Cara Investasi Emas di Shopee: Keuntungan, Kerugian, Daftar & Jualnya

Posted on 6 Apr 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Mau investasi jangka panjang yang mudah, praktis dan aman? Nabung emas aja! Sekarang di Shopee sudah tersedia lho layanan tabungan emas online. Seperti apa sih syarat dan cara investasi emas di Shopee?

Selain ShopeePay dan SPayLater, belum lama ini Shopee juga meluncurkan layanan abru untuk menabung emas. Tabungan emas Shopee merupakan hasil kolaborasi dengan Pegadaian yang diluncurkan sejak Oktober 2020 lalu.

Fitur ini bertujuan untuk memudahkan setiap orang untuk investasi emas sekaligus memperluas jangkauan produk emas di kalangan masyarakat.

Untuk bisa menabung emas, pengguna Shopee harus memenuhi syarat dan ketentuan agar dapat memiliki tabungan emas sebagai langkah awal investasi. Bagi kalian yang tertarik, yuk simak info selengkapnya berikut ini.

Investasi Emas Shopee itu Apa?

Merupakan layanan Tabungan Emas yang memungkinkan pengguna Shopee berinvestasi emas secara online di fitur Tabungan Emas yang tersedia di aplikasi Shopee mulai dari Rp 500.

ADVERTISEMENT

Layanan ini merupakan hasil kerja sama antara Shopee dengan PT Pegadaian yang sudah resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Sehingga menabung emas di Shopee bisa dipercaya dan dipastikan sangat aman.

Karena termasuk dalam kategori investasi emas digital, Tabungan Emas Shopee terbilang sangat praktis. Sebab, pengguna dapat berinvestasi secara online dimana saja dan kapan saja asal terhubung internet dan dapat mengakses Shopee.

Bukan itu saja, fasilitas ini juga sangat memudahkan karena melayani pembelian dengan tarif rendah, mulai dari Rp 500. Hal ini sengaja dilakukan oleh pihak Shopee untuk mempermudah pelanggannya dalam berinvestasi emas.

Keuntungan & Kerugian Tabungan Emas Shopee

Nabung emas di Shopee untung atau rugi sih? Sebetulnya Tabungan Emas Shopee merupakan fitur menarik. Dengan fitur ini, kita bisa berinvestasi emas secara online secara rutin dengan modal yang sedikit, yakni mulai dari Rp 500.

Artinya, kita tidak perlu repot-repot mengumpulkan banyak uang untuk membeli emas dan menyimpannya sendiri. Yang mana hal tersebut sangat rentan akan kejadian yang tidak diinginkan, misal kehilangan.

Tapi, layanan ini tentu tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan. Berikut kami jabarkan sejumlah keuntungan dan kerugian memulai tabungan emas di Shopee.

Keuntungan Investasi Emas di Shopee

ADVERTISEMENT

Dikutip dari situs resmi shopee.co.id, ada beberapa manfaat dan keuntungan menabung emas di Shopee, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Investasi emas yang mudah dan praktis.
  • Tidak butuh modal besar karena bisa menabung emas dengan cicilan mulai dari Rp 500 saja.
  • Tidak dikenakan biaya administrasi.
  • Terdapat bonus dan promo pembelian emas di Shopee.
  • Bisa bebas pilih untuk cetak emas fisik maupun emas digital.
  • Investasi jangka panjang yang terpercaya dan dijamin aman.
  • Aksesnya mudah bisa dimana dan kapan saja.
  • Pembelian dan proses registrasi dan transaksi yang mudah.
  • Proses pencairan emas bisa dilakukan kapanpun dan terjamin aman karena diawasi OJK.
  • Pilihan cetakan emas yang beragam dan lengkap, mulai dari Antam, UBS, dan Galeri 24.

Kerugian Menabung Emas di Shopee

Karena hanya tersedia secara online, investasi emas Shopee memiliki kekurangan seperti berikut:

  • Kurang bisa menjangkau masyarakat secara luas karena hanya terbatas pada pengguna Shopee.
  • Hanya dapat diakses oleh masyarakat yang memiliki gadget (smartphone maupun pc).
  • Membutuhkan akses internet yang stabil.

Setelah melihat kelebihan dan kekurangan di atas, gimana menurutmu nabung emas di Shopee? Kalau tertarik dan ingin mencobanya, yuk simak apa saja syarat dan bagaimana cara memulai tabungan emas Shopee.

Bagaimana Cara Kerja Tabungan Emas Shopee?

Cara kerja investasi emas di Shopee sebetulnya sangat sederhana. Fitur ini menawarkan jasa pembelian dan titip emas di Shopee. Dengan begitu, pengguna dapat berinvestasi emas secara mudah, aman, nyaman dan terjangkau.

Bedanya dengan investasi emas konvensional, pembelian dan proses titip emas dilakukan secara online yakni melalui akses aplikasi Shopee di perangkat HP atau komputer. Hal ini tentu lebih praktis karena investasi bisa dilakukan secara lebih fleksibel.

ADVERTISEMENT

Sementara pengguna bisa memilih untuk menggunakan emas digital atau emas fisik yang dapat dicetak di gerai Pegadaian. Untuk pencetakan emas fisik dapat dilakukan apabila sudah mempunyai saldo minimal emas seberat 1 gram.

Apa Syarat & Ketentuan Tabungan Emas Shopee?

Untuk bisa berinvestasi emas di Shopee, syarat utama bagi pengguna baru adalah dengan membuka Tabungan Emas yang dapat diaktifkan melalui aplikasi Shopee.

Namun, sebelum membuka tabungan emas, pengguna harus terlebih dahulu memperhatikan beberapa persyaratan sebagai berikut:

  • Wajib investasi awal untuk isi saldo dengan minimal pembelian Rp 500.
  • Pembelian emas selanjutnya berlaku mulai dari nominal Rp 5.000.
  • Wajib mempunyai saldo tetap yang tidak dapat ditarik (mengendap) sebesar 0,05 gram.
  • Bisa transfer emas ke pengguna Shopee lainnya dengan minimal transfer 0,01 gram dan maksimal transfer 100 gram.
  • Mendapatkan buku tabungan nasabah dengan cara datang ke kantor Pegadaian yang didaftarkan.

Setelah memenuhi persyaratan di atas, pengguna baru bisa segera melakukan pembukaan tabungan emas online melalui aplikasi. Baru setelah itu bisa langsung memulai investasi emas melalui langkah di bawah ini.

Bagaimana Cara Investasi Emas di Shopee?

Untuk mulai berinvestasi, kamu wajib melakukan pembelian emas di aplikasi Shopee. Berikut cara investasi emas digital di Shopee:

  • Buka aplikasi Shopee > lakukan login dengan username dan kata sandi.
  • Di halaman Beranda, pilih menu Pulsa, Tagihan dan Hiburan.
  • Klik pilihan Tabungan Emas > klik Beli.
  • Atur jumlah pembelian emas dalam bentuk gram atau Rupiah. Untuk pembelian dalam gram, tersedia pilihan mulai dari 0,0006 gram. Sementara pembelian dalam rupiah mulai dari Rp 500.
  • Lengkapi data diri sesuai identitas agar bisa melanjutkan proses verifikasi KTP. Ikuti instruksi hingga proses registrasi selesai.
  • Lakukan pembayaran sebagai tahap akhir registrasi (menggunakan metode pembayaran yang tersedia di aplikasi).

Setelah tahap pembayaran selesai, saldo emas yang sudah kamu beli akan otomatis tersimpan dan tercatat di menu Tabungan Emas Shopee pada akun. Kamu bisa memantaunya setiap saat melalui aplikasi.

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Related Post

Pengiriman JNE YES Berapa Hari Sampai?

27 Des 2019 BY Nisa Husnainna

Pengiriman JNE YES Berapa Hari Sampai? – Sebagai perusahaan jasa ekspedisi yang telah berpengalaman selama hampir 30 tahun, JNE terus berupaya meningkatkan pelayanannya.Salah satunya dengan menciptakan layanan pengiriman kilat bernama …

Cara Kirim Barang Cair, Paket Aman Tak Ditolak JNE, J&T, DLL

28 Jul 2022 BY Moch. Nasikhun Amin

Pernahkah Anda mencoba kirim cairan lewat ekspedisi seperti JNE, J&T, Anteraja, atau yang lainnya, tapi ketika sampai di kantor pengiriman, tim ekspedisi menolaknya?Hal ini karena benda cair seperti yang banyak …

Inilah Pentingnya Nomor Resi Bagi Pelanggan Toko Online Anda

17 Mei 2019 BY Nisa Husnainna

Pentingnya nomor resibagi pelanggan – Nomor resi saat ini menjadi hal yang seringkali ditanyakan oleh pembeli ketika mereka berbelanja di toko online. Dengan perkembangan dunia teknologi dan internet, pembeli maupun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *