ADVERTISEMENT

Cara Melakukan Konfirmasi Pembayaran di Toko Online

Posted on 20 Mar 2019 By Nisa Husnainna

Cara Melakukan Konfirmasi Pembayaran – Saat ini banyak tersedia payment gateway untuk pembayaran yang terintegrasi pada toko online. Akan tetapi, untuk dapat mengintegrasikannya merupakan sebuah tantangan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan Anda harus melengkapi persyaratan administrasi yang cukup repot agar payment getway tersebut dapat terintegrasi dengan toko online Anda.

Walaupun menggunakan fitur konfirmasi manual, Tonjoo telah menyediakan form yang sangat mudah digunakan oleh customer. Form ini juga memiliki fitur :

Pengecekan nomor order yang harus benar

Penggunaan fitur Konfirmasi Pembayaran Tonjoo akan menghindari pemilik toko online dari customer-customer nakal atau berbohong mengenai pesanannya. Inilah kelebihan dari fitur ini karena dalam meng-input nomor order-nya, customer harus memasukkan nomor yang benar. Customer yang tidak jujur (misal memasukkan nomor yang salah atau asal-asalan) tidak akan bisa untuk melakukan konfirmasi pembayaran karena form-nya tidak akan terkirim.

ADVERTISEMENT

 

Pengecekan jumlah uang ditransfer harus benar

Selain nomor order, nominal jumlah uang yang ditransfer pun harus benar. Hal ini tentu akan meminimalisir kerugian akibat kesalahan nominal transfer.

 

Pengecekan email

Setelah customer memasukkan data dengan benar, admin atau Customer Support (CS) akan mendapat email notifikasi. Dengan adanya pengecekan tersebut, CS tidak akan mendapat notifikasi konfirmasi pembayaran yang tidak berguna ataupun salah input.

Maka dari itu, dengan pertimbangan hal-hal di atas, menggunakan sistem pembayaran transfer bank langsung ke akun toko online masih menjadi solusi yang cukup handal. Apalagi jika didukung Plugin Ongkos Kirim yang mempermudah pelanggan Anda dalam melakukan konfirmasi ke sistem pembayaran.

Konfirmasi pembayaran penting dilakukan guna memverifikasi bukti transfer sehingga pesanan dapat segera diproses. Hal ini dapat dilakukan melalui Plugin Konfirmasi Pembayaran Tonjoo yang bisa Anda peroleh di: https://tonjoostudio.com/product/plugin-konfirmasi-pembayaran/

ADVERTISEMENT

Plugin Konfirmasi Pembayaran berfungsi untuk mempermudah customer Anda dalam melakukan konfirmasi bukti pembayaran. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda arahkan pada customer setelah mereka melakukan pembayaran.

1. Pada halaman website, pilih menu ‘Payment Confirmation’. Apabila pada website Anda belum tersedia menu ini, silakan baca tutorial berikut: Cara Membuat Form Konfirmasi Pembayaran

1

 

2. Isi form Payment Confirmation dengan lengkap dan benar.

Sistem pengecekan Order Number, Tanggal, serta Email ini digunakan agar tidak ada customer jahil yang meng-input data yang tidak diperlukan ke dalam sistem.

2

 

3. Pengisian form Payment Confirmation harus dilakukan dengan benar agar form dapat terkirim. Kolom ‘Order Number’ diisi dengan nomor order yang didapatkan oleh customer ketika ia membeli barang (seperti yang terdapat pada kotak merah di bawah ini). Jika order number tidak sesuai dengan order number si pelanggan, maka form tidak akan terkirim.

3

 

Sedangkan untuk kolom ‘Payment Amount’, isikan dengan jumlah pembayaran (tanpa tanda baca titik). Berikut adalah contoh pengisian form Payment Confirmation yang benar:

ADVERTISEMENT

4

 

4. Setelah form diisi dengan lengkap dan bukti pembayaran telah diunggah, klik ‘SEND’.

5. Apabila customer telah berhasil melakukan konfirmasi pembayaran, akan muncul notifikasi seperti berikut:

5

6. Selesai! Setelah customer selesai melakukan konfirmasi pembayaran, Anda dapat melihatnya pada area back-end website Anda.

6

 

Cara Memeriksa Konfirmasi Pembayaran (Oleh Admin) baca selengkapnya di: Cara Mengubah Status Konfirmasi Pembayaran oleh Admin

 

Sekarang, pembeli dapat mengkonfirmasi pembayarannya dengan mudah dan Customer Support (CS) toko Anda pun tidak repot lagi memeriksa secara manual setiap konfirmasi yang masuk. Cukup memantau dari satu layar dan pesanan pun siap diproses lebih lanjut. Semoga membantu :)

 

Author
WRITTEN BY

Nisa Husnainna

Nisa is a technical and marketing Content Writer at Tonjoo. She was previously writing for a multinational IT company and also a Reporter at her campus magazine. Since High School, she has been writing at her blog and discovered her passion in blogging. When she's not working, she enjoys traveling, reading, cooking, and try new things.
ADVERTISEMENT

Related Post

Cara Ampuh Optimasi SEO untuk Toko Online Agar Makin Laris

10 Mar 2021 BY Mufti Syawaludin

Tidak cukup hanya membangun website untuk toko online, jika ingin jualan online Anda ramai pembelinya. Solusinya dengan cara optimasi SEO untuk toko online Anda agar masuk halaman pertama Google dan …

Syarat dan Cara Daftar Menjadi Agen JNE

23 Nov 2020 BY Mufti Syawaludin

Membuka usaha atau bisnis dengan cara menjadi agen JNE untuk saat ini  sangatlah menggiurkan. Apalagi jika anda telah memiliki aset berupa bangunan yang tidak dipakai akan memperkecil modal membuka cabang …

Daftar Lengkap Kantor JNE di Semarang yang Harus Kamu Ketahui

22 Jul 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Setelah kami merilis Daftar Lengkap Kantor JNE di Jogja Mulai Dari Kantor Pusat Hingga Agennya bagi Anda yang berdomisili di Yogyakarta, kini kami akan merilis informasi tentang daftar lengkap kantor …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *