Apa Itu Bluebird Kirim? Ketentuan, Kelebihan & Kekurangan, dll

Posted on 12 Agu 2022 By Moch. Nasikhun Amin
ADVERTISEMENT

Bagi kamu yang suka belanja di Shopee, mungkin pernah mendapati opsi pengiriman barang menggunakan Bluebird Kirim.

Biasanya kita mengenal Bluebird sebagai taksi konvensional. Namun, sejak Bluebird menyatakan siap antar barang hingga 200 kg, banyak yang penasaran dengan Bluebird Kirim.

Apa itu bluebird kirim? Apa keuntungan mengirim menggunakan Bluebird Kirim? Bagaimana cara kirim barangnya? Semua kami ulas lengkap di sini.

A. Apa Itu Bluebird Kirim?

Bluebird kirim adalah layanan pengiriman barang milik Bluebird Group yang memungkinkan pengiriman secara instant atau langsung.

Pengiriman instant berarti ketika kamu memesan Bluebird Kirim untuk mengirim paket hari ini, maka pengirimannya dilakukan saat itu juga.

Jadi, alur ketika kamu memesan Bluebird Kirim adalah, kendaraan Bluebird Kirim akan datang ke tempat pick-up barang, kemudian mengantarkannya langsung ke tempat tujuan.

ADVERTISEMENT

Pengiriman ini hampir sama dengan ketika kamu kirim barang via Paxel menggunakan layanan Instant atau sameday.

Perbedaannya adalah pada sistem pengirimannya. Jika Paxel menggunakan sistem pengiriman estafet, maka beda cerita dengan Bluebird Kirim.

Bluebird Kirim melakukan pengiriman secara langsung oleh driver Bluebird. Sedangkan cara kirim barangnya bisa lewat aplikasi MyBluebird atau melalui Shopee.

Kemudian, kalau pengirimannya jauh di luar kota bagaimana? Apakah paket Bluebird Kirim akan sampai ke tempat tujuan di hari yang sama?

Untuk menjawab pertanyaan itu, kamu perlu membaca ketentuan pengiriman barang di Bluebird Kirim yang harus diperhatikan.

B. Ketentuan Pengiriman Barang via Bluebird Kirim

Seperti halnya ketika kamu kirim barang melalui berbagai macam ekspedisi, maka tentu ada syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi.

ADVERTISEMENT

Untuk pengiriman barang menggunakan Bluebird Kirim, syarat, ketentuan hingga tarifnya adalah sebagai berikut:

Ketentuan Pengiriman Pakai Bluebird Kirim di Shopee
Jangkauan Lokasi16 Kota (daftar kotanya dapat kamu baca di bagian “Daftar Wilayah operasional Bluebird Kirim”)
Jarak Maksimal80 km
Dimensi Maksimal160 x 65 x 125 cm
Berat Maksimal200 kg/ 750 liter
Waktu pengirimanInstant (langsung dikirim di hari itu) dengan ketentuan maksimal jam 4 sudah pick-up. Jika lebih dari jam 4, maka dikirim esoknya.
Batas waktu pick-up08.00 – 17.00 WIB
Ongkos Kirim Per KM0-3 km Rp. 20.000

>3 km= Rp. 5.000 per km

Dari informasi di atas dapat kita ketahui bahwa Bluebird ini bisa kirim barang cair yang biasanya sulit dikirim menggunakan ekspedisi konvensional.

Selain itu, batas maksimal barang yang dikirimkan seberat 200 kg dengan dimensi maksimal 160 x 65 x 125 cm.

Jadi jika barang kiriman kamu lebih besar dari itu, sebaiknya menggunakan jasa ekspedisi kirim barang besar saja, bukan menggunakan Bluebird Kirim.

Sebelum melakukan pemesanan Bluebird Kirim, kamu juga perlu memperhatikan jam atau jadwal pengiriman ekspedisi Bluebird Kirim di atas, ya.

Dari segi area pengiriman, Bluebird kirim juga berbeda dengan jasa ekspedisi pada umumnya, yakni hanya tersedia di 16 wilayah di Indonesia.

Untuk pengiriman antar kota pun belum dapat dilakukan. Karena batas pengiriman Bluebird Kirim maksimal adalah 80 km.

C. Daftar Wilayah Operasional Bluebird Kirim

ADVERTISEMENT

Bluebird Kirim hadir di 16 kota di mana layanan taksi Bluebird beroperasi. Berikut 16 wilayah tersebut:

  1. Jabodetabek
  2. Bali
  3. Bandung
  4. Cilegon
  5. Batam
  6. Lombok
  7. Manado
  8. Makasar
  9. Medan
  10. Padang
  11. Palembang
  12. Pangkal Pinang
  13. Pekanbaru
  14. Semarang
  15. Yogyakarta
  16. Surabaya

Karena area operasional taksi Bluebird hanya di 16 daerah di atas, terutama kota-kota besar, maka kamu belum bisa menggunakan layanan ini jika berada di luar area.

Meski begitu, banyak juga loh, yang berminat menggunakan layanan pengiriman Bluebird Kirim ini.

Kamu pastinya penasaran dong, apa saja kelebihan Bluebird Kirim ini? Dan untuk mengimbangi, kami juga membahas beberapa kekurangannya juga.

Yuk simak di bawah ini ~

D. Kelebihan dan Kekurangan Bluebird Kirim

Sebagaimana semua jenis aplikasi dan layanan, tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan pengiriman menggunakan Bluebird Kirim:

1. Kelebihan Bluebird Kirim

Bluebird Kirim mungkin bukan termasuk ekspedisi paling murah, namun banyak juga masyarakat yang berminat karena ada beberapa kelebihannya.

Berikut adalah beberapa kelebihan Bluebird Kirim yang perlu kamu pertimbangkan:

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Moch. Nasikhun Amin

A late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who consciously takes cues from the surroundings without being asked to.

Related Post

Pengertian Bisnis Waralaba, Jenis dan Contoh Usaha Bisnisnya

22 Jan 2021 BY Mufti Syawaludin

Jika Anda sedang mencari informasi mengenai bisnis waralaba, tepat sekali dengan membaca artikel ini. Disini kami akan membahasa mengenai pengertian waralaba serta jenisnya dan akan kami beri contoh bisnisnya juga.Supaya …

Daftar Kantor dan Agen JNE Bekasi Hingga Jam Buka

10 Jul 2020 BY Ifan Prasya

Apabila Anda sedang mencari info alamat kantor pusat dan agen JNE di Bekasi dan sekitarnya, scroll laman ini dari awal sampai akhir ya.Akan ada informasi tambahan berupa jam buka layanan …

6 Rahasia Mendapatkan Gratis Ongkir Ketika Berbelanja Online, yang Terakhir Mudah Tapi Sering Dilupakan

19 Feb 2019 BY Fadhil Guntur Ashari

Dengan semakin banyaknya usaha yang terjun ke dalam bisnis online, penjual pun harus kembali memeras otak untuk memenangkan hati pelanggan. Salah satu trik untuk menggaet konsumen adalah dengan memakai promo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *