5 Pelajaran dari Kisah Sukses Ahmad Zaky, Pendiri Marketplace BukaLapak

Posted on 22 Jan 2019 By Fadhil Guntur Ashari

Kisah Sukses Ahmad Zaky Pendiri Marketplace Bukalapak – Ahmad Zaky, Founder dari BukaLapak, adalah salah satu dari sekian banyak orang Indonesia yang berhasil memberi pengaruh besar terhadap perekonomian Indonesia lewat bisnis online. Kesuksesan yang didapatkan Ahmad Zaky tentu tidak datang dalam sekejap. Banyak proses naik turun yang harus dilewati pria kelahiran Sragen 32 tahun lalu itu sebelum akhirnya mengecap manisnya kesuksesan.

Nah, untuk kamu yang juga sedang menggeluti bisnis serupa, ini dia 5 hal yang bisa kamu ambil dari kisah sukses Ahmad Zaky, sang Founder marketplace BukaLapak.

 

ADVERTISEMENT

1. Cepat Beradaptasi

Saat pertama kali menjejakkan kaki di kota Bandung untuk berkuliah di ITB, banyak perbedaan budaya yang Ahmad Zaky lihat dan alami. Contohnya saja dengan budaya kebebasan berekspresi yang kurang lekat dengan budaya di Sragen, kota di mana Ahmad Zaky berasal. Bukannya minder, budaya kebebasan berpendapat ini malah dijadikan Ahmad Zaky sebagai media untuk perkembangan dirinya.

Zaky pun lebih percaya diri untuk berdiskusi dengan teman bahkan kakak tingkat yang memiliki minat yang sama. Kamu pun bisa mencontoh sikap Ahmad Zaky untuk cepat beradaptasi. Cepat beradaptasi di berbagai iklim usaha dan trend yang terus berganti tentu akan memberikan banyak keuntungan untuk usahamu.

 

2. Berani Mencoba Hal Baru

Masa kuliah dimanfaatkan oleh Ahmad Zaky sebaik mungkin untuk perkembangan dirinya dan menemukan apa yang benar – benar ia cintai. Karena itu, Zaky pun sering melakukan banyak kegiatan mahasiswa dan berorganisasi sana sini. Menariknya, tak semua kegiatan Ahmad Zaky berkutat dengan bidang Teknologi Informatika saja. Zaky pun banyak mencoba hal – hal baru yang positif untuk perkembangan dirinya.

Jika kamu sekarang sedang fokus untuk membangun bisnis online-mu, mungkin kamu bisa mencari udara segar sejenak di luar sana dengan melakukan kegiatan lain. Bukan tidak mungkin, hal – hal baru yang kamu lakukan justru mendatangkan ide baru atau memberikan keterampilan yang sangat berguna untuk bisnis online-mu ke depannya.

 

3. Jeli Melihat Peluang

Salah satu rahasia yang menjadikan BukaLapak melejit dan duduk di jejeran marketplace papan atas di Indonesia adalah kejelian Ahmad Zaky dalam melihat peluang. Ketika ide pembuatan BukaLapak ini muncul di benaknya, penetrasi internet di Indonesia sedang dimulai. Meski belum banyak yang menggunakan internet untuk kebutuhan harian, ia percaya jika internet nantinya akan memberikan pengaruh besar.

Keyakinan dan kerja kerasnya dalam mewujudkan mimpinya itu pun terwujud. Dalam 4 tahun, BukaLapak bukan lagi sebuah nama yang asing bagi para pengguna internet tanah air.

Sebagai pebisnis, kejelian membaca pasar tentu menjadi modal yang penting. Meskipun saat ini semua orang sedang berlomba – lomba mencari kesuksesan lewat bisnis online, kejelianmu dalam membaca peluang bisa membuatmu berada di atas dari semua pebisnis yang ada.

Baca juga: 6 Rahasia Mendapatkan Gratis Ongkir Ketika Berbelanja Online, yang Terakhir Mudah Tapi Sering Dilupakan

 

4. Think Globally, Act Locally

Apa yang menjadi pembeda BukaLapak dengan marketplace lainnya? BukaLapak merangkul lokalitas. Bersandar kepada kemampuan internet, BukaLapak justru tidak menyasar perusahaan besar yang lebih familiar dalam menggunakannya. BukaLapak justru menggandeng para pelaku UMKM yang kurang fasih akan teknologi dan membuka pasar lebih luas lewat sebuah e-commerce. Siapa sangka pilihan BukaLapak untuk merangkul lokalitas justru kini membawa Ahmad Zaky ke puncak kesuksesan.

Kamu pun bisa melakukan hal yang sama. Kesuksesan bukan selalu apa yang berhasil kita raih, tapi bagaimana kita membantu orang lain dalam mencapai kesuksesan mereka.

 

5. Siap Menghadapi Kegagalan

Semua orang siap menyambut kesuksesan, tapi tidak semua orang siap menghadapi kegagalan. Untungnya, Ahmad Zaky berhasil menghadapi kegagalan dengan baik. Sempat mengalami kegagalan dalam berjualan, Ahmad Zaky menjadikannya sebagai pelajaran di masa depan. Sempat diremehkan oleh banyak orang, Ahmad Zaky justru menggunakannya sebagai bahan bakar untuk terus memompa semangat.

Jika kegagalan sedang menghampiri kamu, jangan menyerah terlebih dahulu. Akan selalu ada peluang yang terbuka setiap kali kamu sedang dilanda kegagalan. Mau mengetahui kisah inspiratif lainnya? Mungkin kamu harus mengenal Tonjoo, pengembang Plugin Ongkos Kirim. Selamat belajar!

 

Tertarik ingin mendulang kisah sukses yang sama dengan pendiri marketplace Bukalapak? Kami yakin Anda juga dapat meraih kesuksesan seperti Ahmad Zaky dengan mempercayakan pengembangan toko online Anda kepada Tonjoo melalui: https://tonjoostudio.com/product/paket-plugin-ecommerce/

 

Gambar: netz.id

`
Author
WRITTEN BY

Fadhil Guntur Ashari

Penikmat senja, langit, dan kopi. Moto hidupnya: 'teruslah menulis hal yang bermanfaat untuk orang lain dan buat mereka mengerti tentang WordPress'. Bekerja sebagai WordPress Developer merangkap Content Writer di Tonjoo saat working days, dan sunset hunter saat weekend.

Related Post

Cara Melakukan Konfirmasi Pembayaran di Toko Online

20 Mar 2019 BY Nisa Husnainna

Cara Melakukan Konfirmasi Pembayaran – Saat ini banyak tersedia payment gateway untuk pembayaran yang terintegrasi pada toko online. Akan tetapi, untuk dapat mengintegrasikannya merupakan sebuah tantangan. Mengapa demikian? Hal ini …

Plugin Ongkos Kirim Rilis Versi 3.0.3, Kepoin Fitur Barunya yuk!

19 Jul 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Plugin Ongkos Kirim Rilis Versi 3.0.3 adalah ekstensi WooCommerce yang dikembangkan oleh Tonjoo untuk platform WordPress yang paling banyak digunakan oleh pebisnis online ataupun pemilik toko online untuk mempermudah menghitung …

Tips Mengatasi Masalah Pengiriman JNE dan J&T Express

12 Jul 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Tips Mengatasi Masalah Pengiriman JNE dan J&T Express – Di antara beberapa jasa ekspedisi yang ada di Indonesia sekarang ini, kamu mungkin sudah sering mempercayakan JNE dan J&T Express untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *