ADVERTISEMENT

Arti BNIB di Bisnis Online Shop beserta Kelebihan dan Kekurangan nya

Posted on 6 Sep 2021 By Ahmad Muzakki
ADVERTISEMENT

Penasaran apa arti BNIB? Pasti kalian pernah mendengar atau melihat istilah ini di percakapan di sosial media atau di nama produk online shop. Tenang, kalian akan tahu penjelasannya di artikel kita kali ini.

Sama halnya dengan jual-beli konvensional, di jual-beli online terdapat macam-macam kondisi barang yang tersedia. Karena produk yang dijual tidak semuanya barang yang baru terntunya, ada juga barang bekas yang turut dijual.

Namun kondisi barang bekas bukanlah selalu barang yang bekas terpakai, ada beberapa istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan barang bekas tersebut sesuai kondisinya. Biasanya bisa anda ketahui dari judul barangnya atau dari deskripsi barangnya.

ADVERTISEMENT

Ada beberapa istilah-istilah yang digunakan dalam forum jual beli online, salah satunya adalah BNIB. Jika kalian pelaku dalam dunia bisnis online kalian perlu tahu tuh arti dari setiap istilah. Karena dengan tahu arti dan penjelasannya kalian ngga perlu ragu dan bingung untuk ambil keputusan.

Biasanya, istilah-istlah ini digunakan untuk menjual barang elektronik seperti laptop, smartphone, gadget ataupun sepatu/sneakers. Jadi tidak untuk produk tertentu saja ya.

Arti BNIB

Arti BNIB adalah singkatan dari Brand New In The Box. Jika diartikal ke dalam bahasa Indonesia, artinya adalah “Masih Baru di Dalam Kotak”. Maksud dari istilah ini adalah barang yang sedang dijual benar-benar masih baru dan belum pernah dibuka sama sekali dari kemasannya.

Apakah BNIB asli atau palsu? Biasanya terdapat keterangan kode BNIB dalam box barang tersebut atau di lidah sepatu. Jika tidak menemukannya anda bisa menanyakannya pada penjualnya.

ADVERTISEMENT

Adanya kode ini menandakan bahwa produk yang dijual benar-benar asli/original dan anda bisa mengecek keaslian kodenya melalui google. Contoh adidas C71124 atau nike 768924-011.

Jika asli, maka kode yang dicek akan menampilkan gambar barang sesuai dengan yang dijual. Dan biasanya untuk sepatu adidas memiliki kode yang berbeda antara kiri dan kanannya.

Alasan orang-orang menjual barang BNIB biasanya karena memang sebagai distributor resmi dari produsen. Selain itu ada yang beralasan karena mendapatkannya dari hadiah, ada juga orang yang salah beli ukurang barangnya sehingga dijual ulang.

Jika barang tersebut BNIB, maka mau made in Indonesia, China, Vietnam, India dan Kamboja sudah pasti barang yang dijual original.

Untuk harga dari barang berkategori BNIB akan menyesuaikan dengan harga barang yang dikeluarkan oleh produsennya. Jadi tidak heran sulitnya ketika sedang melakukan negosiasi dengan penjual, karena barang BNIB berbeda dengan barang bekas yang sudah terbuka.

ADVERTISEMENT

Istilah BNIB ini tidak hanya dipakai pada produk yang dijual di marketplace namun istilah ini juga bisa anda temui di sosial media pada postingan jualan produk.

Contoh BNIB
Contoh BNIB

Artikel Terkait

Kelebihan dan Kekurangan BNIB

Setelah mengetahui arti BNIB, ternyata memiliki kekurangan dan kelebihan yang perlu kalian perhatikan, bisa jadi untuk bahan pertimbangan saat akan membeli barang BNIB nantinya.

Kelebihan BNIB

  • Barang Original atau Asli, bisa di cek melalui kode BNIB yang dimiliki oleh barang tersebut melalui google.
  • Barang Masih Baru, kondisi barangnya masih tersegelegel karena belum dibuka sama sekali oleh Penjual.
  • Harga Bisa di Nego, untuk penjual yang bukan distributor resmi (dapat dari hadiah / salah memilih ukuran)

Kekuranan BNIB

  • Harga Masih Tinggi, hal ini dikarenakan barang yang dijual asli dan masih tersegel jadi kondisi barangnya benar-benar masih baru.
  • Kualitas Barang Bisa Jadi Berkurang, karena barang BNIB merupakan barang yang dijual lagi. Meskipun masih segel namun untuk kualitas belum tentu bisa dilihat dari luar box.

Istilah Jual Beli Online

Selain istilah BNIB untuk mengkategorikan kondisi barang bekas yang dijual, ada beberapa istilah yang hampir sama. Berikut beberapa ulasan istilah dari kami.

BNOB

BNOB merupakan singkataran dari Brand New Open Box. Artinya dalam bahasa Indonesia adalah produk yang dijual masih baru, namun barang tersebut sudah pernah dibuka oleh penjual. Hal ini biasanya dilakukan untuk pengecekan unit apakah kualitasnya tetap bagus dan juga melihat kelengkapan barang.

ADVERTISEMENT

Untuk keasliannya sama seperti BNIB, yaitu bisa dicek keaslian dari barangnya. Yang membedakannya hanya segel kemasannya yang sudah terbuka. Jadi tidak perlu ragu dengan keaslian produk berkategori BNOB.

Untuk harganya tentu berbeda dengan BNIB, yaitu jauh lebih murah, karena kondisinya yang sudah tidak tersegel atau pernah terbuka.

BNWB

BNWB merupakan singkatan dari Brand New With replace Box. Artinya adalah barang yang dijual tidak memiliki box aslinya dan digantikan dengan box yang lain (Replace Box) dengan brand yang sama ataupun tidak.

Hal ini karena produk yang dijual merupakan produk bocoran atau contoh produk yang dijual batangan oleh produsen, sehingga belum ada box resmi yang dikeluarkan. Biasanya produk BNWB ini seperti sepatu atau produk yang sejenisnya.

Harga yang ditawarkan produk berkategori BNWB biasanya cukup murah dibandingkan dengan produk serupa yang dijual di toko resmi. Yang patut di waspadai adalah tag harga yang biasanya tidak sesuai dengan harga jual produknya.

BNWT

NWT merupakan singkatan dari Brand New With Tag. Artinya barang baru yang laku lalu dijual lagi beserta dengan label harga, segel dan nota yang masih lengkap. Semua hal ini bisa menandakan keaslian produk tersebut. Barang dengan kategori seperti ini masih dalam kemasan dan belum terbuka.

Biasanya kategori NWT digunakan karena salah beli atau produk yang dikirim tidak sesuai dengan harapan. Sehingga mau tidak mau barang tersebut dijual lagi agar nilainya tidak turun.

BNWOT

NBWOT adalah singkatan dari Brand New Without Tag. Merupakan kategori untuk barang yang dijual kembali dalam keadaan masih baru namun tidak disertai dengan label harga dan nota. Dan biasanya barang sudah tidak dalam keadaan tersegel.

Untuk mengecek keaslian dari kategori ini adalah dengan mengeceknya secara fisik terkait bahan dan spesifikasi yang dimiliki. Hal ini karena tidak adanya nota yang bisa digunakan untuk menandakan keaslian dari sebuah produk.

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Ahmad Muzakki

Niatkan semua hal untuk Allah dan Rasul-Nya.
ADVERTISEMENT

Related Post

9 Tema WordPress Terbaik Gratis Untuk Sekolah [+Dengan Instalasi]

3 Jul 2021 BY Aorinka Anendya

Untuk kamu yang akan membuat web sekolah, kamu perlu membaca rekomendasi tema WordPress terbaik gratis untuk sekolah berikut ini. Agar situs sekolah tersebut dapat memiliki desain yang ramah pengguna. Di …

Lengkap! Daftar Alamat Herona Express Jogja [+Telepon Dan Jam Buka]

8 Jun 2021 BY Mufti Syawaludin

Bagi Anda yang sedang mencari alamat lengkap, nomor telepon yang bisa dihubungi serta jam kerja layanan jasa pengiriman Herona Express yang ada di Jogja dan sekitarnya semua ada di halaman …

Cara Membuat Filter Instagram Sendiri di Laptop & HP Anti Gagal

16 Des 2021 BY Ayu Triworo

Tertarik bikin filter sendiri di IG stories biar lebih unik dan keren? Cara membuat filter Instagram cukup sederhana pakai aplikasi Spark AR Studio.  Anda pun bisa menciptakan filter dan membaginya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *