Panduan Sukses Jualan di Bukalapak untuk Pemula [Lengkap]

Posted on 8 Jun 2020 By Ifan Prasya
ADVERTISEMENT

Jualan di Bukalapak bisa menjadi pilihan banyak pemilik usaha karena jangkauan yang sangat luas. Ratusan juta calon pembeli setiap bulannya rutin mantengin situs web dan aplikasi.

Bukalapak juga menempati urutan ke-3 teratas untuk startup marketplace terbaik di Indonesia versi iPrice. Sejak 2010 melayani para pelapak melesatkan omzet yang kalau dirata-rata bisa mencapai 8 juta/bulan.

Sangat tepat apabila Anda berada di sini dan siap untuk mulai berjualan di Bukalapak agar cepat laku.

Karena kami telah menyajikan panduan komprehensif untuk membuka lapak dan mengelolanya, meningkatkan reputasi dan angka penjualan, serta melebarkan sayap usaha Anda jauh lebih besar.

Anda siap? Baik, mari kita mulai.

Persiapan Sebelum Jualan di Bukalapak

Sebelum menerapkan strategi dan teknik yang akan kami berikan, sebaiknya kita bedah dulu beberapa hal penting dan mendasar.

Jadi Reseller atau Dropshipper?

ADVERTISEMENT

Pertama, Anda harus sudah punya gambaran jelas. Apakah nanti ingin menjual produk sendiri, bergabung menjadi reseller, atau juga dropshipper.

Jadi Reseller di Bukalapak. Kalau modal untuk memproduksi barang sendiri belum ada, bisa mencoba untuk jadi reseller terlebih dulu. Biasanya banyak pelapak yang sudah besar turut membuka program reseller.

Anda bisa mendaftar, dengan catatan, siapkan modal awal yang cukup. Karena biasanya, reseller diwajibkan membeli sejumlah minimum order. Baru bisa jual lagi.

Jadi Dropshipper di Bukalapak. Kalau memang sama sekali belum ada modal awal, Anda bisa mencoba untuk menjadi dropshipper. Cukup buka toko, ambil foto & deskripsi lengkap dari supplier, upload & promosi.

Begitu ada pesanan masuk, Anda tinggal forward ke supplier untuk memproses pesanan langsung ke alamat konsumen. Tentu dengan potongan harga dropshipper.

Nah, Anda mau yang mana? Silakan dipikirkan terlebih dulu.

ADVERTISEMENT

Tak perlu khawatir soal hal teknis, karena panduan ini mencakup seluruh aspek. Baik untuk cara menjadi reseller/dropshipper di Bukalapak atau jualan sendiri.

Siapkan Brand Kit

Hal selanjutnya yang bisa Anda siapkan ialah brand kit. Alat-alat yang menjadi brand Anda. Meliputi nama dan desain.

Nama Brand yang Khas. Kalau bisa, mulai dengan memberi nama toko Anda. Berikan nama yang unik dan punya ciri khas.

Seolah-olah, ketika mendengar nama toko Anda, calon pembeli mudah mengingatnya dan langsung tertarik mengunjungi toko Anda.

Bisa juga dengan memberikan nama yang menggambarkan produk yang Anda jual. Misalnya Anda jualan furniture. Anda bisa memberi nama brand “Dekoruma”.

Desain yang Menarik. Selain nama, siapkan pula desain yang mendukung brand Anda. Desain ini meliputi logo, kemasan, banner promosi, dan sebagainya.

Silakan manfaatkan aplikasi gratis seperti Canva untuk membuat logo yang profesional. Kalau paham perangkat lunak, aplikasi Photoshop dan CorelDRAW juga sudah cukup.

Brand kit ini digunakan untuk memberi identitas pada toko Anda. Bahkan kalau Anda seorang reseller atau dropshipper. Jadi, tidak sekadar jualan saja.

Mulai Jualan di Bukalapak

ADVERTISEMENT

Langkah demi langkah untuk membuka toko di Bukalapak, mengelola barang, sampai mempercantikan tampilan.

Daftar Lapak

Sebelum membuka toko, kita buat akun dulu di Bukalapak. Cara buatnya bisa memakai data e-mail, nomor HP, Facebook, atau bahkan akun Google. Caranya seperti ini.

daftar lapak
(c) bukalapak.com
  1. Masuk ke aplikasi Bukalapak / situs web.
  2. Tap Daftar (untuk PC/Desktop, letaknya di kanan atas)
  3. Isi Nama Lengkap, E-mail (atau Nomor Handphone).
  4. Tuliskan Username Toko Anda. Nanti alamatnya seperti ini: Bukalapak.com/usernametokomu
  5. Masukkan Password.
  6. Tap Daftar.
  7. Selesai.

Anda tinggal cek E-mail untuk aktivasi. Caranya cukup buka E-mail Anda > Cari e-mail dari Bukalapak yang judulnya Segera Lakukan Konfirmasi Email > Konfirmasi.

Upload Barang Jualan

Setelah berhasil mendaftar, kini saatnya menampilkan produk Anda. Caranya cukup mudah, seperti ini.

upload produk lapak
(c) bukalapak.com
ADVERTISEMENT
Halaman Selanjutnya
Percantik Tampilan Lapak...

Laman: 1 2 3 4

Author
WRITTEN BY

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Related Post

20+ Ide Jualan Minuman Bulan Puasa Kekinian & Tradisional Laris Manis

5 Apr 2022 BY Ayu Triworo

Bulan puasa jualan apa ya? Buat kamu yang mau bisnis kecil-kecilan di bulan puasa yang modalnya kecil tapi dijamin untung, yuk simak daftar ide jualan minuman bulan puasa yang kami …

12 Aplikasi Penghasil Uang Resmi OJK, Aman & 100% Membayar

19 Okt 2021 BY Ayu Triworo

Kamu punya banyak waktu luang dan suka main gadget? Jangan biarkan waktu luangmu terbuang sia-sia. Yuk hasilkan jutaan perhari dengan memanfaatkan aplikasi penghasil uang lewat smartphone.Caranya gampang! Kamu cuma perlu …

Serba Serbi Affiliate Marketing Indonesia, Pemula Wajib Tahu!

14 Jun 2022 BY Ayu Triworo

Affiliate marketing menjadi metode pemasaran yang populer belakangan. Karena dinilai sangat menguntungkan, banyak yang mulai melirik bisnis ini, mulai dari para perusahaan sampai masyarakat luas.Ada banyak contoh bisnis afiliasi, mulai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *