Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Paling Mudah [Lengkap]

Posted on 21 Jul 2021 By Ifan Prasya
ADVERTISEMENT

Memulai jualan di Shopee kini menjadi pilihan banyak pemilik usaha. Baik yang sudah punya brand yang kuat, atau juga yang baru memulai. Shopee memang menjadi wadah efektif untuk berjualan.

Hal ini diperkuat dengan posisi nomor #1 Shopee sebagai marketplace terpopuler di Indonesia, sebagaimana dilansir oleh iPrice.co.id pada kuartal kedua tahun 2020.

Nah, untuk para pemilik toko, seringnya merasa bingung mau memulai dari mana. Karena itulah, kami hadirkan panduan yang cukup komprehensif untuk Anda yang ingin menerapkan cara jualan di Shopee untuk pemula.

Dalam panduan ini, ada beberapa tahapan yang bisa dilalui. Tahapan ini berisi detail step-by-step cara buka toko di Shopee tanpa modal. Bisa lewat HP atau lewat PC.

Mulai dari persiapan toko, membuat akun, mengoptimasi toko, menerapkan copywriting, hingga memanfaatkan fitur buatan Shopee.

Simak dengan teliti, ya.

Cara Jualan di Shopee: Mau Jual Produk Sendiri, Jadi Reseller, atau Dropship?

ADVERTISEMENT

Sebelum masuk ke hal teknis seperti cara menjadi reseller/dropshipper di Shopee, atau hal lainnya. Sebaiknya kita jawab dulu pertanyaan di bawah ini.

Apakah Anda sudah punya produk sendiri yang siap dipasarkan, atau ingin mendaftarkan diri sebagai reseller dari supplier besar, atau justru memutuskan untuk jadi dropshipper?

Kalau Anda sudah punya gambaran jelas tentang bagaimana nantinya Anda berjualan, silakan lewati tahap ini. Kalau belum, silakan cermati.

Masing-masing pilihan tadi punya kelebihan dan kekurangan. Berikut gambaran besarnya.

Jual Produk Sendiri

Anda sudah siap dengan produk Anda. Sudah mengerti betul apa kelebihan yang membedakan dengan produk pesaing. Juga, sudah punya bagian produksi yang setiap saat bisa diandalkan.

Istilahnya, Anda sudah punya toko offline sebelumnya. Walau tidak melulu harus dimulai dari toko offline, karena berjualan langsung dengan sistem online juga sudah bisa dilakukan.

ADVERTISEMENT

Kelebihan dari menjual produk sendiri: kualitas produksi bisa dikendalikan, stok barang mudah dikelola, bisa menjaring reseller dan dropshipper untuk membantu Anda berjualan.

Kekurangannya, butuh waktu dan tenaga lebih untuk meriset pasar, meracik produk, dan menguatkan brand lewat kegiatan pemasaran.

Jadi Reseller

Reseller, mudahnya ialah menjual produk milik orang lain. Dalam hal ini, supplier besar yang sudah punya pasar dan reputasi baik di mata pelanggan.

Tugas Anda tinggal menjualnya kembali. Dengan syarat, Anda membeli terlebih dahulu produk mereka sejumlah minimum order.

Barulah, nanti Anda bisa mendapatkan potongan harga reseller. Anda bisa menjualnya dengan mark-up tertentu, sesuai kesepakatan Anda dengan supplier.

Kelebihannya, Anda tidak perlu membangun brand dari nol, stok mudah dikelola, mark-up harga biasanya lebih besar. Kekurangannya, modal yang dikeluarkan di awal untuk membeli produk minimum order cukup besar.

Jadi Dropshipper

Dropshipper, mudahnya ialah menjual produk supplier tanpa harus stok terlebih dulu. Anda cukup mencari pelanggan yang siap order, lalu mengirim data pesanan ke supplier. Dari sini, Anda mendapat komisi sekian %.

Kelebihannya, Anda bisa jualan di Shopee tanpa stok barang dan tanpa modal uang sepeserpun. Cukup dengan giat memasarkan saja.

ADVERTISEMENT

Kekurangannya, jelas Anda tidak bisa mengelola stok sendiri, kualitas gambar produk bergantung pada supplier, keuntungannya tidak sebesar reseller.

Nah, dari ketiga pilihan di atas, Anda ingin mendalami yang mana? Ketiga-tiganya punya kelebihan dan kekurangan, silakan Anda sesuaikan dengan kondisi terkini, ya.

Sekarang, kita lanjut ke langkah berikutnya untuk jualan di Shopee.

Daftar Toko, Lengkapi Profil, Upload Produk Pertama Anda

Mendaftar toko di Shopee sebenarnya cukup simpel. Tinggal daftar via aplikasi atau situs web Shopee, ikuti petunjuk yang ada, selesai deh.

Tapi, apa hanya berhenti sampai di situ? Tentu tidak, kan? Nah, kami akan berikan tips supaya toko Anda bisa perform dengan maksimal.

Ingin Re-Branding? Coba Fitur Hapus Akun Toko

Username sangatlah penting untuk branding di sosial media. Begitu juga dengan Shopee. Sayangnya, sejauh ini mereka belum mendukung fitur untuk mengubah username.

Fitur yang tersedia baru cara mengganti nama toko di Shopee. Caranya adalah buka app, tap Saya > Toko Saya > Asisten Penjual > Profil Toko > Nama Toko. Nah, silakan ganti sesuai nama yang Anda inginkan.

Lalu bagaimana kalau Anda tetap ingin brand yang sempurna, baik dari username maupun nama toko?

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2 3 4 5

Author
WRITTEN BY

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Related Post

Daftar Lengkap Kantor SiCepat di Semarang

9 Apr 2020 BY Nisa Husnainna

Daftar Lengkap Kantor dan Agen SiCepat di Semarang – Kami kembali menghadirkan daftar Kantor dan Agen SiCepat di Kota Semarang untuk Anda yang membutuhkan jasa cargo, delivery service, logistics, dan …

Cara Beli Barang di Lazada Bagi Pemula [Tips Belinya!]

23 Agu 2021 BY Aorinka Anendya

Bagaimana sih cara beli barang di Lazada? Gimana cara belanja di Lazada bagi pemula? Nah, kamu salah satu orang yang baru pertama kali belanja di lazada ya?Kalau iya, kamu tidak …

Cara Komplain Paket Lazada Paling Mudah Untuk Belanjaan Bermasalah

20 Jun 2021 BY Mufti Syawaludin

Ingin tau cara komplain paket Lazada dalam kondisi rusak saat diterima? Atau kendala lainnya selama proses pengiriman, misalnya seperti terlambat sampai, salah alamat, hilang, dan sebagainya.Jika benar, maka Anda sudah …

19 Comments

  1. terima kasih banyak atas ilmu dan ulasan yg sudah anda berikan sangat membantu saya untuk memulai jualan barang di shoopee.semoga bisa menjadi amal yang baik buat anda.terima kasih

    1. Aamiin. Terima kasih, yaa! Stay tune terus untuk cek resi/ogkir, maupun berita lainnya seputar ekspedisi ya kak. Sehat selalu! 🙂 -R

    1. Oke kak! Terima kasih, yaa! Stay tune terus untuk cek resi/ogkir, maupun berita lainnya seputar ekspedisi ya kak. Sehat selalu! 🙂 -R

    1. Terima kasih, yaa! Stay tune terus untuk cek resi/ogkir, maupun berita lainnya seputar ekspedisi ya kak. Sehat selalu! 🙂 -R

    1. Terima kasih, yaa! Stay tune terus untuk cek resi/ogkir, maupun berita lainnya seputar ekspedisi ya kak. Sehat selalu! 🙂 -R

    1. Hi kak Jingglang. Terima kasih, yaa! Stay tune terus untuk cek resi/ogkir, maupun berita lainnya seputar ekspedisi ya kak. Sehat selalu! 🙂 -R

  2. you’re really a just right webmaster. The website loading velocity is amazing.
    It seems that you are doing any unique trick. Also,
    The contents are masterpiece. you have performed a magnificent
    activity in this matter!

    1. Hi.. We’re very sorry coz we have no video for this tutorial. If you like to, please find out on Youtube. You can easily find many tutorials related to this topic, thank you.

  3. This is very attentіon-ɡrabbing, You’re an excessively skilled blogger.
    I’ve joined your feed and look forward to in quest of more
    of your great post. Additіonally, I have shared your site in my social networks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *