ADVERTISEMENT

Tips Membuat Video Unboxing Paket Menarik Tanpa Tripod & Aplikasi

Posted on 12 Apr 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Membuat video unboxing memang susah-susah gampang. Untuk itu, yuk pelajari tips membuat video unboxing paket yang bagus dan menarik perhatian yang akan kami bahas di sini.

Video unboxing merupakan kegiatan merekam video ketika membongkar kemasan paket sebuah produk yang baru dibeli. Bagi masyarakat awam, unboxing produk mungkin bukan hal spesial dan biasanya hanya dilakukan asal-asalan.

Tapi bagi konten kreator sosial media, video unboxing adalah salah satu trik untuk menambah followers TikTok atau akun sosial media lainnya. Video semacam ini sedang populer dan banyak digandrungi masyarakat.

ADVERTISEMENT

Sehingga untuk membuat video unboxing harus dilakukan semaksimal mungkin agar dapat menyajikan video menarik yang dapat mengundang banyak penonton.

Nah, apa saja sih manfaat membuat video unboxing yang menarik dan bagaimana caranya? Jangan kemana-mana, kita akan bahas secara lengkap di sini. Kami juga akan berikan tips membuat video unboxing Shopee yang baik dan benar. Check it out!

Apa Itu Video Unboxing?

Video unboxing merupakan kegiatan membuka / membongkar paket yang baru diterima sekaligus review mengenai suatu produk. Proses unboxing diawali dari membongkar paket, mengulas kemasan, hingga mereview produk yang dimaksud. 

Jika Anda pelanggan Shopee tentu tidak asing dengan tulisan video unboxing paket saat menerima beberapa pesanan produk. Yups, beberapa toko memang mengharuskan video unboxing sebagai syarat pengembalian barang maupun dana. 

ADVERTISEMENT

Seperti apa sih video unboxing Shopee? Anda bisa lihat banyak contoh video unboxing Shopee di Youtube atau akun sosial media.

Manfaat Video Unboxing

Tujuan menonton video unboxing tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mengetahui kualitas atau penilaian terhadap produk tersebut. Sehingga banyak masyarakat yang gemar menonton video unboxing saat ingin mengetahui ulasan sebuah produk. 

Berikut beberapa manfaat video unboxing bagi masyarakat, perusahaan dan konten kreator.

  • Bagi Masyarakat Umum

Video unboxing bermanfaat untuk mengetahui informasi sebuah produk sebelum membelinya. Video ini layaknya testimoni tapi sifatnya lebih jujur, detail dan lebih netral karena menampilkan kondisi sesuai dengan realitanya.

Bukan itu saja, video unboxing biasanya juga mengandung penjelasan mengenai kualitas produk sehingga sangat membantu sebagai bahan pertimbangan.

  • Bagi Perusahaan

Konten unboxing video yang marak di sosial media tentu sangat menguntungkan bagi pihak perusahaan sebagai supplier produk.

ADVERTISEMENT

Video semacam ini menjadi salah satu teknik branding dan marketing. Tidak heran, banyak perusahaan yang mengendorse publik figur dan influencer untuk membuat video unboxing yang menarik.

  • Bagi Konten Kreator

Video unboxing merupakan salah satu cara konten kreator menambah pemasukan melalui jalur endorse. Selain itu, dengan menampilkan konten menarik akan menambah engagement rate yang efeknya baik bagi akun si kreator.

Pembuatan konten unboxing video menarik juga menghasilkan efek yang besar bagi pemasukan. Konten menarik dapat mengundang lebih banyak penonton. Jika demikian, jumlah followers juga kemungkinan akan meningkat.

Dengan begitu, kemungkinan undangan endorse dari perusahaan juga bisa semakin bertambah. Nah, pasti semakin tertarik kan membuat video unboxing yang bagus?

Yuk, simak caranya berikut ini.

Tips Membuat Video Unboxing yang Menarik

Bagaimana sih cara buat video unboxing di TikTok, Instagram dan Youtube yang menarik tanpa harus pakai aplikasi video unboxing?

ADVERTISEMENT

Caranya sebetulnya tidak sulit kok dan tidak membutuhkan banyak biaya. Anda hanya perlu menerapkan beberapa tips berikut disertai latian yang konsisten. 

1. Gunakan Pencahayaan yang Baik

Untuk mendapatkan pencahayaan yang baik, pastikan cahaya di video sudah pas, tidak terlalu terang ataupun gelap. Anda bisa gunakan cahaya matahari atau lampu untuk menambah pencahayaan.

Selain itu, pastikan cahaya berada di depan kamera, bukan di belakang. Cahaya juga harus mengenai objek video atau produk yang akan direview.

2. Background Sederhana

Video unboxing yang baik tidak memiliki banyak aksesoris di dalamnya. Jadi, pastikan Anda memakai background sederhana, semakin netral / bersih semakin bagus.

Usahakan penonton hanya fokus pada produk yang direview dan jangan tambah beberapa opbjek lain yang tidak ada fungsinya. Jika ingin menarik, Anda bisa pakai beberapa background netral tapi elegan yang biasa digunakan influencer.

3. Latihan Review

Salah satu tips membuat video unboxing yang bagus adalah mengutamakan isinya. Isi video harus ndaging dan benar-benar bermanfaat.

Yang akan dilihat penonton di video tampilan produk saja. Tapi juga mengenai bagaimana cara Anda menyampaikan ulasan yang jelas, detail dan mudah dipahami.

Untuk itu, Anda harus banyak latian public speaking agar lancar saat mereview produk. Semakin banyak latian, Anda akan semakin PD. Penonton pun ikut tertarik untuk menyimak review Anda.

4. Atur Kamera & Sesuaikan Angle

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kamera dan pastikan posisinya sudah pas mengenai objek review. Di sini Anda tidak wajib menggunakan kamera mahal, Anda bisa pakai kamera ponsel biasa.

Kuncinya adalah sesuaikan titik kamera dengan posisi. Pastikan seluruh objek tercover ke dalam kamera dengan letak yang enak dilihat. Tapi, jika ingin lebih pas bisa menggunakan tripod maupun monopod untuk menyesuaikan posisi kamera dengan objek.

5. Rekam Lebih dari Sekali

Cara bikin video aesthetic tentu bukanlah hasil dari sekali shot. Butuh latihan dan pengulangan untuk menghasilkan video berkualitas maksimal. Jadi, jangan pernah bosan dan merasa puas dengan 1 kali take video saja. 

Silakan rekam beberapa video dan pilih rekaman yang menurut Anda paling bagus.

Cara Membuat Video Unboxing yang Menarik

Setelah memperhatikan beberapa tips di atas, Anda bisa ikuti urutan membuat video unboxing yang baik berikut ini.

1. Tahap Persiapan

Seperti namanya, pada tahap ini Anda perlu mempersiapkan beberapa item yang dibutuhkan untuk unboxing video, seperti:

  1. Box/kemasan paket yang masih tersegel dan belum dibuka,
  2. Peralatan untuk merekam (kamera, ponsel, tripod, monopod, dll).
  3. Pencahayaan dan posisi kamera,
  4. Siapkan naskah review untuk membantu penyampaian saat membuat video.

Dalam menyiapkan naskah review, berikut beberapa poin yang perlu diulas selama proses unboxing berlangsung:

  • Kemasan / box produk.
  • Apa saja yang diperoleh dari pembelian produk tersebut (misal, kelengkapan produk).
  • Informasi singkat mengenai produk tersebut.
  • Kesesuaian harga dengan kualitas produk.
  • Kelebihan dan kekurangan produk.
  • Perbandingan produk sejenis dengan brand yang berbeda.
  • Kesimpulan berupa testimoni atau call to action.

2. Tahap Pengambilan Video

Pastikan semua peralatan sudah siap. Selanjutnya, silakan segara rekam video dengan santai dan percaya diri. Usahakan gambar dan suara di video jelas dan jernih.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa melakukan take video beberapa kali. Anda juga bisa minta rekomendasi rekan lain untuk memilih video mana yang paling menarik.

Cara Membuat Video Produk Shopee

Selain video unboxing konten di sosial media, pembuatan video biasanya sering dilakukan penjual saat mempromosikan produk di Shopee. Setelah buka toko, seller harus upload produk Shopee. Baru setelah itu mempromosikan produk melalui foto maupun video. 

Untuk membuat video produk Shopee hampir mirip dengan video unboxing. Bedanya, yang mereview dalam video bukanlah orang lain tetapi si penjual sendiri.

Sementara untuk membuatnya, Anda bisa simak tips dan langkahnya berikut ini.

  • Tahap Perencanaan

Buatlah persiapan yang matang mengenai video yang ingin ditampilkan. Misalnya, mengenai pencahayaan, posisi, angle dan juga close up.

  • Durasi Video

Buatlah video singkat dan jelas dengan durasi antara 10 – 60 detik (tidak kurang dan tidak lebih).

  • Kualitas Video

Anda bebas menggunakan kamera atau HP. Yang jelas, pastikan peralatan mendukung untuk menghasilkan video yang jelas dan berkualitas tinggi. Pastikan format video dalam bentuk MP4, ukuran maksimal 30 MB dan resolusi maksimal 1280 x 1280 px.

  •  Pencahayaan Bagus

Tidak perlu menggunakan peralatan mahal, tetapi gunakan pencahayaan cukup agar video terang dan enak dilihat. Anda bisa manfaatkan sinar matahari atau lampu rumah.

  • Background

Gunakan background sederhana yang sesuai dengan produk Anda. Hindari aksesoris atau latar yang ramai yang justru mengganggu tampilan produk aslinya.

  • Editting

Meskipun tidak wajib, Anda bisa lakukan pengeditan video unboxing untuk menambah teks atau efek sederhana di dalamnya. Hal ini membantu tampilan video Anda jadi makin estetik..

  • Tambahan Musik

Jika ingin semakin menarik, Anda juga bisa tambahkan efek musik agar semakin menarik. Gunakan musik yang sesuai dengan produk. Dengan latar musik yang pas dapat membantu menyempurnakan pengalaman pembeli ketika menonton video Anda.

Penutup

Setelah menyimak tips membuat video unboxing paket di atas, tentu Anda tidak akan kesulitan lagi membuat konten menarik. Membuat video unboxing yang bagus gampang kok, hanya saja Anda butuh latian dan kesabaran ekstra.

Silakan coba dan terapkan beberapa tips di atas ya, semoga berhasil 🙂

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

Daftar Lengkap Kantor SiCepat di Bandung

29 Apr 2020 BY Nisa Husnainna

Daftar Lengkap Kantor dan Agen SiCepat di Bandung – Kami kembali menghadirkan daftar Kantor dan Agen SiCepat di Kota Bandung, Ciamis, dan Bandung Barat untuk Anda yang membutuhkan jasa cargo, …

Cara Chat Penjual di Shopee untuk Menanyakan Stok Barang & Komplain

1 Apr 2022 BY Ayu Triworo

Mau menanyakan stok atau detail produk ke penjual sebelum chekout pesanan? Atau mau komplain karena produk tidak sesuai dengan deskripsi? Kamu bisa gunakan fitur live chat Shopee dan ikuti cara …

Cara Cek Resi TAM Cargo Cepat dan Mudah

23 Mei 2022 BY hanif mufid

TAM Cargo adalah salah satu jasa pengiriman barang yang mulai popular. Bagaimana cara cek resi TAM Cargo? Simak terus artikel berikut. Dengan maraknya aktivitas jual beli online, pengiriman barang juga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *