ADVERTISEMENT

Cara Membatalkan Pesanan Akulaku Dengan/Tanpa DP [+Syaratnya]

Posted on 30 Mei 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Cara membatalkan pesanan Akulaku sebetulnya sangat mudah apabila belum dibayar. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan pembatalan jika mengalami masalah seperti salah beli produk atau tidak ada respon penjual.

Lantas, bagaimana pesanan yang sudah di dp, yang sudah dibayar atau bahkan sudah dikirim? Apakah tetap bisa dibatalkan? Nah, itu bisa kamu lakukan dengan cara mengajukan refund.

Gimana caranya? Yuk temukan jawabannya di tulisan berikut ini. Jangan kemana-mana, stay tuned!

ADVERTISEMENT

Bisakah Membatalkan Pesanan di Akulaku?

Dalam proses transaksi, tidak jarang pembeli mengalami masalah yang menuntut mereka untuk membatalkan pesanan yang sudah dibuat. Misal, karena salah membeli barang, respon penjual lama, pengiriman lama, dan lain sebagainya.

Seperti yang diketahui, pengiriman barang di Akulaku memang terbilang lama. Yakni bisa mencapai 7 hingga 14 hari. Bahkan, di beberapa kasus ada pembeli yang baru menerima pesanan 1 bulan setelah melakukan pembelian.

Untungnya, pengguna bisa lho membatalkan pesanan di Akulaku. Memang sejauh ini banyak yang mengeluh karena sulit melakukannya. Banyak juga yang khawatir apakah DP bisa diambil kembali. Jika bisa, dana masuk kemana.

Tapi tenang, nyatanya kamu bisa melakukan pembatalan pesanan sekaligus mengajukan pengembalian dana. Tentu dengan syarat dan prosedur tertentu. Yuk, lanjut pembahasan di bawah ini.

ADVERTISEMENT

Bagaimana Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku?

Sebetulnya cara membatalkan pesanan Akulaku sangat mudah apalagi jika kamu belum melakukan pembayaran. Atau apabila pesanan belum diproses oleh penjual.

Dalam konteks tersebut, kamu bisa melakukan pembatalan lewat fitur Batal Pesanan yang ada di aplikasi.

Berbeda jika pesanan sudah dibayarkan atau telah diproses oleh pihak pelapak karena harus mengajukan refund.

Apa itu refund Akulaku? Refund adalah proses pengembalian sebagian atau keseluruhan dana yang sudah dibayar untuk pesanan tertentu. 

Namun demikian, pembatalan pesanan baik yang belum maupun sudah dibayar tetap harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

ADVERTISEMENT

Hal tersebut menjadi pertimbangan apakah pengajuan diterima / ditolak oleh pelapak maupun tim Akulaku sendiri. Lalu, apa saja sih syarat dan ketentuannya?

Syarat & Ketentuan Membatalkan Pesanan Akulaku

Ada beberapa kondisi dan syarat tertentu yang membolehkan pembeli membatalkan pesanan, diantaranya sebagai berikut:

  • Pembeli tidak melakukan pembayaran dalam waktu 1×24 jam. 

Apabila kamu tidak membayar dalam 1×24 jam, biasanya Akulaku akan secara otomatis membatalkan pesanan yang sudah dibuat. Jadi, dalam konteks ini kamu tidak perlu melakukan tindakan apa-apa karena pesanan akan secara otomatis dibatalkan.

  • Penjual belum memproses pesanan dalam jangka waktu lama. 

Kamu juga bisa membatalkan pesanan apabila penjual sudah melakukan konfirmasi, namun belum segera memproses pesanan hingga tenggat waktu yang berlaku.

  • Terjadi kesalahan dalam membeli produk. 

Apabila mengalami kesalahan dalam memesan produk, seperti ukuran, warna, variasi dan sebagainya, segera lakukan pembatalan. Usahakan kamu melakukan pembatalan di hari yang sama ketika memesan.

ADVERTISEMENT
  • Stok produk habis / kosong.

Jika terjadi hal demikian, pelapak biasanya akan menghubungi kamu via chat atau WA dan menyarankan untuk refund.

  • Penjual belum mengatur pengiriman.

Syarat terakhir yang membolehkan kamu membatalkan pesanan adalah ketika penjual tidak kunjung mengatur pengiriman. Jika menemui hal ini, kamu bisa segera mengajukan refund ke pihak Akulaku.

4 Cara Membatalkan Pesanan Akulaku

Sama dengan cara membatalkan pesanan TikTok Shop, pembatalan pesanan Akulaku bisa melalui chat ke seller dan CS, kecuali apabila kamu belum membayar pesanan.

Jika belum terjadi pembayaran, maka pembatalan pesanan bisa dilakukan di aplikasi secara otomatis. Lain lagi kalau pesanan sudah dibayar, kamu harus mengajukan refund.

Ada 4 pilihan yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pembatalan pesanan di aplikasi belanja online Akulaku.

Setelah memenuhi salah satu kondisi atau syarat di atas, selanjutnya kamu bisa membatalkan pesanan di Akulaku melalui salah satu dari 4 langkah berikut.

1. Pembatalan Pesanan Via Chat ke Penjual

Hal ini berlaku apabila terdapat masalah pada pesanan, misalnya pengiriman lama atau barang tidak sesuai. Jika mengalami hal berikut, silakan hubungi seller, bisa via chat atau WA.

Jika pihak seller tidak merespon atau tidak memberikan solusi yang tepat, maka simpan riwayat chat tersebut. Riwayat chat ini bisa jadi salah satu bukti untuk memproses pembatalan pesanan ke CS Akulaku.

2. Menggunakan Menu Pusat Bantuan

Selain cara di atas, kamu bisa membatalkan transaksi melalui fitur Pusat Bantuan yang ada di aplikasi. Caranya mudah, cukup login aplikasi lalu klik menu Personal, pilih Pusat Bantuan.

Laman: 1 2 3

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

10 Plugin SEO WordPress Terbaik untuk Toko Online

6 Mar 2020 BY Nisa Husnainna

10 Plugin SEO WordPress Terbaik untuk Toko Online – Siapa yang tidak mau website-nya menduduki peringkat paling atas di mesin pencari? Tentu saja kamu mau website-mu muncul di halaman pertama …

Cara Belanja di Shopee Bagi Pemula + Tips Lainnya

10 Nov 2020 BY Mufti Syawaludin

Kali ini kami akan berbagi Cara Belanja di Shopee Bagi Pemula dan beberapa tips lainnya yang akan membantu perjalanan belanja online kamu. Shopee merupakan e-commerce yang tergolong baru hadir di …

Perbedaan Jasa Pengiriman J&T Express dan JET, Sama atau Beda?

27 Mei 2021 BY Aorinka Anendya

Tahukah kamu bahwa terdapat perbedaan jasa pengiriman J&T Express dan JET? Mungkin diantara kamu banyak yang mengira bahwa jasa kirim ini merupakan satu perusahaan. Padahal aslinya berbeda loh. Anggapan pelanggan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *