ADVERTISEMENT

4 Cara Membuat Label Pengiriman Olshop di Word, Canva, Excel, HP

Posted on 6 Jun 2022 By Moch. Nasikhun Amin
ADVERTISEMENT

Cara membuat label pengiriman olshop penting untuk Anda ketahui jika bekerja atau berwirausaha di online shop, baik di shopee, tokopedia, bukalapak dan yang semisal.

Dengan adanya label pengiriman pada barang Anda, pihak yang mengantarkan paket maupun penerima paket memandang online shop atau toko online Anda profesional.

Label pengiriman juga dapat menjadi media branding untuk toko online (online shop) Anda. Menurut Forbes, branding yang baik dapat membangun trust ‘kepercayaan’ pelanggan.

ADVERTISEMENT

Label pengiriman merupakan elemen yang memuat informasi penting bagi calon penerima paket ataupun pihak ke tiga yang mengirimkannya.

Informasi yang termuat dalam label pengiriman paket bagi online shop seperti nama penerima, alamat penerima, pengirim, nomor telepon, hingga jenis ekspedisi.

Namun, sepenting itukah membuat label pengiriman online shop? Jika penting sekali, informasi apa saja yang harus dimasukkan?

Atau berapa ukuran ideal yang cocok untuk membuat label pengiriman olshop? Kertas apa yang digunakan sebagai label pengiriman olshop? 

ADVERTISEMENT

Lalu bagaimana cara membuat labelnya? Semua kami kupas tuntas dalam artikel ini. Simak selengkapnya. 

Apa itu Label Pengiriman Paket Online Shop?

Label Pengiriman paket atau biasa dikenal sebagai shipping label merupakan kertas yang memuat informasi penting tentang paket pengiriman olshop. 

Kertas tersebut ditempel pada paket pengiriman barang yang dipesan oleh pelanggan online shop Anda. 

Kertas yang digunakan dalam pembuatan label pengiriman barang tersebut biasanya berupa  kertas stiker. Sehingga pengguna tidak perlu memberi perekat tambahan.  

Kertas stiker untuk label pengiriman online shop tersebut harus memuat informasi penting, seperti penerima, alamat tujuan, dan alamat pengirim. 

ADVERTISEMENT

Namun bukan hanya itu saja. Ada beberapa informasi penting yang terlihat sepele dan banyak penjual atau reseller online shop luput, padahal penting.

Apa saja informasi penting lainnya? Temukan jawabannya dengan terus membaca artikel ini.  

Kenapa Harus Membuat Label Pengiriman dalam Bisnis Online Shop?

Anda sudah mengetahui apa itu label untuk pengiriman paket online shop. Pertanyaan selanjutnya, kenapa harus membuatnya? Berikut beberapa alasannya. 

Label pengiriman yang baik dapat memberi impresi atau kesan profesional kepada pelanggan Anda. 

Dengan informasi yang tertata rapi, jelas dan tidak membingungkan, tentu pelanggan Anda jadi lebih percaya pada toko online Anda. 

ADVERTISEMENT

Memang hal ini terlihat sepele. Namun jika Anda memperhatikan detail-detail penting ini, online shop Anda dapat bersaing dengan kompetitor dengan baik.

  • Memudahkan jasa pengiriman ketika mengisi data

Selain terlihat profesional di mata pelanggan, penggunaan label pengiriman yang baik dapat membantu kurir atau jasa pengirim barang Anda.

Dengan begitu, Anda secara tidak langsung sudah meringankan beban sesama umat manusia yang juga sama-sama mencari nafkah.

Bayangkan jika informasi yang tertulis pada label Anda kurang jelas, hal ini dapat menyulitkan kurir, bukan? 

  • Sebagai branding online shop Anda

Argumen selanjutnya mengapa Anda sebagai pedagang online shop harus membuat label pengiriman adalah karena label tersebut dapat menjadi branding.

Branding merupakan citra atau kesan atas suatu produk atau jasa yang dapat mempengaruhi persepsi konsumen.

Branding bisa terbagi menjadi branding yang baik dan branding yang buruk. Tentu Anda tidak ingin mendapat branding buruk dari konsumen, ‘kan?

Nah, salah satu langkahnya, ya, dengan membuat label pengiriman dengan baik, jelas dan informatif. 

  • Menghemat waktu

Dengan menggunakan label pengiriman melalui word, excel, canva atau hp, tentu ini dapat menghemat waktu Anda.

Bagaimana tidak, ketika formatnya sudah Anda siapkan sejak awal, tentu untuk penggunaan label selanjutnya tidak perlu lagi berpikir tentang informasi apa yang harus Anda pasang.

Laman: 1 2 3 4

Author
WRITTEN BY

Moch. Nasikhun Amin

A late specialized SEO content writer who is constantly hungry for growth. A long-life learner who quietly, consciously takes cues from the surroundings without being asked to.
ADVERTISEMENT

Related Post

Daftar Harga Ongkir Jakarta Semarang Seluruh Ekspedisi Lengkap

19 Nov 2019 BY Nisa Husnainna

Daftar Harga Ongkir Jakarta – Semarang 2019 (All Ekspedisi) – Bagi Anda yang sedang mencari tarif ongkir dari Jakarta ke Semarang, halaman ini sangat tepat untuk Anda. Berikut kami paparkan …

Cara Cek Tagihan IndiHome Bulanan Online Mudah & Cepat

13 Apr 2020 BY Nisa Husnainna

Cara Cek Tagihan IndiHome Bulanan Online Mudah & Cepat – Wi-Fi memang hal yang menjadi kebutuhan penting saat ini bagi hampir semua orang di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Salah …

Cara Ikut Flash Sale Tokopedia Khusus Penjual [+Syarat Dan Tips Jitunya]

25 Mei 2021 BY Mufti Syawaludin

Bagi yang gemar belanja online pasti sangat senang jika barang yang diinginkan ada diskon besar-besaran. Penjual pun ikut senang karena barang dagangannya bisa habis laku terjual dengan cepat. Untuk itu, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *