya sering jumpa namun gak tau arti cashback, bagaimana cara menggunakannya? dan jenis cashback itu ada apa aja? mari simak pembahasan tentang cashback secara lengkap berikut ini:

Arti Cashback

Pengertian Cashback

Cashback terdiri dari kata Cash yang artinya tunai dan Back adalah kembali atau pengembalian, maka cashback biasa diartikan sebagai pengembalian tunai.

Secara umum cashback dapat didefinisikan sebagai pengembalian sejumlah uang tunai atau uang virtual dan atau berupa barang tertentu dalam transaksi yang dilakukan konsumen dengan syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh penyelenggara cashback tersebut.

Pada umumnya cashback tidak betul – betul berupa uang tunai melainkan deposit atau uang virtual yang digunakan sebagai pembayaran digital seperti saldo e-commerce, Shopee-Pay, Go-Pay, Ovo dan masih banyak lagi lainnya.

ADVERTISEMENT

Cashback tersebut dapat kamu gunakan kembali untuk berbelanja kebutuhan yang lainnya, sehingga akan lebih menghemat pengeluaran dalam mencukupi kebutuhan.

[ Baca Juga: 7+ Toko Online Gratis Ongkir di Indonesia ]

Jenis – Jenis Cashback

Jenis Jenis Cashback

Ternyata banyak sekali jenis dari cashback yang harus kamu tahu, agar tidak ketinggalan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Cashback Toko Online

Sering belanja di toko online?

Promosi berupa cashback sering sekali diterapkan oleh toko online sebagai strategi marketing pemasaran mereka. Arti cashback pada toko online sendiri adalah program cashback yang diadakan oleh marketplace untuk para pelanggannya.

Terutama marketplace besar yang menerapkan cashback seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dll.

Biasanya cashback berupa voucher belanja atau pengembalian uang berupa uang virtual atau deposit yang dapat digunakan untuk transaksi berikutnya dengan harga yang lebih murah.

Adapun cara mendapatkannya yaitu dengan cara berbelanja di online shop misalnya dengan cara belanja di shopee pilih promo cashback yang ada di shopee dan perhatikan syarat ketentuan yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara cashback kemudian lakukan transaksi.

ADVERTISEMENT

Seperti contoh berikut ini:

  • Langakah pertama silahkan buka aplikasi Shopee
  • Pilih menu “Cashback & Voucher”, lalu pilih Voucher Cashback yang tersedia
    Cashback di ShopeeSebelum mengeklaim sebaiknya baca dulu syarat dan ketentuan penggunaan voucher tersebut.
  • Jika sudah silahkan klik “klaim”, kemudian cari barang yang diinginkan
  • Seperti biasa, lakukan Checkout terhadap barang yang akan di beli.
    Checkout Barang di Shopee
  • Jangan lupa untuk memasukan Voucher Shopee pada halaman Checkout.
    Gunakan Voucher di Halaman Checkout ShopeeKlik pada kolom “Voucher Shopee Gunakan/ masukan kode>”, kemudian centang pada voucher lalu klik “OK”.
  • Jika sudah, klik “Buat Pesanan”, dan selesaikan proses transaksi seperti biasanya.
    Buat Pesanan di Shopee

Nah, itu dia tadi langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan cashback saat belanja di Shopee.

Contoh belanja di atas menggunakan sistem Pre Order, dimana barang dipesan oleh pembeli kemudian pihak seller akan membelanjakannya di pihak distributor.

Cashback Kartu Kredit

Beberapa bank terkenal menerbitkan kartu kredit dengan berbagai macam keunggulan dari setiap jenis kartu kredit yang ditawarkan pihak bank tersebut. Promo yang ditawarkan pun sangat menggiurkan salah satu diantaranya dengan adanya cashback yang dapat dinikmati oleh para nasabah pengguna kartu kredit.

Dalam kata lain cashback kartu kredit merupakan program yeng diselenggarakan oleh bank untuk memberikan keuntungan bagi penggunanya. Biasanya pengguna kartu kredit sering sekali mendapatkan notifikasi baik melalui email maupun dari akun Mobile Banking yang berupa penawaran menarik dengan transaksi tertentu.

Bahkan ada beberapa bank yang menerbitkan kartu kredit khusus untuk penikmat cashback yaitu kartu kredit cashback.

ADVERTISEMENT

Jenis kartu kredit yang kamu miliki dan jumlah transaksi yang kamu lakukan menentukan besarnya kembalian uang yang kamu dapat. Semakin besar transaksi yang kamu lakukan akan semakin besar pula kembalian uang yang kamu dapat.

Cashback dari kartu kredit ini biasanya tidak langsung bisa kamu dapatkan melainkan ada jeda waktu setelah melakukan transaksi yang biasanya uang kembalian akan kamu dapat bulan berikutnya.

Cashback Kartu Debit

Semua cashback yang akan didapat melalui transaksi menggunakan kartu debit. Tidak hanya kartu kredit yang menawarkan promo cashback namun kartu debit juga tidak mau ketinggalan untuk ikut serta memberikan promo cashback yang dapat dinikmati oleh para nasabahnya.

Cashback e-wallet

E-wallet atau nama lain disebut Dompet Elektronik ini tidak mau ketinggalan untuk memberikan promo menarik berupa cashback yang menarik bagi para penggunanya. Bahkan sangat populer pada zaman yang serba digital seperti saat ini dimana semua transaksi cukup menggunakan e-wallet tanpa harus ribet.

Aplikasi e-wallet itu apa aja sih?

Beberapa e-wallet yang harus kamu tau diantaranya: GoPay, DANA, OVO, LinkAja, Sakuku dan masih banyak lainnya.

Promo yang ditawarkan oleh berbagai macam e-wallet tersebut bervariasi, misalnya saja aplikasi OVO yang bekerjasama dengan salah satu ecommerce terbaik di Indonesia yaitu Tokopedia. Kamu dapat menggunakan saldo OVO yang tersambung di akun Tokopedia untuk mendapatkan cashback yang ditawarkan oleh Online Shop tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Cashback

Kelebihan dan Kekurangan Cashback
©cashbac.com

Yah, dari setiap program yang ada pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Begitu pula dengan program cashback yang banyak diterpakan oleh berbagai macam perusahaan besar. Berikut kelebihan dan kekurangan dari cashback:

Kelebihan Cashback

Telah diutarakan di atas seperti apa arti cashback itu sebenarnya, tampaknya terlihat banyak sekali keuntungan dari program cashback ini yang dapat dinikmati baik penyelenggara maupun konsumen.

Adapun kelebihan cashback dari sisi perusahaan atau penyelenggara diantaranya akan meningkatnya jumlah pengguna baru dan transaksi. Ini membuktikan bahwa loyalitas konsumen terhadap perusahaan pun ikut meningkat karena konsumen akan kembali melakukan transaksi atau belanja yang disebabkan adanya jumlah persentase uang dikembalikan.

Kelebihan cashback bagi konsumen atau pengguna diantaranya dengan adanya uang kembali akan meningkatkan minat belanja konsumen karena dianggap akan menghemat pengeluaran dengan menggunakan cashback saat bertransaksi.

Kekurangan Cashback

Ternyata tidak dibalik kelebihan jika ada kekurangan dari program cashback ini, apa aja sih yang menjadi kekurangan cashback? Berikut ini akan diulas secara lengkap.

  • Syarat dan Ketentuan Berlaku

Syarat Dapat Cashback

Bagi kamu yang ingin menikmati cashback sebaiknya perhatikan dengan teliti syarat dan ketentuan cashback yang telah ditetapkan oleh penyelenggara.

Misalnya pada saat kamu berbelanja online dengan menggunakan bonus cashback yang ada biasanya terdapat minimal belanja. Seperti contoh untuk mendapat cashback 3% kamu harus belanja minimal transaksi Rp1.000.000, jika tidak maka kamu tidak akan mendapat cashback tersebut.

  • Terbatas dengan Masa Berlaku

Masa Berlaku Cashback

Seperti halnya syarat dan ketentuan yang berlaku, dalam program cashback ini juga terdapat masa berlakunya. Agar kamu tidak ketinggalan perhatikan dan catat periode promo yang tertera pada detail informasi cashback tersebut.

Cashback akan hangus jika masa periodenya telah berakhir yang biasanya hanya dalam hitungan hari, minggu, bulan bahkan ada juga hanya dalam waktu jam saja.

  • Tidak Fleksibel

Karena semua ketentuan dari cashback ditentukan oleh perusahaan atau penyelenggara maka para konsumen tidak dapat menentukan bentuk dari cashback tersebut. Konsumen hanya bisa mengikuti apa yang telah menjadi ketentuan penyelenggara jika ingin mendapatkannya.

  • Jeda waktu Pemberian

Tidak semua cashback langsung diterima konsumen setelah melakukan transaksi, biasanya ada beberapa yang memerlukan jeda waktu pemberian cashback tersebut sampai diterima konsumen.

Tips Mendapatkan Promo Cashback Lebih Banyak

Tips Mendapatkan Promo Cashback Lebih Banyak
© shopee.co.id

Beberapa tips berikut dapat kamu coba bila ingin mendapatkan cashback yang lebih banyak

  • Memiliki aplikasi pembayaran digital atau disebut Domet Digital (E-Wallet). Bagi kamu yang ingin berburu promo cashback lebih banyak sebaiknya siapkan aplikasi ini karena banyak sekali program cashback yang ditawarkan dan penggunaannya cukup mudah.
  • Belanja di Toko Online. Banyak akun marketplace yang kamu miliki akan memperbanyak peluang kamu untuk mendapatkan cashback.
  • Pilih Persentase Cashback yang besar. Semakin besar persentase cashback makan akan semakin besar pula uang kembali yang akan kamu dapat, apalagi dengan jumlah pembayaran yang besar.

[ Baca Juga: 11 Tips Belanja Online Agar Aman dan Terhindar Penipuan ]

*****

Nah itu dia Arti Cashback beserta jenis dan kelebihan kekurangannya. Semoga artikel ini menambah pemahaman kamu mengenai cashback ya!

Agar menghemat pengeluaran, tidak ada salahnya jika kamu berburu promo cashback melalui beberapa jenis cashback seperti belanja di Toko Online kepercayaan kamu.

Mungkin sekian dulu ya! Pembahasan kita mengenai Cashback, Jika masih ada yang belum paham bisa ditanyakan melalui kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat 🙂

Author
WRITTEN BY

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.

Related Post

Cara Menambah Followers Tiktok Agar Makin Terkenal (Ampuh!)

10 Agu 2021 BY Aorinka Anendya

Kamu ingin tahu bagaimana cara menambah followers TikTok agar lebih banyak dan makin terkenal? Apapun akun kamu, baik pribadi maupun akun produk, memiliki followers yang banyak tentu akan membawa manfaatnya …

Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee Paling Mudah [+Lengkap]

25 Mar 2021 BY Mufti Syawaludin

Pada saat membeli barang di Shopee dan sudah melakukan checkout atau bahkan terlanjur membayar namun Anda merasa ada yang salah sehingga ingin cancel pesanan tersebut. Untuk itu, Anda perlu tahu …

10 Tema WordPress Terbaik Dan SEO Friendly [Gratis & Premium!]

9 Jul 2021 BY Aorinka Anendya

Saat membuat website, kamu perlu memilih tema WordPress terbaik dan SEO Friendly. Mengapa demikian? Karena website kamu nanti pasti akan di ranking oleh mesin pencari dan tema WordPress yang SEO …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *