Cara Jualan di Tokopedia Mudah untuk Pemula [Lengkap]

Posted on 9 Sep 2022 By Ifan Prasya
ADVERTISEMENT

Memulai untuk jualan di Tokopedia bisa menjadi pilihan yang bagus buat para pemilik usaha. Baik yang baru mulai, atau yang sudah punya toko.

Tak heran, karena Tokopedia sudah punya lebih dari 100 juta pengguna dari seluruh penjuru Indonesia. Gratis, logistik lengkap, kaya fitur.

Namun jika hanya sekadar mendaftar akun dan upload produk, maka kita akan kesulitan untuk mendapat orderan. Butuh strategi khusus bagi para pemilik toko seperti Kamu.

Untungnya, kami sudah siapkan panduan lengkap yang menjelaskan cara jualan di Tokopedia tanpa modal. Bisa lewat HP atau PC.

Mari kita mulai.

A. Hal Penting Sebelum Jualan di Tokopedia

Langkah awal sebelum memulai semuanya. Kamu harus punya rencana sebelum berjualan di Tokopedia. Kami punya acuan menjadi 3 bagian: menjual produk sendiri, menjadi reseller, menjadi dropshipper.

ADVERTISEMENT

Sebetulnya, baik untuk cara menjadi reseller/dropshipper di Tokopedia atau menjual barang sendiri, secara teknis itu sama. Jadi tak perlu khawatir soal tutorial-nya, karena bisa diterapkan untuk segala jenis usaha.

Sekarang, kita bedah dulu beberapa opsi sebelum mulai jualan di Tokopedia. Berikut penjelasannya.

1. Jual Produk Sendiri

Dalam kata lain, Kamu jadi produsen. Kamu sudah punya produk yang siap dijual lewat Tokopedia. Baik itu produk hand made, rumah produksi, maupun dalam skala yang lebih besar lagi.

Tidak melulu harus siap semuanya, baru mulai pun tidak masalah. Asal Kamu yang memegang kendali produksi. Bahkan kalau karyawan belum banyak. Karena, apapun bisa dijual di Toped.

Kelebihan menjual produk sendiri adalah Kamu punya brand sendiri, keuntungan maksimal, bisa membuka program reseller & dropshipper.

Kekurangannya tentu modal di awal cukup besar, semuanya di-handle oleh Kamu, butuh waktu untuk menguatkan brand di pasaran.

2. Jadi Reseller

ADVERTISEMENT

Dengan menjadi reseller, artinya Kamu membantu produsen untuk memasarkan produk mereka. Menjualnya kembali dengan mark-up harga sesuai kesepakatan.

Kelebihan menjadi reseller di Tokopedia tentu Kamu bisa mengumpulkan supplier besar dan membantu mereka berjualan. Kamu mendapat potongan harga reseller, tidak perlu memproduksi, tinggal stok & jual.

Kekurangannya tentu Kamu akan butuh modal awal yang lumayan. Karena untuk menjadi reseller, butuh minimum pembelian. Baru nanti Kamu mendapat diskon.

3. Jadi Dropshipper

Berbeda dengan reseller, dropshipper bisa jadi lebih simpel. Cocok untuk sampingan terlebih dulu. Tugasnya hanya memasarkan produk dari produsen dengan mark-up harga tertentu.

Kelebihan menjadi dropshipper di Tokopedia ialah Kamu tidak perlu stok barang, mendapat marketing kit yang lengkap dari produsen, tinggal promo & promo terus-terusan.

Kekurangannya, Kamu tidak bisa mengontrol lebih jauh untuk stok barang, kualitas foto produk, dan biasanya mark-up harga lebih kecil (dibanding menjadi reseller atau jual produk sendiri).

B. Cara Buka Toko dan Mulai Jualan di Tokopedia

Tutorial membuka toko di Tokopedia ini bisa dilakukan lewat HP atau PC/Desktop. Pilih sesuka Kamu. Kalau memang ingin lebih praktis, silakan pakai HP. Kalau ingin lebih leluasa, silakan pakai PC.

1. Daftar Akun Toko

Langkah ini kami contohkan menggunakan Aplikasi Tokopedia. Untuk PC, kurang lebih sama. Silakan disesuaikan. Caranya seperti ini.

ADVERTISEMENT
  1. Masuk ke Aplikasi Tokopedia atau situs web Tokopedia.
  2. Tap Akun > Akun Toko.
  3. Tap Buka Toko Gratis.
  4. Isi no HP Kamu, lalu input kode OTP untuk verifikasi.
  5. Isi nama Kamu sesuai KTP.
  6. Isi nama toko Kamu beserta domain. (domain = username, misal. tokopedia.com/tokokamu)
  7. Silakan isi survei singkat dari Toped, jawab sesuai kondisi toko Kamu saat ini.
  8. Isi alamat toko dengan lengkap. Pastikan nama jalan, nomor rumah, RT/RW, kode pos. Semua ini untuk kemudahan dalam penjemputan & pengantaran barang.
  9. Selesai. Kini toko Kamu sudah siap dipakai untuk jualan di Tokopedia.

Pastikan ketika membuat nama toko, kamu memilih nama yang sesuai dengan produk jualanmu, ya. Karena mengganti nama toko di Tokopedia memiliki ketentuan tersendiri.


Pro tip: Supaya nantinya lebih mudah dalam mengelola toko, silakan unduh aplikasi Tokopedia Seller di PlayStore.


2. Posting Produk Pertama

Cara upload produk di Tokopedia sangatlah mudah. Berikut langkahnya.

  1. Buka Aplikasi Tokopedia atau situs web Tokopedia.
  2. Tap Tambah Produk.
  3. Upload foto produk Kamu.
  4. Masukkan nama produk beserta kategorinya.
  5. Masukkan harga yang bersaing. Tidak terlalu murah, tidak terlalu mahal.
  6. Isi dengan lengkap informasi produk & jasa pengiriman. Meliputi berapa stok-nya, apa saja variasinya, kondisinya baru atau bekas, beratnya berapa Kg, dan deskripsi produk yang lengkap.
  7. Tap Simpan.
  8. Selesai.

Untuk memasang foto produk, penting juga untuk memperhatikan ketentuan ukuran foto produk Tokopedia yang ideal.

Toko Kamu sudah punya produk baru saat ini. Silakan tambahkan produk baru untuk melengkapi etalase toko Kamu di Tokopedia.

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2 3 4

Author
WRITTEN BY

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Related Post

Cara Daftar Merchant Shopee Food bagi Pemula + Syaratnya [Mudah]

6 Apr 2022 BY Ayu Triworo

Selain Grab dan Gojek, pelaku bisnis kuliner dan UMKM kini bisa juga menggunakan Shopee sebagai tempat promosi bisnis, yaitu melalui fitur Shopee Food. Di artikel berikut, kita akan bahas apa …

Tips Jualan di Instagram untuk Pemula

4 Des 2019 BY Nisa Husnainna

Tips Jualan di Instagram – Instagram hingga kini masih menjadi media sosial yang paling digandrungi. Kepopuleran Instagram dibandingkan media sosial lain dapat kita manfaatkan untuk meraup penghasilan alias berjualan 🙂 Banyaknya …

Serba Serbi Affiliate Marketing Indonesia, Pemula Wajib Tahu!

14 Jun 2022 BY Ayu Triworo

Affiliate marketing menjadi metode pemasaran yang populer belakangan. Karena dinilai sangat menguntungkan, banyak yang mulai melirik bisnis ini, mulai dari para perusahaan sampai masyarakat luas.Ada banyak contoh bisnis afiliasi, mulai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *