ADVERTISEMENT

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Sudah Dikirim oleh Penjual

Posted on 31 Mar 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Anda mungkin sudah pernah melakukan pembatalan pesanan Shopee yang sudah dibayar. Tapi bagaimana jika barang sudah dikirim? Melalui artikel berikut, kita akan ulas cara membatalkan pesanan di shopee yang sudah dikirim.

Berubah pikiran setelah belanja online memang seringkali terjadi. Tidak heran banyak pengguna Shopee yang membatalkan pesanan. Baik dilakukan sebelum membayar pesanan bahkan yang sampai saat proses pengiriman.

Cara membatalkan pesanan di Shopee sebetulnya bisa dan sah-sah saja. Namun, tidak semua pesanan bisa dibatalkan. Untuk mengetahui apakah pesanan yang sudah dikirim bisa dibatalkan, yuk simak info selengkapnya berikut ini.

ADVERTISEMENT

Apakah Bisa Membatalkan Pesanan Shopee yang Sudah Dikirim?

Sebelum menjawab, mari pahami beberapa peraturan terkait pembatalan pesanan di Shopee berikut ini:

  1. Pembatalan hanya boleh dilakukan maksimal 1x saja untuk 1 pesanan / transaksi.
  2. Apabila pesanan masih dalam status belum dibayar, pembatalan pesanan bisa dilakukan secara otomatis dan lebih mudah. Pengguna juga bisa memilih produk mana yang akan dibatalkan.
  3. Apabila pesanan sudah dalam status dikemas, maka pembeli tidak dapat menetukan produk mana yang ingin dibatalkan pesanannya.
  4. Pembatalan pesanan tidak berlaku apabila pesanan sudah dalam status dikirim. 

Jadi, untuk menjawab pertanyaan bisakah membatalkan pesanan yang telah dikirim, maka  jawabannya: tidak bisa.

Sesuai aturan Shopee, pesanan yang sudah dikirim tidak bisa dibatalkan, melainkan bisa dengan dikembalikan melalui proses retur / pengembalian barang. Itupun jika pihak penjual menyetujui pengajuan pengembalian barang.

Sebetulnya Shopee menyediakan fitur Pembatalan Pesanan tapi itu hanya berlaku untuk pesanan yang belum dibayar atau sudah dibayar saja.

Sementara jika pesanan sudah dikirim, Anda hanya bisa membatalkan setelah barang sampai ke tangan Anda. Lalu setelah itu mengajukan pengembalian barang atas kesepakatan dengan pihak penjual.

ADVERTISEMENT

Bagaimana Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Sudah Dikirim?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Shopee tidak menyediakan layanan pembatalan pesanan bagi produk yang sudah dalam proses pengiriman. Solusinya adalah dengan mengajukan permintaan retur atau pengembalian barang.

Hal ini sepertinya juga berlaku untuk marketplace lain seperti Tokopedia, Blibli maupun Lazada.

Nah, bagi kalian yang tetap ingin membatalkan pesanan yang telah dikirim, silakan ajukan pengembalian barang melalui fitur Shopee. Itupun dengan syarat dan ketentuan khusus ya. Misalnya, apabila barang tidak sesuai deskripsi, cacat, atau disebabkan alasan logis lainnya.

Cara mengajukan pengembalian barang cukup mudah, Anda bisa ikuti tutorialnya di artikel berikut.

Cara Mengajukan Pengembalian Barang Di Shopee Paling Mudah

Apabila Anda tetap ingin mengajukan pembatalan pesanan, pastikan pesanan masih belum dibayar atau bisa setelah dibayar tapi masih dalam status dikemas. Anda bisa simak tutorialnya di bawah ini.

Cara Membatalkan Pesanan yang Belum Dibayar

Untuk pembatalan pesanan yang belum dibayar, langkahnya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Shopee > lakukan login akun.
  • Klik menu Saya > Pesanan Saya > klik pilihan Belum Bayar.
  • Pilih dan klik pesanan yang ingin dibatalkan.
  • Pilih menu Batalkan Pesanan > klik Alasan Pembatalan.
  • Pilih Konfirmasi untuk menyelesaikan proses pembatalan.
  • Selesai.

Cara Membatalkan Pesanan yang Telah Dibayar

Untuk pembatalan pesanan yang telah dibayar caranya hampir sama yaitu sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Shopee > lakukan login akun.
  • Klik menu Saya > Pesanan Saya > klik pilihan Dikemas.
  • Klik pada pesanan yang ingin dibatalkan.
  • Pilih menu Batalkan Pesanan > klik Alasan Pembatalan.
  • Ajukan pembatalan dengan cara klik Konfirmasi untuk menyelesaikan proses pembatalan.
  • Selesai.

Gimana? Mudah bukan? Nah, bagaimana jika pesanan dibatalkan tapi tetap dikirim Shopee atau dikirim oleh penjual? Biasanya hal ini jarang terjadi. Namun jika kamu mengalaminya, silakan hubungi pihak call center Shopee dan sampaikan masalah tersebut. 

Apakah Pembayaran COD Bisa Dibatalkan?

Hampir sama dengan pesanan lainnya di Shopee, pesanan dengan sistem COD dapat dibatalkan, baik sebelum/sesudah melakukan pembayaran. Yang tidak bisa adalah apabila pesanan sudah masuk dalam daftar pengiriman / sedang dikirim. 

ADVERTISEMENT

Apabila barang sudah terlanjur dikirim oleh penjual, maka satu-satunya jalan yang bisa kamu lakukan adalah mengajukan pengembalian barang.

Itu juga hanya berlaku jika pesanan tidak sesuai dengan deskripsi atau memiliki masalah lainnya. Jika tidak, Anda tidak bisa secara sepihak mengadakan pembatalan pesanan. 

Bagaimana Cara Membatalkan Pesanan COD yang Sudah Dikirim?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pesanan yang sudah dikirim tidak dapat dibatalkan. Hal ini juga berlaku untuk pesanan dengan sistem pembayaran COD.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengajukan pengembalian barang. Itupun Anda harus mencapai kesepakatan dengan penjual terlebih dahulu.

Jika tetap ingin mengajukan pembatalan, pastikan status pesanan masih dikemas. Langkah-langkah membatalkan pesanan COD adalah sebagai berikut:

ADVERTISEMENT
  • Buka aplikasi Shopee > lakukan login akun.
  • Klik menu Saya > Pesanan Saya > klik pilihan Dikemas.
  • Klik pada pesanan yang ingin dibatalkan.
  • Pilih menu Batalkan Pesanan > klik Alasan Pembatalan.
  • Ajukan pembatalan dengan cara klik Konfirmasi untuk menyelesaikan proses pembatalan.
  • Selesai.

Penutup

Nah, itulah tadi ulasan mengenai cara membatalkan pesanan di shopee yang sudah dikirim. Kesimpulannya, pesanan yang sedang dalam proses pengiriman tidak bisa dibatalkan baik oleh Anda sebagai pembeli maupun oleh penjual.

Apabila terjadi pembatalan secara sepihak maka akan merugikan pihak lainnya. Dan hal ini biasanya akan ditangani langsung oleh pihak Shopee.

Baiklah cukup sekian saja dulu ya. Jika kebetulan Anda punya pengalaman membatalkan pesanan di Shopee, bisa juga dishare di kolom komentar berikut. 

Buat kalian yang butuh info cek resi dan cek tarif jasa ekspedisi, silakan akses link URL berikut ini.

Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel kami lainnya. Terima kasih.

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

Cara Menghapus Produk Shopee di HP & Laptop Termudah untuk Pemula

23 Mar 2022 BY Ayu Triworo

Cara menghapus produk Shopee sebetulnya sangat mudah. Kamu bisa melakukannya lewat aplikasi atau website, baik memakai perangkat smarpthone maupun PC. Produk dapat dihapus satu per satu maupun secara massal sekaligus.  …

Daftar Kantor dan Agen JNE Banjarmasin Lengkap

20 Mar 2020 BY Nisa Husnainna

Daftar Kantor dan Agen JNE Banjarmasin Lengkap – Lalu lintas pengiriman barang menggunakan ekspedisi JNE dari dan menuju Kota Banjarmasin tergolong cukup padat. Kota yang dijuluki dengan sebutan Kota Seribu …

Cara Mengisi Saldo DANA Melalui ATM Bank dan Minimarket [+Lengkap]

25 Jan 2021 BY Mufti Syawaludin

Sudah tahu belum, cara mengisi saldo DANA yang mudah dan praktis? Jika belum kali ini kita akan bahas secara detail dengan berbagai macam metode yang digunakan untuk Top Up saldo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *