Jasa Konsultan Pajak Surabaya Terbaik, Ini Biayanya!

Nasikhun A. 11 Oct 2024 3 Menit 0

Bagi kamu yang sudah wajib pajak dan membutuhkan konsultan pajak Surabaya, mungkin sedang kesulitan menentukan jasa yang tepercaya dengan harga terjangkau.

Meskipun sekarang sudah ada cara bayar pajak secara online, namun pemahaman peraturan pajak saat mengurus pajak sangat dibutuhkan. Terlebih jika pendapatan atau omset perusahaan besar.

Di artikel kali ini, kami membahas secara ringkas dan jelas terkait konsultan pajak di Surabaya, alasan menggunakan konsultan, hingga biaya yang dibutuhkan.

Apa itu Konsultan Pajak?

Konsultan pajak surabaya

Konsultan pajak adalah seseorang atau lembaga yang memberikan jasa konsultasi bagi wajib pajak untuk mengurus semua yang berkaitan dengan perpajakan.

Tugas konsultan pajak adalah memberikan layanan berdasarkan tingkat sertifikasi yang dimilikinya. Berdasarkan tingkat sertifikasinya, konsultan pajak dibagi menjadi 3 tingkat:

  • Tingkat A: Memberikan jasa perpajakan kepada Wajib Pajak orang pribadi, kecuali yang berdomisili di negara dengan perjanjian penghindaran pajak berganda dengan Indonesia.
  • Tingkat B: Memberikan jasa ke Wajib Pajak orang pribadi dan badan, dengan pengecualian untuk penanaman modal asing dan lainnya.
  • Tingkat C: Memberikan jasa kepada semua jenis Wajib Pajak, baik orang pribadi maupun badan.

Tingkatan konsultan pajak tersebut berdasarkan peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia tentang Konsultan Pajak.

Dalam memberikan layanan, konsultan pajak juga harus mematuhi kode etik sesuai dengan standar yang diberlakukan oleh Asosiasi Konsultan Pajak.

Di kota bisnis seperti Surabaya, saat ini sudah banyak konsultan pajak yang menawarkan jasanya. Tentu kamu tidak bisa menggunakan konsultan secara sembarangan.

Untuk itu, kami merekomendasikan untuk menggunakan konsultan pajak Isi Pajak Surabaya dari PT Integrasi Konsultan Indonesia yang amanah, profesional, dan transparan.

Dengan pengalaman lebih dari 23 tahun dalam dunia perpajakan, konsultan pajak satu ini dapat membantu perpajakan pribadi maupun badan usaha.

Alasan Menggunakan Konsultan Pajak

Konsultan pajak surabaya

Kenapa kamu harus menggunakan konsultan pajak? Berikut ini beberapa alasan mengapa kamu perlu mempercayakan urusan pajak ke ahlinya:

1. Mengurangi Potensi Denda

Jika dibandingkan dengan mengurus pajak secara mandiri, penggunaan jasa konsultan dapat membuat proses perpajakan lebih efisien, karena dapat mengurangi kesalahan dalam kewajiban perpajakan.

Kesalahan dalam perhitungan dapat mengakibatkan pembayaran pajak yang lebih tinggi atau rendah dari yang semestinya, yang pada bisa saja terkena denda.

2. Efisiensi Waktu

Dengan menggunakan layanan konsultan pajak, pengelolaan pajak bisa lebih cepat dan hemat waktu. Sehingga kamu bisa lebih fokus ke hal yang mendatangkan profit.

3. Perencanaan Pajak

Dengan perencanaan pajak yang efektif, kamu atau perusahaan dapat menghindari munculnya wajib pajak tak terduga yang dapat berpengaruh pada arus kas bisnis.

Biaya Konsultan Pajak Surabaya

Konsultan pajak surabaya

Biaya konsultan pajak bisa sangat bervariasi, tergantung dengan jenis layanan. Namun secara harga, sebenarnya biayanya cukup murah, bahkan tidak sampai 1% dari omset atau pendapatan perusahaan.

Berikut gambaran biaya konsultan pajak untuk (1) badan usaha, dan (2) perorangan:

1.Konsultan Pajak untuk Badan Usaha

Untuk jasa Surat Pemberitahuan (SPT) PPH dan PPN bulanan, berikut biaya yang perlu kamu keluarkan:

Omset per BulanBiaya Jasa Bulanan
Rp0 – Rp75 jutaRp500.000
Rp75 juta – Rp250 jutaRp1.000.000
Rp250 juta – Rp500 jutaRp1.500.000
Rp500 juta – Rp1 miliarRp2.450.000
Rp1 miliar – Rp2.5 miliarRp3.000.000

Sementara itu, untuk SPT tahunan bagi badan usaha, biaya yang diperlukan adalah sebagai berikut:

Omset per TahunBiaya Jasa Tahunan
Belum adaRp500.000
Rp0 – Rp1 miliarRp1.250.000
Rp1 miliar – Rp2 miliarRp1.750.000
Rp2 miliar – Rp4.8 miliarRp2.500.000

Untuk omset yang lebih dari angka di atas, kamu dapat langsung menghubungi layanan pajak. Karena mereka perlu membuat perhitungan tersendiri.

Berbeda dengan SPT, konsultan pajak juga menyediakan jasa laporan keuangan. Di bawah ini adalah gambaran biayanya berdasarkan transaksi per bulan dan per tahun:

Transaksi PerbulanTransaksi PertahunBiaya Jasa
Rp0 – Rp100 jutaRp1.2 miliarRp2.000.000
Rp100 – Rp200 jutaRp1.2 – Rp2.4 miliarRp2.750.000
Rp200 – Rp400 jutaRp2.4 – Rp4.8 miliarRp5.000.000

Selain SPT dan Laporan Keuangan, konsultan pajak juga menyediakan banyak layanan lain untuk badan usaha seperti di bawah ini:

JasaBiaya
Setting Chart of Account (COA)Mulai Rp750.000
Review laporan keuanganMulai Rp2.500.000
Training laporan keuanganMulai Rp2.500.000

Untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau, konsultan pajak biasanya juga memberikan paket layanan atau Bundling Pajak dan Keuangan.

Apabila Anda mengambil paket bundling, jasa konsultan pajak memberikan harga yang lebih terjangkau. Contohnya, bundling pajak dan keuangan mulai dari Rp1.250.000 hingga Rp6.750.000.

Jika layanannya terpisah, tentu harganya lebih mahal. Layanan bundling seperti itu bisa kamu dapatkan di Isi Pajak Surabaya.

2. Konsultan Pajak untuk Pribadi/Perorangan

Konsultan pajak Surabaya yang perlu kamu pertimbangkan adalah mereka yang menyediakan juga jasa untuk pajak perorangan. Biaya jasa untuk SPT karyawan dari satu pemberi kerja per tahun seperti di bawah ini:

Penghasilan per TahunBiaya Jasa
Kurang dari Rp600 jutaRp250.000
Rp600 juta – Rp1.2 miliarRp400.000
Rp1.2 miliar – Rp2.4 miliarRp500.000
Rp2.4 miliar – Rp4.8 miliarRp1.500.000

Sementara itu, jika kamu bekerja di lebih dari satu lembaga, biaya SPT karyawannya seperti berikut ini:

Penghasilan per TahunBiaya Jasa
Kurang dari Rp600 jutaRp400.000
Rp600 juta – Rp1.2 miliarRp1.500.000
Rp1.2 miliar – Rp2.4 miliarRp2.000.000
Rp2.4 miliar – Rp4.8 miliarRp2.500.000

Selain dua jenis layanan SPT di atas, layanan lain seperti SPT freelancer, perpajakan dalam dan luar negeri, hingga NPWP beda lagi. Kamu bisa melihat info lengkap biaya konsultan pajak pribadi di sini.

Sudah Siap Bekerja Sama dengan Konsultan Pajak Surabaya?

Demikian informasi ringkas namun lengkap terkait dengan konsultan pajak Surabaya yang dapat kamu jadikan acuan ketika hendak menyewa jasanya.

Meski butuh mengeluarkan biaya, namun dengan menggunakan layanan konsultan pajak, kamu bisa lebih fokus ke peningkatan pendapatan bisnis dan menghindari kesalahan dalam perpajakan yang bisa menimbulkan kerugian tersendiri.

Bagikan ke:
Nasikhun A.
Ditulis oleh

Nasikhun A.

Moch. Nasikhun Amin is a late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *