Cara Kirim Barang Cair, Paket Aman Tak Ditolak JNE, J&T, DLL

Posted on 28 Jul 2022 By Moch. Nasikhun Amin
ADVERTISEMENT

Pernahkah Anda mencoba kirim cairan lewat ekspedisi seperti JNE, J&T, Anteraja, atau yang lainnya, tapi ketika sampai di kantor pengiriman, tim ekspedisi menolaknya?

Hal ini karena benda cair seperti yang banyak dikirim pemilik bisnis kecantikan, baik kimia dan non-kimia, memiliki risiko dalam pengirimannya.

Maka dari itu Anda perlu memahami cara kirim barang cair ke J&T, Anteraja, dll dengan benar. Selain cara pengiriman, Anda juga perlu mengetahui expedisi apa saja yang bisa kirim barang cair.

Berikut rangkuman lengkapnya. Markisim. Mari kita simak ~

Cara Kirim Barang Cair yang Aman Tidak Ditolak

Jika Anda memiliki usaha yang produk utamanya berupa cairan non-kimia, seperti minuman, madu, hingga yang kimia seperti parfum, maka kirim paket cairan tersebut ada triknya.

Karena pengiriman benda cair baik melalui JNE, J&T, Wahana, Anteraja dan ekspedisi yang semisal tidak ingin ada tumpahan, tetesan hingga cipratan ketika proses pengiriman.

1. Menggunakan Packing Khusus

ADVERTISEMENT

Yang pertama harus Anda perhatikan sebelum mengirim adalah tentukan apakah produk cairan tersebut berupa cairan kimia atau non-kimia.

a. Non-Kimia/Cairan Biasa

Jika produk cairan yang Anda kirim bukan cairan kimia, seperti minuman atau madu, Anda cukup mengemasnya dengan botol plastik rapat dan bisa dikirim ke JNE, J&T hingga TIKI.

Sementara itu, jika kemasannya memiliki ukuran lebih dari 1 liter, maka alangkah lebih baik jika Anda melapisi dengan packing kayu.

Untuk packing kayu, Anda juga bisa meminta packing kayu JNE dengan harga menyesuaikan ukuran barang.

b. Kimia

Sementara itu, mengirim parfum ke luar pulau atau dalam pulau, belum terdapat informasi apakah pengiriman bahan kimia tersebut bisa dilakukan melalui J&T, JNE dan yang semisal.

Karena menurut beberapa sumber, ada yang dapat membeli parfum melalui marketplace dan bisa dikirim menggunakan ekspedisi.

ADVERTISEMENT

Namun karena produk kimia seperti parfum mudah meledak, Anda perlu konsultasikan ke ekspedisi terkait. Jangan lupa juga menanyakan ketentuan packing-nya, ya.

Di sisi lain, jika Anda hendak mengirim paket berupa cairan disinfektan yang tidak bisa meledak, Anda bisa mengirim menggunakan botol yang kuat.

c. Botol Kaca

Selain jenis produknya, juga perlu diperhatikan untuk packing yang produknya berupa botol kaca.

Anda perlu membungkusnya menggunakan plastik terlebih dahulu untuk menghindari rembesan yang mungkin terjadi.

Kemudian lapisi dengan bubble wrap untuk melindungi produk dari kemungkinan pecah. Setelah itu baru perkuat

Jika Anda menggunakan J&T, bisa juga untuk kirim cairan meski di dalam botol kaca. Namun tetap memperhatikan cara packing tadi.

2. Memberitahu Petugas

Langkah selanjutnya setelah selesai melakukan packing barang cair tersebut, Anda perlu memberi tahu tim expedisi JNE atau layanan yang serupa terkait dengan isi barangnya.

Dengan melakukan konfirmasi terlebih dahulu, petugas dapat memberi perlakuan khusus terhadap paket yang Anda kirimkan.

ADVERTISEMENT

Selain itu, jika mungkin packingnya kurang Aman, petugas bisa memberi tahu cara packing yang aman untuk barang cair dan mudah pecah.

3. Memberi Label Tanda Khusus

Mungkin bagi pemilik yang sering mengirim cairan seperti lotion hingga parfum atau hendak mencari cara mengirim minuman ke luar kota, Anda perlu memberi label.

Label di sini adalah stiker dengan tulisan “FRAGILE” atau “MUDAH PECAH”. Stiker ini sebaiknya juga menempel di sekeliling kardus paket.

Dengan menempelkan label tersebut, baik petugas atau kurir jadi tau jika barang tersebut butuh perlakuan khusus.

4. Menyiapkan Asuransi Pengiriman

Karena produk cairan tersebut memiliki risiko kerusakan yang lebih tinggi dibanding dengan barang lain, lebih baik Anda juga membayar untuk biaya asuransi.

Biaya ini biasanya bisa diberikan juga pada layanan pengiriman seperti JNE, J&T Wahana, TIKI dan yang lainnya.

Bisakah Kirim Barang Cair via JNE, J&T, Wahana, DLL? Ini Daftarnya

Jika persiapan pengiriman dan packing barang cair sudah siap, maka saatnya memilih jasa ekspedisi pengiriman barang yang tepat.

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Moch. Nasikhun Amin

A late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A long-life learner who consciously takes cues from the surroundings without being asked to.

Related Post

JNE Cashless: Tanpa Bayar Tunai, Kirim Barang Jadi Praktis

12 Jun 2020 BY Ifan Prasya

Buat para seller yang jualan di Bukalapak, Shopee, Lazada; pasti sering melihat opsi jasa kirim JNE Cashless. Namun, banyak yang masih belum paham bagaimana sistem kerjanya.Atau malah baru dengar istilah …

Gojek vs Grab di Mata Pengguna & Driver: Lebih Bagus Mana?

23 Jun 2020 BY Ifan Prasya

Kalau Anda kemari, berarti ada dua kemungkinan: 1) Anda sebagai pengguna layanan yang ingin membandingkan Gojek vs Grab, 2) Anda berminat menjadi mitra dan ingin memilih di antara keduanya.Maka, kami …

Info Batas FUP Indihome 2022 Dan Cara Cek FUP Terbaru [+Lengkap]

26 Mei 2022 BY Mufti Syawaludin

FUP Indihome merupakan solusi untuk mengatasi masalah koneksi internet tidak stabil yang kerap muncul. Tujuannya adalah agar seluruh pengguna Indihome dapat mengakses internet dengan lancar tanpa kendala.Sayangnya, banyak pengguna belum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *