11 Cara Membuat Nama Toko Online yang Bagus dan Unik untuk Olshop

Posted on 7 Sep 2021 By Ahmad Muzakki
ADVERTISEMENT

Ingin tahu cara membuat nama toko online yang bagus dan unik? Simak artikel ini sampai selesai biar tahu poin-poin penting yang perlu diperhatikan. Dan dapatkan juga ide nama toko online yang cocok dengan toko anda.

Seiring dengan berkembangnya jaman, sekarang mulai banyak yang beralih dari cara yang biasa menjadi dalam bentuk digital. Contoh halnya adalah berita yang dulu disampaikan lewat media cetak, sekarang lebih banyak disebarkan melalui media digital.

Tidak lupa juga dengan cara jual beli yang mulai berubah. Dahulu hanya melalui toko yang mengharuskan pembeli dan penjual bertemu langsung, sekarang ada yang namanya toko online yang proses transaksinya melalui media internet.

Sehingga para penjual tidak memerlukan adanya toko fisik, cukup memiliki toko di marketplace saja anda sudah bisa jualan. Jadi bisa hemat biaya sewa dan dekorasi untuk toko fisik.

Namun toko online juga perlu perhatikan dengan baik, terlebih lagi penggunaan nama toko yang akan adna gunakan. Pasalnya tidak jarang pengguna akan lebih tertarik untuk membeli sebuah produk ketika melihat nama tokonya.

Jadi anda perlu membuat nama toko online semenarik mungkin, sehingga bisa menjadi nilai plus untuk pembeli. Selain itu, memilih nama toko unik juga bisa membuat ciri khas tersendiri terhadap pembeli.

ADVERTISEMENT

Baca juga :

Cara Membuat Nama Toko Online

Membuat nama toko online memang sedikit merepotkan. Soalnya nama toko online akan memiliki pengaruh yang cukup banyak. Mulai dari brand, barang yang dijual, kepercayaan konsumen, branding dan masih banyak lagi.

Jadi perlu dipikirkan matang-matang saat memiliki nama toko online yang akan dibuat. Untuk membuat nama toko online yang bagus perlu tips-tips memilihnya. Berikut tips bagaimana cara membuat nama toko online yang bagus.

1. Nama Toko Original

Tips membuat nama toko online yang pertama adalah harus original atau asli. Maksud asli disini adalah tidak meniru nama toko orang lain. Karena dengan nama toko yang original maka toko anda tidak akan dicap tidak kreatif dan abal-abal.

Sebenarnya tidak ada tips khusus tentang cara membuat nama toko online yang original. Mudahnya anda bisa mencari nama toko yang sudah anda pilih di google ataupun di sosial media. Apakah sudah dipakai oleh orang lain ataukah belum.

Selaing mengecek dari mesin pencarian dan sosial media, ana juga bisa mengeceknya di Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI) atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI) jika nantinya nama toko anda akan didaftarkan di HAKI

ADVERTISEMENT

Namun jika terinspirasi dari toko online yang lain boleh saja asal tidak terlalu mirip.

Contoh yang Benar adalah tidak meniru nama toko yang sudah terkenal seperti memakai nama sendiri ditambahkan dengan niche jualan anda, seperti “Hijab Ayla”.

Contoh yang Salah adalah dengan meniru nama toko yang sudah terkenal dan melakukan plesetan seperti “Naik” dari plesetan “Nike”.

2. Nama Toko Unik

Selanjutnya adalah dengan membuat nama toko unik. Nama yang unik adalah nama yang tidak/belum terpikirkan oleh pembeli. Harapannya dengan nama toko online unik, pengunjung akan merasa penasaran dan tertarik melihat-lihat produk yang anda tawarkan.

Untuk membuat nama toko yang unik anda bisa menggunakan plesetan nama dari produk yang anda jual ataupun sebuah kata yang tidak berhubungan dengan produk yang ditawarkan.

Contoh yang Benar adalah toko online “Hijup.com” yang merupakan plesetan dari produk hijab, uniknya nama toko tersebut bisa memiliki pengucapak hampir sama dengan hijab namun dengan penggunaan kata yang berbeda.

Contoh yang Salah adalah dengan menggunakan nama toko yang sama dengan toko lain, misalnya “Jual Baju 212”.

3. Nama Toko Singkat dan Sederhana

Pada kenyataannya nama toko online yang singkat dan sederhana jauh lebih mudah diterima oleh pembeli. Alasannya dengan membuah nama toko online yang sederhana, pembeli bisa dengan mudah untuk mengingatnya dibandingkan dengan nama toko online yang panjang.

ADVERTISEMENT

Pemilihan nama toko online yang singkat dan sederhana juga bisa membuat toko anda lebih menonjol dibandingkan dengan toko lain. Karena hanya butuh tenaga sedikit untuk membacanya sehingga lebih enak untuk dipilih.

Jika memang anda bingung untuk memilih nama toko online, anda bisa memakai web namelix.com. Web tersebut merupakan tools yang bisa anda pakai untuk membuat nama bisnis.

Contoh yang Benar adalah “LapakQ”, singkat namun sudah cukup bagus untuk sebagai branding pengenalan toko online.

Contoh yang Salah adalah “Jualan Online Murah Meriah”, cukup panjang dan terlalu umun, sehingga tidak bisa menjelaskan profil dari toko online anda.

4. Nama Toko Mudah Dibaca

Pemilihan nama toko juga perlu di perhatikan tentang kemudahan untuk dibaca. Yaitu tidak menggunakan huruf sulit dan huruf konsonan saja.

Memang sebenarnya boleh-boleh saja menggunakan nama seperti yang sudah disebutkan di contoh. Namun nama tersebut akan sulit untuk dibaca apalagi untuk diingat, adu sebaiknya dihindari penggunaan nama yang susah.

Contoh yang Benar seperti “Selang Premium”, mudah dibaca dan tidak akan berbeda pengertian antara satu pembaca dengan pembaca yang lainnya.

Contoh yang Salah seperti “SLNX”, sebenarnya masih bisa dibaca namun agak susah karena bisa jadi berbeda pelafalan antara satu orang dengan orang yang lain.

ADVERTISEMENT
Halaman Selanjutnya
5. Nama Toko Deskriptif...

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Ahmad Muzakki

Niatkan semua hal untuk Allah dan Rasul-Nya.

Related Post

Daftar Lengkap Kantor Anteraja Denpasar (Alamat, Kontak & Jam Buka)

23 Feb 2022 BY Ayu Triworo

Pelanggan Anteraja yang berada di pusat Kota Bali, jangan bingung lagi jika ingin request pickup layanan Anteraja Denpasar. Berikut daftar kantor Anter aja yang tersebar di Depasar Timur, Renon, hingga …

Daftar Lengkap Kantor Anteraja Bandung Hingga Jam Buka!

26 Jul 2021 BY Aorinka Anendya

Apakah kamu salah satu pengguna yang sedang mencari kantor Anteraja Bandung? Dan hendak mengirimkan paket lewat ekspedisi ini? Jika iya, kamu sudah berada di artikel yang tepat loh.Dengan menyimak artikel …

Apa Arti Reseller, Dropship, dan Bagaimana Cara Kerjanya?

29 Nov 2019 BY Nisa Husnainna

Arti Reseller, Dropship & Cara Kerjanya – Di zaman now, jenis pekerjaan untuk menghasilkan uang semakin beraneka ragam. Tidak mesti dengan berangkat ke kantor dari pagi sampai sore, namun menghasilkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *