ADVERTISEMENT

11 Cara Membuat Nama Toko Online yang Bagus dan Unik untuk Olshop

Posted on 7 Sep 2021 By Ahmad Muzakki

Ingin tahu cara membuat nama toko online yang bagus dan unik? Simak artikel ini sampai selesai biar tahu poin-poin penting yang perlu diperhatikan. Dan dapatkan juga ide nama toko online yang cocok dengan toko anda.

Seiring dengan berkembangnya jaman, sekarang mulai banyak yang beralih dari cara yang biasa menjadi dalam bentuk digital. Contoh halnya adalah berita yang dulu disampaikan lewat media cetak, sekarang lebih banyak disebarkan melalui media digital.

Tidak lupa juga dengan cara jual beli yang mulai berubah. Dahulu hanya melalui toko yang mengharuskan pembeli dan penjual bertemu langsung, sekarang ada yang namanya toko online yang proses transaksinya melalui media internet.

ADVERTISEMENT

Sehingga para penjual tidak memerlukan adanya toko fisik, cukup memiliki toko di marketplace saja anda sudah bisa jualan. Jadi bisa hemat biaya sewa dan dekorasi untuk toko fisik.

Namun toko online juga perlu perhatikan dengan baik, terlebih lagi penggunaan nama toko yang akan adna gunakan. Pasalnya tidak jarang pengguna akan lebih tertarik untuk membeli sebuah produk ketika melihat nama tokonya.

Jadi anda perlu membuat nama toko online semenarik mungkin, sehingga bisa menjadi nilai plus untuk pembeli. Selain itu, memilih nama toko unik juga bisa membuat ciri khas tersendiri terhadap pembeli.

Baca juga :

Cara Membuat Nama Toko Online

Membuat nama toko online memang sedikit merepotkan. Soalnya nama toko online akan memiliki pengaruh yang cukup banyak. Mulai dari brand, barang yang dijual, kepercayaan konsumen, branding dan masih banyak lagi.

ADVERTISEMENT

Jadi perlu dipikirkan matang-matang saat memiliki nama toko online yang akan dibuat. Untuk membuat nama toko online yang bagus perlu tips-tips memilihnya. Berikut tips bagaimana cara membuat nama toko online yang bagus.

1. Nama Toko Original

Tips membuat nama toko online yang pertama adalah harus original atau asli. Maksud asli disini adalah tidak meniru nama toko orang lain. Karena dengan nama toko yang original maka toko anda tidak akan dicap tidak kreatif dan abal-abal.

Sebenarnya tidak ada tips khusus tentang cara membuat nama toko online yang original. Mudahnya anda bisa mencari nama toko yang sudah anda pilih di google ataupun di sosial media. Apakah sudah dipakai oleh orang lain ataukah belum.

Selaing mengecek dari mesin pencarian dan sosial media, ana juga bisa mengeceknya di Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI) atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI) jika nantinya nama toko anda akan didaftarkan di HAKI

Namun jika terinspirasi dari toko online yang lain boleh saja asal tidak terlalu mirip.

Contoh yang Benar adalah tidak meniru nama toko yang sudah terkenal seperti memakai nama sendiri ditambahkan dengan niche jualan anda, seperti “Hijab Ayla”.

ADVERTISEMENT

Contoh yang Salah adalah dengan meniru nama toko yang sudah terkenal dan melakukan plesetan seperti “Naik” dari plesetan “Nike”.

2. Nama Toko Unik

Selanjutnya adalah dengan membuat nama toko unik. Nama yang unik adalah nama yang tidak/belum terpikirkan oleh pembeli. Harapannya dengan nama toko online unik, pengunjung akan merasa penasaran dan tertarik melihat-lihat produk yang anda tawarkan.

Untuk membuat nama toko yang unik anda bisa menggunakan plesetan nama dari produk yang anda jual ataupun sebuah kata yang tidak berhubungan dengan produk yang ditawarkan.

Contoh yang Benar adalah toko online “Hijup.com” yang merupakan plesetan dari produk hijab, uniknya nama toko tersebut bisa memiliki pengucapak hampir sama dengan hijab namun dengan penggunaan kata yang berbeda.

Contoh yang Salah adalah dengan menggunakan nama toko yang sama dengan toko lain, misalnya “Jual Baju 212”.

ADVERTISEMENT

3. Nama Toko Singkat dan Sederhana

Pada kenyataannya nama toko online yang singkat dan sederhana jauh lebih mudah diterima oleh pembeli. Alasannya dengan membuah nama toko online yang sederhana, pembeli bisa dengan mudah untuk mengingatnya dibandingkan dengan nama toko online yang panjang.

Pemilihan nama toko online yang singkat dan sederhana juga bisa membuat toko anda lebih menonjol dibandingkan dengan toko lain. Karena hanya butuh tenaga sedikit untuk membacanya sehingga lebih enak untuk dipilih.

Jika memang anda bingung untuk memilih nama toko online, anda bisa memakai web namelix.com. Web tersebut merupakan tools yang bisa anda pakai untuk membuat nama bisnis.

Contoh yang Benar adalah “LapakQ”, singkat namun sudah cukup bagus untuk sebagai branding pengenalan toko online.

Contoh yang Salah adalah “Jualan Online Murah Meriah”, cukup panjang dan terlalu umun, sehingga tidak bisa menjelaskan profil dari toko online anda.

4. Nama Toko Mudah Dibaca

Pemilihan nama toko juga perlu di perhatikan tentang kemudahan untuk dibaca. Yaitu tidak menggunakan huruf sulit dan huruf konsonan saja.

Memang sebenarnya boleh-boleh saja menggunakan nama seperti yang sudah disebutkan di contoh. Namun nama tersebut akan sulit untuk dibaca apalagi untuk diingat, adu sebaiknya dihindari penggunaan nama yang susah.

Contoh yang Benar seperti “Selang Premium”, mudah dibaca dan tidak akan berbeda pengertian antara satu pembaca dengan pembaca yang lainnya.

Contoh yang Salah seperti “SLNX”, sebenarnya masih bisa dibaca namun agak susah karena bisa jadi berbeda pelafalan antara satu orang dengan orang yang lain.

5. Nama Toko Deskriptif

Nama toko deskriptif berarti nama tersebut bisa menggambarkan dengan jelas tentang produk yang sedang ditawarkan. Nama yang deskriptif ini akan memudahkan pembeli untuk tahu apa saja produk atau layanan yang anda sediakan.

Untuk membuat nama toko online yang deskriptif anda bisa menggunakan kata kunci terkait produk yang anda tawarkan. Contohnya adalah tiket.com merupakan tempat untuk menjual tiket.

Namun penggunaan nama dari kata kunci ini perlu memperhatikan lagi dari segi keunikan dan originalitasnya, jangan sampai nama yang anda gunakan sudah terpakai oleh orang lain.

Contoh yang Benar adalah “Tiket.com”, lansung sudah bisa menjelaskan nama tempat untuk menjual dan beli tiket secara online.

Contoh yang Salah adalah “Ingat Selasa”, tidak bisa di deskripsikan nama untuk apa dan sedang menjual produk apa.

6. Nama Toko Punya Makna

Sama seperti nama untuk manusia, membuat nama toko online juga perlu memikirkan tentang makna yang terkandung. Hal ini bisa menjadi daya tarik dari pembeli ataupun doa untuk yang sedang jualan.

Penggunaan nama yang memiliki makna bisa dengan menggunakan motto yang anda miliki, atau bisa juga dengan menggunakan kelebihan yang diberikan oleh toko anda.

Contoh yang Benar seperti “Susu Sarjana”, yang bisa memiliki makna menjual susu untuk orang pintar ataupun meminum susu supaya pintar sampai sarjana.

Contoh yang Salah seperti “Ingat Selasa”, tidak ada arti khusus apa-apa, terlalu umum sehingga tidak direkomendasikan untuk menjadi nama toko online.

7. Nama Toko Sesuai Target

Target pasar itu macam-macam, ada yang untuk anak muda, ada juga untuk orang dewasa. Bahasa yang mereka pakai juga terkadang berbeda-beda tergantung pada trend yang sedang naik.

Oleh karena itu anda perlu menyesuaikan target market saat membuat nama toko online anda. Jangan dibuat untuk pembeli yang terlalu umum, karena nantinya akan susah dalam menawarkan produk anda.

Contoh nya adalah Hijabcomel, merupakan nama yang bisa dipakai untuk toko yang menjual hijab namun dengan model-model yang lucu, sehingga akan masuk akan dengan menggunakan nama tersebut.

Contoh yang Benar adalah “Hijab Comel”, merupakan nama yang bisa dipakai untuk toko yang menjual hijab namun dengan model-model yang lucu, sehingga akan masuk akan dengan menggunakan nama tersebut.

Contoh yang Salah adalah “Hijab Bolak Balik”, masih tidak jelas target marketnya siapa dan dengan usia berapa, sehingga tidak baik untuk nama toko.

Baca Juga :

8. Hindari Istilah Asing

Menggunakan istilah asing memang lebih terlihat keren dan trendi, tapi biasanya banyak orang yang tidak mengetahui makna dari istilah asing tersebut. Sehingga menjadikan calon pembeli hanya sebatas mengangga keren saja, namun tidak berniat untuk membeli produk anda.

Apalagi istilah yang dipakai hanya dimengerti untuk kalangan tertentu, maka akan mempersempit target pasar untuk toko anda. Misalnya seperti Lorebrug, untuk orang jawa kadang tidak tahu pasti, namun artinya adalah utara jembatan, jadi susah untuk orang dari daerah lain.

Contoh yang Benar misalnya “Susu Sarjana”, menggunakan bahasa indonesia sehingga setiap orang di indonesia diharapkan sudah tahu makna nama toko tersebut.

Contoh yang Salah misalnya “Lorebrug”, menggunakan bahasa jawa namu belum tentu juga orang jawa bisa tahu makna nama tersebut, sehingga sebaiknya dihindari.

9. Hindari Penggunaan Simbol Aneh

Selanjutnya adalah menghindari penggunakan simbol aneh, simbol-simbol yang dimaksud adalah seperti @-(#&$) dan sejenisnya yang tidak umum dipakai untuk sebuah nama. Hal seperti ini sebaiknya dihindari agar tidak membingungkan calon pembeli.

Sarannya adalah sesuai dengan poin nomor 4, yaitu nama toko yang mudah dibaca. Saat membuat nama toko online dengan menghindari sombol aneh ini juga bertujuan agar mudah dalam mesin pencarian. Karena orang yang mencari biasanya akan menggunakan huruf biasa dan bukan karakter atau simbol yang aneh.

Contoh yang Benar seperti “Susu Sarjana”, tidak menggunakan simbol aneh, sehingga mudah untuk dibaca apalagi untuk diingat.

Contoh yang Salah seperti “Toko N@na”, menggunakan simbol lain “@”. Hal ini akan menyulitkan saat membuat akun sosial media maupun digunakan untuk website. Pastinya tidak akan konsisten nantinya.

10. Penggunaan Nama Toko Konsisten

Nama yang konsisten disini adalah penggunaan nama untuk semua channel toko online yang anda miliki. Karena untuk menjangkau orang yang banyak butuh sumber dari banyak tempat juga.

Maknanya calon pembeli tidak hanya datang dari toko online saja, tapi juga datang dari sosial media, youtube, dan masih banyak lagi media yang bisa anda pakai. Nah penggunaan nama yang anda pakai ini haruslah konsisten dan tidak berubah-ubah.

Contoh yang Benar adalah seperti “Tiket.com” dengan konsisten menggunakan nama tersebut di setiap medianya baik itu youtube, ig, facebook ataupun aplikasi yang di rilis.

Contoh yang Salah adalah “Tisu Murah”, namun dalah berbagai media lain di ubah menjadi “Tisu Sehat” atau “Tisu Wajah”, maka orang tidak akan mengenali dengan bak jika beberapa tisu tersebut diproduksi oleh perusahaan yang sama.

11. Tersedia untuk Domain

Toko online tidak hanya selalu ada di marketplace, ada juga yang berbentuk website pribadi yang bisa dipakai untuk proses jual beli. Nah domain sangat diperlukan untuk membuat sebuah website. Maka dari itu cek juga ketersediaan domain sesuai dengan yang anda pilih.

Untuk mengecek nama domain anda bisa menggunakan layanan hosting. Biasanya ada menu untuk melakukan cek domain, nah disitu anda bisa melakukan cek sepuas anda sampai anda memilih nama domain yang cocok untuk toko anda.

Contoh yang Benar misalnya “AyamTepung.com”, masih tersedia jika di cek di layanan hosting.

Contoh yang Salah misalnya “Tiket.com”, tidak tersedia karena sudah dipakai oleh sebuah perusahaan.

Infografis Cara Membuat Nama Toko Online
Infografis Cara Membuat Nama Toko Online

Artikel Terkait :


Itu lah beberapa tips cara membuat nama toko online yang bagus, unik dan modern untuk usaha Anda. Karena nama toko adalah identitas yang harus menjadi ciri sebuah toko yang nantinya bisa diketahui bahkan di hafalkan oleh pembeli.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut atau hal yang kurang jelas tentang cara membuat nama toko online bisa anda tinggalkan komentar dibawah.

Author
WRITTEN BY

Ahmad Muzakki

Niatkan semua hal untuk Allah dan Rasul-Nya.
ADVERTISEMENT

Related Post

Bagaimana Proses Refund di Toko Online? Simak di Sini!

25 Apr 2019 BY Nisa Husnainna

Proses Refund di Toko Online – Apakah Anda pernah berbelanja di toko online namun barang yang datang tidak sesuai dengan pesanan Anda? Misalnya tidak sesuai ukuran, beda warna, atau bahkan …

8 Tema WordPress Terbaik Dan Gratis Untuk Berita [+Cara Instalnya]

1 Jul 2021 BY Aorinka Anendya

Bagi kamu yang akan membuat website portal berita. Baca daftar tema WordPress terbaik dan gratis untuk berita. Yang bisa kamu dapatkan secara mudah dan bagaimana cara instalasinya. Perlu kamu ingat, …

14+ Produk Terlaris Tahun 2021 Di Tokopedia dan Shopee Banyak Dicari

21 Jan 2021 BY Mufti Syawaludin

Dengan mengetahui produk terlaris di Tokopedia dan Shopee ini, kamu akan mendapatkan ide jualan online yang paling tepat untuk kedepannya. Sehingga usaha online kamu akan menjadi sukses karena barang dagangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *