ADVERTISEMENT

Tips Pintar Jualan Online Dengan Singkat Cocok Bagi Pemula

Posted on 20 Feb 2021 By Mufti Syawaludin

Ingin sukses jualan online? Tenang, kali ini kita akan berbagi tips pintar jualan yang mudah dan praktis yang bisa Anda coba untuk berjualan online khususnya bagi pemula.

Bagi Anda yang mau tips cara jualan online cepat laku, kalian bisa baca beberapa informasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat jualan anda laris manis.

Ok, langsung saja scroll kebawah agar Anda lebih pintar jualan online dan sukses. Berikut tips pintar jualan cocok bagi pemula:

ADVERTISEMENT

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online dari Rumah [Tanpa Banyak Modal]

Memiliki Motivasi yang Kuat

Pentingnya motivasi diri sebelum berjualan

Hal yang paling terpenting sebelum Anda memulai bisnis dengan berjualan adalah mengetahui terlebih dahulu, “apa tujuan Anda berjualan?”.

Jika Anda tidak berjualan, apa yang akan terjadi?.

Tanamlah motivasi yang kuat kepada diri sendiri sebelum mulai jualan. Biasanya motivasi ini bisa berupa sebuah tujuan akhir jika keberhasilan dalam berjualan tercapai.

Misalnya: (1) Bisa beli rumah idaman, (2) Beli kendaraan pribadi seperti mobil mewah, atau (3) Bisa keliling dunia bersama keluarga tercinta

ADVERTISEMENT

Dengan adanya motivasi yang kuat, akan membuat Anda tidak akan mudah putus asa jika ketika menjalani bisnis mendapatkan kesulitan atau kendala berupa apa pun.

Tentukan Ide Bisnis Online

Langkah selanjutnya setelah memiliki motivasi yang kuat untuk jualan yaitu menentukan ide bisnis atau ide barang yang akan dijual.

Anda bisa jual barang yang lagi trend atau barang yang Anda sukai, untuk melihat barang yang lagi trending bisa dengan cara melihat: (1) Google Trend (2) Barang yang laris di marketplace. 

Berikut ini cara menggunakan google trend

  1. Pertama, silahkan buka halaman google trend
  2. Masukan kategori barang, misalnya “Pakaian Anak”.
  3. Jika sudah, silahkan tekan “Enter” tau klik tombol “Cari”.
  4. Hasil yang diperoleh untuk kategori pakaian anak sebagai berikut:

    Bisa dilihat pada grafik diatas yang menunjukan bahwa kategori pakaian anak masih sangat memungkin dijadikan ide jualan karena terlihat masih stabil bahkan relatif meningkat.

Nah bagaimana mencari barang yang laris penjualannya di sebuah marketplace?

Caranya cukup mudah kok.

Yang pertama buka akun marketplace. Dimana pada kali ini kami akan menggunakan Tokopedia.

  1. Masuk laman tokopedia.com
  2. Kemudian scrol kebawah cari tulisan “Lagi trending, nih!”. Seperti gambar di bawah ini:

    Barang Tranding di Tokopedia
    Laman trending tokopedia ©tokopedia.com

Untuk marketplace lain caranya hampir sama. Dengan cara ini Anda bisa menjual barang-barang yang laris penjualannya.

Perlu diingat ya, hindari produk musiman atau masa larisnya di hari tertentu. Hal ini penting supaya barang Anda selalu laku terjual.

Tentukan Model Bisnis yang Sesuai

Banyak sekali model bisnis jualan yang bisa disesuaikan dengan kondisi atau keadaan Anda diantaranya menjadi Reseller atau Dropshipper.

ADVERTISEMENT

Misalnya saja Anda tidak memiliki cukup modal yang besar untuk memulai bisnis. Dengan keadaan seperti ini Anda bisa memilih model bisnis seperti menjadi dropshipper.

Model bisnis ini pengerjaannya cukup mudah, tidak memerlukan tempat atau gudang sebagai penyimpan stok barang.

Menjadi dropshipper tidak perlu stok dan pengiriman barang, semua itu dilakukan oleh supplier. Jadi pekerjaan dropshipper cukup menjualkan saja.

Gimana? ternyata menjadi dropshipper itu menggiurkan bukan? he he he

Atau bisa juga memilih model bisnis sebagai reseller dimana Anda membeli banyak barang supplier untuk mendapatkan potongan harga yang lumayan besar.

Kemudi barang tersebut dikemas dan dijual kembali dengan menggunakan brand bisnis Anda. Keuntungan yang Anda dapat akan lebih besar dengan modal yang cukup besar pula karena harus membeli barang terlebih dahulu.

4# Pilih Tempat Jualan Online

Jualan online bisa Anda lakukan dimana saja dan kapan saja, kenapa harus bingung tempat untuk berjualan.

ADVERTISEMENT

Baiklah, jika masih bingung. Kami akan beri rekomendasi tempat berjualan online untuk Anda.

Setidaknya ada tiga tempat yang bisa Anda gunakan untuk berjualan, yaitu:

  1. Marketplace
  2. Sosial Media
  3. Toko Online Pribadi

Berikut ini penjelasan dari ketiga tempat jualan di atas:

Berjualan di Marketplace

Anda bisa berjualan di marketplace terbesar di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak atau bahkan Lazada sebagai langkah awal sukses jualan online Anda.

Jika Anda pemula untuk memulai berjualan, pastinya perlu panduan dalam berjualan di marketplace yang disebutkan di atas. Artikel di bawah ini sangat cocok untuk Anda baca:

Panduan Sukses Jualan di Shopee untuk Pemula [Lengkap]
Panduan Sukses Jualan di Tokopedia untuk Pemula [Lengkap]
Panduan Sukses Jualan di Bukalapak untuk Pemula [Lengkap]
Panduan Sukses Jualan di Lazada untuk Pemula [Lengkap]

Dengan mengikuti langkah-langkah berjualan tersebut, Anda sudah bisa berjualan online di marketplace sesuai dengan pilihan.

Berjualan di Sosial Media

Jualan di Facebook dan Instagram

Ternyata berjualan di sosial media itu masih efektif banget ya. Apalagi pengguna sosial media seperti Facebook maupun Instagram semakin meningkat.

Hal ini lah yang membuat peluang besar untuk berjualan di kedua akun sosmed tersebut.

Sudah tau caranya? Jika belum silahkan baca dan ikuti langkah-langkahnya yang ada pada artikel di bawah ini ya:

Cara Jualan di Facebook untuk Pemula agar Cepat Laku
Cara Jualan di Instagram untuk Pemula agar Laris Manis

Oh iya, di Instagram sekarang sudah ada fitur terbaru untuk mendukung perkembangan bisnis jualan loh. Fitur tersebut adalah Intagram Shopping.

Anda bisa gunakan fitur tersebut sebagai tempat berjualan Anda, dijamin gak mengecewakan deh.

Berjualan di Toko Online Sendiri

Nah, rekomendasi tempat berjualan online yang dapat Anda gunakan adalah website sebagai toko online milik bisnis Anda sendiri.

Memang masih dibutuhkan banget ya, sebuah website untuk berjualan? Kan sudah ada marketplace dan sosial media?

Pasti pertanyaan itu terlintas di pikiran Anda kan!!! jelas sangat perlu sebuah website jika Anda ingin meningkatkan brand awareness bisnis Anda.

Dengan adanya website sendiri akan lebih memudahkan Anda untuk mengelola data penjualan. Nah, selain itu Anda bisa mendesain toko online yang sesuai dengan brand bisnis Anda.

Jangan lupa, selalu berikan kemudahan dalam transaksi seperti memilih produk, metode pembayaran serta pemilihan ekspedisi jasa pengiriman barang pada website bisnis Anda.

Usahakan dibuat seotomatis mungkin misalnya berkaitan dengan total belanja sudah otomatis gabung dengan ongkos kirim. Hal ini perlu Anda perhatikan karena setiap orang bertransaksi pasti menginginkan kemudahan.

Baca juga: 10 Cara Memilih Jasa Pembuatan Website untuk Bisnis & Profesional

5# Sajikan Tampilan Produk yang Unik

Jika ingin menjadi bisnis jualan Anda sukses, tidak hanya tempat jualan yang diperlukan namun Anda dituntut untuk menjadi kreatif.

Maksudnya, kreatif gimana ya?

Gini loh ya, Anda sebisa mungkin memberikan tampilan produk yang unik dan menarik pada toko online Anda yang disertai dengan deskripsi yang detail untuk membangun tingkat kepercayaan para pelanggan Anda.

Apalagi jika Anda berjualan di marketplace dimana banyak sekali barang yang sama di jual di sana. Nah, maka dari itu, foto produk Anda harus tampil beda agar orang mudah mengingat brand toko Anda.

6# Sertakan Detail Deskripsi Produk

Tips pintar jualan yang tidak kalah pentingnya adalah menguasai copywriting untuk jualan agar menarik perhatian calon pembeli.

Contoh Deskripsi Produk
Contoh deskripsi produk di Tokopedia ©tokopedia.com/tori-electric

Nah, jangan malas untuk menulis deskripsi produk se detail mungkin ya. misalnya seperti:

  • Spesifikasi produk
  • Kegunaan produk
  • Pilihan warna
  • Cara pakai
  • Garansi
  • Ketentuan retur barang

7# Beri Promo Menarik

Diskon 90% dari Tokopedia
Promo produk di Tokopedia ©tokopedia.com/discovery/carpetshop

Salah satu daya tarik orang terhadap barang jualan Anda adalah adanya promo yang menarik. Tidak sedikit dari kita saat belanja mengincar barang-barang yang lagi promo, iya kan?

Bahkan ada yang sengaja menanti-nanti momen promo tertentu seperti Harbolnas. Dimana pada hari itu jutaan pembeli melakukan transaksi karena adanya promo-promo yang sangat menggiurkan.

Nah, untuk menarik pelanggan Anda berikan promo kepada mereka ya. Tapi ingat, Anda juga harus memperhatikan keuntungan yang diperoleh jika Anda memberikan promo.

Gunakan fitur promo yang ada di marketplace tempat Anda berjualan untuk meminimalisir kerugian namun barang jualan Anda tetap laku keras.

Jangan sampai Anda malah rugi ya, diakibatkan karena memberikan promo yang berlebihan.

8# Buat Iklan Barang Jualan

Langkah selanjutnya, untuk memperkenalkan bisnis Anda gunakan iklan sosmed berbayar. Anda bisa menggunakan Instagram Ads dan Facebook Ads.

Atau bisa menggunakan influencer yang memiliki pengikut puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu untuk mempromosikan produk bisnis Anda. Hal ini akan menjadi peluang untuk mendapatkan calon pembeli lebih banyak dan luas.

Manfaatkan Influencer Instagram dan Youtube untuk promosi.

Selalu perhatikan perkembangan bisnis online Anda, jika iklan dirasa kurang efektif segera hentikan pemasangan iklan tersebut.

9# Langsung Praktek

Baiklah, sekarang Anda sudah tau semua mengenai tips pintar jualan. Sudah saatnya untuk langsung praktek.

Cukup baca artikel ini jika perlu bagikan ke teman-teman yang ingin pintar jualan seperti Anda.

Jangan kebanyakan membaca atau menonton referensi, sebaiknya ketahui secukupnya dan segera lakukan sesuai dengan poin-poin tips pintar jualan di atas.

Nanti, jika Anda sudah mulai berjualan dan menemukan kendala. Nah, baru mencari referensi sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

*****

Mungkin cukup itu dulu ya pembahasan kita mengenai tips pintar jualan. Jika ada yang kurang dimengerti atau ada tambahan silahkan tulis di kolom komentar ya.

Hanya ngasih saran, “Sedikit berbicara banyak action”.

Akhir kata, semoga artikel ini membantu dan salam sukses 🙂

Author
WRITTEN BY

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.

Related Post

Rincian Biaya Admin Mandiri Terlengkap Untuk Semua Jenis Tabungannya

6 Agu 2021 BY Mufti Syawaludin

Ternyata sebagian orang bahkan nasabah belum tau berapa biaya admin Mandiri milik mereka sendiri. Hal ini biasanya ditandai pengurangan saldo dalam rekening setiap bulannya. Itu disebabkan adanya potongan setiap bulan …

Daftar Tarif Ongkir Herona Express Lengkap Ke Berbagai Kota Tujuan

9 Jun 2021 BY Mufti Syawaludin

Pada artikel ini akan disampaikan daftar tarif ongkir Herona Express ke berbagai kota yang ada di Indonesia khusunya pulau Jawa sebagai tujuan kiriman Anda. PT Herona Express adalah perusahaan penyedia …

Situs Cek Resi Semua Ekspedisi Lengkap dan Valid

11 Mar 2019 BY Nisa Husnainna

Cek resi semua ekspedisi lengkap – Apa sih layanan Cek Resi JNE, J&T, POS, SiCepat & Wahana yang paling akurat, tanpa captcha dan paling cepat? Simak disini ya! Ketika berbelanja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *