12+ Tips Memilih Nama Domain Untuk Toko Online Kamu

Posted on 17 Dec 2019 By Nisa Husnainna

Tips Memilih Nama Domain – Pernahkah kamu mendengar bahwa “nama domain yang baik akan menurunkan biaya marketing seumur hidup”?

Ini artinya, apabila kamu memilih nama domain dengan benar, maka nama domain tersebut juga bisa menjadi tools marketing secara tidak langsung.

Memilih nama domain terbaik untuk websitemu sangatlah penting. Nama domain adalah sesuatu yang pantas dipikirkan berjam-jam bahkan berhari-hari.

ADVERTISEMENT

Dan tidak berlebihan jika kita mengatakan bahwa dalam beberapa keadaan, salah pilih nama domain bisa menghancurkan bisnis.

Singkatnya: Memilih nama domain adalah sesuatu yang harus dipastikan dan dilakukan dengan baik oleh pemilik website. Terutama jika websitenya memiliki tujuan komersial.

 

Berikut adalah 12-lebih tips penting untuk memilih nama domain:

1. Selalu Pilih Domain ‘.com’

Jika memungkinkan, selalu gunakan domain ‘.com’. 2 alasannya adalah:

  • Orang-orang lebih akrab dengan domain ‘.com’ daripada dengan domain lain. Mereka akan mengetikkan ‘.com’ secara default di alamat browser. Setiap orang akan selalu menganggap di belakang nama website adalah ‘.com’.
  • Domain ‘.com’ digunakan oleh 47% dari seluruh website yang ada di dunia, menurut data.

 

2. Pilih Nama yang Brandable

Nama yang brandable maksudnya adalah nama yang mengandung brand (merek) kita serta memiliki sifat marketing.

Kita semua tahu bahwa branding sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang, tetapi apa sebenarnya yang membuat nama domain bisa menjadi merek?

Ada banyak faktor yang berperan di sini, tetapi yang paling penting adalah sebagai berikut:

  • Nama yang brandable yaitu nama yang tidak memiliki arti tertentu (misalnya: ‘Google’ bukan kata, ‘YouTube juga bukan).
  • Unik – pesaingmu tidak menggunakan nama yang serupa.
  • Mudah untuk diingat – tidak terlalu bertele-tele, tidak ada kombinasi huruf vokal yang kompleks.
  • Mudah untuk diucapkan dan didikte melalui telepon.
  • Terdengar dapat dipercaya – beberapa nama bisa jadi sedikit tidak jelas menurut definisi. Misalnya: WinTheLotteryToday.com mungkin terlalu panjang. Coba ganti dengan Lotterio.com yang terdengar jauh lebih baik.

Untuk mempermudah proses brainstorming, kamu bisa bereksperimen dengan beberapa kombinasi kata aktual dan sufiks acak, seperti yang kami lakukan dengan contoh Lotterio.com di atas.

Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan potensi nama domain untuk membangun nilai brand dari waktu ke waktu.

Dengan kata lain, sebisa mungkin, cobalah memastikan nama itu memiliki dering yang bagus. Seharusnya gampang untuk dikatakan dengan lantang, dan tidak sulit untuk diingat.

Pikirkan nama seperti Uber: Nama ini pendek dan tajam, dan orang-orang tidak bingung bagaimana mengejanya – bahkan ketika hanya disebutkan sekilas di dalam percakapan.

 

3. Buatlah Nama yang Singkat, Simple, dan Dapat Ditebak

Jadi, kita sudah berbicara mengenai nama yang brandable. Tapi ada juga beberapa hal lain, yang lebih umum, dan merupakan karakteristik dari sebuah nama domain yang berkualitas.

Di antaranya adalah 4 hal utama berikut:

  • Singkat – sebaiknya nama domain dibuat kurang dari 15 karakter.
  • Simpletidak ada tanda hubung, tidak ada garis bawah, tidak ada kata-kata rumit di dalam nama domain, atau tanda baca lainnya.
  • Hanya terdiri dari kata-kata – hindari penggunaan angka kecuali benar-benar diperlukan (misalnya, nama brand kamu memang terdapat angka, seperti 9gag.com)
  • Dapat ditebaktidak ada ejaan yang aneh (misalnya, jika namamu Myke dan kamu ingin menjadikannya nama domainmu – seperti MykeBlogs.com – maka setiap saat orang akan salah ketik menjadi MikeBlogs.com).

 

4. Beli Nama Domain yang Sering Disalah-ejakan sebagai Domain Kamu

Tips memilih nama domain nomor 4 ini dapat meningkatkan tagihan tahunan domain kamu lebih banyak.

Secara umum, kamu akan cukup aman jika kamu hanya fokus pada beberapa salah ejaan domain yang paling mungkin.

Dapat kita lihat pada contoh sebelumnya, Lotterio.com bisa salah eja menjadi Loterio.com – hanya satu huruf ‘T’ (single ‘T‘).

Kami sarankan kamu untuk membeli domain Loterio.com (sebagai contoh). Setelah kamu memilikinya, arahkan kembali ke nama domain utamamu Lotterio.com.

 

5. Gunakan Thesaurus.com untuk Mencari Ide Nama Domain

Oke, lupakan sejenak apa yang kami katakan tentang memilih nama domain harus brandable, sederhana, mudah diingat, dan seterusnya. Faktanya adalah: menemukan nama domain yang bagus itu sulit.

Terkadang, kamu harus melewati puluhan nama-nama untuk menemukan satu nama yang tepat. Dalam hal ini, Thesaurus.com dapat menjadi senjata rahasiamu.

Situs ini akan membantu kamu menemukan sinonim dan juga memberikan definisi cepat untuk membantumu agar tidak membuat kesalahan membuat nama domain.

Catatan: Walaupun kamu sudah menemukan sebuah nama dari Thesaurus.com, tetap berikan tambahan beberapa pengubah seperti menambah atau mengganti beberapa huruf.

 

6. Pilih Nama Domain yang Benar-benar Dapat Kamu Miliki Secara Sah (Legal)

Melanggar merek dagang bisa berakibat buruk. Walaupun hampir tidak ada orang yang mendaftarkan nama domain dengan maksud untuk melanggar sesuatu, hal itu sesekali terjadi.

Oleh karena itu, sebagai aturan praktis, setiap kali kamu memiliki ide nama domain yang bagus dan kamu baru saja akan mendaftarkannya, cukup Google nama domain tersebut dan lihat semua hasil halaman pertama dan kedua.

Jika kamu menemukan nama domain serupa, kamu mungkin perlu memilih nama domain lain.

 

Sebelum membeli domain biasanya orang-orang juga membeli hosting karena keduanya tidak dapat terpisahkan. Baca juga Tips Memilih Hosting Terbaik Untuk Toko Online: https://pluginongkoskirim.com/tips-memilih-hosting-terbaik/

 

 

Referensi:

winningwp.com

 

`
Author
WRITTEN BY

Nisa Husnainna

Nisa is a technical and marketing Content Writer at Tonjoo. She was previously writing for a multinational IT company and also a Reporter at her campus magazine. Since High School, she has been writing at her blog and discovered her passion in blogging. When she's not working, she enjoys traveling, reading, cooking, and try new things.

Related Post

9 Jasa Pengiriman Barang untuk Mendukung Bisnis Online Anda

18 Jul 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Ketika rilis versi 3.0, plugin ongkos kirim WordPress menambah fitur baru dan juga ada tambahan cek ongkos kirim untuk jasa ekspedisi lainnya. Maraknya bisnis online saat ini memang membuat kepopuleran …

Daftar Lengkap Kantor JNE di Jogja Mulai Dari Kantor Pusat Hingga Agennya

23 Jul 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

JNE adalah salah satu perusahaan ekspedisi terbesar yang ada di Indonesia. Perusahaan yang berkantor pusat di Tomang, Jakarta Barat ini bahkan menjadi perusahaan ekspedisi dengan cabang terbanyak di Indonesia. Untuk …

Daftar Tarif Ongkir Barang dari Jakarta ke Malang 2019 (All Kurir)

20 Oct 2019 BY Nisa Husnainna

Daftar Tarif Ongkir Jakarta – Malang 2019 (All Kurir) – Sedang mencari tarif ongkir pengiriman barang dari Jakarta ke Malang? Kalau begitu laman ini sangat cocok untuk Anda. Karena pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *