Cara Berjualan di Etsy, Salurkan Kreativitas dan Raup Dolar

Mufid Hanif 06 Jun 2022 5 Menit 0

Cara berjualan di Etsy – Sebagai kreator, menjual hasil kreativitas terkadang menjadi tantangan tersendiri. Namun, kini dengan Etsy, berjualan hasil kriya seni jadi lebih mudah.

Berkat kemajuan internet, Etsy hadir sebagai platform jual beli hasil karya seni yang bisa membantumu terhubung dengan pembeli dari seluruh dunia.

Ini kesempatan untuk mengenalkan keindahan hasil karyamu ke mancanegara. Apapun hasil kreativitasmu, mulai dari lukisan, patung, baju, ukiran, bahkan desain, semua bisa dijual di Etsy.

Ini tentunya kesempatan menarik untuk menyalurkan kreativitasmu menjadi uang. Selain menjualnya di FaceBook, ini kesempatan ekspansi pasar yang tidak boleh kamu lewatkan.

Ikuti terus artikel ini supaya bisa menjadi artis dengan pendapatan tinggi

Apa yang Dimaksud dengan Etsy?

Pernah terpikirkan sebuah website khusus untuk jadi platform jual beli karya seni hasil tangan? Etsy dibangin dari ide tersebut.

Jenis barang barang yang diperjualbelikan pun beragam, mulai dari perhiasan, tas, baju, dekorasi rumah, furniture, mainan, patung, dan lukisan.

Diluncurkan pada tahun 2005, Etsy bermula dari sebuah perusahaan kecil bernama iospace.

Nama Etsy dipilih karena kata tersebut terdengar tidak masuk akal. Dalam Bahasa italia, “etsi” artinya oh yes, dalam Bahasa perancis “bagaimana jika” sementara dalam Bahasa Yunani etsi terdengar seperti “hanya karena”.

Awalnya, Etsy mendapat perhatian karena fitur-fiturnya yang canggih. Seperti visualisasi dengan adobe flash, dan kategorisasi barang dengan tags. Bahkan hingga kini, Etsy masih teru mengembangkan fitur-fitur yang terus membantu penjual memasarkan karyanya.

Walaupun mendapatkan keuntungan yang cukup besar di awal, tapi perjalanan Etsy tidak selalu berjalan mulus.

Etsy pernah mendapatkan protes dengan caranya menghandle complain. Tidak hanya itu, pemilik toko juga mengeluhkan website nya yang lamban dan transaksinya yang US-centric, atau hanya fokus di amerika.

Saat ini, Etsy memiliki barang yang terdaftar untuk dijual di websitenya dengan jumlah lebih dari 120 miliar item. Ini juga berkat 7,5 miliarpenjualnya berhasil menarik 96.3 miliarpembeli.

Dengan angka transkasi yang fantastis ini, bisa dibayangkan betapa besar perputaran uang yang berlangsung. Ini menunjukkan bahwa potensi untuk berjualan di Etsy itu sangat besar.

Keuntungan Berjualan di Etsy

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Etsy memiliki basis pelanggan yang cukup tinggi. Ini memungkinkan jualanmu untuk diakses banyak orang. Selain jumlah pembeli banyak, ada lagi beberapa keuntungan yang kamu dapatkan dengan berjualan di Etsy.

  • Nilai yang bagus

Etsy tidak mengenakan biaya bulanan. Etsy membebankan biaya dari listing dan transaksi. Ini membuat pengeluaran sesuai dengan keuntungan. Kamu tidak dibebani pembayaran rutin.

  • Tools toko yang powerful

Etsy tidak melupakan sejarahnya bahwa perusahaan ini dikenal karena fiturnya. Makanya, Etsy menjaga supaya toko online ini memudahkan penjual untuk mengelola, mempromosikan, dan mengembangkan bisnisnya.

  • Dukungan dan edukasi

Jangan ragu untuk menghubungi Support Specialist dari Etsy. Mereka siap membantumu kapanpun kamu membutuhkan bantuan. Jika kamu membutuhkan saran, mereka dengan senang hati memberikan tips supaya kamu bisa berjualan dengan sukses.

Selain itu Etsy juga terkenl memiliki komunitas yang solid dan supportif. Termasuk juga di forum Etsy Indonesia, membernya cukup responsif dan suportif ketika kamu menceritakan keluhan dan permasalahanmu.

Cara Berjualan di Etsy

Untuk bisa berjualan di Etsy ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

  1. Buat Akun di Etsy
  2. Daftarkan toko
  3. Masukan listing barang
  4. Kelola toko
  5. Layani Pembeli

langkah langkah berikut bisa kamu lakukan dengan beberapa langkah di bawah.

Buat Akun Etsy

  1. Buka website official Etsy di etsy.com
  2. Scroll ke bawah dan klik ‘sell on etsy
  3. Klik ‘sign in’
  4. Klik register atau kamu juga bisa membuat akun etsy menggunakan akun gmail, facebook, atau apple.
Halaman Selanjutnya
Buat Toko Etsy...

Pages: 1 2 3

Bagikan ke:
Mufid Hanif
Ditulis oleh

Mufid Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published.